cover
Contact Name
Andryansyah
Contact Email
staibanisalehbekasi@gmail.com
Phone
+6285779065952
Journal Mail Official
staibanisalehbekasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. M. Hasibuan No. 68 Margahayu Bekasi 17113
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 26547198     EISSN : 26545349     DOI : -
Core Subject : Education,
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan interdisipliner.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran" : 10 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAGMATIS PENGUASAAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU DI MTS. JAUHARUL ULUM SITUBONDO Dewi, Ratih Kesuma; Husein, Ach Munawi
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.692 KB)

Abstract

Dalam era globalisasli, pentingnya  penguasaan Bahasa Inggris  bagi  guru tidak dapat  dielakkkan lagi. Salah satunya  adalah  kemampuan  komunikasi praktis, misalnya  memperkenalkan diri secara  formal, mempromosikan sekolah, membuka sebuah  acara, dan lain sebagainya. Maka, dengan adanya program tersebut merupakan upaya dari peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia melalui penguasaan bahasa asing (Bahasa Inggris). Tujuan dari program  tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pengusaan Bahasa Inggris khususnya pada keterampilan (skill) kemampuan pragmatis dalam komunikasi dan memberikan pemahaman terhadap guru akan pentingnya Bahasa Inggris pada era globalisasi. Sasaran dari Program ini adalah masyarakat umum yaitu guru-guru di MTs. Jauharul Ulum, Kendit?Situbondo.    
PENERAPAN MULTIMEDIA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING Suseno, Endro
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.103 KB)

Abstract

Perkembangan perangkat multimedia yang pesat dengan harga yang terjangkau membuat perangkat multimedia seperti smartphone menjadi kebutuhan setiap orang. Tak luput juga siswa sekolah, hampir setiap hari menurut pengamatan peneliti, siswa kerap menggunakan smartphonenya untuk berbagai keperluan seperti browsing, blogging, atau untuk media sosial. Dari fenomena tersebut diatas, peneliti mengambil gagasan untuk menggunakan smartphone sebagai alat di dalam proses pembelajaran. Dengan harapan, motivasi, ide kreatif dan gagasan siswa akan lebih tergali ketika dalam proses belajar, dan mereka juga dapat menggunakan smartphone-nya untuk mendukung proses belajar. Dengan memanfaatkan multimedia di dalam pembelajaran Perakitan Komputer diharapkan aktifitas siswa dan pemahaman siswa serta keterampilan siswa dapat meningkat. Model Discovery Learning diterapkan, hasil yang diperoleh pada siklus 1 hingga siklus 2 untuk masing-masing variabel menunjukkan adanya peningkatan. Jumlah siswa yang mencapai skor tuntas untuk variabel keaktifan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 31,25% menjadi 87,50%; Jumlah siswa yang mencapai skor tuntas untuk variabel ketrampilan proses mengalami kenaikan dari 43,75%, menjadi 84,37%. Pada variabel prestasi belajar juga mengalami peningkatan dari 59,38%, menjadi 90,62%. 
LAYANAN INFORMASI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PROSES PEMBELAJARAN KONSELING Nurdiyati, Sri
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.142 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan informasi pada kelas XI Akuntansi 2 dengan menggunakan media audio visual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi 2 berjumlah 30 peserta didik yang terdiri dari 1 peserta didik laki-laki dan 29 peserta didik perempuan. Metode pengamatan dengan menggunakan lembar observasi peserta dan skala motivasi belajar peserta didik. Untuk menganalisis data digunakan metode analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa motivasi belajar peserta didik dengan layanan informasi melalui media audio visual peserta didik kelas XI Akuntansi 2 mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti layanan informasi pada pra siklus adalah sebanyak 0 %, 36,25% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II.  Saran bagi guru hendaknya menjadikan pertimbangan atas pemanfaatan media layanan informasi menggunakan audio visual dan peralatan yang diberikan sekolah guna meningkatkan motivasi belajar Peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah serta dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik secara optimal.
PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF SITI HAJAR Zulfa, Siti
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.37 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keprihatinan penulis tentang pendidikan anak yang ada, dimana orangtua terutama ibu kebingungan dan sulit untuk mencari figur dalam mendidik anak-anak mereka. Semua orangtua terutama ibu muslimah mengharapkan anaknya shaleh, taat beribadah kepada Allah SWT. Berbakti kepada kedua orangtuanya. Berbagai macam cara sudah dilaksanakan orangtua di rumah, guru di sekolah, dan masyarakat pada umumnya demi tercapainya tujuan pendidikan anak, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan malah tenggelam dalam kemaksiyatan dan kejahatan. Disinilah dibutuhkan model yang dapat dijadikan panutan untuk mendidik anak yaitu dari istri Nabi Ibrahim Ailihissalam  adalah Siti Hajar yang telah sukses mendidik putranya Isma?il sehingga menjadi anak yang shaleh, taat beribadah kepada Allah SWT serta berbakti kepada kedua orangtuanya. Penelitian  ini menggunakan pendekatan historis analisis, dengan mempelajari dan menggali fakta-fakta sejarah tentang Siti Hajar dalam mendidik putranya Isma?il juga kondisi sekarang.  Untuk kemudian dianalisa yang akan melahirkan pemahaman yang utuh terhadap tahapan-tahapan yang dilakukan Siti Hajar dalam mendidik anak sehingga anaknya menjadi anak yang shaleh, taat kepada Allah SWT serta kepada kedua orangtuanya.
PENGARUH SUMMARIZATION PYRAMIDS TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 01 NAGRAK GUNUNGPUTRI-BOGOR Suparman, Fauziah; Rahman, Fauzi
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.465 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberpengaruhan Piramida Ringkasan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimental yang merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Instrumen penelitian ini telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas sebelum diberikan kepada objek penelitian. Uji validasi menggunakan rumus Point Biserial Correlation untuk uji validasi terdapat 41 dan realibilitas dengan rumus K-R 20. Hasil dalam penelitian ini, pada kelompok eksperimen menggunakan Piramida Ringkasan dengan uji normalitas Lhitung=0,11<0,161=Ltabel dan kelompok kontrol tidak menggunakan Piramida Ringkasan didapat Lhitung=0,08<0,161=Ltabel. Setelah kelompok eksperimen dan kontrol taraf signifikansi 1-? dengan derajat kebebasan=K-2 adalah 1,67 data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas Fhitung=1,153 dengan Ftabel=1,858 dk pembilang=29 dan dk penyebut=29, karena Fhitung<Ftabel berarti adanya kesamaan kedua variansi, sampel berasal dari populasi homogeny. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh Thitung=3,130 pada taraf siginifikansi =0,05 dan 0,01 dengan derajat kebebasan (dk) 58, sedangkan Ttabel=1,671 karena Thitung>Ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan H1 diterima, dengan ini terlihat terdapat pengaruh dalam pembelajaran dengan menggunakan Piramida Ringkasan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia.
QUO VADIS MASA DEPAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM MENGHADAPI TANTANGAN MEDIA GLOBAL Sadari, Sadari
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.747 KB)

Abstract

Quo Vadis pendidikan menjadi tuntutan dan sekaligus tuntunan yang diharapkan dalam menentukan masa depan pendidikan bangsa. Keterpaparan dalam ketertinggalan, ketidaktahuan serta gagap teknologi merupakan problematika tersendiri dalam dunia pendidikan, di tambah lagi adanya gagal paham dalam memahami agama dan nasionalisme. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Pendidikan agama Islam (PAI) menjadi kunci dalam keberhasilan pendidikan nasional di Indonesia dalam menghadapi tantangan global.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI PESERTA DIDIK YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SEKOLAH DASAR Nurhasanah, Nurhasanah
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.848 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa buku bergambar untuk menstimulasi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas I di tiga Sekolah Dasar yaitu SDN Kranji X, SD Segarajaya 01 dan SD Travina Prima dengan subjek 15 peserta didik pada tahap uji coba lapangan  operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang memodifikasi antara model Borg and Gall dan model Briggs. Validasi teoritik dilakukan dengan uji pakar dan validasi empiris. Hasil validasi ahli media pembelajaran menunjukkan rata-rata 3,7 yang masuk kategori sangat baik. Hasil validasi ahli kesulitan belajar membaca menunjukkan nilai 3,8 dikategorikan sangat baik.Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah dilakukannya treatment berupa media pembelajaran di tiga Sekolah Dasar, hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata pre test dan post test. Hasil penelitian di SDN Kranji X nilai rata-rata pre test 46,33 dan nilai rata-rata post test sebesar 81,33 terdapat peningkatan sebesar 35 berdasarkan data hasil perhitungan t hitung > t tabel (8,353> 2,048). Berdasarkan hasi uji t penelitian menghasilkan t hitung > t tabel  sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan nilai antara sebelum dan sesudah diberi treatment. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa buku bergambar yang inovatif mampu menstimulasi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan.
PENGARUH PENGETAHUAN SASTRA TERAHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN Hidayat, Ryan; Rahman, Fauzi
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.997 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan sastra terhadap kemampuan menulis cerpen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, penelitian ini mengarah kepada besar kecilnya atau kuat lemahnya kadar pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasilnya dapat dilihat bahwa nilai Sig = 0,000 dan thitung = 4,039, sedangkan ttabel = 2,002, karena nilai Sig < 0,05 dan thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan sastra terhadap kemampuan menulis cerpen.
ANALISIS KAJIAN HADITS TENTANG METODOLOGI PEMBELAJARAN RASULULLAH SAW Sahlan, Fahmi
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.494 KB)

Abstract

Nabi Muhammad saw adalah seorang edukator yang sempurna dalam berbagai aspek, diantaranya dalam aspek pengaplikasian metode pembelajaran. Fakta ini dapat dicermati melalui al-Sunnah yang merupakan dokumentasi dari menifestasi perkataan, perbuatan, dan ketetapan bahkan sifat beliau. Dengan latar belakang ini penulis meneliti beberapa al-Sunnah dengan aspek tinjauan metode pembelajaran.Ada tiga rumusan masalah dalam penelitian ini : Pertama, analisis kajian hadits. Kedua, metodologi pembelajaran. Ketiga, metode-metode pembelajaran yang pernah diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam mengajar para sahabatnya.Berdasarkan tempat pelaksanaan penelitian, penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dan berdasarkan data yang terkumpul penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan generalisasi.
PENANAMAN TOLERANSI AGAMA PADA DIRI ANAK MELALUI DOKTRIN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MI HIDAYATUL AHBABINA, SETU, BEKASI) Andriyansyah, Andriyansyah
EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Vol 2 No 02 (2019): EL BANAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.786 KB)

Abstract

Penelitian ini secara teoritis dapat mengungkapkan tentang bagaimana hasil belajar SKI siswa mengalami peningkatan   setelah   menggunakan   nilai toleransi agama. Secara praktik, hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada  guru,  siswa  dan  orang  tua  bahwa  dengan menggunakan metode yang tepat maka hasil belajar SKI siswa dapat meningkat. Implikasi dari hasil penelitian yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar SKI pada siswa adalah dengan menggunakan nilai toleransi agama. Dan subjek penelitian adalah 13 orang dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dengan pola pra penelitian, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan tingkat ketercapaian siswa dalam menanamkan nilai toleransi dalam beragama dengan doktrin mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10