cover
Contact Name
Aris Indriyanti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
aris@stieykp.ac.id
Phone
+6281328025208
Journal Mail Official
primaekonomika@stieykp.ac.id
Editorial Address
Jl. Godean Km 3 Tambak Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Prima Ekonomika
ISSN : 20870817     EISSN : 26214148     DOI : 10.37330/prima-ekonomika
Jurnal Prima Ekonomika merupakan jurnal ilmiah berkala tentang ekonomi dab bisnis. Frekuensi terbit setiap 6 bulan.
Articles 66 Documents
Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya Sudaryanto, Sudaryanto
Prima Ekonomika Vol 4 No 1 (2013): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.029 KB)

Abstract

Kosmetik adalah produk yang unik karena mengandung resikopenggunaan bagi konsumen disamping manfaat sosialnya. Konsumencenderung untuk mempertimbangkan atribut-atribunya dalam rangkamengurangi resiko yang mungkin dihadapinya. Tujuan dari studi ini adalahuntuk menentukan attribut produk manakah yang dinilai konsumen menjadiatribut terpenting dalam memilih kosmetik. Kemudian hasilnya digunakandalam analisis gap untuk mengevaluasi kepuasan konsumen. Studi ini jugamenggunakan analisa faktor untuk kemudia dianalisis lebih lanjut denganregresi sederhana untuk mengetahui pengaruh setiap faktor terhadapkepuasan konsumen. Hasilnya, terdapat 3 faktor atribut yang dinilai pentingoleh konsumen dalam pemilihan kosmetik yaitu faktor kualitas, resiko danmerek. Faktor kualitas dan faktor merek berpengaruh lebih besar terhadapkepuasan konsumen kosmetik daripada faktor resiko.
PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) CURRENT RATIO(CR), GROOS PROFIT MARGIN (GPM), NET PROFT MARGIN (NPM), UKURAN PERUSAHAAN, WORKING CAPITAL TO TOTAL ASSET (WCTA) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA Jayanti, Fitri Dwi; Lestari, Utami Puji
Prima Ekonomika Vol 9 No 2 (2018): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.273 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh yang terdiri dari Debt toEquity Ratio (DER) Current Ratio (CR), Gross Profit Margin (GPM), Net Proft Margin(NPM), Ukuran Perusahaan, Working Capital to Total Asset (WCTA) TerhadapPertumbuhan Laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoesia(BEI) pada tahun 2013 sampai dengan 2016. Teknik purposive sampling digunakan untukmemperoleh ukuran sampel sebanyak 56 perusahaan atau 224 data dalam empat tahun.Untuk menganalisa hipotesa penelitian ini menggunakan regresi linier berganda denganSPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Net Proft Margin (NPM)dan Working Capital to Total Asset (WCTA) mempengaruhi pertumbuhan labasedangkan hipotesis mengenai variabel Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR),Gross Profit Margin (GPM), Ukuran Perusahaan tersebut tidak mempengaruhipertumbuhan laba.
ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK BRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC PERIODE 2014 - 2016 Hendarwati, Atik
Prima Ekonomika Vol 8 No 1 (2017): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.184 KB)

Abstract

This study aims to determine the health of Bank BRI period 2014-2016 in terms of Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings and Capital (RGEC). Research data in the form of secondary data in the form of RGEC financial ratios. The data of RGEC's financial ratios are: Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Net Interest Margin (NIM), Capital Adequacy Ratio (CAR), and Return on Assets (ROA). The result of the research concludes that based on RGEC analysis, Bank BRI is in composite-1 (PK-1) or Very Healthy for the period during its research period
CORPORATE GOVERNANCE DAN KONSERVATISME AKUNTANSI : DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN ASING DALAM BUKTI EMPIRIS INDONESIA Widyaningsih, Hastuti
Prima Ekonomika Vol 10 No 1 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.786 KB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi hubungan antara tata kelola perusahaan, yangdiproksi dengan independensi komisaris, kepemilikan komisaris, kepemilikaninstitusional, dan kepemilikan asing, menggunakan sampel dari perusahaanprodusen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2015.Menyumbang bahwa kepemilikan komisaris dan kepemilikan institusionalberdampak pada konservatisme, sedangkan independensi komisioner dankepemilikan asing dapat dieksplorasi dalam penelitian selanjutnya.
FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA SEBAGAI RESPON PAJAK PENGHASILAN BADAN DI INDONESI rahmat, Yuda; diana, diana; kadari, Kadari
Prima Ekonomika Vol 6 No 2 (2015): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.058 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif pajak, earning pressure, tingkatutang, ukuran perusahaan, dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba perusahaanFinancial sector pembiayaan yang terdaftar di Bursa Effek Indonesia. Penelitian menggunakandata sekunder berupa data laporan keuangan perusahaan selama tahun 2010 sampai tahun 2012.Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling ( berdasarkan tujuan ),diperoleh tujuan sampel perusahaan sesuai kriteria yakni perusahaan yang menerbitkan laporankeuangan pada periode 2010 sampai 2012, memiliki informasi terkait manajemen laba danterdaftar di Bursa Effek Indonesia. Metode analisis untuk penelitian ini adalah analisis regresiberganda. Perhitungan manajemen laba menggunakan rumus jones yang dimodifikasi. Hasilpenelitian menunjukan bahwa variabel insentif pajak, tingkat utang, ukuran perusahaan, dankepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkanearning pressure berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.Kata kunci : Insentif pajak, Earning Pressure, Tingkat Utang, Ukuran Perusahaan,Kepemilikan Manajerial, Manajemen Laba.
ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA YOGYAKARTA febrianti, anita; paramitralaksmi, ratri; Wibowo, Wahyu
Prima Ekonomika Vol 8 No 2 (2017): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.189 KB)

Abstract

Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009, yang mengalihkan beberapapajak pusat menjadi pajak daerah yakni Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea PerolehanHak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), memberikan kewenangan lebih besar kepada daerahdi bidang perpajakan. BPHTB merupakan pajak daerah yang sangat potensial di KotaYogyakarta. Realisasi penerimaan BPHTB Kota Yogyakarta selama tahun 2012-2016 selaluberhasil melampaui target yang direncanakan. Meskipun Kontribusi BPHTB terhadapPendapatan Asli Daerah Kota Yogyakarta kurang namun hasil pemungutan BPHTBmemberikan sumbangsih yang besar terhadap Pendapatan Pajak Daerah. Tujuan penelitian iniadalah untuk menganalisis efektivitas penerimaan BPHTB Kota Yogyakarta dibandingakandengan potensi riil, serta untuk menganalisis kontribusi penerimaan BPHTB terhadapPendapatan Asli Daerah Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftifdengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat efektivitas penerimaanBPHTB Kota Yogyakarta selama tahun 2012-2016 sudah sangat efektif dengan rata-rataprosentase 125,05 %. Kontribusi BPHTB terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Yogyakartaselama kurun waktu tahun 2012-2016 kurang dengan rata-rata prosentase 13,28 %. Semogapenelitian ini memberi inspirasi untuk Pemerintah Kota Yogyakarta dalam rangka menentukanbesaran target BPHTB yang mendekati potensi sesungguhnya, maka selain berdasarkanrealisasi penerimaan tahun lalu dan prediksi pertumbuhan ekonomi hendaknya PemerintahKota Yogyakarta juga mempertimbangkan potensi riil dengan melakukan survey di masyarakatKota Yogyakarta.Kata Kunci : Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan, Efektivitas, Kontribusi,Pendapatan Asli Daerah
PEMBERDAYAAN “PETANI PEREMPUAN PERKOTAAN” BERBASIS PADA KELUARGA SIAGA DAN MANAJEMEN EKONOMI MANDIRI MELALUI PENGEMBANGAN “TEKNOLOGI TEPAT GUNA BUDI DAYA KECAMBAH” wijayanti, punik mumpuni; Hadi, Daryanto Hadi
Prima Ekonomika Vol 10 No 1 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.454 KB)

Abstract

Our country, indonesia this is including rich country, especially is rich in natural resources which is not possessed by another country .But unfortunately the use of indonesian natural resources not maximum .We know together that from year to year, problems the unemployment rate in indonesia also continues. There has been no solution that formula for reduce the high unemployment until now. Procurement the field working it is not enough to reduce unemployment in our country. It can be said that the number of job seekers in urban areas higher than in rural areas, and on the basis of sex so job seekers women have number equal to job seekers man .Based on the data SP2010, the open unemployment rate in indonesia is 2.6 percent. On the basis of sex, male tpt is 2,0 percent, while women tpt is 3.6 percent. Based on regional, the unemployment rate in urban 3.6 percent while in rural areas at 1.7 percent. So that it can be said that female open unemployment rate higher than open unemployment rate mani, and based on the region the open unemployment rate urban higher than open unemployment rate rural.A design study was conducted research using action with the total sample 30 women in pujokusuman for cultivation bean sprouts. To cultivation using was technology bean sprouts spring automatisasi i have designed more efficient than used a traditional.Benefits and the results of cultivation bean sprouts are ( 1 ) farmers urban profit financial clean of IDR 2.700.000 per month, ( 2 ) a rise of nutrition family for the. As for for reprocessing after harvest into flour wheat, obtained of biscuit products which worth nutrition high for the children and toddlers.Keyword: bean sprouts, cultivation, was technology precisely in order to.
STRATEGI BISNIS TOKO PERSATUAN Kundala, Manendha Maganitri
Prima Ekonomika Vol 10 No 2 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.048 KB) | DOI: 10.37330/prima-ekonomika.v10i2.89

Abstract

ABSTRACT   The development of the Indonesian economy as a whole after the monetary crisis showed a significant increase, this is shown by the start of the rise of various trading businesses in the community. One such business is the school supplies business. School equipment is a mandatory attribute used by all children who have received formal education in Indonesia. As the business world develops, the school supplies business is no exception, more and more new players will emerge in this business. Increasing the number of business players means increasing the intensity of competition. Because of that condition, the Unity Store must find the right business strategy to win the competition. The Unity Shop is demanded to be able to maximize its strengths to take advantage of existing opportunities and minimize its weaknesses to overcome existing threats. This study uses a SWOT-4K analysis that begins by listing the strengths, weaknesses, opportunities and business threats faced by the Unity Stores. All indicators are calculated for their weighted values ??after giving weight and values ??for each indicator. The combination of the weighted values ??of internal and external variables is what determines the choice of strategy that is considered appropriate for the Union Store. The high intensity of competition is very influential for the Unity Store. But the Union Shop is required to continue to survive. The results of the SWOT-4K study show the Unity Store should use a growth strategy. The combination of market development strategies, market penetration strategies, and product development strategies is an appropriate growth strategy for the Unity Store.   Keywords: Internal environment analysis, external environment analysis, SWOT-4K analysis, growth strategy.   ABSTRAK Perkembangan perekonomian Indonesia secara keseluruhan pasca krisis moneter menunjukkan peningkatan yang cukup berarti, hal ini ditunjukkan oleh mulai maraknya berbagai bisnis-bisnis perdagangan di masyarakat. Salah satu bisnis tersebut adalah bisnis perlengkapan sekolah. Perlengkapan sekolah merupakan atribut wajib yang dipakai oleh semua anak yang mengenyam pendidikan formal di Indonesia. Seiring perkembangan dunia bisnis, tak terkecuali bisnis perlengkapan sekolah, maka akan semakin banyak muncul pemain baru di bisnis ini. Makin banyaknya jumlah pemain bisnis berarti semakin meningkatkan intensitas persaingannya. Karena keadaan itulah Toko Persatuan harus mencari strategi bisnis yang tepat untuk bisa memenangkan persaingan. Toko Persatuan dituntut untuk bisa memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkankan peluang yang ada dan meminimalkan kelemahannya untuk mengatasi ancaman yang ada. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT-4K yang dimulai dengan membuat daftar indikator kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis yang dihadapi oleh Toko Persatuan. Semua indikator dihitung nilai tertimbangnya setelah sebelumnya diberkan bobot dan nilai untuk masing-masing indikator. Kombinasi nilai tertimbang variabel internal dan eksternal tersebut yang menjadi penentu pilihan strategi yang dianggap pas untuk Toko Persatuan. Intensitas persaingan yang tinggi sangatlah berpengaruh bagi Toko Persatuan. Namun Toko Persatuan dituntut untuk terus bertahan. Hasil penelitian SWOT-4K menunjukkan Toko Persatuan selayaknya menggunakan strategi pertumbuhan. Kombinasi dari strategi pengembangan pasar, strategi penetrasi pasar, dan strategi pengembangan produk merupakan strategi pertumbuhan yang pas untuk Toko Persatuan.   Kata kunci : Analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal, analisis  SWOT-4K, strategi pertumbuhan.  
KOMPETENSI PENGETAHUAN PASAR DALAM MENDUKUNG KEUNGGULAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Prasetyo, Ageng
Prima Ekonomika Vol 9 No 1 (2018): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.071 KB)

Abstract

This study focus on how the company need to know about the market expectation beforethe product was launched esspecially in PT Aneka Gas Industri Sales Region Jawa Tengah in2015.The ability of the company to know the market was called the market knowledgecompetence. Its concist of three major aspects such as customer knowledge competence,competitor knowledge competence and the interface between R&D with marketingdepartment. The higher market knowledge competence was predicted can creates the higherthe competitive advantage in the market place. And as the result the competitive advantagecan increase the marketing performance, these was inluded sales volume, sales growth andcustomers growth. Populations of this study were 100 customers of PT Aneka Gas IndustriSales Region Jawa Tengah, and the samples of this study were 20 customers which devidedinto 2 categories of monthly purchases amount. We expected this study could be applied inthe company in order to support policies and strategies in the marketing field mainly ondeveloping new products.
Hambatan Penggunaan Biodiesel Bagi Wirausaha Di Era Globalisasi Indriyanti, Aris
Prima Ekonomika Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.996 KB)

Abstract

Kebutuhan bahan bakar minyak dalam negeri meningkat. Beberapa data mengenaipenggunaan mesindiesel dari pertengahan tahun 80-an terjadi peningkatan kebutuhan energikhususnya untuk bahan bakar mesin diesel yang diperkirakan akibat meningkatnya jumlahindustri, di berbagai daerah di Indonesia. Persoalan mengenai Bahan bakar minyak (BBM)kian banyak dan belum terselesaikan dan permintaan BBM terus meningkat (diprediksi tigakali lebih tinggi pada 2035). Sebagaimana kita tahu bahwa minyak bumi masih menjadikomponen penting dalam dunia pembangkitan kita. Sumber daya minyak semakin menipisdari cadangannya. Oleh karena itu diperlukan suatu sumber alternative energi baru yangbisa menggantikan peranan minyak bumi dalam dalam era globalisasi. Biodiesel adalahsalah satu energi alternatif terbarukan. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengatasimasalah ini yaitu melakukan usaha-usaha untuk mencari bahan bakar alternatif sepertibiodiesel. Tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan biodiesel yaitupeningkatan(pasokan harus mengimbangi melonjaknya permintaan terkait denganpertumbuhan ekonomi dan perubahan standar hidup, ketersediaan luas lahan untuk produksibiodiesel. Karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan keragaman konteks lokal darisegi infrastruktur, penghasilan atau akses terhadap sumber energi. Sejalan dengan itu,Indonesia berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca, tetapi masih sangat tergantungpada bahan bakar fosil, hingga perlu mendorong produksi energi berbasis sumber danproses terbarukan dan berkelanjutan dengan menggunakan biodisel. Sebagian masyarakatbelum mengetahui bagaimana cara membuat dan memanfaatkan biodisel. Perlu adanyapengenalan Biodisel dimulai dari adanya penyuluhan kepada masyarakat terutama padamasyarakat wirausaha untuk menggunakan biodiesel yang diperkenalkan kepadamasyarakat luas.