cover
Contact Name
Edy Nurfalah
Contact Email
+628175019669
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalrpm@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas PGRI Ronggolawe Jl. Manunggal No. 61 Tuban, 62381
Location
Kab. tuban,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika
ISSN : 26846810     EISSN : 26570580     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow dengan p-ISSN: 2684-6810 dan e-ISSN: 2657-0580 diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan Oktober. Naskah yang dikirim dapat berupa tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
Articles 17 Documents
PENGUJIAN VALIDITAS DAN RELIABILITAS KONSTRUK INSTRUMEN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) Purwati, Heni; Nugroho, Aryo Andri
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.255 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas konstruk instrumen kreativitas, mengetahui kontribusi aspek-aspek dan indikator-indikator kreativitas dalam mengukur variabel kreativitas serta mengkonfirmasikan model yang dihipotesiskan yaitu kecocokan model dengan data dengan menggunakan Second order confirmatory factor analysis (2nd Order CFA). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 105 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Linear Structural Model (LISREL) versi 8.8. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality) dan penguraian (elaboration), mampu merefleksikan variabel kreativitas secara positif, valid dan signifikan yang didukung dengan indikator-indikator perilaku masing-masing aspek. Model teoritik variabel kreativitas sesuai (fit) dengan data empirik. Aspek-aspek kreativitas valid dan signifikan serta reliabel untuk mengukur kreativitas mahasiswa. Aspek paling dominan yang merefleksikan kreativitas adalah aspek originality dan aspek paling lemah adalah flexibility.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP Liyawati, Ika Apris; Sulistyaningrum, Heny
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.265 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh minat belajar matematika siswa masih kurang, proses pembelajaran yang terjadi kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan pemilihan model dan media pembelajaran yang salah satunya adalah model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan. Subjek penelitian ini adalah kelas VII C SMPN 1 Semanding tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan respon siswa yang diperoleh dengan metode tes dan angket. Analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, Penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Hal ini dapat ditunjukan dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I, II, dan III yaitu (60,47; 68,44 dan 86,25) dan prosentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III adalah (46,88%; 75%; 93,75%). Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan pada setiap aspek selama pembelajaran yang berada pada keterangan senang yaitu 92,58%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Osborn dengan media Pohon Matematika adalah positif.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LOGIKA MATEMATIKA Saifuddin, Imam
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.033 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah logika matematika siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan statistik deskriptif, yaitu dengan data kualitatif yang digunakan berupa pengamatan terhadap langkah-langkah problem posing dan kemampuan pemecahan masalah siswa saat pembelajaran berlangsung. Data berupa hasil tes karya siswa dan pengumpulan data dilakukan wawancara dengan 3 mata pelajaran yang mewakili berbagai tingkatan, yaitu siswa dengan kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) siswa tidak memahami masalah seperti tidak menghubungkan informasi yang diperoleh; b) siswa kurang mampu mengatur langkah-langkah untuk merencanakan penyelesaian dengan baik; c) siswa tidak melaksanakan rencana untuk semua pertanyaan; d) siswa tidak dapat membuat kesimpulan.
PROFIL KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Ariyanti, Siti; Warli, Warli; Rahayu, Puji
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.808 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika dalam hal gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP dengan gaya visual, pendengaran, dan kinestetik. Subjek penelitian adalah 6 siswa, yang terdiri dari 2 siswa dalam gaya belajar visual, 2 siswa gaya auditorial, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Profil kreativitas visual siswa dalam gaya belajar visual cenderung rendah dalam memecahkan masalah matematika. Profil kreativitas siswa bergaya audiensi cenderung tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Dan profil kreativitas siswa dengan pembelajaran kinestetik cenderung sangat rendah dalam menyelesaikan masalah matematika.
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 1 JENU BERDASARKAN LANGKAH FACION PADA POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN TRAPESIUM Afifah, Yuni; Nurfalah, Edy
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.978 KB)

Abstract

Setiap siswa memliliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang berbeda, sedangkan berpikir kritis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa. Adapun tujuan dari penlitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan langkah Facion pada pokok bahasan jajargenjang dan trapesium. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 32 siswa sedangkan sampel penelitian yang dianalisis datanya sebanyak 3 siswa yang masuk pada 3 kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data statistik deskriptif yang dikembangkan berdasarkan indikator berpikir krtis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan langkah Facion pada pokok bahasan jajargenjang dan trapesium kelas VII-D SMP Negeri 1 Jenu tahun pelajaran 2017/2018 secara umum masuk pada kategori rendah dengan rata-rata skor 64,82.
APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK MENENTUKAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) Maslihah, Siti
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.94 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aturan PP no 55 tahun 2013 tentang kebijakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada lembaga pendidikan tinggi Negeri. UKT berkaitan dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan oleh mahasiswa disesuaikan dengan kondisi ekonomi mahasiswa. Pelaksanaan aturan ini masih menemui beberapa kendala antara lain adanya banding UKT yang terjadi setiap tahun sejak diberlakukannya aturan ukt ini. Banding ini didorong oleh rasa ketidakpuasan dari orang tua mahasiswa terhadap golongan UKTyang dikenakan pada putra/putrinya. Berangkat dari masalah tersebut maka peneliti ingin menerapkan suatu aplikasi guna membantu dalam penentuan golongan UKT mahasiswa berbasis logika fuzzy (logika kabur). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature, dokumentasi dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Studi literature digunakan untuk membuat program penentuan golongan UKT, dokumentasi digunakan untuk merekam data yang telah diupload oleh mahasiswa pada saat registrasi, dan metode wawancara untuk menggali keterangan yang  dibutuhkan dari sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah program yang  memanfaatkan Fuzzy Inference System pada toolbox MATLAB. Uji coba program dilakukan terhadap 96 orang mahasiswa dan hasilnya menunjukkan terdapat perbedaan penerimaan dana UKT jika menggunakan program non fuzzy dan dengan program fuzzy. Hasil yang didapatkan adalah terdapat perbedaan penerimaan universitas sebesar 0.203% lebih besar dengan menggunakan program fuzzy. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa logika fuzzy dapat digunakan untuk menentukan golongan UKT mahasiswa dengan bantuan fuzzy inference system pada toolbox MATLAB.
PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED Puji Lestari, Kus Indah; Nayazik, Akhmad; Hidayati, Destia Wahyu
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.334 KB)

Abstract

Pentingnya kreativitas dalam pemecahan masalah serta kondisi yang dialami siswa SMPN 24 Semarang bahwa kreativitas masih menjadi kendala sampai saat ini. Permasalahan dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematis diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan open-ended diatas KKM. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis metodologi penelitian adalah penelitian eksperimental. Peneliti melakukan eksperimen dengan tujuan yang jelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas saling berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, yang menunjukan adanya hubungan positif antara variabel bebas dengan variabel terikat saling berpengaruh. Hasil Penelitian dapat disimpulkan: (1) Berdasarkan penelitian menggunakan pendekatan open ended siswa memiliki nilai diatas kkm. (2) Kreativitas berpengaruh terhadap penyelesaian masalah matematis terlihat dari hasil analisiss regresi menunjukkan nilai sig 0,002 < 0,05. Kata kunci : Pendekatan Open Ended, Kreativitas, Pemecahan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY Rohimah, Iis Neini; Yuliastuti, Rita
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.783 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Muhammadiyah 2 Palang. Hal tersebut terjadi karena siswa mengalami kesulitan dalam  memahami, merencanakan, melaksanakan, memeriksa kembali yang ada pada soal yang diberikan. Dalam proses pembelajaran matematika cenderung guru lebih aktif dari pada siswa. Peneliti berharap dengan menggunakan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa (2) Mendeskripsikan respon siswa. Dalam penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan metode angket respon kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palang dengan sampel kelas VIII-A dengan jumlah siswa laki ? laki 12 siswa dan perempuan 12 siswa . Data yang di analisis dalam penelitian ini adalah data tes kemampuan pemecahan masalah siswa dan data angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 30%, siklus II mencapai 50% dan siklus III mencapai 86%. Kesimpulannya adalah bahwa model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Palang Tahun Ajaran 2017/2018. Dan data respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS diperoleh 78,05% siswa yang memberikan respon positif.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Wulan, Sri
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.369 KB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh latar belakang bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, metode pembelajaran yang digunakan masih ceramah, tanya jawab dan kurangnya media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menggunakan model pembelajaran STAD untuk melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah: (1) Menjelaskan hasil belajar matematika (2) Menjelaskan kegiatan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Menjelaskan respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan unit media kubik untuk kelas V siswa SDN Kingking I. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar tes, dan lembar dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa minimal 75. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Kingking I Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama ketuntasan hasil belajar adalah 70,59% pada siklus kedua 76,47% dan pada siklus ketiga menjadi 88,24%. Aktivitas siswa juga 57,56% pada siklus pertama meningkat menjadi 62,60% dan siklus ketiga 80,04%. Selain itu respon siswa adalah 50,59% pada siklus pertama pada siklus kedua 65,88% meningkat menjadi 84,72% pada siklus ketiga. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media unit cube dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Kingking I Tahun Akademik 2017/2018
MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Mutmainnah, Mutmainnah; Nurfalah, Edy
Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Vol 1 No 2 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.496 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar dan respon siswa selama proses pembelajaran dengan Model PBL dengan pendekatan ilmiah pada materi bangunan kubus, balok dan prisma di kelas VIII D MTs Gandrirojo Sedan pada tahun 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs Gandrirojo Sedan berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 18 putra dan 16 putri. Teknik pengumpulan data berasal dari siswa dalam bentuk observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar dan tanggapan. Ini terlihat dari persentase aktivitas siswa yang masuk kategori aktif pada siklus I mencapai 55,88%, siklus II mencapai 79, 41%, dan siklus ketiga mencapai 91,17%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar matematika siswa pada siklus I mencapai 61,76%, pada siklus II mencapai 91,17%, dan pada siklus ketiga mencapai 100%. Respons siswa terhadap pembelajaran juga positif. Ini terlihat dari hasil kuesioner respons yang menunjukkan bahwa 97% siswa merespons positif. Untuk itu kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 17