cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6285257756064
Journal Mail Official
alfikrah.stamidiya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Sen - Asen 74 Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Sen-Asen Konang Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman
ISSN : 26204207     EISSN : 26204304     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Fikrah : Merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Bangkalan yang memuat tentang Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman sebagai sarana publikasi hasil penelitian dan berbagai kajian ilmu keislaman baik pendidikan, pemikiran, syariah, dan kajian Islam lainnya. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan yang berupa hasil penelitian atau penelitian terapan. Jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan satu kali yakni bulan Juni dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019)" : 5 Documents clear
Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Larangan Pamekasan Nurhadi, Ali; Niswah, Fitrotun
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.679 KB)

Abstract

Komunikasi adalah proses interaksi yang dilakukakun seseorang baik secara langsung maupun secara tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi interpersonal adalah proses penyampaian pesan antara dua orang atau kelompok kecil secara langsung baik itu pesan verbal maupun nonverbal, dengan tujuan utntuk mencapai kesamaan makna. Komunikasi interpersonal bagi guru penting untuk pencapaian prestasi belajar siswa. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan judul: Penerapan Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa di MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru-guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tringulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dalam penerapan komunikasi interpersonal tenaga pendidik adalah (1) kerja sama antar warga sekolah sangat penting, (2) umpan balik yang terjadi dalam komunikasi interpersonal ada respon positif, (3) sedangkan penghambat yang terjadi dalam komunikai interpersonal adalah kehadiran guru ke madrasah sehingga guru merasa kurang waktu dalam berkomunikasi. Kedua, komunikasi interpersonal yang efektif bagi tenaga pendidik adalah (1) seorang guru harus mempunyai keterbukaan dalam berkomunikasi interpersonal, (2) empati dalam komunikasi interpersonal yang efektif juga berpengaruh dalam proses interaksi di madrasah karena dengan adanya empati kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.
Pembinaan Guru Madrasah Tsanawiyah Berbasis Budaya Pesantren di Pesantren Nurul Huda Kembang Jeruk dan Pondok Pesantren Al-Jauhariyah Sembung Kecamatan Banyuates Sampang Shobri, Ach
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.403 KB)

Abstract

Upaya pembinaan untuk meningkatkan kualitas guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) berbasis budaya pesantren hingga saat ini menarik untuk dibahas. Sebagaimana pada semua lembaga pendidikan, mempunyai corak masalahnya yang khas. Namun, untuk lembaga yang berada di bawah naungan pesantren persoalan tentu khas pesantren, demikian juga cara penyelesaiannya. Ketua Yayasan dan jajaran pengurus pesantren bahu membahu menyelesaikan persoalan demi persoalan berbasis budaya di lingkungan pesantren, khususnya persoalan yang terkait dengan pengembangan profesi guru. Artikel ini, merupakan hasil penelitian dengan pendekatan kualititatif, ditemukan sebuah pola interaksi yang digunakan dalam pembinaan guru, yang khas pesantren, misalnya menggunakan media pengajian rutin satu bulan sekali, perayaan imtikhan, shalat berjama?ah, silaturrahmi, dan lain-lain. Sedangkan dalam hal pembinaan, sedikitnya ada empat pendekatan, antara lain; individual, komunal, senioritas, dan pemanfaatan birokrasi pesantren. Dari sisi stakeholder, pelibatan Klebun (Kepala Desa),, komite sekolah, kepala sekolah, dan pengawas sekolah memberikan masukan yang maksimal berorientasi pada pembenahan internal maupun ekternal lembaga, yang nantinya memberikan pengaruh pada peningkatan profesi guru pada lembaga pendidikan setempat.  
Genealogi Pendidikan Pesantren Studi Genealogi Syaikhona Kholil Bangkalan Madura Zaini, M.; Mahsun, Mahsun
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.325 KB)

Abstract

Islamic Boarding School Genealogy in Bangkalan, Study of Genealogy of Syaikhona Kholil Bangkalan Madura. This article is the result of field research using a qualitative methodology, to answer questions: 1) How the development of pesantren in Bangkalan, 2) What is the understanding of social and intellectual genealogy of Syaikhona Kholil Bangkalan. The approach in this study, namely the sociological and historical approach, because in the translation using sociological and historical aspects. The sociological aspect is used to trace the symptoms and social causality that accompany the role of Shaykhona Kholil, while the historical approach is used to trace sources in the past, in the form of archives or documents. While the theory used in this study, is a combination of three theories, including: educational theory, leadership theory and genealogy theory Michel Foucault. Combined with these three theories, it can be simplified that education is an effort to explain the teaching and learning process, which combines the leadership and genealogical practices (creating scientific rigging), one of them by way of matchmaking.
Peranan (Bp4) dalam Membina Keluarga Sakinah dan Penyelesaian Penyelisihan Perkawinan Islam Jamilah, Fitrotin
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.029 KB)

Abstract

Badan penasehat pembinaan dan pelestarian perkawinan (BP4) merupakan suatu organisasi yang bersifat semi resmi sebagai penunjang tugas kementrian agama dalam bidang perkawinan serta bertujuan untuk mempertinggi mutu perkawinan dan mewujudkan keluarga atau rumah tangga bahagia, sejahtera dan kekal menurut ajaran Islam sedangkan Perselisihan perkawinan adalah hubungan rumah tangga antara suami dan istri yang bersengkata dalam perkawinan dan adapun tujuan dari studi kasus ini adalah untuk membahas tentang 1) badan penasehat pembinaan dan pelestarian perkawinan 2) peran dari badan penasehat pembinaan dan pelestarian perkawinan 3) perselisihan perkawinan dan peran dari BP4 dalam penyelesaian perselisihan perkawinan. Peranan BP4 dalam penyelesaian sengketa pernikahan perselisihan pernikahan adalah: BP4 bertindak sebagai konsultan pernikahan, dengan jalan memberikan penjelasan, bimbingan kepada pihak-pihak yang bersengketa yaitu wali, dengan calon mempelai melalui lembaga Badan Penasehatan, Pembinaan  dan Pelestarian Perkawinan (BP4). Dari lima kasus yang ditangani oleh BP4 yang dapat rujuk kembali dan semua pihak menerima bersatunya kembali keluarga yang dibina (tak terjadi perceraian ada 4 kasus (80%) dan yang proses peceraian berlanjut ada 1 kasus (20%)).  BP4 dalam melaksanakan tugasnya tentu mengalami hambatan. Hambatan tersebut bersifat internal BP4 sendiri,  yang cendrung tidak pro-aktif untuk mencari keluarga siapa yang mengalami permasalahan perkawinan.
Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Putri, Gesa Kharisma; Setyo Dewi, Yuli Ani
AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman Vol. 2 No. 1 (2019)
Publisher : Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.797 KB)

Abstract

Pemerintah telah mengatur pendidikan jarak jauh berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), dimana yang dimaksud dengan pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi, permasalahan umum dalam pendidikan di Indonesia yaitu sistem pembelajaran yang kurang baik, dilihat dari metode pembelajaran, media pembelajaran, dan bahan yang masih belum tepat dalam penggunaannya. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, yang dipengaruhi adanya berbagai metode pembelajaran yang kurang tepat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian ini berupa pre-test dan post test terhadap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari rata ? rata nilai pre - test kelas kontrol dan eksperimen, dengan nilai post test kelas kontrol dan eksperimen. Nilai rata rata kelas kontrol  pada pre ? test bernilai 75,16 dan pada post ? tesrnya bernilai 70,28. Artinya, adanya sebuah penurunan nilai rata-rata kelas konrol sebesar 4,88. Sedangkan pada nilai rata ? rata kelas eksperimen pada pre-test bernilai 77,13 dan pada post-testnya bernilai 88,00. Artinya, adanya sebuah peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 10,87. Artinya adalah dimana ada peningkatan nilai rata-rata setelah adanya pembelajaran mengunakan Google Classroom, meskipun tidak terlalu signifikan.    

Page 1 of 1 | Total Record : 5