cover
Contact Name
Melanthon Rumapea
Contact Email
melanthonrumapea@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
methosika@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia Jl. Hang Tuah No. 8 Medan, Sumatera Utara 20152
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
ISSN : 25990136     EISSN : 25991175     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist adalah media informasi karya ilmiah pada ilmu Akuntansi dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia, terbit 2 (dua) kali setahun, pada bulan Oktober dan April. Media ini terbuka untuk para akademisi, ilmuwan, praktisi, mahasiswa yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan untuk kebaikan seluruh dunia. Jurnal ini diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi ilmiah dan berkontribusi bagi bangsa Indonesia serta dunia internasional.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist" : 6 Documents clear
PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEBIJAKAN INVESTASI DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR OTOMOTIF YANG TERDAFTARDI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2019 Purba, Sumurung Tua; Pasaribu, Dompak; Simanjuntak, Wesly A.
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Publisher : Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46880/jsika.v4i2.70

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kebijakan hutang (DER), kebijakan investasi (TAG), Good Corporate Governance (KID) terhadap nilai perusahaan (PBV). Populasi dari penelitian ini yaitu perusahaan subsektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2016-2019 dan teknik pengambilan sampel yaitu metode sampel jenuh.Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan jumlah data sampel 52. Temuan penelitian ini diketahui bahwa kebijakan investasi dan komisaris independen berpengaruh postif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan hutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Nilai koefisien determinasi sebesar 0,190.
ANALISIS INFORMASI MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Situmorang, Duma Rahel; Purba, Lidia Anggita
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Publisher : Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46880/jsika.v4i2.66

Abstract

The purpose of this study is to analyze the impact of intellectual capital information on firm value. This study focused on the descriptive qualitative methods. The firm value in this study is measured using Tobin’s Q. While the intellectual capital is measured using the Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM). The population in this study is all the companies in the Consumer Goods Industry are included in 50 Biggest Market Capitalization were listed on the Indonesia Stock Exchange from 2013 to 2017. The result showed that the application of the information of intellectual capital on the company in the Consumer Goods Industry has a level of efficiency of intellectual capital that is great in creating added value and increase competitive advantage.Increased competitive advantage and value, then the perception of the market on the value of the firm will be increased because it is believed that the companies have a competitive advantage are able to compete and survive in a dynamic business environment. This was confirmed by the value Tobin's Q > 1 indicating that management was successful in managing the assets of the company and has a high investment growth potential.
PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAGERIAL DENGAN KEADILAN DISTRIBUTIF ANGGARAN DAN KEADILAN PROSEDURAL ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH SAKIT ESTOMIHI MEDAN Samosir, Hendrik E.S.; Purba, Martin Luter; Damanik, Hanna M.
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Publisher : Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46880/jsika.v4i2.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya keadilan dalam penyusunan anggaran, baik secara distributif anggaran maupun keadilan procedural anggaran sebagai interveningnya. Desain penelitian ini bersifat explanatoryresearch yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dalam menggunakan keadilan distributif anggaran dan keadilan procedural anggaran sebagai variable intervening yang dilakukan pada . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan variance based atau component based dengan PLS orientasi analisis yang menunjukkan bahwa semakin baik partisipasi karyawan dalam penyusunan anggaran akan berdampak semakin tingginya keadilan distribusi angggaran dan keadilan prosedural angggaran, semakin baik keadilan distribusi anggaran akan berdampak pada peningkatan kinerja managerial rumah sakit Estomihi Medan, semakin baik keadilan prosedural anggaran akan berdampak pada peningkatan kinerja managerial rumah sakit Estomihi Medan.
PENGARUH PRODUK PEMBIAYAAN MURALABAH (KPR PLATINUM, KPR FLPP, SWAGRIYA) TERHADAP LABA BERSIH PT. BTN SYARIAH BALIKPAPAN Nainggolan, Hermin
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Publisher : Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46880/jsika.v4i2.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk Pembiayaan Muralaba (KPR Platinum, KPR FLPP, Swagriya) terhadap laba bersih pada PT. BTN Syariah Kantor Cabang Balikpapan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel dependen dan independen. Laba bersih sebagai variabel dependen sedangkan KPR Platinum, KPR FLPP dan Swagriya sebagai variabel independen. Populasi dan sampel yang digunakan adalah 1 (satu) bank syariah yang terdaftar di Bank Indonesia. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik (normalitas, heterokedastisitas, autokorelasi dan multikolinearitas) dan uji hipotesis (uji t, uji f dan uji determinasi) Hasil regresi dengan persamaan regresi sebagai berikut: Y= 1147,022 - 0,064 X1 + 0,202 X2 + 1,305 X3. Hasil uji hipotesis dengan uji f diketahui bahwa seluruh variabel independen (KPR Platinum, KPR FLPP, dan Swagriya) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu Laba bersih. Dari hasl R Square diperoleh nilai sebesar 0,677 hal ini berarti secara simultan variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 67,7% sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2019 Rumapea, Melanthon; Purba, Dimita H.P.; Stenardy, Stenardy
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Publisher : Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46880/jsika.v4i2.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility dan Tax Avoidance terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Populasi adalah seluruh laporan keuangan dan laporan tahunan Perusahaan Aneka Industri yang terdaftar di BEI periode 2017-2019 sebanyak 51 perusahaan. Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan memperhatikan laporan keuangan dan tahunan yang melakukan kegiatan corporate social responsibility yaitu sampel sebanyak 24 perusahaan dengan data sebanyak 72 laporan keuangan dan laporan tahunan.Hasil menunjukkan bahwa corporate social responsibility dan tax avoidance secara simultan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan secara parsial berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba dan tax avoidance berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Determinasi nilai R-square yang diperoleh secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi corporate social responsibility dan tax avoidance terhadap manajemen laba adalah 54,3%, sisanya 46,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE DAN PERSONAL BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI UNIT RUMAH DI KOMPLEKS ROYAL SUMATERA Siregar, August Halomoan
Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist Vol 4, No 2 (2021): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Publisher : Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46880/jsika.v4i2.65

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga jual unit rumah, brand image dari lokasi perumahan maupun pengembangdan personal branding dari tenaga Sales terhadap keputusan konsumen membeli unit rumah di Kompleks Royal Sumatera yang merupakan Residensial & Golf Course terbesar dan terkenal di Kota Medan serta di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yaitu incidental sampling terhadap 50 responden.  Pengolahan data menggunakan SPSS versi 24untuk analisis regresi linear berganda.  Berdasarkan penelitian diperoleh persamaan regressi linear Y = 2,435 +0,142X1+0,105 X2+0,321X3dan hal ini menunjukkan Harga, Brand Image serta Personal Branding memberikan dampak yang positif terhadap keputusan konsumen dalam membeli unit rumah di Kompleks Royal Sumatera.Secara parsial Harga memiliki sig 0,014 <α(0,05) serta t-hitung 3,566 > t-tabel (2,013) sehingga dikatakan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Brand Image memiliki sig 0,013<α (0,05) serta t-hitung 2,365 > t-tabel (2,013) sehingga dikatakan variabel Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli. Secara parsial Personal Branding memiliki sig 0,001<(α) 0,05 serta t-hitung 5,012 > t-tabel (2,013) sehingga dikatakan variabel Personal Branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli.  Berdasarkan penelitian ini juga diketahui bahwa secara bersama-sama variabel Harga, Brand Image, dan Personal Branding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan membeli dimana sig 0,000 < (α) 0,05 dan F-hitung 9,372 > F-tabel (2,81). 

Page 1 of 1 | Total Record : 6