cover
Contact Name
Mirda Swetherly Nurva
Contact Email
stkipahlussunnah@yahoo.com
Phone
+6285363466235
Journal Mail Official
stkipahlussunnah@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Diponegoro No. 8 Bukittinggi. Sumatera Barat
Location
Kota bukittinggi,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH
ISSN : 26155710     EISSN : 26208458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah merupakan jurnal ilmiah di bidang Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika. JIPA di terbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah Bukittinggi. Redaksi memberikan peluang pada praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menerbitkan tulisannya di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah" : 18 Documents clear
IMPLEMENTASI BUKU AJAR BERBASIS AKTIVITAS BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI TEMA 5 Dewimarni, Syelfia; Rismaini, Lili; Gusta, Wienda
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pada tema 5 di kelas VI SDN 20 Nan Sabaris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan buku ajar berbasis aktivitas bermain terhadap pemahaman siswa pada materi tema 5 di kelas VI SDN 20 Nan Sabaris. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan sampel seluruh siswa kelas VI SDN 20 Nan Sabaris yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan bahan ajar berbasis aktivitas bermain dan dengan siswa belajar secara konvensional
EKSISTENSI ETNIS HINDHU BALI TERHADAP MASYARAKAT MELAYU MELALUI KEARIFAN LOKAL DI PURA AGUNG AMERTA BHUANA KOTA BATAM Okwita, Afrinel; Yulia, Desma
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana eksistensi etnis hindu Bali terhadap masyarakat melayu melalui kearifan lokal di Pura Agung Amerta Bhuana Kota Batam. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam (indepth interview). Metode yang digunakan dalam penelitian ini model interakti Miles & Huberman yang terdiri reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keberadaan Etnis Hindu Bali di Kota Batam berawal dari tahun 1986, Keberagaman etnis, suku dan agama menjadi kota Batam semakin Heterogen. Rasa toleransi, saling menghargai tentunya menjadi wadah agar terjalinnya interaksi sosial yang baik sehingga dengan mudah masyarakat Bali sebagai pendatang mampu membaur dengan masyarakat melayu kota Batam. Masyarakat Bali yang terkenal dengan konsep Tri Hita Kirana bisa bersosialisasi dengan baik dan mengikuti kearifan lokal. Adapun bentuk pembauran dan bukti bahwasan masyarakat bali berbaur dengan harmonis dengan masyarakat melayu sebagai masyarakat asli kota Batam dapat dilihat dari kearifan lokal diantaranya seni ukir, seni tari dan sistem pengetahuan.
PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROUND ROBIN PADA SISWA KELAS III SDN 99/IX DANAU KEDAP Nurdiana, Nurdiana
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara aspek kebahasaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe round robin pada siswa kelas III SDN 99/IX Danau Kedap Kabupaten Muaro Jambi. Model Kemmis dan Mc Taggart yang digunakan pada peneliitan ini yang merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di SDN 99/IX Danau Kedap Kabupaten Muaro Jambi pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 99/IX Danau Kedap Kabupaten Muaro Jambi yang berjumlah 17 siswa. Keterampilan berbicara siswa khusus aspek kebahasaan merupakan objek yang di teliti. Kuantitatif dan kualitatif analisis yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa aspek kebahasaan siswa kelas III SDN 99/IX Danau Kedap Kabupaten Muaro Jambi. Dalam keterampilan berbicara ada empat aspek kebahasaan yang ditingkatkan pada penelitian ini. Empat aspek kebahasaan yang diteliti yaitu: (1) padapengucapan, (2) pada tekanan nada, (3) pada pilihan kata, dan juga (4) pada penggunaan kalimat. Tercapainya indikator keberhasilan penelitian dengan meningkatnya rerata kelas dan peningkatan prosentase ketuntasan kelas diukur dengan peningkatan keterampilan berbicara aspek kebahasaan. prasiklus rata-rata kelas sebesar 69,5 pada siklu I dengan predikat cukup nilai menjadi 75,59 , dan naik menjadi 78,53 pada siklus II. Ketuntasan siswa pada prasiklus prosentase 52,94%, siklus I 70,58% dan siklus II naik menjadi 82,35%. Rata-rata nilai kelas total naik sebesar 9,03 nilai rata-rata kelas dan ketuntasan kelas presentasi naik sebesar 29,41%. Tercapainya indikator keberhasilan pembelajaran yaitu telah memenuhi KKM dan tercapai prosentase ketuntasan kelas dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa.
PENERAPAN MANAJEMEN SEKOLAH DASAR BERBASIS AKUNTABILITAS KINERJA Elizona, Elizona
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk mampu berkompetisi pada kompleksnya persaingan global. Memperbaiki pengelolaan pada jenjang sekolah dasar merupakan salah satu upaya yang dilakukan dengan menerapkan konsep manajemen berbasis sekolah, dimana terdapat pilar partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. Bentuk pelaporan pertanggungjawaban sekolah dalam melaksanakan aktifitas/ program sekolah, dimana kinerja sekolah terdiri dari komponen input-proses-output yang secara simultan saling berkait yang merupakan suatu Akuntabilitas kinerja. Sekolah mempunyai tujuh substansi manajemen yang menjadi poin dalam mengidentifikasi kinerja sekolah, ketujuh hal tersebut adalah manajemen kurikulum, peserta didik, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, dan layanan khusus. Dengan adanya akuntabilitas kinerja sekolah dapat membantu sekolah, masyarakat, maupun pemerintah untuk mengenali profil dan ketercapaian program sekolah lebih dalam.
KETERAMPILAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) PADA KEGIATAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN OLEH GURU KELAS DI SD 01 TANGAH KAMANG HILIA KECAMATAN KAMANG MAGEK KABUPATEN AGAM Istiqlal, Abdul
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mencoba mendeskripsikan tentang penerapan keterampilan penguatan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran di SD 01 Tangah Kamang Hilia Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah keseluruhan guru yang mengajar di SD 01 Tangah Kamang Hilia kecamatan kamng Magek kabupaten Agam. Sampel penelitian ini sebanyak 26 orang guru. Data penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan daftar pertanyaan (guentionnaire). Hasil penelitian memperlihatkan tingginya skor frekuensi dari aspek perencanaan yaitu 96 dengan persentse 61,54 %. Aspek sering berjum berjumlah 58 dengan rata-rata 9,67 dengan dengan persentase 37,18 %, aspek kadang-kadang berjumlah 2 dengan rata-rata 0,33 dengan persentase 1,28 %, dan aspek tidak pernah berjumlah 0 dengan rata-rata 0 persen dan persentase 0%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagain guru SD 01 Tangah kamang hilia kecamatan Kamang magek kabupataen agam telah menerapkan keterampilan penguatan (reinforcement) dalam pembelajaran.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES DI SDN 111/IX MUHAJIRIN KAB. MUARO JAMBI Subiyanti, Subiyanti
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang penerapan proses untuk meningkatkan minat belajar IPA di SDN 111/IX Muhajirin.Penelitian ini menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan 2 siklus. Hasil penelitian ini meghasilkan data pada instrumen pemantau tindakan guru dan peserta didik di siklus I melalui pendekatan keterampilan proses sebesar 66,7% dan di siklus II sebesar 90%. Presentase hasil minat belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 62,5% dan di siklus II sebesar 87,5%. Data tersebut menunjukkan dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses bisa meningkatkan minat belajar IPA khususnya di KELAS I SD. Penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar Peserta Didik KELAS I SD 111/IX Muhajirin.
MELALUI KETERAMPILAN MENDONGENG SALAH SATU USAHA GURU MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SEKOLAH RENDAH Delfianto, Delfianto
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penanaman pendidikan karakter bagi siswa amat penting dilakukan oleh guru pada saat sekarang ini. Kegiatan belajar mengajar di sekolah membutuhkan teknik dan kecakapan bagi guru salah, satunya kemampuan bersastra yakni mendongeng. Melalui kemampuan mendongeng guru dapat menerapkan nilai karakter pada siswanya. Beratnya beban pembelajaran, pencapaian target pembelajaran dengan target belajar tuntas menjadikan kondisi sekolah menjenuhkan bagi siswa. Perubahan kurikulum yang terjadi dari setiap dekade kebijakan, juga berpengaruh pada paradigma guru dalam mengajar. Kecendrungan guru memberikan pemadatan materi terhadap siswa sangat berdampak pada kemajuan siswa. Hail ini dilakakukan kerena tujuan akhir pembelajaran adalah siswaa lulus UAS atau UN dengan sempurna. Melalui berbagai himbauan secara persuasif tidak mendapat tempat lagi di hati siswa. Perubahan kurikulum Tingkat Satuan Penddidikan kepada Kurikulum 2013 memberikan warna baru bagi dunia pendidikan saat ini. Penyesuaian demi penyesuaian dilakukan oleh guru untuk mencapai pembelajaran yang dinamis. Belajar dari perjalan kurikulum yang didasarkan pada kompetensi siswa, belum membuahkan hasil yang diharapkan. Dengan hadirnya kurikulum 2013 berbasis teks yang bertitik tolak pada pembentukan karakter diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kompetensi siswa secara maksimal.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN TEKNIK INDEX CARD MATCH DI SD NEGERI 59/IX MUARO JAMBI Halimah. A, Halimah. A
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah di Indonesia. Mata pelajaran IPS memiliki Kompetensi Dasar yang menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner. Tujuan pengembangan mata pelajaran IPS adalah untuk mengembangkan potensi yang ada pada siswa baik itu aspek pengetahuan, bakat dan ketrampilan, sehingga potensi yang dimiliki siswa dapat dikembangkan untuk dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model active learning tipe index card match. Penelitian ini memilih model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 59/IX Penyengat Olak Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas VI yang terdiri dari 28 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, evaluasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model active learning tipe index card match dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI SD Negeri 59/IX Penyengat Olak Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pencapaian hasil belajar ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal pra tindakan siswa yang mendapat nilai hasil belajar di atas KKM ada 13 siswa (46,4%), kondisi pada siklus I siswa yang mendapat nilai hasil belajar di atas KKM sebanyak 15 siswa (53,6%), peningkatan hasil belajar tersebut terus mengalami peningkatan pada siklus II, siswa yang mendapat nilai hasil belajar di atas KKM sebanyak 22 siswa (78,6%).
IDENTIFIKASI POLA MORFOLOGI KAMPUNG BUDAYA NAGARI JAWI-JAWI SUMATERA BARAT BERDASARKAN KEARIFAN LOKAL Andini, Nisye Frisca
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kampung Budaya Nagari Jawi-Jawi merupakan salah satu nagari yang berada di Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok yang ditetapkan sebagai perkampungan budaya, Nagari Jawi-Jawi Guguak terpilih sejak adanya 10 desa Binaan Kementrian Pariwisata. Terpilihlah Nagari Jawi-Jawi Guguak yang diresmikan pada tanggal 9 Oktober 2017 sebagai desa wisata budaya di Kabupaten Solok. Keluarnya keputusan Bupati Solok Nomor 556-245-2018 tentang penetapan kawasan kampung budaya di kabupaten solok. Penetapan tersebut didasarkan kepada masih dipertahankannya kearifan lokal yang ada di nagari tersebut. Kearifan lokal tentunya mempengaruhi aktivitas masyarakat yang berkaitan erat dengan pola morfologi wilayahnya. Adanya kearifan lokal tersebut tentu membentuk suatu pola morfologi yang unik dan berbeda dengan wilayah lain di Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana pola morfologi yang dipengaruhi oleh kearifan lokal tersebut. Berdasarkan perumusan masalah tersebut maka pertanyaan penelitian yang muncul yaitu Bagaimana pola morfologi Kampung budaya Nagari Jawi-jawi berdasarkan kearifan lokal?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif kuantitaif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan didapatkan bahwa pola morfologi perkampungan budaya Nagari jawi- jawi berdasarkan kearifan lokal terlihat pada kearifan lokal masyarakatnya dalam mengatur segala tata kehidupan di perkampungan adat Nagari Koto Hilalang yaitu aturan dalam pembagian wilayah yang didasarkan kepada adat istiadat orang Minangkabau sehingga terbentuk taratak, dusun, koto dan nagari. Aturan masyarakatnya yang demikian menyebabkan morfologi kawasannya tergolong kepada bentuk Organic Pattern dimana Nagari Jawi-jawi terbentuk secara alami/spontan, berkembang sesuai kebutuhan masyarakat yang terikat kepada aturan adat yang turun temurun dari nenek moyang orang Minangkabau. Dalam penelitian ini juga diberikan rekomendasi ataupun arahan bagi pemuka adat, pemerintah, dan masyarakat dalam mempertahankan morfologi perkampungan budaya Nagari Jawi-jawi.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Sundarsih, Yani
Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Vol 3 No 2 (2020): JIPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Ahlussunnah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dalam suatu proses pembelajaran, tentunya guru ingin agar siswa dapat belajar dengan optimal pula. Dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang optimal, maka diperlukan berbagai upaya dilakukan guru, diantaranya dengan melakukan variasi metode pembelajaran. Hasil observasi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas V SDN 118/IX Pematang Pulai, diperoleh informasi masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM pada mata pelajaran matematika, penyebab permasalahan ini ialah pendekatan pembelajaran yang diterapkan masih terpusat pada guru (teacher centered). Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti termotivasi memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut melalui penggunaan metode pendekatan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 118/IX Pematang Pulai dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus. Subjek penelitian ini ialah 25 orang siswa kelas V SDN 118/IX Pematang Pulai. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar matematika, tes pilihan ganda, dan lembar observasi keterlaksanaan pendekatan CTL. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan kesimpulan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar matematika siswa. Pada tahap penelitian pratindakan seluruh siswa belum dapat menuntaskan KKM, pada tahap penelitian siklus I terdapat sebanyak 11 siswa (61,11%) tuntas KKM, dan pada tahap penelitian siswa pada siklus II jumlah siswa yang dapat menuntaskan KKM 12 siswa (66,67%). Selanjutnya pada tahap penelitian pada siklus III terjadi peningkatan dimana jumlah siswa yang tuntas KKM menjadi 15 siswa (83,33%). Untuk hasil angket motivasi, diperolah data jumlah siswa yang mempunyai motivasi tinggi atau sangat tinggi sebanyak 15 siswa (83,33%) pada tahap penelitian pratindakan dan pada tahap penelitian siklus I, selanjutnya motivasi siswa dalam pembelajaran matematika menurun pada pada tahapan penelitian pada siklus II sebanyak 14 siswa (77,78%), sedangkan pada tahapan penelitian siklus III kembali meningkat menjadi 16 siswa (88,89%).

Page 1 of 2 | Total Record : 18