cover
Contact Name
Andi Yusuf Katili
Contact Email
yusuf2801@gmail.com
Phone
+6281310812300
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Jaksa Agung Soeprapto no. 40 Kota Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
ISSN : 20881894     EISSN : 27159671     DOI : -
Core Subject : Social,
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik terbit 6 bulan sekali yaitu pada Juni dan Desember. Diterbitkan oleh P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo
Articles 112 Documents
PENATAAN RUANG KANTOR DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN TUGAS DI KANTOR CAMAT TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO Ahmad, Yahya
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.102

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Penataan Ruang yang baik untuk menunjang pelaksanaan tugas di Kantor Camat Tilamuta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk penataan ruang kantor Camat Tilamuta Kabupaten Boalemo adalah bentuk tata ruang tertutup, fasilitas kantor yang disediakan sangat memadai dalam membantu pelaksanaan pekerjaan secara efektif dan efisien. Disarankan dengan adanya penggunanaan tata ruang tertutup, sebaiknya camat selaku pimpinan selalu mengadakan peninjauan langsung ke setiap bagian secara berkala. Melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas yang juga mendukung kondisi fisik kantor. Kata Kunci: Penataan, Ruang Kantor, Menunjang
PERAN APARATUR BIDANG DIKLAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN POHUWATO Tueno, Nolfi S.
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.101

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran. Aparatur bidang diklat dalam meningkatkan kompetensi aparatur di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyelenggaraan diklat terlihat peran aparatur bidang diklat dalam upaya meningkatkan aparatur dan didapati hasilnya berdasarkan informasi informan berperan, di liahta dari segi programnya didukung oleh program program inovasi sehingga sangat mendukung pencapaian peningkatan kompetensi aparaturdi lihat dari segi pelaksanaanya, sangat terlihat pula peran bidang dilat dalam peningakatan kompetensi aparatur termasuk pada inovasi sebagaimana instruksi bupati pohuwato pada sistem penyelenggaran diklat. Disarankan dengan penyelenggaraan diklat perlu lebih ditingkatkan melalui penyediaan fasiltas-fasilitasnya selain itu pula penyelenggaraan diklat untuk kepentingan efisiensi perlu mengangkat widyaiswara dari pemerintah kabupaten pohuwato,program penyelenggaraan diklat perlu adanya diklat diklat tekhnis dan fungsional, perlu adanya peningkatan kapasitas regulasi dari instruksi bupati tentag penatalaksanaaan pengiriman aparatur untuk mengikuti diklat di luar daerah, perlu adanya perjanjian kerja sama dengan lembaga pembina diklat sehingga legalitas pelaksanaan diklat terus terjaga. Kata Kunci: Peran, Diklat, Kompetensi, Aparatur
PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, PEREMPUAN, DAN KELUARGA BERENCANA KOTA GORONTALO Saleh, Rahmiyati
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.100

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Gorontalo. Maka peneliti merumuskan hipotesis "ada pengaruh signifikan iklim organisasi terhadap kinerja karyawan karyawan di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana kota Gorontalo." Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana kota Gorontalo, yang berjumlah 45 orang. Populasi sampel dari penelitian ini adalah jumlah total 45 karyawan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik uji korelasional deskriptif dengan alat pengumpulan data karena kedua variabel tersebut adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data penelitian menguji hipotesis dengan menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan korelasi sederhana. Berdasarkan analisis data yang diperoleh oleh hasil dari mereka, bentuk persamaan regresi linier Y = 12,48 + 0,77x dan koefisien korelasi harga (r) diperoleh dengan koefisien determinasi 0,775 r2 = 0,601 atau variabel Y 60,1% dipengaruhi oleh variabel X , sedangkan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian signifikansi koefisien korelasi dapat>> 8,05> 2,02 yang membuktikan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan Y adalah signifikan (rata-rata). Dan dari analisis dilakukan hipotesis penelitian bahwa "ada pengaruh yang signifikan dari iklim organisasi terhadap kinerja karyawan" yang diterima pada tingkat nyata = 0,05. Kata Kunci: Iklim, Organisasi, Kinerja, Karyawan
PROSES SELEKSI PEGAWAI TIDAK TETAP DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BOTUMOITO Bagou, Usan
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.99

Abstract

ABSTRAK Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Seleksi Petugas Tidak Tetap di SMA Negeri 1 Botumoito. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber informan adalah kepala SMA Negeri 1 Botumoito, pegawai dan petugas. Sumber data primer dan dukungan dokumen sebagai sumber data sekunder. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan data yang diperoleh selanjutnya dan dianalisis dengan menggunakan tahapan analisis domain, langkah-langkah, analisis taksonomi, dan analisis tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses seleksi petugas di SMA Negeri 1 Botumoito dilakukan melalui proses analisis kebutuhan, penentuan uraian tugas dan spesifikasi jabatan / pekerjaan, sosialisasi penerimaan-penerimaan, pendaftaran penerimaan-penerimaan, pemilihan dan lokasi petugas saat ini. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses seleksi melalui sosialisasi penerimaan belum dilakukan secara terbuka melalui media massa, materi seleksi yang sederhana dari pekerjaan yang akan dijalani serta ketiadaan proses orientasi sebelum penempatan secara tetap. Berdasarkan simpulan di atas maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: Kepada Pihak sekolah hendaknya dalam proses seleksi telah menggunakan media massa dalam pelaksanaan sosialisasi penerimaan, yang memungkinan banyak pihak yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai dapat melamarkan diri. Materi seleksi yang diujikan hendaknya dapat menggambarkan kompleksitas pekerjaan yang akan dilakukan nanti pada saat ditempatkan serta Perlu kiranya dilakukan proses orientasi untuk melihat kesesuaian kompetensi dan kemampuannya dalam melaksanakan perkajaan yang dilakukan sebelum ditetapkan sebagai staf pada bagian tertentu. Kata kunci: Proses, Seleksi, Pegawai, Tidak, Tetap
PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) LESTARI DESA TABONGO KECAMATAN DULUPI KABUPATEN BOALEMO Katili, Andi Yusuf
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.98

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengelolaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lestari Desa Tabongo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan dan melakukan observasi serta pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengelolaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lestari Desa Tabongo Kecamatan Dulupi, belum maksimal dilaksanakan melalui proses perencanaan, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan. Penyusunan program rencana pengadaan tenaga pendidikan belum maksimal karena keterbatasan formasi. Pengembangan untuk menilai prestasi kerja, dan keperibadian tenaga pendidik, belum maksimal dilaksanakan, selain tenaga pendidik berstatus honor, dan anggaran sangat terbatas. Pemeliharaan dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, belum dapat dilaksanakan dengan baik karena keterbatasan anggaran operasional. Penggunaan perencanaan karier, peningkatan pengetahuan tenaga pendidikan melalui pendidikan dan pelatihan-pelatihan, belum dapat dilaksanakan karena alasan keterbatasan anggaran. Disarankan, perlunya perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo, menindak lanjuti berbagai permasalahan lembaga pendidikan anak usia dini Lestari tentang pengembangan kualitas tenaga pendidik dan peningkatan statusnya menjadi Pegawai Negeri Sipil, melaksanakan kegiatan kursus, pelatihan keterampilan dan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi tenaga pendidik anak usia dini, khususnya di Desa Tabongo Kecamatan Dulupi, dan memberikan subsidi anggaran operasional yang memadai dalam rangka pengelolaan organisasi yang lebih baik di masa mendatang. Kata Kunci: Pengelolaan, Lembaga, Pendidikan, PAUD, Lestari
DISIPLIN PROGRESIF DI KANTOR CAMAT KOTA SELATAN KOTA GORONTALO Poma, Maryam D.
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.97

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Displin Progresif di Kantor Camat Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian sesuai dengan yang diharapkan, maka data yang terkumpul akan dianalisis dengan analisis kualitatif dengan langkah-langkah yaitu mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam suatu pendataan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Disiplin progresif di Kantor Camat Kota Selatan Kota Gorontalo telah terlaksana, akan tetapi dalam hal ini ketepatan waktu belumlah terlaksana dengan baik disebabkan keterlambatan baik dalam menyelesaikan pekerjaan dan mengikuti apel pagi. Untuk mengatasi hal tersebut pimpinan masih menggunakan teguran secara lisan dengan memberikan pembinaan kepada pegawai. Begitu pula dalam hal tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan tugas masih kurang baik, dan masih banyak pegawai yang tidak taat terhadap aturan kantor dikarenakan sangsi yang diberikan tidak terlalu berat. Dalam menghadapi masalah tersebut pimpinan hanya memberikan teguran terhadap pegawai dan mengevaluasi pekerjaan setiap seminggu sekali. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan setiap pekerjaan diperlukan tanggung jawab yang tinggi dari pegawai, pengawasan langsung dari atasan serta pemberian sangsi kepada pegawai yang melanggar aturan. Kata Kunci: Disiplin, Progresif, Camat
FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI PENYIARAN DIGITAL RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) GORONTALO Gobel, Lisda Van
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.96

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang faktor-faktor penghambat implementasi penyiaran digital Radio Republik Indonesia (RRI) Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner/daftar pertanyaan, yang disebarkan kepada 89 (delapan puluh sembilan) responden Pegawai Negeri Sipil. Pengumpulan data lainnya melalui observasi dan dokumentasi untuk melakukan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Berdasarkan analisis, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil rekapitulasi analisis tabel, skor total rata-rata yang diperoleh dari hasil analisis adalah 3,22 kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersamaan, variabel sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sumber dana, sebagai faktor yang sangat menghambat dalam mengimplementasikan kebijakan penyiaran digital. Dalam arti, jika ketersediaan sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta sumber dana tidak memadai di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) sangat menghambat dalam mengimplementasikan kebijakan penyiaran digital. Disarankan, perlunya pengambil kebijakan di Lembaga Penyiaran Radio Republik Indonesia (RRI), memperhatikan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta sumber dana yang memadai. Kata Kunci: Implementasi, Penyiaran, Digital, RRI
EVALUASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) DI DESA TUTULO KECAMATAN BOTUMOITO KABUPATEN BOALEMO Rachman, Ellys
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 1 No 2 (2014): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v1i2.95

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Tutulo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pedoman wawancara dengan informan yang terkait dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini adalah Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Tutulo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo kurang terencana dan sistematis. Evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Tutulo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo kurang obyektif dan kontinyu. Secara keseluruhan evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Tutulo Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo kurang dilaksanakan dengan baik. Disarankan sebagai berikut: Perlu adanya pembuatan rencana secara sistematis mengenai evaluasi secara lengkap dan jelas, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi ini dapat dilaksanakan secara baik dan benar. Perlu adanya upaya dari seluruh pihak untuk melaksanakan evaluasi secara obyektif dan kontinyu agar setiap data dan informasi yang dihasilkan akurat serta dapat menjadi landasan dalam penentuan solusi terhadap kendala yang dihadapi. Secara keseluruhan diperlukan evaluasi secara terencana dan sistematis, obyektif dan terencana agar pelaksanaan evaluasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dapat dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Evaluasi, Pemberdayaan, Masyarakat
FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KELURAHAN BIAWAO KECEMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO Alintuka, Ratna
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 2 No 2 (2015): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v2i2.94

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data utama adalah wawancara menggunakan daftar pertanyaan/angket yang disebarkan kepada sejumlah 46 responden. Untuk melengkapi data penelitian, dilakukan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi atau pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan keseluruhan responden yang merupakan wajib pajak dan aparat Pemungut Pajak yakni 46 orang menyatakan menghambat tentang faktor-faktor penghambat pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB), ini dibuktikan dari jawaban angket yang diisi, lebih jelasnya sebagai berikut :indikator struktur sosial masyarakat adalah 3,99, termasuk dalam kategori menghambat, indikator sikap petugas dalam menagih PBB adalah 3,76, termasuk dalam kategori menghambat, indikator sanksi dalam PBB adalah 4,21,termasuk dalam kategori sangat menghambat. Hasil skor rata-rata secara keseluruhan tentang mengetahui faktor-faktor penghambat pungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) adalah 3,99, termasuk dalam kategori menghambat. Dengan demikian pandangan responden terhadap faktor-faktor penghambat pungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dalam kategori baik, namun masih perlu diperhatikan lebih lanjut terutama pada aspek-aspek lain yang. Kata Kunci: Pemungutan, Pajak, Bumi, Bangunan
FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PROSES SURAT KELUAR DI KANTOR KELURAHAN TULADENGGI KECAMATAN DUNGINGI KOTA GORONTALO Kadir, Jusrin
Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Vol 2 No 2 (2015): Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik
Publisher : P3M Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37606/publik.v2i2.93

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang faktor-faktor penghambat proses surat keluar di kantor desa Tuladenggi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah pendekatan survei dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner / daftar pertanyaan, yang menyebar ke 30 (tiga puluh) responden yang terdiri dari pejabat dan masyarakat yang sedang bertugas. Pengumpulan data lainnya melalui observasi dan dokumentasi untuk mencatat data sekunder yang berkaitan dengan masalah penelitian. Berdasarkan analisis hasil penelitian melalui tabel frekuensi, disimpulkan bahwa rekapitulasi skor total rata-rata faktor penghambat kemampuan aparatur dan infrastruktur diperoleh 3,07 poin dalam kategori sedang. Rekapitulasi menunjukkan bahwa kemampuan dan infrastruktur sarana, kurangnya kriteria untuk kebaikan. Kurangnya kriteria yang baik yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan prasarana dan sarana tersebut menghambat proses pengiriman surat keluar di Kantor Desa Kecamatan Tuladenggi Dungingi. Kemampuan pejabat di Kantor Desa Tuladenggi sebagai staf yang melayani masyarakat, sangat sedikit yang sebagian besar atau sekitar 72,22 persen memiliki tingkat sekolah menengah. Proses surat keluar di Kantor Desa Tuladenggi telah dilaksanakan sesuai dengan, tetapi karena tidak memadainya ketersediaan sarana prasarana yang digunakan, maka serangkaian kelompok kolaboratif orang dalam proses administrasi penyelesaian surat keluar dihadapkan dengan kendala. Disarankan, perlu peningkatan kemampuan aparatur melalui sarana pendidikan meliputi pendidikan normal dan non formal dalam bentuk keterampilan dan keahlian dalam proses surat keluar, menyiapkan kepemimpinan organisasi berarti peralatan kerja seperti meja, kursi yang digunakan dengan baik dan alat tulis yang memadai, menyediakan peralatan infrastruktur seperti pemrosesan data yang terkomputerisasi secara khusus selalu siap ketika dibutuhkan. Kata Kunci: Faktor, Penghambat, Proses, Surat, Keluar

Page 1 of 12 | Total Record : 112