cover
Contact Name
Dyah Kusuma Wardhani
Contact Email
dyah.wardhani@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
j.aksen@ciputra.ac.id
Editorial Address
UC Town, Citraland Surabaya 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
AKSEN
ISSN : 24772593     EISSN : 24772607     DOI : https://doi.org/10.37715/aksen.v4i2.1311
Core Subject : Engineering,
This bi-annual journal published every April and October, managed by the Interior Architecture Department of Ciputra University. AKSEN-Journal of Design & Creative Industry invites professionals in the academic world, practitioners, researchers, and students to disseminate the latest ideas and knowledge in the field of Architecture, Interior Design, Creative Industry and Design Management.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016)" : 5 Documents clear
LIGHTING PERFORMANCE PADA RUANG KELAS DI BANGUNAN BERSEJARAH Prihatmanti, Rani; Susan, Maria Yohana
AKSEN Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1469.869 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jangka pendek yang bertujuan untuk meneliti keadaan pencahayaan di dalam ruang dari beberapa bangunan bersejarah yang telah di-adaptive reuse menjadi sekolah menengah atas di Surabaya. Hal ini untuk mengetahui apakah bangunan-bangunan yang diteliti tersebut sudah memenuhi standar untuk pencahayaan dalam kelas atau belum. Level pencahayaan di dalam kelas sangat berpengaruh terhadap learning performance dari murid yang sangat berdampak ke academic performance-nya. Untuk itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan data kualitatif sebagai pendukung. Level pencahayaan dalam ruang diukur dengan menggunakan light meter dan juga dilakukan walk-through inspection (observasi) di setiap bangunan untuk mengetahui keadaan eksisting bangunannya. Kuesioner juga dibagikan kepada para responden untuk mengetahui kepuasan dalam hal pencahayaan di dalam kelas. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi parameter untuk dipertimbangkan dalam mengkonservasi bangunan bersejarah, khususnya yang di-adaptive reuse.
RAM SEBAGAI ELEMEN ESTETIKA DARI BANGUNAN KOMERSIAL Rachmayanti, Ika; Sofiana, Yunida
AKSEN Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1535.089 KB)

Abstract

Aksesibilitas pengguna ruang berkebutuhan khusus sudah menjadi perhatian bagi para perancang bangunan, terutama pada bangunan komersial. Fungsi ram sebagai salah satu akses sirkulasi vertikal yang ideal pada bangunan komersial menjadi sebuah keharusan bagi para perancang untuk diaplikasikan kepada bangunannya, dimana banyak ketentuan dan peraturan dari pemerintah setempat yang harus diperhatikan guna menciptakan kondisi akses yang ideal bagi pengguna berkebutuhan khusus orang tua dan orang cacat (UU MenPen No. 30) serta anak-anak. Dengan demikian, secara desain ram pada awalnya tidak mendapatkan perhatian khusus melainkan hanya sebagai salah satu fungsi standar gedung komersial. Seiring dengan berkembangnya kepekaan perancang ruang dan bangunan terhadap fasilitas umum untuk pengguna berkebutuhan khusus dan anak-anak, fungsi ram berkembang menjadi fungsi estetika dengan konsep desain yang terencana dan bernilai estetis tinggi. Pendekatan metodologi yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif deskripsi dengan menjelaskan bagaimana peraturan standar penggunaan ram pada bangunan secara fungsi dapat juga menambah nilai desain secara estetika dengan studi kasus bangunan Hotel Arjuna di Batu Malang yang menerapkan ram sebagai obyek desain yang memiliki nilai estetika.
DESAIN INTERIOR MODERN BERKONSEP AVENUE DI DALAM KANTOR DAN SHOWROOM GRANITO TILE Anggada, Silvia Fransisca; H. Istanto, Freddy; Prihatmanti, Rani
AKSEN Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1267.59 KB)

Abstract

Pertumbuhan penduduk kian meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya populasi berdampak pada meningkatnya pembangunan. Dengan meningkatnya pembangunan, maka kebutuhan jasa desain interior pun meningkat. Untuk melakukan aktivitas, khususnya di dalam ruang, manusia membutuhkan fasilitas yang baik dan nyaman untuk dirinya. Oleh karena itu, desainer interior dibutuhkan mengingat tren zaman ini adalah tidak hanya ruang yang efektif dan efesien melainkan estetika juga diperhatikan. ROBUST Interior Design didirikan untuk menjawab permintaan yang terus meningkat. Servis merupakan salah satu pertimbangan klien untuk memilih perusahaan untuk dibeli jasanya. Klien yang tidak hanya menginginkan desain yang baik, melainkan pelayanan yang maksimal. Oleh karena itu, perusahaan ini memiliki sebuah prinsip yang disebut CARE; yang berarti memberikan pelayanan yang terbaik tidak hanya bagi para klien dan pihak-pihak luar yang juga berkaitan dengan perusahaan, tetapi juga pihak internal perusahaan. Kantor dan showroom GRANITO Tile adalah salah satu karya desain perusahaan. Proyek ini bertujuan untuk menjawab permintaan klien, memberikan solusi yang menyelesaikan permasalahan yang ada, dan memastikan keseluruhan desain sesuai dengan identitas perusahaan. Desain ini memiliki sebuah konsep ?Modern Avenue? dimana membagi ruang-ruang sesuai dengan kebutuhan dan akivitas pengguna dengan sirkulasi yang linear pada kantor dan radial pada showroom. Konsep Avenue memberi dampak pada pengguna kantor yang diharusnya untuk mengelilingi area untuk mencapai tujuan serta memastikan kepentingan maupun aktivitas antar divisi tidak bertentangan. Sementara pada showroom, reception area menjadi pusat dari ruangan. Pengunjung diajak untuk berkeliling melihat display produk melalui penataan furnitur dan pola lantai. Sementara, gaya modern diterapkan pada furnitur dan dekorasi dengan bentuk geometris dengan warna-warna dasar dan natural yang sesuai dengan identitas perusahaan.
INSPIRASI MATERIAL LOGAM PADA ELEMEN INTERIOR RUANG PUBLIK UNTUK MENDUKUNG PELESTARIAN BUDAYA BANGSA Hartanti, Grace; Nediari, Amarena
AKSEN Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.963 KB)

Abstract

Bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia, material logam sudah lama dikenal. Jenis logam terbagi dua yaitu metal ferro dan metal non-ferro, logam juga sudah diperdagangkan dari perdagangan bahan mentah dan setengah jadi yang kemudian berkembang menjadi perdagangan aneka macam produk berbahan dasar logam dilakukan oleh pedagang besar di Indonesia. Penggunaan material logam yang sangat luas, aplikasi material logam, dapat juga dimanfaatkan juga pada elemen interior. Mengetahui jenis dan karakteristik dari logam menjadi salah satu topik dalam mata kuliah Pengetahuan Bahan Bangunan bagi mahasiswa jurusan Desain Interior dan Arsitektur. Dukungan teknologi juga sangat dibutuhkan dalam pengolahan material logam dalam pemanfaatan material sehingga dapat diciptakan bentuk dan desain yang lebih baik. Inspirasi pengolahan material logam dalam elemen interior dapat diperoleh dari keragaman budaya bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dimana penerapan ragam hias dan material lokal Indonesia dalam perancangan interior ada ruang publik menjadi salah satu kontribusi serta upaya para desainer interior ataupun arsitek Indonesia dalam pelestarian kekayaan budaya bangsa Indonesia ke masyarakat global.
IDENTIFIKASI POTENSI PENGEMBANGAN PRODUK UNTUK ARSITEKTUR INTERIOR BERBASIS KARAKTERISTIK MATERIAL SENI KERAJINAN TROWULAN P Utomo, Tri Noviyanto; Indrawan, Stephanus Evert
AKSEN Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1448.695 KB)

Abstract

Patung batu, tembaga dan terakota kerajinan biasanya ditemukan di wilayah Trowulan-Jawa Timur. Penemuan ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia di zaman kuno adalah pengrajin. Teknologi juga menjadi bagian budaya kerajaan Majapahit. Hal ini terbukti dengan penggunaan cetakan logam untuk menghasilkan kerajinan terakota. Artefak yang ditemukan oleh orang-orang dari Trowulan sedang digandakan dan dijual sebagai souvenir, aksesoris dan elemen lanskap. Masalah yang terjadi dan kenyataan yang dihadapi saat ini adalah produk sejenis banyak ditiru dan kurangnya inovasi. Akibatnya, pasar menjadi jenuh dan persaingan ketat antara penjual. Artis atau pengrajin cenderung mengubah profesi mereka dan memilih untuk bekerja di kota daripada menjadi pengrajin. Keragaman bahan dengan karakteristik yang unik di Trowulan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi produk yang lebih beragam yang kaya fungsi, bentuk dan ornamen. Studi ini akan mengeksplorasi jenis bahan dari Trowulan untuk memetakan potensinya yang dapat dikembangkan menjadi penggunaan produk lainnya. Langkah selanjutnya menggambarkan dan menganalisis karakteristik untuk mengidentifikasi peluang untuk pengembangan fungsi dan bentuk produk baru jika bahan sebagai elemen interior dan arsitektur.

Page 1 of 1 | Total Record : 5