cover
Contact Name
Muhaemin
Contact Email
muhaemin@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282291851902
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Agatis Balandai Kota Palopo, Sulawesi Selatan
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Teaching dan Learning Research
ISSN : -     EISSN : 26569086     DOI : https://doi.org/10.24256/jtlr
Core Subject : Science, Education,
Journal of Teaching and learning Reserach is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas innovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Pembelajaran Perspektif Psikologi Sufistik Imam Al-Ghazali Dan Psikologi Humanistik Abraham Maslow Dalam Pembentukan Kepribadian Fauzi, Ihwan
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 2 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.085 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i2.952

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan relevansi psikologi dalam pembelajaran khususnya pandangan Imam Al-Ghazali dan Abraham Maslow. Sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan library research (penelitian pustaka) dalam analisisnya. Library research ialah suatu penelitian yang menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama (penting), sehingga lebih kepada dokumentasy research (penelitian dokumentasi). Analisis data yang digunakan adalah content analysis (Analisis isi) adalah penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap konten suatu informasi tertulis atau tercetak (printed) dalam media massa. Metode komparatif yaitu mencari relevansi-relevansi antara bermacam data dari beberapa kalimat, opini yang diperoleh, setelah itu dibandingkan antara data-data tersebut untuk diambil kesimpulan. Metode tersebut digunakan untuk melengkapi hasil kajian terhadap pemikiran Imam Al-ghazali dan Abraham Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Psikologi dalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Al Gazali dalam Psikologi Sufistiknya, berpendapat bahwa  potensi nafs yang berbasis positif bila dikembangkan terus hingga sampai batas ideal, akan membawa implikasi positif (bagi pembentukan kepribadian yang lebih bermoral), yang dalam istilah al Gazali disebut "mutakhalliq hi akhlaq Allah". Sedangkan Maslow dalam psikologi humanistik menyusun hierarki kebutuhan, mulai dari kebutuhan biologis dasar (Basic) sampai motif psikologis yang lebih kompleks (rumit), yang hanya akan menjadi penting apabila kebutuhan dasar terpenuhi.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MELALUI MEDIA ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS V SDN 05 RIWANG KABUPATEN LUWU Ratna, Ratna
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.494 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i1.588

Abstract

This study aims to determine the improvement of poetry writing skills by using natural media around fifth grade students at SDN 05 Riwang, Larompong District, Luwu District. This research is a classroom action research consisting of two cycles with the stages of Planning, Implementation, Observation and Reflection. The subject of this research is the fifth grade students in the odd semester of 2017/2018 school year with 20 students. Sources of data in this study are primary data and secondary data. Data collection tests were carried out using interviews, observations, and tests of processing techniques and data analysis used, namely quantitative data analysis and qualitative data analysis. The results of the study showed that the use of natural media around the poetry of natural beauty has increased each cycle. which carried out as many as two cycles showed that the completeness of student learning outcomes, Indonesian subjects poetry material of natural beauty has increased, the average value in cycle I was 75 with completeness 80%, and increased in cycle II which is 95 with 100% completeness, It can be concluded that, using natural media around will help a teacher in carrying out learning activities and students will be easier to understand, so that students at SDN 05 Riwang, Larompong District, Luwu Regency, can improve learning outcomes. 
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kolaboratif Siswa SMA Negeri 1 Mallusetasi Sinarmawati, Sinarmawati
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 2 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.802 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i2.943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi pada pokok bahasan menulis naskah drama melalui model pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi yang berjumlah 29 orang siswa. Data hasil observasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan  statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan hasil tes siswa mengalami peningkatan prestasi belajar setelah diberikan penerapan metode pembelajaran kolaboratif. pokok bahasan menulis naskah drama, siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi melalui penerapan metode pembelajaran kolaboratif yang ditandai dengan tercapai ketuntasan belajar secara individu dan kelompok, yakni pada siklus I sebanyak 4 orang atau 13,8% dan pada siklus II 29 orang atau 100%. Hasil terbut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi.
PERANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD ISLAM DATOK SULAIMAN PALOPO Kartila, Kartila
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.256 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i1.584

Abstract

This study aims to determine the implementation of scramble type cooperative learning models and to find out the learning interests of students who apply the model and to know the supporting factors and obstacles to the implementation of scramble type cooperative learning models in increasing student interest in social studies in Grade III Islamic Elementary School Datok Sulaiman Palopo. This study uses a type of qualitative descriptive research carried out in class III Islamic Elementary School Datok Sulaiman Palop. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the implementation of a scramble type cooperative model makes students directly active in learning activities
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SDN 50 BULU’ DATU KOTA PALOPO Sarti, Sarti
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.448 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i1.589

Abstract

The main problem in this study is the lack of learning motivation of students in the implementation of learning in social studies subjects in class III SDN 50 Bulu 'Datu, which amounts to 23 students. Sources of data in this study were obtained directly from students and teachers of class  III SDN Bulu? Datu. Data collection techniques are carried out using observation, tests, interviews, and documentation. Data processing and analysis techniques used are analysis quantitative data and qualitative data. The results showed that: with the application of the crossword puzzle media the students' learning outcomes each cycle had increased. Based on student learning outcomes test of class III SDN Bulu? Datu conducted in two cycles shows that the learning outcomes of students have increased, from cycle 1 the average value is 88 with a percentage of 100% completeness, while cycle II has an average score of 93 with a percentage of 100% and has met the KKM which is 70. Thus the results of this study can be concluded that, using the medium of crossword puzzles on social studies subjects can improve student learning outcomes.
Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Di Sekolah Dasar Fujianti, Feny
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 2 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.075 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i2.968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menulis karangan narasi dengan metode peta pikiran (mind mapping) dan Untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi dengan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas V SDN 50 Bulu? Datu Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan psikologi. yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 50 Bulu? Datu yang berjumlah 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari siswa dan guru kelas V SDN 50 Bulu? Datu Kota Palopo. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan obesrvasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelajaran bahasa Indonesia dapat dilihat dari pemerolehan nilai siswa skor rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II sangat meningkat dan dapat dikategorikan berhasil. Melalui metode tersebut siswa terlihat aktif dalam pembelajaran.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH YAMINAS LOPPE KABUPATEN LUWU Malasari, Malasari
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.233 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i1.585

Abstract

This study aims to improve science learning outcomes in the style material of fifth grade students of Yaminas Loppe Madrasah Ibtidaiyah Luwu Regency. The study was a type of Classroom Action Research (CAR) conducted in class V of Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Loppe in Bupon Subdistrict, Luwu Regency with a total of 15 students. Data collection techniques used are observation, learning outcome tests, documentation. The results of this study indicate that the application of the demonstration method in science subjects style material can improve student learning outcomes of class V. This is shown through the acquisition of observations of student and teacher activities and test results that indicate an increase. The results of observation of student activities increased from 76.51 in the first cycle to 92.42 in the second cycle. Likewise, the observation of teacher activities also increased from 80 in the first cycle to 93.33 in the second cycle. Both the first and second cycle categories increased from good to very good. While the average test results increased from 61 included in the less category in the first cycle to 75.67 included in the sufficient category in the second cycle. Thus, indicators of success in research on classroom action are achieved. Thus by applying the demonstration method can improve science learning outcomes in elementary schools, especially material style material.
Penerapan Metode Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining untuk meningkatkan Kemampuan Matematis Ihsan, Muhammad
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.313 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i1.597

Abstract

Mathematical communication skills are important in mathematics learning, thus it is expected that the application of Student Facilitator and Explaining learning methods can improve the mathematical communication skills of prospective Mathematics Students at IAIN Palopo. This research is a classroom action research (CAR) with 35 subjects. Data is taken using essay tests and presentation rubrics. Descriptive statistical analysis is the analytical technique used in this study. The results showed that the average score of mathematical communication skills was 69.35 with a percentage of completeness 48.69% in the first cycle and an average of 77.05 with a percentage of completeness of 85.70% in the second cycle and could be categorized as complete classically. The percentage results of the rubric also show a significant increase marked by the frequency of prospective teachers who have been able to convey ideas and concepts in detail and correctly
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBANGUNAN BUDAYA SEKOLAH (CULTURE SCHOOL) Hapudin, Muhammad Soleh
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 2 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.85 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i2.946

Abstract

AbstractPerkembangan ilmu pengetahuan  teknologi informasi dan komunikasi era revolusi industry 4.0 memberikan perubahan hampir mencakup seluruh aspek kehidupan. Perkembangan zaman yang sangat cepat hingga sampai pada era yang dinamakan era disrupsi yang lebih dikenal denga evolusi Industri 4.0. Era disrupsi ini ditandai dengan berbagai konektivitas manuis, mesin dan data semua ada dimana-mana yang dikenal dengan Internet of thing (IoT) sehingga memberikan memberikan dampak dalam kehidupan sosial yang bersifat positif maupun negatif sebagai dampak kemajuan yang tidak diimbangi dengan pendidikan karakter,  Dalam beberapan kurun waktu ini, banyak kejadian dalam kehidupan sosial masyarakat, diantaranya tingginya kasus tindak pidana korupsi, penyalahgunaan narkoba,tawuran pelajar antar sekolah, pergaulan bebas,  tindak kekerassan dan criminal, bullying dan lain sebagainya. Secara factual dan realistic menunjukan runtuhnya moralitas maupun karakter bangsa memberikan dampak terhadap musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial-keagamaan, hukum, maupun politik. Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mensinyalir bahwa sumber dari musibah dan bencana meluluhlantakan moralitas bangsa adalah terabaikannya pendidikan karakter. Merujuk pada realitas tersebut  perlunya penguatan pendidikan karakter pada lembaga pendidikan mulai pendidikan usia dini sampai dengan pendidikan tinggi. Salah penguatan pendidikan karakter adalah di sekolah atau satuan pendidikan, tidak hanya sarana melakukan penyampaian ilmu pengetahuan (transfer knowledge) tetapi lebih dari mengintegrasikan antara transfer knowledge dengan penanaman nilai karakter (transfer of values), sehingga generasi yang dilahirkan bukan hanya intelektual semata namun juga berkarakter melalui budaya sekolah yang bisa membangun, menciptakan dan mengkondisikan suasana lingkungan sekolah berkarakter sehingga akan menjadi kebiasaan baik bagi semua warga sekolah, terutama peserta didik.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) DI KELAS I SDN 61 TONDOK ALLA KECAMATAN TELLUWANUA KOTA PALOPO Rahmadani, Nunu
Journal of Teaching dan Learning Research Vol 1, No 1 (2019): Journal of Teaching and Learning Research
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.805 KB) | DOI: 10.24256/jtlr.v1i1.586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tindakan penerapan metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dalam keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo) dan; 2) Mengetahui apakah penerapan metode Stuktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara analisis deskriptif  yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dengan Penerapan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) mampu meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas I; 2) Dengan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dalam pembelajaran menulis permulaan dilakukan secara bertahap yaitu dua siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana siswa pada siklus I dikategorikan ?Cukup?  dari nilai rata-rata sebesar 66,6 dan pada Siklus II meningkat dengan kategorikan ? Sangat Baik? dari nilai rata-rata sebesar 81,1. Dengan demikian metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) perlu dijadikan referensi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis permulaan di sekolah dasar

Page 1 of 2 | Total Record : 19