cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra@stmik-im.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan jakarta No.79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
ISSN : 20858795     EISSN : 27157040     DOI : 10.37424
Core Subject : Science,
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) terbit pertama kali pada tahun 2009. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian di bidang teknik informatika, manajemen informatika dan sistem informasi. Jurnal Informatika terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)" : 6 Documents clear
IDENTIFIKASI SEBARAN WILAYAH KEBUN TEH HITAM ORTODOKS BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS Segonang, Hermawaty; Soelaeman, Risky
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v12i1.43

Abstract

Kabupaten Subang merupakan sebuah kabupaten yang terletak di daerah provinsi Jawa Barat. PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII yang terletak di Ciater, Subang merupakan salah satu diantara perkebunan milik Negara yang didirikan dengan maksud dan tujuan untuk menyelenggarakan usaha di bidang agro bisnis dan agro industri. Salah satu usaha di bidang agrobisnisnya adalah teh hitam orthodoks. Permasalahan utama yang dihadapi pada bisnis teh hitam orthodoks adalah dalam pengelolaan informasi. Di kebun teh hitam orthodoks ini, belum adanya informasi tentang kebun dan lokasi kebun. Kepala Afdeling / Kepala Produksi membutuhkan petunjuk letak kebun teh hitam tersebut yang ingin dituju menggunakan Google Maps dan menunjukkan letak koordinatnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memiliki solusi untuk menyelesaikan permasalahannya dengan membuat Sistem Informasi Geografis di PT. Perkebunan Nusantara VIII yang berbasis web. Sistem Informasi ini dikhususkan bagi Kepala Afdeling / Kepala Produksi yang ingin mengelola informasi terkait dengan kebun teh hitam orthodoks. Pada penelitian ini, mengambil lokasi di Kabupaten Subang, yang diharapkan dapat dikembangkan untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Adapun metode yang digunakan dalam mengembangkannya adalah metode prototype untuk membangun sebuah sistem, metode analisa sistemnya menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) dan metode analisa masalahnya menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threat). Metode Prototype dirancang agar dapat menerima perubahan-perubahan dalam rangka menyempurnakan prototype yang sudah ada. Metode UML digunakan untuk memvisualisasi, menspesifikasikan dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis OO (Object Oriented). Maka dari itu, hasil akhir dalam terciptanya suatu masalah dan solusi dengan menggunakan metode maupun tools pendukung yang ada, penulis mengimplementasikannya menjadi suatu program, yaitu Sistem Informasi Geografis berbasis web.
PEMBANGUNAN APLIKASI PENGUKUR KETINGGIAN BENDA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRIGONOMETRI Mauluddin, Amras; Supriadi, Irwin
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v12i1.44

Abstract

Saat ini kita mengenal dua cara untuk mengukur ketinggian benda. Cara pertama adalah menggunakan busur dan tape measure. Busur digunakan untuk menghitung besar sudut, kemudian tape measure digunakan untuk menghitung jarak antara titik sudut  dan benda yang diukur. Sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan alat yang disebut dengan thedolit. Hasil pengukuran dengan cara kedua ini lebih akurat dibandingkan dengan cara pertama. Hal ini dikarenakan thedolit memiliki tingkat ketelitian yang baik. Namun kedua cara pengukuran tersubut memiliki beberapa kelemahan, yakni cara pertama memerlukan ketelitian yang cermat saat menghitung sudut dan cara yang kedua memiliki kelemahan dalam hal biaya. Untuk dapat menutupi kelemahan tersebut, maka dibuatlah sebuah Aplikasi pengukur ketinggian berbasis android. Penggunaan aplikasi ini cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya. Sehingga diharapkan Aplikasi ini dapat menjadi solusi yang lebih efektif dan efisien. Aplikasi pengukur ketinggian benda ini penulis namakan dengan Simple Measure. Perangkat ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman JAVA. Metode pengukuran yang digunakan adalah trigonometri. Selain itu juga SensorFusion digunakan sebagai library untuk mendeteksi sudut kemiringan.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DAERAH POTENSI KEKERINGAN MENGGUNAKAN FUZZY INFERENSI SISTEM chairuddin; Nurafni , Sevi
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v12i1.45

Abstract

Kekeringan merupakan salah satu bencana alam yang frekuensi kejadiannya tinggi (hampir setiap tahun). Daerah potensi kekeringan perlu diprediksi agar dapat mengurangi kerugian-kerugian yang tidak hanya pada sektor pertanian dan lingkungan hidup tetapi juga berdampak negatif pada sektor sosial dan ekonomi bahkan dapat mengganggu stabilitas politik.             Dalam pengolahan peta digital untuk sistem informasi geografis (SIG), seringkali ditemukan objek-objek penting yang tidak tepat dalam pengolahannya bahkan tidak dapat dilibatkan karena faktor ketidakpastian yang dimiliki oleh objek tersebut. Objek yang memiliki ketidakpastian berhubungan dengan data yang tidak dapat dinyatakan hanya dalam dua kondisi saja, yaitu kondisi ?ya? atau kondisi ?tidak?. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam mengatasi keterlibatan objek yang memiliki ketidakpastian di dalam SIG adalah dengan menggunakan sistem inferensi fuzzy (SIF) metode Tsukamoto. Data yang memiliki ketidakpastian yang diangkat dalam penelitian ini adalah data non-spasial berupa faktor-faktor penentu daerah potensi kekeringan pada wilayah Nusa Tenggara Timur             Sistem infrensi fuzzy dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam pembuatan peta digital yang melibatkan sejumlah data yang bersifat tidak pasti. Output yang diharapkan dari penelitian ini adalah peta yang memberikan informasi tentang daerah rawan demam berdarah berdasarkan warna yang ditentukan dengan nilai yang diperoleh dari proses inferensi fuzzy.  
PERANCANGAN ARSITEKTUR INTEGRASI SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE SERVICE ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN (SOAD) (STUDI KASUS : POLITEKNIK LPKIA BANDUNG) Ramdhany, Tri
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v12i1.46

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, aplikasi dan platform yang digunakan oleh departemen-departemen dan unit pendukung pada perguruan tinggi yaitu Politeknik LPKIA Bandung menjadi beragam.Oleh karena itu diperlukan sebuah metode yang digunakan untuk melakukan integrasi sistem informasi yang berjalan, metode tersebut adalah metode Service Oriented Analysis and Design (SOAD). Merupakan sebuah metode perancangan sistem yang mengelompokan proses bisnis menjadi sekumpulan service melalui dua tahapan utama yaitu analisis service dan desain service.    Untuk memperoleh service yang responsive terhadap proses bisnis yang berlangsung, digunakan juga pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD). Yaitu use case diagram untuk memetakan kandidat service entity-centric business service dan kandidat service task-centric business service dan menggunakan class diagram untuk menentukan arsitektur data dari kandidat service-service yang terpilih menjadi desain service final.  Dari desain service final yang ada kemudian dibagi menjadi 3 layer, yaitu 1 service pada orchestration service layer yang berperan mengatur service-service yang diperlukan  setiap aplikasi, 29 service pada business service layer yang berperan untuk menyediakan dan mempublikasikan service untuk orchestration service layer  dan 3 service pada application service layer yang berperan mengakses database. Selain itu agar desain service final yang sudah dihasilkan memiliki operasi yang sesuai dengan proses bisnis yang berlangsung maka dilakukan identifikasi sevice operation berdasarkan hasil Business Process Modeling Notation (BPMN).      Hasil akhir yang diperoleh dari tahapan analisis service dan desain service tersebut yaitu berupa arsitektur sistem informasi dan arsitektur data berorientasi service yang menjadi dasar dalam menentukan rancangan arsitektur integrasi sistem informasi di Politeknik LPKIA Bandung
MACHINE LEARNING DIAGNOSIS KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE Chazar, Chalifa; Erawan , Bagus
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v12i1.48

Abstract

Kanker payudara merupakan penyebab kematian nomor dua pada wanita. Penyakit ini sulit dideteksi pada fase awal. Akan tetapi, kebanyakan penderita baru mengetahui kondisinya setelah memasuki fase tertentu dalam kondisi yang parah dan sulit disembuhkan. Salah satu bentuk pemeriksaan untuk mendiagnosis penyakit kanker payudara adalah dengan melakukan biopsi. Biopsi adalah teknik pemeriksaan yang dilakukan dengan mengambil cairan di payudara menggunakan Fine Needle Aspiration (FNA), selanjutnya hasil biopsi FNA akan diperiksa lagi di laboratorium untuk mendapatkan hasil diagnosis. Untuk mendapatkan hasil yang akurat dari proses biopsi dibutuhkan waktu yang lama. Machine Learning (ML) dapat digunakan untuk mencari dan menemukan pola  yang unik dari sekumpulan data. Algoritma Support Vector Machine (SVM) dipilih karena algoritma ini mampu mengklasifikasikan nilai ke dalam kelas-kelas tertentu. Algoritma SVM juga memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan algoritma lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi ML yang dapat mendiagnosis penyakit kanker payudara dengan menggunakan Algoritma SVM untuk mencari pola data dari sekumpulan data masa lalu untuk menghasilkan hasil diagnosis yang akurat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Algoritma SVM pada ML dapat digunkan untuk mencari suatu pola data dari sekumpulan data masa lalu yang dapat menghasilkan prediksi untuk menentukan sel hidup kanker payudara bersifat ganas atau jinak.
PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PEMESANAN TIKET SEPAK BOLA BERBASIS DESKTOP MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO 2010 ramady, givy; Herlina; Roza, Silvia
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 12 No 1 (2020): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK IM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37424/informasi.v12i1.49

Abstract

Dalam era globalisasi ini informasi sangatlah penting dan juga sangatlah dibutuhkan oleh setiap orang. Karena teknologi informasi telah menjadi sumber kunci utama dan juga sangatlah berperan penting bagi kemajuan bangsa.  Salah satunya dalam masalah administrasi dalam penjualan tiket di sebuah tempat usaha. Kondisi saat ini pengolahan tiket di stadion sepak bola ini masih bersifat manual. Maka dari itu kita bisa memanfaatkan sentuhan teknologi dalam bentuk administrasi pada loket pemesanan tiket masuk ke stadion sepak bola serta bisa menyimpan data para pengunjung yang datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model waterfall karena merupakan metode pengembangan yang terstruktur dan dalam laporan akhir ini dapat dilakukan secara sistematis dan terarah. Program aplikasi tiket sepak bola berbasis desktop dibuat dengan menggunakan microsoft visual studio 2010 dengan VB NET sebagai bahasa pemrograman aplikasi serta MySQL sebagai database digunakan untuk menyimpan dan mengolah data. Dari hasil pengujian, aplikasi yang dibuat dapat bekerja  secara optimal tanpa mengalami kendala.

Page 1 of 1 | Total Record : 6