cover
Contact Name
Eri Sasmita Susanto
Contact Email
eri.sasmita.susanto@uts.ac.id
Phone
+6287739570750
Journal Mail Official
jurnal.informatika@uts.ac.id
Editorial Address
Jln. Olat Maras Dsn. Batu Alang, Kec. Moyo Hulu, Kab. Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JINTEKS
ISSN : -     EISSN : 26863359     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Informatika, Teknologi & Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm , Software Enginering, Network & Security serta Artificial Inteligence. disamping itu JINTEKS juga mengelola publikasi yang terkait dengan ilmu Keteknikan / Engineering dan bidang sains yang meliputi matematika komputasi, Biomatematika serta Fisika terapan yang mengarah pada komputasi.
Articles 61 Documents
SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK PERTANIAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PERNEK Susanto, Eri Sasmita; Mariati
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.756

Abstract

Proses penjualan dengan menggunakan teknologi informasi dikenal dengan istilah Electronic-Commerce. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pernek Kecamatan Moyo merupakan salah satu instansi pemerintah yang dikelolah oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. BUMDes Pernek Kecamatan Moyo Hulu memiliki beberapa unit usaha yang dikembangkan salah satunya yaitu penjualan produk pertanian. Dalam menangani proses kegiatan penjualan dan promosi produk pertanian masih dilakukan secara manual. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah web penjualan online sebagai media sarana untuk mendukung kinerja petugas dalam melakukan kegiatan penjualan dan promosi produk serta dalam pengelolaan data penjualan produk pertanian di BUMDes Pernek. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif.
ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMA FREERADIUS DAN USERMANAGER PADA MIKROTIK Nanang; Widiarta, I Made; W, Yunanri
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.755

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisa perbandingan antara freeradius dan usermanager pada Universitas Teknologi Sumbawa, dengan parameter pengukuran, waktu akses login page dan jumlah resource yang digunakan dengan sample 20 client perangkat pendukung jaringan seperti routerboard, switch, access point dan komputer server. (2) dapat memberikan masukan solusi alternatif hotspot mikrotik dalam menangani jumlah user yang banyak. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan jaringan Network Development Life Cycle dan dibangun dengan menggunakan perangkat router board mikrotik dan 20 client pengujian. Metode pengumpulan data mengggunakan observasi, wawancara, studi pustaka dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu dapat mengetahui performa dari freeradius dan usermanager pada mikrotik dan memberikan solusi alternative pada mikrotik dalam menagani jumlah user aktif yang terus bertambah setiap harinya.
RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING PERKEMBANGAN ANAK DI TKIT TAAMASA MEGGUNAKAN METODE SPIRAL Mulyanto, Yudi; Karisma, Yana; Maharani, umara
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem monitoring perkembangan anak di TK IT TAAMASA. Adapun metode perangkat lunak yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode spiral. Sistem ini dibangun menggunakan pemrograman PHP dengan menggunakan CSS, Bootsrap dan MySql sebagai database. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka serta menggunakan metode spiral sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Adapun metode pengujian yang dilakukan dengan melalui pengujian black-box yaitu pengujian yang dilakukan dengan menguji perangkat lunak dari segi fungsionalitas. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi sistem monitoring perkembangan anak di TK IT TAAMASA agar dapat memberi informasi perkembangan anak dengan mudah kepada orang tua saat ini yang masih dilakukan secara manual.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGOLAHAN DATA SAMPAH PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN SUMBAWA BERBASIS WEB Karisma, Yana; Muthi’ah, Athifah; Esabella, Shinta
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.753

Abstract

Data persampahan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa masih menggunakan sistem manual yang dicatat dalam buku catatan dan menggunakan tools aplikasi Microsoft Excel and Word. Hal ini menyulitkan pimpinan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa guna melihat seluruh laporan pengelolan sampah pada wilayah Kabupaten Sumbawa. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah aplikasi pengolahan data sampah berbasis web yang dapat membantu Dinas Lingkungan Hidup dalam mengelola data sampah. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka serta metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Metode Waterfall. Adapun metode pengujian dalam penelitian ini menggunakan pengujian Black-box yang dilakukan menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI IZIN (SIMAMI) DI UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA Sirajunnasihin; Cahyono, Tomy Dwi; Ismiyarti, Wilia
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi manajemen administrasi izin di universitas teknologi sumbawa agar dapat mempermudah aktifitas pengelolaan data dan pengajuan izin seluruh dosen maupun staf universitas teknologi sumbawa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk dapat menggambarkan keadaan ditempat penelitian dengan mendetail dan memungkinkan dapat berkembang selama proses penelitian berlangsung. Metode perancangan perangkat lunak ini menggunakan metode waterfall. Metode pengumpulan data menggunkan obervasi, studi pustaka dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang telah dikembangkan sehingga dapat membantu mempermudah pegawai dalam melakukan izin sehar-hari maupun cuti dan mempermudah bagian kepegawaian dalam melakukan pengelolaan data izin dan cuti.
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN AKHLAK BERBASIS VIRTUAL REALITY Herfandi; Widiarta, I Made; Firmansyah, Moch Wahyu
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.752

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengembangkan Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality agar dapat dimanfaatkan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam melakukan proses belajar mengajar. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka serta menggunakan metode Prototype sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality berhasil dikembangkan dengan Unity game engine, serta memiliki fitur scoreboard, melanjutkan game, dan user interface yang sudah diperbarui. Game telah melewati proses pengujian black box sehingga Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality bisa dikatakan sesuai dengan tujuan awal dari pengembangannya. Dengan demikian dapat disimpulkan peneliti berhasil mengembangkan Game Edukasi Pembelajaran Akhlak Berbasis Virtual Reality sehingga dapat menjadi metode pembelajaran yang interaktif bagi siswa dan siswi SD Negeri Jorok.
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEUANGAN SISWA PADA SMA NEGERI 1 MOYO HULU BERBASIS WEB Febrianti; Rodianto; Nurlaely
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.750

Abstract

Sistem Administrasi Keuangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Moyo Hulu masih dilakukan secara manual baik dalam hal transaksi maupun rekap data. Sehingga memperlambat di dalam proses pembayaran, pencatatan dan rekap pembayaran. Hal ini menyebabkan proses-proses yang terkait dengan pembayaran belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang berjalan dalam proses transaksi maupun rekap data di SMA Negeri 1 Moyo Hulu. Sehingga dapat dibangun suatu sistem informasi administrasi keuangan siswa menggunakan metode Prototype dalam pengembangan sistemnya yang meliputi tahapan-tahapan komunikasi, perencanaan secara cepat, pemodelan perancangan secara cepat, pembuatan prototype, penyerahan sistem. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka. Pemodelan sistem yang digunakan adalah bahasa pemodelan UML (Unified Modelling Language) dan berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dimana Xampp sebagai web server dan Mysql sebagai databasenya. Pengujian perangkat lunak dilakukan melalui pengujian black-box
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KAIN TENUN (KRE ALANG) BERBASIS WEB Karisma, Yana; Susanto, Eri Sasmita; Hartina, Lilis
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 3 (2020): EDISI 5
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i3.749

Abstract

Kre Alang merupakan hasil kerajinan tenun berupa kain sarung berukuran lebih kecil dari sarung pada umumnya atau ukurannya setengah dari sarung biasa.Kre Alang memiliki perbedaan dengan kain tenun lainnya karena memiliki motif yang dibuat dengan benang bewarna emas.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk kre alang dan memperluas wilayah pemasaran produk kre alang.Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun sistem informasi penjualan berbasis web.Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan Mysql sebagai database.Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan waterfall.Pengujian perangkat lunak menggunakan black box. Instrumen pengumpulan data pada penelitian mrnggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil akhir penelitian ini adalah Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web di desa Sebewe yang mampu meningkatkan kebutuhan akan data dan informasi dari produk kain tenun ( kre alang), dimana calon konsumen dapat melakukan pertukaran data dan informasi secara online hingga transaksi pembelian, penjualan dan pembayaran tentang segala produk kain tenun (kre alang) dapat ditransfer melalui rekening
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMANDU WISATA MUSEUM SUMBAWA BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) Habibullah, Muhammad; Mulyanto, Yudi; Sofya, Nora Dery
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 2 (2020): EDISI 4
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i2.596

Abstract

The Sumbawa Regional Museum is a storage and exhibition of Sumbawa Regency historic objects. This research aims to design and build application that can be used to manage the addition, updating or deletion of data objects from the Sumbawa Regional Museum collection and can be used by visitors of the Sumbawa Regional Museum to view information about museum collection objects by scanning the Quick Response Code (QR Code) which has been pasted on museum collection objects. Researcher built an application that can run on the android and web platforms, developed using the Java and PHP programming language, and using MySQL as a database. The software development method uses Waterfall Model until the software testing stage using the blackbox method. Data collection techniques in research using interview and documentation. The results of this research are museum tour guide application and museum collection data management
SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU PADA SMKN 2 SUMBAWA BESAR BERBASIS WEB Susanto, Eri Sasmita; Aprianti, Harfina; Sejahtera, Mila
Jurnal Informatika Teknologi dan Sains Vol 2 No 2 (2020): EDISI 4
Publisher : Teknik Informatika Universitas Teknologi Sumbawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51401/jinteks.v2i2.594

Abstract

Sumbawa Besar 2 Vocational High School is a school where the author conducts research. At this time, the new student registration system, in recording new prospective students still uses books or is conventional, so registration officers experience many problems. The solution to the problem that is happening at Sumbawa Besar 2 Vocational High School is the application of information technology, namely building an information system that can be useful to facilitate the committee and registrants in the New Student Registration process. This system was developed using the Personal Home Page (PHP) and MySql programming languages as a database. The method used in building this system is using the Waterfall method. With the existence of this webbased information system can increase information. Making the registration of new student registration data becomes more structured so that it makes it easier to select new prospective students