cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah" : 13 Documents clear
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 AMPEK ANGKEK Ayu, Citra
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.28 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan metode problem solving. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data menggunakan uji t.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIPA yang belajar dengan metode Problem Solving lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di SMA N 1 Ampek Angkek.
DESKRIPSI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING susanti, herlina apri; Ponoharjo, Ponoharjo; Oktavian, Dian Nataria
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.73 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pesertadidik kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Teknikpengambilan sampel menggunakan purposive sample.Sampel yang diambil sebanyak 1 kelaseksperimen, 1 kelas kontrol, dan 1 kelas uji coba.Metode pengumpulan data yang digunakanadalah tes, observasi dan dokumentasi.Instrumen penelitian berupa tes dengan taraf signifikansi5%.Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkankemampuan komunikasi yang diajar menggunakan model pembelajaran problem basedlearning lebih baik dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.Dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang diajar menggunakan model problembased learning dari pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model langsung, yaitu denganrata-rata kelas eksperimen 74,000 dan kelas kontrol 62,205.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS VIII.1 SMPN 9 PAYAKUMBUH Retti, Sufia
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.629 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan siswa menulis ringkasan.Selain itu kurangnya minat, motivasi dalam pembelajaran menulis.Hal ini dikarenakan oleh strategi dan pendekatan yang digunakan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis ringkasan menggunakan pembelajaran tipe jigsaw siswa kelas VIII.I SMPN 9 Payakumbuh.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahapan, yaituperncanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif.Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatn lapangan, dan data kuantitatif diperoleh melalui ter unjuk kerja dan angket respon siswa.Temuan penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis ringkasan siswa meningkat menggunakan pembelajaran tipe jigsau. Peningkatan tersebut terlihat pada hasil tes siklus 1 dengan rata-rata 69,5 yang berada pada klasifikasi lebih dari cukup dan siklus 2 dengan rata-rata 79,5 berada pada klaifikasi baik. Faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tersebut pemilihan metode yang sesuai dengan materi, rencana dan tindakan guru yang tepat.
PERSEPSI GURU BIDANG STUDI ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Sudirman, Destaria; Rahmi, Ennike Gusti
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.793 KB)

Abstract

Indonesia selalu mengalami perubahan kurikulum yang salah satunya yaitu kurikulum 2013. Perubahan kurikulum ini dilakukan pemerintah dengan tujuan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia, dimana dalam kurikulum 2013 ini muncul berbagai pendapat atau tanggapan serta terjadi pro dan kotra dari berbagai pihak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji Persepsi dari setiap guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan terhadap pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam kurikulum 2013.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini semua guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan dan yang menjadi sampel adalahgurubidang studi Ilmu Pengatahuan Alam yang sudah melaksanakan kurikulum 2013. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan angket.Selanjutnya, dianalisis menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru bidang studi Ilmu Pengatahuan Alam di SMPN2 Lengayang tentang pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 tergolong cukupuntuk penerapannya, namun masih terdapat kekurangan yaitu pelaksanaannya masih cukup rumit karena siswa belum memahami betul langkah-langkah pembelajaran saintifik karena terbiasanya menggunakan pembelajaran konvensional, sarana prasarana penunjang pada sekolah belum memadai seperti kurangnya buku pembelajaran yang tersedia disekolah, dan peralatan laboratorium yang kurang lengkap.
PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN SIKAP REMAJA TERHADAP PERUBAHAN TATA NILAI DI NAGARI CUPAK KABUPATEN SOLOK Putra, Riki Wanda
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.941 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis danmendeskripsikan serta membahas tentang : mengetahui pengaruh lingkungan sosial dansikap remaja terhadap perubahan tata nilai di Nagari Cupak Kabupaten Solok, Jenispenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Untuk mencapai tujuan penelitian teknik pengumpulan data menggunakan angket.Pengolahan data untuk menguji reliabilitas menggunakan rumus Product Moment, yangkemudian dilanjutkan oleh Sperman Brown. Teknik data formula analisis menggunakanpersentasi determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan antara sikap remaja terhadap perubahan tata nilai di Nagari Cupak, karenalingkungan sosial remaja Nagari Cupak mempunyai peran penting sebagai wahana yangbersifat non formal dalam rangka menciptakan atau membentuk karakter atau sikapremaja di Nagari Cupak dalam bersosialisasi serta bergaul dan berkomunikasi di NagariCupak Kabupaten Solok.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 SUNGAYANG fikriani, Tiara
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.2 KB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diantaranya karenapembelajaran didalam kelas didominasi oleh guru dan ketika diberi soal mereka belumbisa menggembangkan jawaban dalam suatu masalah yang diberikan. Oleh karena itudibutuhkan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatifmatematis siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakanmodel pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).lebih baik dari pada modelpembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMPN 2 Sungayang.Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIISMPN 2 Sungayang. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol denganmetode undian, terambil kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan VII 1 sebagai kelaskontrol. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf ? = 0,05. Karena datasampel berdistribusi normal dan homogen , dari hasil penelitian diperoleh thitung = 1,97 danttabel = 1,67 karena t hitung > t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima pada tarafkepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematissiswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS).lebihbaik dari pada model pembelajaran konvensional.
PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL DAN MISTIK DI NAGARI SUAYAN TINGGI KECAMATAN SUAYAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA hafizah, Hafizah
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.238 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persepsi masyarakat tentang pengobatan Tradisional dan mistik, jenis pengobatan tradisional dan mistis, faktor penyebab masyarakat mempercayai pengobatan tradisional dan mistik, serta dampak negatif yang ditimbulkan ketika warga yang sakit tidak berobat ke dokter, dan upaya pemerintah setempat dalam mengubah persepsi masyarakat Nagari Suayan tentang pengobatan tradisional dan mistik. Jenis penelitian adalah jenis studi kasus. Tekhnik pemilihan informan menggunakan metode (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: masyarakat di Nagari Suayan lebih percaya berobat ke dukun dari pada ke dokter dikarenakan pandangan mereka yang sudah mendarah daging bahwa berobat ke dukun yang notabene mengobati menggunakan tumbuhan alami tidak memiliki efek samping dan tidak memakai zat kimia, serta tidak banyak mengeluarkan biaya. Dampak negatif yang ditimbulkan ketika warga tidak datang ke dokter ketika sakit adalah: sakitnya tambah parah, ada beberapa yang meninggal dunia, Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengubah persepsi masyarakat: dengan memberikan penyuluhan dampak positif berobat ke dokter.
PERANAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN oktavia, widya
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.024 KB)

Abstract

Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan pembelajaran geografi di SMA dalam pengetahuan dan sikap tentang resiko bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan siswa SMA di Kecamatan Lubuk Alung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa SMA tentang bencana gempa bumi dan mengetahui besar kecil pengaruh pengetahuan terhadap kesiapsiagaan siswa SMA dalam menghadapi bencana gempa bumi. Penelitian di lakukan kepada siswa SMA yang ada di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan bantuan tabel penentuan sampel (Isac dan Michael), sehingga diperoleh sebanyak 205 sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan: 1).Tingkat pengetahuan siswa SMA di Kecamatan Lubuk Alung mengenai kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa bumi dengan kriteria sangat tinggi sebanyak 23,4%, kriteria tinggi 40,9%, kriteria rendah 25,9%, dan kriteria sangat rendah 9,7%. 2).Tingkat sikap siswa SMA di Kecamatan Lubuk Alung dengan kriteria sangat tinggi sebanyak 27,8%, kriteria tinggi 31,2%, kriteria rendah 32,7%, dan kriteria sangat rendah 8,3%. 3).
PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Handayani, Imratul
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.088 KB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematissiswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa di SMPN Batusangkar. Hal inidisebabkan antara lain karena pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswamasih terfokus pada cara yang diajarkan oleh guru dan belum bisa menyelesaikanmasalah komunikasi dengan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakanpembelajaran melalui pendekatan open ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pendektan open ended terhadap kemampuan berikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah QuasiExsperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Batusangkaryang terdaftarpada semester I tahun pelajaran 2013/2014. Pemilihan sampel dilakukansecara random sampling.Kelas eksperimen adalah siswa kelas VIII1 dan sebagai kelaskontrol adalah siswa kelas VIII2 SMPN 5 Batusangkar.Instrumen penelitian adalah teskemampuan awal dan tes akhir berupa soal kemampuan berpikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji tdan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1)Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajardengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang diajar denganpembelajaran konvensional. (2) Kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasimatematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang diajar dengan pendekatanopen ended lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. (3)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran melaului pendekatan open ended dankemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dankemampuan komunikasi matematis siswa.
KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXSPLAINING SISWA SMP NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA linda, wirda
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.27 KB)

Abstract

Faktor yang mendasari penelitian ini adalah asumsi bahwa menulis puisi sulit sehinggamunculnya mahasiswa saturasi dalam mengikuti menulis puisi pelajaran. Oleh karena itu,adalah dalam studi ini, peneliti yang digunakan Mahasiswa fasilitator dan menjelaskanmetode dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenggambarkan keterampilan menulis puisi dengan mahasiswa fasilitator danmenjelaskan metode kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Kecamatan Lareh saguHalaban.Kabupaten Lima Puluh Kota dilihat dalam hal penggunaan diksi, citra, majasdan tipografi.Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode deskriptif.Siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Kecamatan Lareh sagu Halaban Lima Puluh Kota ini memiliki pendudukdalam studi ini.Untuk memfasilitasi penelitian, para peneliti melakukan sampling sampelacak.Dengan contoh ini acak, kemudian dipilih kelas VIII.Saya sebagai sampel denganjumlah mahasiswa 20 orang.Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes di darikinerja.Dalam koleksi data, penelitian teknik ersused dalam bentuk tes. Sementara dalammenganalisa data langkah-langkah yang diambil adalah: (1) persiapan, (2) tabulasi, (3)permohonan data. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa secara rata-ratanilai puisi keterampilan menggunakan mahasiswa fasilitator dan menjelaskan metod VIIIsiswa dari SMP Negeri 1 Lareh sagu Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota secara umumdengan nilai verange 80 menulis adalah dalam kisaran o f 76-85%. Baikkualifikasi.Keterampilan menulis puisi ditinjau dari asprect diksi, dengan nilai rata-rata83 berada di kisaran 76-85% dengan baik kualifikasi.Keterampilan menulis puisi dilihatdari aspek majas, dengan Skor verage 80 adalah dalam kisaran 86-95% dengan baikkualifikasi.Keterampilan menulis puisi dari aspek typograpfy, dengan nilai rata-rata 90adalah dalam kisaran 86-95% dengan sangat baik kualifikasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 13