cover
Contact Name
Hendra Gunawan
Contact Email
hendra@stan-im.ac.id
Phone
+62227272672
Journal Mail Official
jsma@stan-im.ac.id
Editorial Address
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM Jl. Jakarta No. 79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
ISSN : 20858426     EISSN : 2715520X     DOI : https://doi.org/10.37151/jsma
Core Subject : Economy, Social,
JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) is a peer-reviewed journal. JSMA invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)" : 6 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK PIXY Ismayana, Sari; Hayati, Nur
JSMA Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.352 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah 300 orang dan sampel sebanyak 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan secara bersama-sama kualitas produk dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk lipstik Pixy. Adapun secara parsial menunjukan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan nilai 0,500. Hal ini menunjukkan bahwa 50% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan harga. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 50%  dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STOCK REPURCHASE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016 Susanti, Leni; Erlanda, Erlanda
JSMA Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.202 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memepengaruhi keputusan manajer perusahaan dalam melakukan pembelian kembali saham atau stock repurchase di Indonesia. Populasi penelitian ini yaitu seluruh perusahaan terbuka yang melakukan stock repurchase yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) antara tahun 2013 - 2016. Purposive sampling digunakan dalam menentukan sampel untuk penelitian ini, sehingga diperoleh 44 aktivitas stock repurchase yang dilakukan oleh 30 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan model Random effect menggunakan Eviews version 9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel undervaluation, dividend payout ratio, dan price earning ratio memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap stock repurchase. Firm size memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap stock repurchase. Sedangkan Free Cash Flow (FCF) dan Leverage memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap stock repurchase.
HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN TASK PERFORMANCE DENGAN ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR Setiawan, Ivan; Nurbaeti, Teti
JSMA Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.209 KB)

Abstract

Semua tujuan organisasi, pada dasarnya kembali pada aspek manusianya. Manusia sebagai penentu tujuan organisasi, pengelola organisasi, dan pengendali organisasi untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam hal ini, kembali pada task performance individual para karyawannya yang mendinamisir organisasi. Penelitian ini menempatkan task performance sebagai konsekuensi perceived organizational support dan sebagai anteseden bagi organization citizenship behavior. Teknik analisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived organization support memiliki hubungan positif dengan task performance. Demikian pula, task performance memiliki hubungan positif dengan organizational citizenship behavior. Penelitian ini juga menunjukkan pentingnya keberadaan task performance sebagai mediator antara perceived organizational support dengan organization citizenship behavior.
PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI Hartini, Oki; Sopian, Dani
JSMA Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.057 KB)

Abstract

Sumber penerimaan negara berasal dari berbagai sektor, baik sektor internal maupun eksternal. Salah satu sumber penerimaan negara dari sektor internal adalah pajak. Usaha memaksimalkan penerimaan pajak tidak dapat hanya mengandalkan peran dari Ditjen pajak maupun petugas pajak, tetapi dibutuhkan juga peran aktif dari para wajib pajak itu sendiri. Perubahan sistem perpajakan dari Official Assesment menjadi Self Assesment, memberikan kepercayaan wajib pajak untuk mendaftar, menghitung, membayar dan melaporkan kewajiban perpajakannya sendiri. Kepatuhan dan kesadaran yang tinggi dari wajib pajak merupakan faktor penting dalam pelaksanaan sistem tersebut Populasi dalam penelitian ini adalah para wajib pajak orang pribadi yang yang ada di Daerah Bandung. Tidak semua jumlah wajib pajak tersebut menjadi objek dalam penelitian ini guna efisiensi waktu dan biaya. Data diperoleh dari 50 responden yang terdaftar sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Bandung Karees. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Dengan menggunakan teknik regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees, kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees.  
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA KONSUMEN TOKOPEDIA DI BANDUNG Jaelani, Evan
JSMA Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.716 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian online di Kota Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 100 konsumen. Pengolahan data menggunakan analisis regresi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 79,9%, sisanya 20,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mempengaruhi keputusan pembelian online.
PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA Suri, Natasha; Dewi, Intan
JSMA Vol 10 No 2 (2018): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.259 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap manajemen laba. Good Corporate Governance diukur dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, dan komisaris independen. Pengukuran manajemen laba dalam penelitian ini menggunakan Discretionary accrual (DA) modified model Jones. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah perusahaan manufaktur sektor food and beverages yang dijadikan sampel sebanyak 13 perusahaan. Model analisis yang digunakan peneliti adalah analisis regresi berganda dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, dan komisaris independen berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba.  

Page 1 of 1 | Total Record : 6