cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah" : 6 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNIN TIPE STAD MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH IAIN PONTIANAK SEMESTER GANJIL 2019/2020 JAYANTI, FITRI
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) kualitas proses (keaktifan) pembelajaran berbicara dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD pada mahasiswa prodi Ekonomi Syariah IAIN Pontianak Semester  Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 (2) hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada mahasiswa prodi Ekonomi Syariah IAIN Pontianak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan proses dan hasil peningkatan keterampilan berbicara melalui model Cooperative Learning STAD mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Tahun Ajaran 2019/2020 Tingkat 1 Semester Ganjil  IAIN Pontianak Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui empat tahap dalam siklus. Pelaksanaan penelitian pada setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pontianak yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran berbicara, ditandai dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mencapai batas ketuntasan dengan persentase ketuntasan 80 %, pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 90% dan pada siklus III 98% Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning STAD dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa, proses dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara mahasiswa. Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Cooperative Learning STAD.  
UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN IPA DI SMP 06 KOTA BENGKULU Khairun Nissa, Saskia Anggun; Apitasari, Yuyun; Ramadhila, Rizka
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama mengembangkan model pendidikan karakter yang terintegrasi dengan pembelajaran sains di SMPN 06  Kota Bengkulu.. Penelitian difokuskan pada studi analisis kebutuhan pembelajaran sains dengan melibatkan 1 orang guru sains SMPN 06 Kota Bengkulu untuk menggali informasi tentang pembelajaran sains dalam kaitannya dengan pendidikan karakter. Data dikumpulkan dengan pedoman observasi dan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan diberi makna kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan karakter dapat dikembangkan melalui pemilihan model pembelajaran sains, pemilihan model asesmen, dan pemilihan materi ajar. 2) Model pembelajaran sains yang berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan karakter siswa adalah model pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah,  pembelajaran kooperatif,  sains-teknologi-masyarakat, pemecahan masalah, dan model pembelajaran kontekstual; 3) Respon para guru sains terhadap pendidikan karakter pada umumnya sangat positif dan berupaya untuk mengembangkan karakter yang baik melalui proses pembelajaran.
KONSEKUENSI DARI PERUBAHAN SOLIDARITAS DALAM MASYARAKAT DI NAGARI SOLOK AMBAH KABUPATEN SIJUNJUNG Nuraiman, Nuraiman
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan konsekuensi dari perubahan solidaritas yang terjadi dalam masyarakat di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pihak-pihak yang dinilai dapat memberikan data secara maksimal terkait solidaritas dalam masyarakat di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung seperti, tokoh masyarakat, tokoh pemerintah dan masyarakat. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Konsekuensi dari perubahan Solidaritas dalam masyarakat di Nagari Solok Ambah Kabupaten Sijunjung terlihat ada yang berdampak positif atau kemajuan ada juga perubahan kearah negatif atau kemunduran
POLA ASUH SINGLE MOTHER TERHADAP KARAKTER ANAK DI JORONG KOTO NAGARI SINGGALANG hafizah, Hafizah
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pola asuh single mother terhadap karakter anak, bagaimana konsekwensi pola asuh single mother terhadap karakter anak, bagaimana upaya meningkatkan pola asuh single mother terhadap anak di Jorong Koto Nagari Singgalang . Jenis penelitian adalah jenis studi kasus. Tekhnik pemilihan informan menggunakan metode (purposive sampling). hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa (1) pola asuh yang diterapkan single mother diwilayah ini ada tiga macam a) pola asuh permisif, b) pola asuh otoriter c) pola asuh demokratis (2) Konsekuensi pola asuh single mother terhadap karakter anak di Jorong Koto Nagari Singgalang , yaitu (a) pola asuh permisif: anak menjadi sangat manja, pemalas, mengatur orang tua, berprilaku sewenang-wenang. Pola asuh otoriter: anak lebih cenderung suka menirukan sikap dan prilaku orang tua, sering terjadi konflik antara ibu dan anak, anak menjadi pemurung, kurang berprestasi dan susah bergaul. Pola asuh demokratis: anak menjadi sopan, anak merasakan kenyamanan. (3) upaya untuk meningkatkan pola asuh single mother yaitu, a) kepada pemerintah diharapkan mengadakan penyuluhan-penyuluhan kepada single mother  mengenai pola asuh yang baik terhadap anak b) kepada para single mother tersebut diharapkan agar bisa memilih pola asuh yang sesuai bagi karakter anaknya melalui pendekatan-pendekatan terhadap anak.
ANALISIS NILAI MORAL NOVEL API TAUHID KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY Novianti, Hasmi
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keindahan dalam karya seni sastra dan banyak yang menampilkan sisi keeksotisannya (sastrawangi). Dalam novel tersebut terdapat visi misi dan khayalan dengan unsur-unsur moralitasnya yang berbeda-beda.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis nilai moral yang terdapat dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy yang dikaitkan dengan nilai etika. Nilai etika terbagi dua yaitu etika baik dan etika buruk. Etika baik meliputi jujur, bersifat pemurah, kuat, dan bersifat kasih sayang sedangkan, etika buruk meliputi iri hati, egois, sombong, dan pendusta. Untuk melihat nilai-nilai moral etika pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy yang mengungkapkan aspek moral etika. Maka penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, langkah-langkah yang dilaksanakan dalam pengumpulan data ini adalah 1) membaca dan menandai peristiwa dan gejala perilaku tokoh-tokoh yang mengarah pada fokus penelitian, 2) menandai bagian novel yang menjadi fokus penelitian, dan 3) menginventarisasikan data yakni mencatat data yang berhubungan dengan aspek-aspek moral etika yang terdapat dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy. Teknikanalisis data dalam novel Api Tauhid yaitu mendeskripsikan secara langsung bagaimanakah nilai moral yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy yang dikaitkan dengan nilai etika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy. Diperoleh etika baik dengan rincian sebagai berikut: jujur, bersifat pemurah, kuat, dan bersifat kasih sayang.  Sedangkan etika buruk diperoleh dengan rincian sebagai berikut: iri hati, egois, sombong, dan pendusta. Aspek moral etika yang baik ditunjukkan oleh tokoh Fahmi, Ali, Hamza, Subki, Nur Jannah, Badiuzzaman Said Nursi, Emel, Kyai Arselan, Mirza, Ibu/Bapak, dan Bilal. Sedangkan moral etika buruk ditunjukkan oleh tokoh, Carlos, Aysel dan Nuzula.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 TALAMAU Roza, Melia
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The ability of mathematical communication is one of the goals of mathematics learning so that this ability is expected to grow and experience improvement. However, it was found that the communication skills of grade VIII students at SMPN 1 Bonjol were still low. Based on the results of observation can be concluded that the cause is the learning model used has not been able to enable students in the learning process. So that the learning process has not been able to develop students' mathematical communication skills. One of the learning model that can develop students' mathematical communication ability is cooperative learning model Think Talk Write (TTW). The purpose of this study is to determine whether the mathematical communication skills of students with the application of cooperative learning model Think Talk Write (TTW) is better than the mathematical communication ability of the control class students. The type of this research is experimental research with Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Population in this research is student of class VIII SMPN 3 Talamau. The sample of the research is students of class VIII.1 and VIII.2 SMPN 3 Talamau. Based on the result of the research, it can be concluded that students' mathematical communication ability by applying cooperative learning model Think Talk Write (TTW) is better than mathematical communication ability of students with conventional learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 6