cover
Contact Name
Febi Dwi Widayanti
Contact Email
febidwi07@gmail.com
Phone
+6281334744616
Journal Mail Official
febidwi07@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang Jl. Danau Sentani No. 99 Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang
ISSN : 14108771     EISSN : 25804812     DOI : 10.37303/likhitaprajna
Core Subject : Education,
Jurnal Likhitaprajna merupakan jurnal open access yang dipublikasikan dua kali setahun dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wisnuwardhana Malan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian teori tentng pendidikan dan pembelajarannya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 2 (2017)" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA Yuniarto, Eko
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.65 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.63

Abstract

Tujuan penelitian yang didapatkan yaitu, pengembagan instrumen penilaian motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika pada matakuliah fisika dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen yang dikembangkan berupa kuosioner dengan lima skala Likert. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP-Unidha yang menempuh matakuliah Fisika dasar. Dari hasil peneltian dapat diketahui  bahwa sebanyak 13,33% mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi mendapatkan nilai A, sebanyak 26,67% mahasiswa mendapatkan nilai A-, sebanyak 36,67% mendapatkan nilai B+, sebanyak 23,33% mahasiswa mendapatkan nilai B, dan tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah B. Sedangkan untuk mahasiswa dengan motivasi sedang, tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai A, sebanyak 20% mahasiswa mendapatkan nilai A-, sebanyak 20% mahasiswa mendapatkan niai B+, sebanyak 60% mahasiswa mendapatkan nilai B, dan tidak ada mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah nilai B. Instrumen yang dikembangkan ini efektif dan dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Universitas Wisnuwardhana.Kata Kunci: instrumen penilaian, motivasi belajar, pendidikan matematika
KAJIAN AKHLAK DALAM KITAB WASHAYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR Zaenullah, Zaenullah
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.578 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.64

Abstract

Tantangan terbesar yang dihadapi sekarang adalah krisis spiritual dan hilangnya akhlak dari kehidupan kita, khususnya kehidupan generasi muda. Hal ini menjadi kekhawatiran kita bersama bagaimana dengan masa depan bangsa, lebih-lebih masa depan agama. Karena masa depan bangsa dan agama ini berada di pundak mereka semua. Melihat fenomena generasi muda sekarang, tidak sedikit dari mereka telah melakukan tindakan-tindakan yang jauh dari nilai-nilai agama maupun norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Misalnya tawuran, pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, penyalahgunaan narkoba, penganiayaan serta perbuatan amoral lainnya yang itu tidak sepatutnya mereka lakukan. Oleh karena itu, pemahaman tentang akhlak dengan membekali pengetahuan serta bimbingan harus senantiasa diberikan kepada generasi muda ini. Kitab Washaya Al-Abaa? Lil Abnaa? karangan Syaikh Muhammad Syakir merupakan kitab yang isinya memuat pelajaran dasar tentang akhlak yang sangat dibutuhkan anak untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. Aspek pendidikan akhlak yang ditawarkan Syaikh Muhammad Syakir dalam kitab ini terdiri dari lima aspek, yaitu pertama, akhlak kepada Allah SWT; kedua, akhlak kepada Rasulullah SAW; ketiga, akhlak kepada sesama manusia; keempat, adab peserta didik; dan kelima, macam-macam akhlak (mahmudah dan madzmumah).Keyword: akhlak, kitab washaya
ANALISIS KESTABILAN MODEL MATEMATIKA IMMUNOTERAPI BCG PADA KANKER KANDUNG KEMIH Mahardhika, Liza Tridiana
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.346 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.66

Abstract

Pada artikel ini dibahas tentang analisis kestabilan model matematika immunoterapi BCG pada kanker kandung kemih. Model matemtika yang dibangun menguji dua persamaan pertumbuhan pada sel kanker, yaitu model pertumbuhan logistik dan eksponensial. Berdasarkan hasil analisis, agar model stabil ke titik kesetimbangan bebas kanker, dosis BCG yang diberikan harus berada pada selang . Di luar selang tersebut, model akan stabil ke titik kesetimbangan endemik jika dosis BCG kurang dari batas bawah selang atau stabil ke titik kesetimbangan efek samping jika dosis BCG terlalu tinggi. Khusus untuk model yang menggunakan persamaan logistik, besar populasi awal sel kanker juga mempengaruhi titik kesetimbangan model. Populasi awal sel kanker yang relatif tinggi menyebabkan model stabil ke titik kesetimbangan endemik meskipun diberikan dosis BCG yang tinggi.Kata kunci: imunoterapi BCG, kanker kandung kemih, titik kesetimbangan, kestabilan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) Mayangsari, Sizillia Noranda
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.504 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.67

Abstract

Project based learning adalah model pembelajaran yang menekanan pada aktivitas-aktivitas untuk menghasilkan produk. Dalam pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan mahasiswa mampu menghasilkan produk berupa RPP yang sesuai dengan pembelajaran matematika berdasarkan pengalaman nyata kondisional peserta didik, pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika.Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Wisnuwardhana Malang yang sedang menempuh mata kuliah Perencanaan pembelajaran matematika pada semester genap tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 36 mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika Program Studi pendidikan matematika FKIP Universitas Wisnuwardhana Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa project based learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika Program Studi pendidikan matematika FKIP Universitas Wisnuwardhana Malang. Di samping itu melalui penelitian ini juga mahasiswa tampak lebih aktif belajar, lebih termotivasi belajar, dan kerja sama diantara mahasiswa lebih tinggi.Kata kunci: Project Based Learning, hasil belajar
BAHASA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER Kustyarini, Kustyarini
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.51 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.68

Abstract

Bahasa dan pikiran dalam entitas perilaku menurut Sapir-Whorf yang dikenal sebagai hipotesis Sapir-Whorf memandang bahasa sebagai cermin budaya, merupakan episode baru yang berawal pada abad ke- 18 dan populer pada abad ke-20. Keunikan setiap bahasa sebagai prinsip utamanya dalam rangka mengkaji bahasa dengan ketekunan dan pemusatan perhatiannya dalam melakukan penelitian, yang akhirnya menemukan teori relativitas. Teori relativisme pada hakikatnya bahasa menciptakan dunia realitas bagi manusia dan dijadikan mediasi ekspresi manusia antara manusia dan lingkungannya.Dengan kata lain, bahasa manusia merepresentasikan konsep yang terdapat dalam pikirannya sebagai rujukan dunianya melalui kategori gramatikal dan semantik sebagai entitas bahasa tersebut yang sekaligus dilestarikan disertai budayanya. Pendukung pandangan tersebut menganggap bahwa hal ihwal yang benar relatif sifatnya bagi budaya yang berbeda. Relativisme budaya (moral) menolak bahwa ada norma-norma yang berlaku secara universal. Oleh karena itu, suatu norma budaya hanya berlaku relatif terhadap lingkungannya atau wilayah tertentu, misalnya berciuman di negara barat suatu hal yang biasa di depan umum, tetapi berciuman di daerah Jawa sesuatu yang melanggar norma-norma masyarakat. Budaya yang berbeda tentu pada umumnya mempunyai pendapat, persepsi yang berbeda pula tentang hal-hal yang benar atau hal-hal tidak benar.Kata kunci: bahasa, karakter
MANAJEMEN PENDIDIKAN MAMPU MENINGKATKAN EKONOMI USAHA KECIL Cahyanti, Lisa Suci
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.034 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.70

Abstract

Education, productivity & Growth of economy are interrelated variabel. Education in a facility and main strategic to devlope human resources. By this education will support to some one higher knowligde, skill & prundent higher educated poeple will produce qualified goods & service and will be appresiated by some one else. This is important points increase growth of economy in a country. Small business as an economic activity of society on a small scale, has a central role in the economy of indonesia. Although  the economic crisis has created a greated a gread distribance in the live of lerge and middle-size business, apparently small business countinues to function well in the lower levels of the economy. The main role of small business is: (1) use excess labor; (2) as a producer of goods and services at reachable prices for the lower economic level of society; (3) as a potential producer of foreign exchange because of the success of this type of industry in producing non-oil commodities for export. Remembering that the role of small business is large and has great influence of the lower economic levels of society, it is quite necersary to pay attention to the development of the sector.Key words: education, productivity, small business
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAT PERAGA EDUKATIF MOTORIK DI POS PAUD KELURAHAN MERJOSARI KOTA MALANG Hermawati, Adya; Suhermin, Suhermin
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.766 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.82

Abstract

Peran Pos PAUD bagi masyarakat sangat signifikan karena dikelola dengan prinsip?dari, oleh dan untuk masyarakat?, yang dibentuk dan dikelola dengan azaz gotongroyong, kerelaan, dan kebersamaan sehingga berpotensi untuk berkembang menjadiPAUD. Akan tetapi Pos Paud yang ada di RW wilayah Kelurahan Merjosari Malangluput dari perhatian stakeholder yang terkait karena prakteknya masih menemuibanyak kendala. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana.Oleh karena itu, diperlukan adanya kerjasama antar pihak, agar Pos PAUD tersebutbisa kualitas dan dapat bersaing dengan Pos PAUD lainnya, meskipun sebagaiorganisasi atau lembaga pendidikan yang non formal. Kegiatan IbM ini dilakukan olehTim Pengabdi dengan tujuan untuk memberikan solusi alternatif terhadap beberapapermasalahan yang dihadapi oleh dua Pos PAUD di wilayah Kelurahan MerjosariMalang. Hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Iptek Bagi Masyarakat (IbM) adalahberupa alat peraga edukatif/APE motorik kasar (outdoor), pagar besi, meja dan kursiwarna warni standard untuk siswa usia dini kususnya Pos Paud, loker warna warni,lemari arsip untuk menyimpan dan mengamankan dokumen dokumen, kursi guru, mejapentas kreasi siswa, pelatihan manajemen pengelolaan dan pengembangan organisasidengan konsep POAC. Adapun kegiatan ini berkelanjutan pada capaian alat peragaedukatif/APE motorik halus ( indoor), pelatihan dan pendampingan tatakelolaadministrasi keuangan oraganisasi , serta pembuatan buku panduan ISBN tentangManajemen Pengelolaan dan pengembangan Organisasi berbasis Planning,Organizing, Actuating and Controlling (POAC).Kata Kunci: alat peraga edukatif motorik, pos PAUD, POAC
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI PERSAMAAN TRIGONOMETRI DENGAN MEDIA GRAFIK TUNOLTU PADA KELAS X SMA NEGERI 02 BATU Sugiarti, Wiwik
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1278.248 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan ketercapaian kompetensi siswa melalui pembelajaran menggunakan media alat peraga. Pendekatan penelitian termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas dilakukan oleh peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X MIA-5 SMA Negeri 02 Batu berjumlah 32 siswa. Peneliti bertindak sebagai subyek pemberi tindakan sekaligus pengamat. Metode pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian, ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang dapat diamati dari peningkatan persentase indikator-indikator, yang reratanya 41,9% pada siklus I menjadi 82,2% pada siklus II. Tingkat ketercapaian kompetensi meningkat dari 37,5% menjadi 81,3% dengan rerata dari 59,3 menjadi 79,5. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Grafik Tunoltu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan ketercapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran persamaan trigonometri.Kata kunci: Komunikasi Matematis, Ketercapaian Kompetensi, Persamaan Trigonometri, Grafik Tunoltu
TELAAH KRITIS; DINAMIKA GEOPOLITIK GLOBAL TERHADAP GEOPOLITIK DI INDONESIA Rozikin, Mochammad
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.140

Abstract

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara selalu dikaitkan dengan perkembangan geopolitik, dimana geopolitik dimaknai sebagai dinamika pengetahuan tentang sesuatu yang berhubungan dengan konstelasi (local wisdom) suatu negara, misalnya bentuk negara dengan batas-batas wilayahnya, karakter politik warga masyarakatnya, potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimanfaatkan untuk pembangunan bagi kemajuan negaranya. Abad 21 ini geopolitik dunia diwarnai dengan globalisasi sebagai dampak kemajuan tekonologi informasi. Dalam era global, system geopolitik bersifat anomaly kerena tidak berdasarkan pada pakem yang ada. Di hampir semua belahan benua telah membentuk  asosiasi perdagangan, ada MEE, MEA, AFTA, dan sebagainya. Dinamika geopolitik yang awalnya berbasis militer, seperti NATO kemudian kepada geopolitik kepentingan ekonomi dan perdagangan. Meskipun demikian, tetap menghasilkan kepetimpangan, dunia terbagi pada menjadi 3 (tiga), yaitu: 1) Post modern, 2) modern, dan 3) sedang berkembang. Disamping itu, era globalisasi dinamika geopolitiknya lebih mengedepankan kolaborasi antar stakeholder.
PENINGKATAN KERJASAMA SISWA KELAS V SDN ARGOYUWONO 1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Efendiy, Khoirul
Jurnal Likhitaprajna Vol 19 No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.529 KB) | DOI: 10.37303/likhitaprajna.v19i2.142

Abstract

Keterampilan kerjasama sangat dibutuhkan pada era saat ini, karena manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri, sehingga manusia butuh kehadiran orang lain untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. Keterampilan kerjasama dapat diajarkan kepada siswa, karena keterampilan kerjasama bukan keterampilan bawaan atau keterampilan warisan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengajarkan siswa keterampilan kerjasama kepada siswa adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Untuk hasil yang optimal digunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan siklus dalam proses pembelajarannya. Hasil dari penerapan model pembelajaran STAD adalah peningkatan keterampilan kerjasama siswa secara signifikan. Kata kunci: Student Team Achievement Division, STAD, kerjasama

Page 1 of 1 | Total Record : 10