cover
Contact Name
Dyah Kusuma Wardhani
Contact Email
dyah.wardhani@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
j.aksen@ciputra.ac.id
Editorial Address
UC Town, Citraland Surabaya 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
AKSEN
ISSN : 24772593     EISSN : 24772607     DOI : https://doi.org/10.37715/aksen.v4i2.1311
Core Subject : Engineering,
This bi-annual journal published every April and October, managed by the Interior Architecture Department of Ciputra University. AKSEN-Journal of Design & Creative Industry invites professionals in the academic world, practitioners, researchers, and students to disseminate the latest ideas and knowledge in the field of Architecture, Interior Design, Creative Industry and Design Management.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
IDENTIFIKASI POTENSI JENIS KOMERSIAL PADA LAHAN ASET DINAS PERHUTANI YANG BERKONTUR Ariyanto, Yusuf
AKSEN Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1315.902 KB)

Abstract

Kegiatan wisata di era masyarakat milenial sekarang ini merupakan kebutuhan hidup yang rutin dilakukan. Faktor yang berpengaruh dalam peningkatan sektor pariwisata tersebut adalah kondisi fisik yang tersaji di setiap kawasan wisata, seperti panorama alam, kondisi alam, suasana yang tercipta dari kondisi alam, bahkan kualitas fasilitas pendukung lingkungan wisata. Tak terkecuali pemerintah yang sudah mulai sadar akan pentingnya kerjasama untuk mengembangkan aset-aset pemerintah yang tidur, seperti halnya aset tanah Dinas Perhutani yang relatif luas dan terletak di area pegunungan namun belum ada tindakan signifikan untuk mengembangkan aset tersebut. Kondisi lahan wisata di pegunungan yang berkontur dengan kemiringan lereng tertentu umumnya memerlukan biaya yang cukup besar untuk membuatnya menjadi area wisata. Masalah yang muncul adalah bagaimana penentuan jenis area komersial yang tepat pada kondisi lahan berkontur sehingga dapat menjadi rencana bagi pemerintah untuk menarik investor dan sebagai studi kasus bagi arsitek. Melalui metode penelitian terapan yang digunakan utamanya adalah tahapan eksplorasi obyek lahan dan solusi desain berupa pengumpulan data baik berupa kajian literatur, wawancara dan observasi lokasi menghasilkan beberapa identifikasi potensi. Identifikasi area komersial yang sesuai dengan karakter lahan berkontur adalah lahan parkir, restaurant atau cafe yang menyajikan keunikan hasil bumi lahan maupun sekitarnya, wisata alam seperti outbound, area menginap yang atraktif seperti rumah pohon maupun glam camp dan wisata edukasi.
KAJIAN DESAIN INTERIOR RUANG TUNGGU CIP LOUNGE BANDARA DI INDONESIA Permatasari, Rr. Chandrarezky; Nugroho, Yohannes
AKSEN Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.384 KB)

Abstract

Ruang Tunggu CIP (Commercial Important Person) lounge berkembang sejak meningkatnya frekwensi jumlah penumpang yang menggunakan maskapai penerbangan di bandara yang akan berangkat atau transit . Untuk dapat menarik minat pengunjung datang ke ruang tunggu publik CIP lounge tidak hanya menawarkan menu makanan dan kualitas pelayanan, tetapi juga dildukung fasilitas ruang sesuai tuntutan gaya hidup pengguna serta didukung suasana ruang yang dapat memberikan kenyamanan kepuasan pengguna. Suasana ruang dapat dibentuk secara visual melalui elemen desain interiornya yang memenuhi prinsip prinsip desain.Objek pada penelitian ini adalah CIP Mandiri Prioritas Kualanamu dan CIP Bluesky Lounge Bandara Sepinggan sebagai studi kasus pembanding untuk mengetahui apakah memenuhi kaedah prinsip-prinsip desain. Dimana suasana ruang yang dihasilkan dapat memberi kenyamanan pengguna dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik suasana ruang tunggu CIP lounge yang dihadirkan. Atmosphere suasana interior dapat terbentuk melalui aspek estetikanya yang diterapkan pada penataan layout, elemen pembentuk ruang, elemen pengisi ruang, elemen dekoratif ruang dan sistem pencahayaan. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan mengkaji elemen desain interior fasilitas ruang yang ada dengan pendekatan teori desain Interior dari Francis D.K. Ching yaitu teori fungsi, bentuk, teknik dan ruang sesuai dengan prinsip kesatuan dalam desain dengan menguraikan gambaran secara mendetail sistem penataan desain interior ruang tunggu kedua CIP lounge berada. Hasil kesimpulan dari dari penelitian ini adalah penerapan pada desain interior sesuai dengan kaedah prinsip desain yang menghasilkan komposisi tatanan interior yang berbeda sesuai karakteristik terhadap suasana citra ruang kedua lounge, namun tetap memberikan suasana yang nyaman, bersih, dan welcome bagi pengguna.
PERANCANGAN CAFE DAN CO – WORKING SPACE HILLS Yovita, Elaine; Purwoko, Gervasius Herry; Indrawan, Stephanus Evert
AKSEN Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.783 KB)

Abstract

Proyek akhir yang dipilih oleh penulis adalah sebuah kafe sekaligus co ? working space bernama HILLS yang terletak di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Lingkup area perancangan meliputi area lobby, area lantai satu, lantai mezzanine, dan area tangga, dengan total luas area yang didesain adalah 1.050 m2. Ketentuan yang ditentukan oleh klien adalah menggunakan style Industrial yang dipadukan dengan minimalis, serta dapat merepresentasikan brand HILLS tersebut. Dalam perancangan proyek akhir ini, penulis menerapkan solusi desain berwawasan psikologi lingkungan. Psikologi lingkungan sendiri adalah sebuah disiplin yang memperlajari interaksi antara pengguna dan lingkungannya, baik lingkungan alami maupun lingkungan buatan. Dengan adanya penerapan konsep berwawasan psikologi lingkungan tersebut, diharapkan penulis dapat menghasilkan solusi desain yang mampu memberikan kenyamanan dan meningkatkan performa bagi pengguna kafe maupun pengguna co ? working space HILLS. Berdasarkan analisa ? analisa yang telah dilakukan, penulis memilih konsep Colourful Hills untuk diterapkan pada proyek akhir ini. Konsep colourful dipilih sebagai penerapan dari psikologi lingkungan yang akan diaplikasikan pada tata letak dan organisasi ruang sesuai dengan psikologi warna yang dinamakan colourful neighbourhoods. Sedangkan konsep hills dipilih sebagai penerapan dari konsep arsitektural serta brand dari klien yang akan diaplikasikan pada karakter gaya, suasana ruang, furnitur, dan bentuk pelingkup pada interior kafe sekaligus co ? working space HILLS.
PERANCANGAN ARSITEKTUR INTERIOR GAMA IKAN BAKAR & SEAFOOD Setiawan, Jessica Ellen; H. Istanto, Freddy; Susan, Susan
AKSEN Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.361 KB)

Abstract

Perancangan arsitektur interior GAMA Ikan Bakar & Seafood merupakan proyek perancangan terhadap salah satu restoran terkenal di Semarang. GAMA Ikan Bakar & Seafood merupakan sebuah bisnis keluarga dengan cabang di kota Semarang dan Jakarta. Yang membedakan cabang Semarang dengan cabang lain adalah target pasar (menengah ke atas) dan cita rasa (menggunakan bumbu rempah khas Semarang). Permasalahan yang ingin diselesaikan adalah bagaimana menciptakan sebuah desain arsitektur interior GAMA Ikan Bakar & Seafood Semarang yang menjadi salah satu brand identity restoran cabang Semarang, tanpa meninggalkan value proposition restoran. Konsep penyelesaian yang diajukan adalah ?The Tamarind?, tidak lain adalah buah asam jawa yang merupakan asal muasal nama Kota Semarang. Konsep bertujuan untuk menonjolkan karakter kota Semarang secara berbeda, bersamaan dengan value proposition restoran sebagai restoran seafood
PERANCANGAN KAFE BAPAK DI SIDOARJO Pangestu, Valentina; Purwoko, Gervasius Herry; Indrawan, Stephanus Evert
AKSEN Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.835 KB)

Abstract

Proyek akhir perancangan Kafe Bapak merupakan proyek desain interior dan eksterior pada bangunan yang terletak di Jalan Letjen sutoyo no. 3, Waru, Sidoarjo. Perancangan ini dilatar belakangi oleh keinginan klien untuk membuat sebuah bangunan multibisnis yang unik, cozy, dan artful. Adapun tujuan dibangunnya Kafe Bapak yaitu sebagai sarana penyedia layanan yang masih sulit ditemui pada daerah tersebut, diantaranya kafe, car wash, salon & reflexology, dan multi function hall. Perancangan ini bertujuan menjawab keinginan klien serta memberi solusi atas permasalahan yang terdapat pada bangunan eksisting proyek. Konsep yang digunakan untuk menyelesaikan problem terinspirasi dari bentuk kurva melengkung yang terdapat pada bagian tengah biji kopi. Kurva ini kemudian diaplikasikan pada penataan layout dan pelingkup secara tiga dimensi. Ruang-ruang dalam Kafe Bapak diorganisasi sesuai kedekatan fungsi, sehingga membuat pola sirkulasi yang efisien bagi penggunanya. Dalam perancangan ini material - finishing pelingkup dan isi ruang yang dipilih merupakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan pengguna.

Page 1 of 1 | Total Record : 5