cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 66 Documents
PAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMPERATIF TIFE STAD PADA KONPENSI DASAR MENDESKRIFSIKAN HAKIKAT DEMOKRASI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MONTONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Siregar, Marlina
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.363 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v1i1.1096

Abstract

Untuk mengetahui peranan Hasil Pembelajaran Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Komperatif Tife Stad Pada Konpensi Dasar Mendeskrifsikan Hakikat Demokrasi Kelas mengenai Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn dengan kompetensi dasar mendiskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya meningkatkan hasil belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MODEL CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII MTS SWASTA AL- AMIN KAMPUNG PAJAK KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Ardiansyah, Robi; Rohana, Rohana; Hasibuan, Budi Winata
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.126 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v2i1.1081

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VII MTs Swasta Al- Amin Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana desain penelitiannya melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen. Desain penelitian ini melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Al- Amin Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Terdiri dari 2 Kelas dengan jumlah 80 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara perpusive random sampling. Jumlah kelas yang diambil adalah 2 kelas. 1 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-A
PERLINDUNGAN NEGARA TERHADAP KEBEBASAN BERAGAMA DI INDONESIA MENURUT UNDANG-UNDANG DASAR 1945 Utama, Andrew Shandy; Toni, Toni
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.596 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v2i1.1072

Abstract

Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Salah satu hak asasi manusia adalah hak untuk beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perlindungan negara terhadap kebebasan beragama di Indonesia menurut Undang-Undang Dasar 1945. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa menurut Undang-Undang Dasar 1945, setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, serta berhak atas kebebasan menyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai dengan hati nuraninya. Selain itu, negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Meskipun demikian, hanya ada enam agama yang diakui di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Khonghucu.
PERAN PEMERINTAH KECAMATAN RANTAU SELATAN DALAM MENANGGULANGI PEREDARAN NARKOBA (STUDI KASUS: KELURAHAN SIOLDENGAN DI KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2016-2017 Harahap, Dahliana
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.694 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v2i1.1082

Abstract

Penelitian ini merupakan bahwa peran pemerintah dalam menanggulangi peredaran narkoba sangatlah dibutuhkan, dalam belakangan ini narkoba adalah musuh dari bangsa diseluruh dunia Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam pencegahan peredaran narkotika di Kecamatan Rantau selatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yang memberi informasi atau keterangan (informan) adalah Camat Rantau selatan, Lurah sioldengan, Kepala Lingkungan, Kasat Narkoba labuhanbatu, Organisasi granat,Pengguna Narkoba Tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang di lakukan terdapat beberapa hal yang harus di ketahui yaitu: Kecamatan Rantau Selatan memiliki peran dalam mencegah peredaran narkoba di buktikan dengan data penelitian oleh peneliti tentang peran pemerintahan. Dari penelitian yang sudah di lakukan di peroleh data-data yang menunjukan bahwa Kecamatan kelurahan kepala lingkungan serta kasat narkoba berperan aktif dalam pencegahan peredaran narkoba di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2017
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI POKOK MEMBANGUN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA KESATUAN KELAS X SMA SWASTA AEK NABARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Ikhwana, Ika
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.59 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v1i1.1517

Abstract

Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuitingkat persentase keberhasilan siswa jika menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Aek nabara Tahun Pembelajaran2015/2016.Instrumen yang digunakan adalah angket yang berjumlah 40 item danhasil belajar siswa yang berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 40 soal yangdiambil dari buku Pkn kelas X. Penelitian ini menggunakan rumus korelasiproduck moment, maka diperoleh nila I rhitung 0. 416 dan nilai rtabel 0,361berdasarkan perbandingan diperoleh rhitung > rtabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif STAD terhadap hasil belajarsiswa dan untuk menguji kebenaran koefisien digunakan rumu s uji t dengan nilaithitung 2,65 dan nilai ttabel 1,701 pada taraf signifikan dengan ? = 0,05karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak atau ada hubunganyang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa.Setelah korelasi di dapat maka disubstitusikan ke analisisregresi dengan ketentuanY= a + bx maka dari data korelasidiperoleh Y= 77,5+ 0,130 (20,57).Hasil belajar dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat darinilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 80,01 dan menurut pendapatArikunto, hasil belajar ini berada pada rentang 70-80 (baik). Selanjutnya denganuji determinasi diperoleh kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe STADterhadap hasil belajar siswa 17.31 % sedangkan 82,69 % dipengaruhi olehfaktor lain.Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Peran Bidang Studi PPKn Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Siswa Kelas VIII SMP Negeri Torgambah, Kab. Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2015 Rohana, Rohana
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2015)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.77 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v1i1.1094

Abstract

Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas
PERAN SERIKAT PEREMPUAN INDEPENDEN (SPI) LABUHANBATU DAN DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DPPPA) TERHADAP KORBAN KEKERASAN PEREMPUAN DAN ANAK DI KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2017-2018 Nurhanipah, Nurhanipah; Lubis, Khairul Fahmi
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.694 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v2i1.1070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Serikat Perempuan Independen (SPI) Labuhanbatu dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Terhadap Korban Kekerasan Perempuan dan Anak Di Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti memilih jenis penelitian ini karena peneliti bermaksud menggambarkan, menjelaskan kasus-kasus yang terdapat dalam masalah penelitian ini secara kompleks. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara dan observasi dijadikan sebagai sumber data primer sedangkan dokumentasi dijadikan sebagai sumber data sekunder. Dari data yang peneliti peroleh dari Serikat Perempuan Independen (SPI) Labuhanbatu kekerasan terhadap perempuan dan anak ditahun 2017 yaitu 74 kasus dan ditahun 2018 yaitu 56 kasus. Sedangkan data yang peneliti peroleh dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Labuhanbatu kekerasan terhadap perempuan dan anak ditahun 2017 yaitu 71 kasus dan ditahun 2018 yaitu 61 kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Serikat Perempuan Independen (SPI) Labuhanbatu yaitu memberikan penguatan pendampingan terhadap korban kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, sedangkan Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Labuhanbatu yaitu dengan cara memberikan perlindungan terhadap korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.
PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA VIII SPM NEGERI 2 SATU ATAP PANGKATAN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Siregar, Marlina
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.451 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v1i1.1516

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Brainstorming Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal, dan nilai kriteria ketuntasan minimal 1 (KKM) adalah 70. Pembelajaran dengan menggunakan metode curah pendapat (Brainstorming) dapat membuat siswa termotivasi dan semangat dalam mempelajari materi-materi kemerdekaan mengemukakan pendapat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 53,43 dan siswa yang tuntas belajar hanya 10 orang (31,25%). Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,37 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 20 orang siswa (62,5%). Pada Post-test siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,93% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 29 orang siswa (90,62%). Siswa yang belum tuntas adalah 3 orang siswa (9,37%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai siswa dari pre-test, pro-test I dan pro-test II. Hasil tes belajar inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa  dalam belajar pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan. Kata Kunci : hasil belajar, Brainstorming, Metode Belajar
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA GAMES PUZZLE DENGAN MEDIA CHARTA MATERI POKOK PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Anjar, Agus
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.477 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v2i1.1087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai aspek kehidupan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P. 2015/2016 terdiri dari 6 Kelas dengan jumlah siswa sebanyak 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini dibagi atas 2 Kelas yang diambil secara acak dan masing-masing Kelas berjumlah 34 siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa test pilihan berganda sebanyak 25 soal. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media games puzzle dengan rata-rata X1 = 73,06 dan SD = 9.05 dan rata-rata untuk kelas yang diajarkan dengan menggunakan media charta adalah X2 = 60.82 dan SD = 7.85. adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan ? = 0,01, dimana thit < ttab (3,49 >2,36) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan. Hasil belajar yang menggunakan media games puzzle dengan media charta pada materi pokok Pelaksanaan Demokrasi di Berbagai Aspek Kehidupan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara T.P. 2015/2016
PENGARUH PENERAPAN MODEL AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PKN KELAS XI DI SMA NEGERI 2 KAMPUNG RAKYAT KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 Budiati, Murni
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.859 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v2i1.1488

Abstract

Model Pembelajaran Team Quis merupakan model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaran yang akan di sampaikan pendidik dengan memilih model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Team Quis pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI (Sebelas) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat yang berjumlah 137 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyakk 70 orang siswa kelas XI 2 dan kelas XII 2 .Model Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk hubungan metode pembelajaranTeam Quis (Variabel X ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Variabel Y ) , dilakukan korelasi product moment diperoleh rhitung> rtabel ,Dengan demikian menunjukkan Terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Team Quis terhadap hasil belajar siswa kelas XI (Sebelas ) SMA Negeri 2 Kampung Rakyat Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Maka dengan Model Team Quis peneliti dapat menerapkan di sekolah dan dapat di gunakan oleh guru yang ada di sekolah sebagai model pembelajaran yang menyenangkan,dengan kata lain model team Quis ini dapat merubah hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Kampung Rakyat,kecamatan Kampung Rakyat di peroleh data-data yang menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Aktif Team Quistergolong tinggi dalam mata pelajaran Pkn.