cover
Contact Name
Hendra Gunawan
Contact Email
hendra@stan-im.ac.id
Phone
+62227272672
Journal Mail Official
jsma@stan-im.ac.id
Editorial Address
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM Jl. Jakarta No. 79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
ISSN : 20858426     EISSN : 2715520X     DOI : https://doi.org/10.37151/jsma
Core Subject : Economy, Social,
JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi) is a peer-reviewed journal. JSMA invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)" : 6 Documents clear
VARIABEL MAKROEKONOMI SEBAGAI DETERMINAN SAHAM PROPERTI Adrianna Syariefur Rakhmat
JSMA Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i1.43

Abstract

High population growth from year to year is one cause of the development of the property sector. These can be considered by the public to invest in stock of the property and real estate subsector. In investing decisions, investors must look at macroeconomic conditions that can affect stock price movements. The puspose of this studying to analyze the effect of macroeconomic factors, namely inflation, interest rates, and the exchange rate of rupiah on the stock price of the property and real estate. This research is a quantitative study using panel data regression analysis method and using software Eviews 10. The data used are monthly data obtained from monthly report of the Indonesia Stock Exchange, Bank Indonesia, and the Central Statistics Agency with the technique of recording or documentation. The sampling technique is done by purposive sampling and obtaining 420 data during 2014-2019 period in 7 property and real estate subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The result of this study show partial result, each inflation variable and the rupiah exchange rate has a negative and significant effect on the share price of the property and real estate subsector. While the interest rate variable has a negative but not significant effect on the share price of the property and real estate subsector listed on the Indonesia Stock Exchange during the study period.   Keyword: Inflation, Interest Rate, Exchange Rates, Stock Price.  
PENGARUH KOMPENSASI DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN BAGIAN CUTTING PADA PT. KWANGDUK WORLD WIDE CIKALONG WETAN novi, novi; Susanti, Santi
JSMA Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i1.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompensasi dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention pada karyawan PT Kwangduk World Wide bagian Cutting. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 88 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode penelitian Explanatory Survey, Deskriptif dan Verifikatif/Asosiatif, teknik pengumpulan data melalui penyebaran Kuesioner. Hipotesisnya diuji dengan analisa Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji T, Koefisien Korelasi dan Uji Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, variabel Kompensasi mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap variabel turnover intention dan Variabel Stres Kerja juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel turnover intention.
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK “X” DI BANDUNG jaelani, evan
JSMA Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i1.46

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari sumberdaya manusia, proses dan teknologi terhadap loyalitas nasabah Bank ?X? di Bandung. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah dengan metode accidental sampling. Data diperoleh dari 61 nasabah. Pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CRM yang terdiri dari sumberdaya manusia, proses, dan teknologi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara parsial hanya teknologi yang memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan sumberdaya manusia dan proses memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Serta besarnya nilai koefisien determinasi adalah 92,6%, sisanya 7,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti yang mungkin mempengaruhi loyalitas nasabah. Kata Kunci : CRM, sumberdaya manusia, proses, teknologi, dan loyalitas.  
ANALISIS STRATEGI BERSAING DAN STRATEGI BERTAHAN PADA INDUSTRI MIKRO DAN KECIL PANGANAN KERIPIK KEMASAN DI KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG JAWA BARAT TAHUN 2020 DITENGAH SITUASI SULIT PENYEBARAN PANDEMI COVID-19 yanto, arief; Sukanta, Tuntun
JSMA Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i1.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bersaing dan strategi bertahan pada usaha mikro dan kecil panganan keripik kemasan di kecamatan coblong, Kota Bandung tahun 2020. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil survei lapangan dan wawancara, sedangkan data sekunder dari lembaga atau instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Pusat Statistik serta Paguyuban ABDSI Korwil Jabar yang berada di sentra industri Panganan Keripik Kemasan. Alat analisis yang digunakan untuk strategi bersaing adalah dengan Teori Lima Kekuatan Persaingan dari Porter (1980). Sedangkan untuk analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis strategi bertahan pada usaha mikro dan kecil produsen Panganan Keripik Kemasan.  Berdasarkan pendekatan metode Lima Kekuatan Persaingan dari Porter (1980), produsen keripik mampu bersaing dengan harga, pengembangan produk, promosi, dan distribusi produk. Strategi Bertahan produsen Panganan Keripik Kemasan adalah dengan adanya model dari porter dari strategi bersaing, produsen mampu bertahan dari persaingan antar produsen keripik yang lebih besar karena strategi bertahan yang digunakan oleh produsen yaitu harga yang terjangkau bagi para konsumen.
KUALITAS AUDIT BERDASARKAN SKEPTISME PROFESIONAL DAN FEE AUDIT (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK KOTA BANDUNG) sopyan, dani; Atantri, Sheila
JSMA Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i1.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas audit berdasarkan skeptisme profesional dan fee audit baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini dilakukan pada auditor di Kantor Akutan Publik di kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini ialah 51 responden dengan teknik penentuan sampel yang digunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan menunjukkan bahwa skeptisme profesional dan fee audit berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit, sedangkan secara parsial skeptisme profesional dan fee audit berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas audit. Hasil dari koefisien determinasi (R square) adalah sebesar 55,6% yang artinya skeptisme profesional dan fee audit hanya mengakibatkan atau menimbulkan adanya variabel kualitas audit sebesar 55,6%. Sedangkan sisanya sebesar 44,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH BEAUTY VLOGGER, CITRA MEREK DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK WARDAH Hidayati, Nur; Yuliandani, Linda
JSMA Vol 12 No 1 (2020): JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi)
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37151/jsma.v12i1.50

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menyebatkan terjadinya value migration dari penggunaan surat sebagai sarana telekomunikasi fisik ke telekomunikasi digital. Kemunculan beauty vlogger akan memberikan pengaruh pada industri kecantikan, baik untuk perusahaan penghasil produk kecantikan, beauty vlogger itu sendiri, dan mempengaruhi minat beli konsumen. Kosmetik merek lokal masih menjadi raja dinegeri sendiri. Peneliti merumuskan masalah  sebagai berikut : 1) Apakah  beauty vlogger dapat mempengaruhi terhadap minat beli produk kosmetik wardah? 2) Apakah citra merek dapat mempengaruhi terhadap minat beli produk kosmetik wardah? 3) Apakah label halal dapat mempengaruhi terhadap minat beli produk kosmetik wardah?. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan data kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah  probability sampling dengan metode purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Banyaknya populasi penelitian adalah mahasiswi FEBIS Universitas Pelita bangsa angkatan tahun 2016 sebanyak 788 orang, sampel yang digunakan sebesar 89 orang. Hasil pengujian menggunakan uji t sebagai berikut: Beauty Vlogger berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai thitung>ttabel (2,134>1,662). Citra Merek berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai nilai thitung>ttabel (2,906>1,622). Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai nilai thitung>ttabel (2,159>1,622). Untuk meningkatkan minat beli produk kosmetik wardah adalah dengan bergerak lebih cepat ke arah komunikasi digital (youtube) yang direview oleh beauty vlogger, citra merek yang baik dan diyakini kekhalalannya secara aman.

Page 1 of 1 | Total Record : 6