cover
Contact Name
M Hasan Ma'ruf
Contact Email
hasan.stie.aas@gmail.com
Phone
+6281802579955
Journal Mail Official
journal.stie.aas@gmail.com
Editorial Address
Jln Slamet Riyadi No. 361 Windan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Published by STIE AAS Surakarta
ISSN : -     EISSN : 25981153     DOI : https://dx.doi.org/10.29040/jie
Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi mengundang para guru, akademisi (dosen atau peneliti) dan praktisi terkait (Sekolah, Perguruan Tinggi, Pemerintahan, LSM, dan lain-lain) untuk dapat mengirimkan artikel dengan kajian ekonomi dan pendidikan ke Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017" : 6 Documents clear
AKTUALISASI INTERFERENSI BAHASA DAERAH DALAM BERTUTUR KATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH Susilowati, Dwi
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017
Publisher : STIE AAS Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v1i02.149

Abstract

Bahasa Indonesia diadopsi dari Bahasa Melayu. Bahasa Indonesia dianggap lahir pada awal abad ke-20 bersamaan dengan lahirnya hari Kebangkitan Nasional. Latar belakang pemunculan interferensi bahasa dapat ditelusuri dari penutur dan bahasa yang dituturkannya. Weinreich (1970:64-65) mendeskripsikan beberapa faktor yang dapat dipandang sebagai latar belakang munculnya gejala interferensi, yaitu: (1) Kedwibahasaan para peserta tutur. (2) Kurangnya loyalitas pemakaian bahasa penerima. (3) Tidak cukupnya kosakata penerima dalam menghadapi kemajuan dan pembaruan.(4) Menghilangnya kata-kata yang jarang digunakan. (5) Kebutuhan akan sinonim.(6) Prestise bahasa sumber dan gaya bahasa. Interferensi merupakan salah satu faktor penyebab kesalahan berbahasa karena merusak sistem suatu bahasa. Interferensi merupakan kekeliruan yang disebabkan oleh adanya kecenderungan membiasakan pengucapan (ujaran) suatu bahasa terhadap bahasa lain. Cakupan pengucapannya adalah satuan bunyi, tata bahasa, dan kosakata. Secara umum, interferensi merupakan gejala bahasa yang timbul di dalam masyarakat bilingual dan atau multilingual. Kontak bahasa  mengakibatkan terjadinya penyimpangan kaidah- kaidah bahasa, penyerapan dan penggunaan kosakata bahasa asing. Penyimpangan kaidah-kaidah bahasa dan penyerapan bahasa asing dikatakan sebagai interferensi. Penyimpangan kaidah bahasa berupa perubahan bunyi (fonologi), susunan kata berupa pola frase (morfologi) dan struktur kalimat (sintaksis). Penyerapan bahasa asing dapat berupa pengambilan kosakata asing dan penyesuaian ejaan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa asing berupa leksikal yang belum atau tidak diindonesiakan. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa interferensi terjadi yang terjadi disebabkan oleh kekurangpengetahuan terhadap bahasa target. Sealin itu disebabkan oleh kedudukan lawan bicara dan faktor- faktor yang menyangkut pribadi seorang penutur yang tidak menguasai bahasa dalam masyarakat tutur. Walaupun peristiwa interferensi merupakan hal yang lazim dan wajar terjadi, akan tetapi cenderung bersifat merugikan dan merusak hubungan makna dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, dalam berkomunikasi agar selalu menerapkan kaidah berbahasa agar tidak terjadi kesalahpahaman.Kata Kunci : Aktualisasi, Interferensi, Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia
PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK KEUANGAN DAN PERBANKAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH Yozika, Ferlangga Al; Khalifah, Nurul
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017
Publisher : STIE AAS Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v1i02.154

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan inovasi produk keuangan dan perbankkan syariah dalam rangka untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan nasabah atau konsumen yang telah ada serta untuk meningkatkan perluasan pasar yang masih terbuka lebar bagi kemajuan keuangan dan perbankan syariah di Indonesia. Metode yang digunakan dengan metode literasi dari berbagai sumber-sumber yang dapat dipercaya, seperti jurnal-jurnal penelitian sebelumnya, buku, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan inovasi produk perbankan syariah salah satunya adalah mengembangkan pembiayaan ke sektor korporasi dengan cara menerapkan 1) pembiayaan sindikasi, yakni pembiayaaan yang diberikan kepada satu mudharib atau debitur oleh bank-bank yang tergabung dalam satu kerjasama (musyarakah). 2) Inovasi dengan Trade Finance, fasilitas yang diberikan untuk membiayai kegiatan perdagangan debitur yang berkaitan dengan transaksi perdagangan luar negeri (ekspor-impor) maupun dalam negeri (jual beli). 3) Produk pengelolaan kas. 4) Pembiayaan Start up, adalah usaha dengan menggunakan basis teknologi informasi untuk produknya. 5) Business Development, yaitu salah satu fungsi manajemen perusahaan dalam upaya untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki oleh perusahaan.Kata kunci: inovasi produk, keuangan dan perbankan syariah, kepuasan nasabah
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAWANGSARI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Suyadi, Suyadi
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017
Publisher : STIE AAS Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v1i02.150

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Strategi Cooperative Learning Teknik Jigsaw  Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 bertujuan untuk meningkatkan minat, keaktifan dan prestasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran sejarah khususnya materi perkembangan masyarakat dan kebudayaan di Indonesia yang bercorak Islam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tawangsari Sukoharjo. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian meliputi: informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi langsung, tes dan mencatat dokumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) teknik jigsaw dapat meningkatkan minat, keaktifan dan prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah dari rata-rata nilai 75,44 dengan ketuntasan belajar 79,41%  pada siklus I menjadi 79,56 dengan ketuntasan belajar 97,06 pada siklus II.Kata kunci: prestasi belajar, strategi cooperative learning, teknik jigsaw
PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI AKAD MUDHARABAH Chateradi, Bunga Chairunisa; Hidayah, Nurul
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017
Publisher : STIE AAS Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v1i02.151

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui akad mudharabah, tentunya yang berhubungan dengan lembaga keuangan syariah (bank atau BMT). Metode yang digunakan dengan metode literasi dari berbagai sumber-sumber yang dapat dipercaya, seperti jurnal-jurnal penelitian sebelumnya, buku, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan mudharabah terhadap modal UMKM. Dalam sistem ekonomi Islam, tingkat bunga yang dibayarkan bank kepada nasabahnya digantikan dengan presentase atau porsi bagi hasil, dan tingkat bunga yang diterima oleh bank akan digantikan dengan presentase bagi hasil, dua bentuk rasio keuntungan yang dijadikan instrumen untuk memobilisasi tabungan dan disalurkan pada aktivitas-aktivitas bisnis produktif, walaupun rasio bagi hasil ditetapkan lebih dahulu, namun ketika tingkat keuntungan ber?uktuasi maka tingkat pendapatannyapun akan ber?uktuasi, dengan kata lain pendapatan akan ber?uktuasi dan tidak menentu. Hal tersebut tidak akan merugikan kedua belah pihak, baik dari peminjam maupun dari pihak perbankan.Kata kunci: pengembangan usaha, UMKM, mudharabah
SISTEM KAPITALISME NEGARA SEBAGAI ALTERNATIF SISTEM EKONOMI KERAKYATAN BERDASARKAN PANCASILA Kurniawan, Itok Dwi; Lahir, Sri
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017
Publisher : STIE AAS Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v1i02.153

Abstract

Sistem ekonomi terus mengalami perkembangan. Salah satunya ada bentuk baru sistem ekonomi adalah sistem kapitalisme negara. Sistem kapitalisme negara tidak seperti sistem kapitalisme pada umumnya. Aktor utama sistem ini adalah negara yang didukung oleh perusahaan minyak negara, perusahaan negara, perusahaan swasta unggulan negara, dan dana kekayaan negara. Peluang sistem kapitalisme dijalankan di Indonesia sangatlah terbuka melalui sistem kerja sama antara negara dan swasta dalam pembangunan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan sistem kapitalisme negara yang ada di Indonesia. Metode dalam makalah ini menggunakan metode study literature, dengan memaparkan teori yang berhubungan dengan judul, yang diperoleh dari jurnal, buku dokumentasi, dan internet. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara teoritis dan konstitusi, sistem kapitalisme negara bisa diterapkan di Indonesia dengan menafsirkan secara operasional asas kekeluargaan dan penguasaan cabang-cabang produksi yang penting bagi masyarakat umum oleh negara. Namun, dalam praktiknya, sebagaimana dijelaskan bahwa pendukung kapitalisme negara terdiri dari 4 faktor yaitu perusahaan minyak, perusahaan negara, perusahaan swasta unggulan negara, dan dana kekayaan negara; untuk Indonesia masih mengalami kesulitan menerapkannya.Kata Kunci: kapitalisme negara, sistem ekonomi Indonesia 
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 6 SUKOHARJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Lahir, Sri
JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA Vol 1, No 02 (2017): EDUNOMIKA, Vol. 01, No. 02, Agustus 2017
Publisher : STIE AAS Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29040/jie.v1i02.163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui metode estafet writing. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sukoharjo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017  yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan diduga melalui metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari data empirik menyatakan melalui penerapan metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount dari kondisi awal nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 54,54% ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan 86, 36% pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount pada siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Sukoharjo semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: kemampuan belajar, Bahasa Indonesia, menulis teks recount, estafet writing 

Page 1 of 1 | Total Record : 6