cover
Contact Name
A. Muhajir Nasir
Contact Email
amuhajirnasir@umma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
semnasfkip@umma.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
ISSN : 27154866     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros terbit sekali setahun. Semua artikel atau tulisan dalam prosiding ini telah diseminarkan dalam forum seminar nasional. Redaksi menerima naskah berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 33 Documents
Pengaruh Sarana, Iklim Sekolah, dan Motivasi terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Akbar, Ahmad Ali; Syafruddin, Syafruddin; Syamsuri, Andi Sukri
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.002 KB)

Abstract

Peningkatan minat baca sangat penting sejak dini, melalui peningkatan minat baca mutu pendidikan meningkat. Tujuan penelitian untuk mengatahui pengaruh sarana, iklim sekolah, motivasi terhadap minat baca. Observasi siswa kelas III SDN 82 Pattene terdapat 9 siswa tidak tau membaca. Jenis penelitiannya ex-post facto sifatnya korelasional. Teknik pengumpulan data berupa angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif melalui analisis jalur. Hasil menunjukkan hanya iklim sekolah yang memberi pengaruh peningkatan minat baca. tampak pada uji kelinieran regresi. Variabel iklim sekolah (X2) tHitung 2,816 > tTabel 2,008 disimpulkan H2 atau hipotesis kedua diterima. Artinya ada pengaruh iklim sekolah (X2) terhadap minat baca (Y), variabel sarana (X1) t Hitung 1,625 < tTabel 2,008 disimpulkan H1 atau hipotesis pertama ditolak. Artinya tidak ada pengaruh sarana (X1) terhadap minat baca (Y). Variabel motivasi (X3) t Hitung 0,418 < tTabel 2,008 disimpulkan H3 atau hipotesis ketiga ditolak. Artinya tidak ada pengaruh motivasi (X3) pada minat baca (Y).
Survey Kinerja Guru SMK Negeri 1 Makassar dalam Kegiatan Belajar Mengajar Berdasarkan Kurikulum 2013 Hartati, Eni
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.682 KB)

Abstract

Guru sebagai fasilitator dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya harus memilki kinerja yang baik dalam menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, media belajar, sistem penilaian berdasarkan arah kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Namun jika kegiatan pembelajaran tidak dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan,maka masalah kinerja guru tidak akan sesuai dengan harapan dan kenyataan yang ada pada sekolah tersebut. Guru sebagai tenaga pengajar merupakan motor penggerak dalam dunia pendidikanyangsecara langsung mempengaruhi pengembangan kemampuan potensi anak didik menjadi manusia yang cerdas, terampil dan bermoral. Setiap penyelenggaraan jenjang pendidikan pada hakikatnya diarahkan kepada pencapaian tujuan pendidikan nasional, yang  prosesnya dilakukan oleh guru yang tugasnya adalah mengajar, mendidik, melatih dan mengevaluasi anak didik dalam proses belajar mengajar. Guru adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan, oleh karena itu guru harus memiliki pemahaman yang mendasar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah  yaitu kurikulum 2013. Kinerja yang baik merupakan tolak ukur tingkat keberhasilan guru dalam menjalankan tugasnya. Guru perlu merancang dan  membuat rencana pelaksanaan  pembelajaran serta mengaplikasikan nya sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran, agar kinerja guru  terstandar dan terarah  dengan berpedoman pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru  di SMK Negeri 1Makassar  dalam melaksanakan kinerjanya dengan berpedoman pada kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat sehingga guru ,  khususnya di SMK Negeri 1 Makassar belum maksimal dalam melaksanakan kinerja berdasarkan kurikulum 2013.
Pengaruh Strategi Multiple Intelegences terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik R., Hardiyanti; Aziz, Abd.; Idawati, Idawati
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.949 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah (non-equivalent control group). Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan strategi multiple intelligences, satu kelas hanya menggunakan strategi pendekatan konvensional. Data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi multiple intelligences yang ini ditunjukkan untuk kelas eksperimen dengan nilai (1.42 ? 1.75) dan kelas kontrol (1.686) sedangkan  1.81 ? 2.14)). Jadi ada pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik di buktikan dengan nilai peserta didik yang meningkat.
Implementasi Pembalajaran Holistik dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa Sunusi, Herman
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.305 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu bentuk pendidikan yang bertujuan untuk membangun dimensi manusia, yaitu untuk membangun seluruh dimensi sosial, emosional, motorik, akademik, spiritual, dan kognitif sehingga membentuk insan kamil. Pembelajaran holistik adalah suatu pendekatan pembelajaran yang membangun manusia secara keseluruhan dan utuh dengan mengembangkan semua potensi manusia yang mencakup potensi sosial-emosional, potensi intelektual, potensi moral (karakter), kreatifitas, dan spiritual. Konsep dasar pembelajaran holistik (holistic learning) yaitu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman informasi dan mengkaitkannya dengan topik-topik lain sehingga terbangun kerangka pengetahuan. Pembelajaran holistik memandang manusia secara utuh, dalam arti manusia dengan unsur kognitif, afeksi dan perilakunya. Manusia juga tidak bisa berdiri sendiri, namun terkait erat dengan lingkungannya. Dalam pembelajaran holistik, diterapkan prinsip bahwa siswa akan belajar lebih efektif jika semua aspek pribadinya (pikiran, tubuh dan jiwa) dilibatkan dalam pengalaman siswa. Pembalajaran holistik sangat berkontribusi dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa karena pembelajaran holistik mengandung kesatuan pendidikan jasmani-rohani, mengasah kecerdasan intelektual-spiritual (emosional)-ketrampilan, kesatuan materi pendidikan teoritis-praktis, kesatuan materi pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan. Juga tidak melihat manusia dari aktivitasnya yang terpisah pada bagian-bagian tertentu, namun merupakan mahluk yang bersifat utuh dan tingkah lakunya tidak dapat dijelaskan berdasarkan aktivitas bagian-bagiannya. Tidak hanya melalui potensi intelektualnya saja, namun juga dari potensi spiritual dan emosionalnya.
Lingkungan Pembangunan SDM Sektor Industri melalui Pendidikan Vokasi Vierke, Intan Maria Lewiayu
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.765 KB)

Abstract

Dalam rangka penyiapan sumber daya manusia industri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI tengah mengidentifikasi kesiapan seluruh sektor industri di seluruh Indonesia untuk mengimplementasikan sistem Industri 4.0 dalam aktivitas industrinya sesuai dengan potensi industri di wilayah masing-masing. Tulisan ini mencoba mengidentifikasi kondisi lingkungan bisnis dalam upaya  pemenuhan pembangunan SDM industri dalam melalui pendidikan vokasi menuju industri 4.0. Dasar pengembangan SDM industri akan dikaji berdasarkan pemangku kepentingan yang fokus pada lingkungan eksternal. Sasaran yang dituju adalah diperoleh pemetaan lingkungan vokasi serta rekomendasi untuk kajian lanjutan. Melalui analisis PESTEL, perumusan kebijakan dan perencanaan program pembangunan khususnya di bidang sumber daya manusia industri harus terarah. Skema yang  diperlukan persiapan di tingkat regional dan nasional yang melibatkan pihak industri, dunia pendidikan dan stakeholder lainnya. Kemudian, Kementerian Perindustrian juga perlu melakukan pemetaan sektor dan jenis pekerjaan yang dapat efektif meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan PDB.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Konsep Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar Irfan, Irfan; Muhiddin, Muhiddin; Ristiana, Evi
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.004 KB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang menghasilkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint yang valid dan praktis untuk siswa kelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Model pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D-Model), yang terdiri atas 4 tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gaddong I Makassar dengan subjek penelitian 34 siswa dan 1 guru kelas V mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas V SD Negeri Gaddong I Makassar. Adapun teknik pengumpulan data digunakan instrumen lembar observasi dan angket respon siswa dan guru. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif. Statistik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kevalidan dan instrumen yang digunakan dalam peneletian. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar dan telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan valid dan sahih sehingga layak uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan. Hasil uji coba menunjukka bahwa media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Powerpoint praktis karena telah memenuhi keriteria dengan hasil: 1) aktivitas siswa dalam pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan, 2) guru memberikan respon poitif/sangat baik dan, 3) siswa memberikan respon positif/baik terhadap media pembelajaran. Dengan demikian makamedia pembelajaran ini dapat digunakan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di SD Negeri Gaddong I Makassar khususnya  pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar Idris, Irfandi; Sida, Syarifuddin Cn.; Idawati, Idawati
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.83 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan siswa terhadap pembelajaran yang selama ini dirasa sangat membosankan khususnya pada mata pelajaran IPS. Guru lebih menekankan pada hafalan dan pembelajaran rutin dengan mengandalkan buku paket, siswa kurang dididik untuk berpikir berdasarkan apa yang telah ia dapatkan dalam pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses dan hasil belajar IPS siswa pada tema pahlawan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa dengan populasi seluruh siswa SD Negeri Bontojai Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling atau sampel yang disengaja, sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 20.0 for windows dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 67,50 dan kelas kontrol 46,35. Nilai uji normalitas pretest yang diperoleh kelas eksperimen 0,009 dan kelas kontrol 0,083 untuk uji homogenitas pretest memiliki nilai signifikan 0,125. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 90,71 dan kelas kontrol 79,61 normalitas posttest kelas eksperimen 0,229 dan kelas kontrol 0,282 sedangkan homogenitas posttest kedua kelas 0,563 dan untuk nilai uji-t posttest memiliki signifikansi 0,006. Hasil wawancara diperoleh jawaban positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan keterampilan proses hasil belajar IPS siswa terhadap materi pembelajaran.
Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Peserta Didik MI Madani Alauddin Pao-Pao Junaedi, Junaedi
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.382 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa penerapan Pendidikan Karakter kini sudah mulai dicanagkan oleh berbagai lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga menengah maka dari itu perlu diteliti mengenai keberhasilan pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penananaman nilai-nlai ini untuk meciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Dalam pembelajaran di kelas, guru berhadapan dengan sejumlah peserta didik yang semuanya ingin diperhatikan. Peserta didik akan berkembang secara optimal melalui perhatian guru yang positif, sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik, Kepala Madrasah dan stack Holder merumuskan dan merencanakan program-program pembiasaan di sekaolah baik di dalam maupun di luar kelas. Perencanaan tersebut kemudian direalisasikan setiap hari seperti menjemput kedatangan peserta didik, Murojaah Hafalan surah- surah, Mengaji, Shalat duha dan shalat duhur secara berjamaah. Selain program unggulan yang diterapkan di Madrasah, Guru kelas memiliki strategi tertentu dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik seperti Kultum setalah shalat Duha, Membaca Ayat Kursi, Budaya Literasi, Ice Breaking disela-sela pembelajaran, Sabtu sehat dan gizi juga penumbuhan karakter lainnya. Tidak hanya sekedar strategi yang diterapkan, melainkan guru kelas melakukan evaluasi kegiatan baik lisan maupun tulisan, juga dilakukan evaluasi melalui komunikasi oleh orangtua peserta didik.
Pembelajaran Kearifan Lokal Kaimuddin, Kaimuddin
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.961 KB)

Abstract

Kearifan lokal atau sering disebut local wisdom dapat dipahami usaha manusia dapat dipahami sebagai usaha manusia dengan menggunakan akal budinya (kognisi) untuk bertindak dan bersikap terhadap sesuatu, objek, atau peristiwa yang terjadi dalam ruang tertentu. Pendidikan berbasis kearifan lokal adalah pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk selalu lekat dengan situasi konkret yang mereka hadapi. Pendidikan bebasis kearifan lokal sebenarnya adalah bentuk refleksi dan realisasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yaitu pasal 17 ayat 1 yang menjelaskan bahwa kurikilum tingkat satuan pendidikan SD-SMA, atau bentuk lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, sosial budaya, dan peserta didik. Penguatan metode pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat dimulai dari optimalisasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal misal melalui pembelajaran sastra daerah. Penekanan Afektif pada Kurikulum 2013 serta pembelajaran yang tematik integratif akan sangat memberi dukungan pada pendidikan karakter dalam pembelajaran. Pembelajaran yang bersifat praktik terpadu dan kontekstual dapat memberi sumbangsih dalam menangkap isu-isu kearifan lokal dalam kebudayaan. Pengangkatan terhadap kearifan lokal daerah perlu diakomodatif, terlebih jika melihat sastra daerah di bangsa yang multikulutur seperti Indonesia harus digali kembali. Pembelajaran sastra berbasis pembelajaran kontekstual sangat relevan untuk diterapkan.
Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Taqwa, Muhammad; Taufik, Akbar
PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros Vol 1 (2019): PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros
Publisher : FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.074 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang memenuhi kriteria dan kualitas. Buku ajar ini sebagai penunjang perkuliahan statistika guna meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep statistika sehingga mahasiswa memiliki ketrampilan analisis data dengan software R secara mandiri. Prosedur pengembangan buku ajar ini terdiri atas 4 tahap yaitu : pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.. Materi buku ajar sesuai dengan rencana pembelajaran statistik yang ditampilkan dengan contoh dan software dengan R. Hasil penelitian yaitu (1) penilaian reviewer diperoleh skor validitas isi buku ajar adalah 0,81 yang berarti bahwa validitas isi buku ajar termasuk kategori tinggi dengan reliabilitas 0,89, sehingga buku ajar layak untuk digunakan sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran statistika matematika;(2) Buku ajar ini memiliki kriteria sangat praktis. Hal ini di jelaskan pada hasil uji kepraktisan oleh mahasiswa sehingga buku ajar layak digunakan pada perkuliahan statistika matematika; (3) Tidak ada peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item motivasi belajar mahasiswa diperoleh yaitu 0,24 berada pada kategori rendah; (4) Tidak ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah statistika matematika dengan perlakuan diajar menggunakan software R dan buku ajar statistika dengan R. Hal ini didukung oleh rata-rata ngain item pemahaman konsep mahasiswa diperoleh yaitu 0,25 berada pada kategori rendah.

Page 1 of 4 | Total Record : 33