cover
Contact Name
Sugeng Santoso
Contact Email
icitjournal@raharja.info
Phone
+6281319701122
Journal Mail Official
icitjournal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 23565195     EISSN : 26548704     DOI : 10.33050/icit
ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang riset Business Intelligence (BI), bidang riset Information Engineering dan bidang riset TIK secara umum bagi Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Magister Teknik Informatika (MTI) dan juga artikel ilmiah dari luar Pascasarjana MTI UNIVERSITAS RAHARJA yang merupakan hasil riset ataupun review artikel. ICIT Journal diterbitkan sebanyak 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari dan Agustus
Articles 129 Documents
Analisis Perbandingan Kualitas Website Peringkas Teks Otomatis Menggunakan Model ISO 9126 Ningrum, Witta Listiya
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya dokumen teks yang tersedia, mengakibatkan terlalu banyak informasi yang dituntut untuk dapat diakses dengan cepat dan tidak membutuhkan banyak waktu dalam pengambilan intisari dari sebuah dokumen teks. Peringkas Teks Otomatis adalah salah satu solusi untuk membantu pencarian inti dari dokumen teks (Despande, 2013). Terdapat banyak parameter untuk mengukur kualitas suatu perangkat lunak. Parameter ISO 9126 merupakan salah satu standar yang sering digunakan sebagai dasar penilaian kualitas perangkat lunak secara umum, dikarenakan karakteristik pada model ISO 9126 lebih lengkap dibandingkan model kualitas perangkat lunak yang lain (Ferdiana, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah website tersebut memenuhi harapan dan tujuan pengguna dan untuk mendapatkan gambaran mengenai perbandingan kualitas website Peringkas Teks Otomatis.. Hasil dari penilaian tersebut didapatkan nilai 3.816 untuk website Tools4noobs dan 4.179 untuk website Smmry. Kata kunci: ISO 9126, Peringkas Teks Otomatis, Website, Kualitas Perangkat Lunak
Penerapan Algoritma Levenshtein Pada Aplikasi Kamus Istilah Militer Tni Berbasis Android Wahyudi, Diky; Rosnelly, Rika; Dewi, Rofiqoh
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daftar istilah militer TNI sangat banyak jumlahnya, hal tersebut dapat menjadi masalah bagi prajurit TNI ketika mendengar istilah dari atasan tapi tidak mengerti maksud dari istilah tersebut. Masalah lainnya dapat juga ditemukan saat calon TNI yang sedang melaksanakan berbagai tes dan menemukan salah satu kata istilah dan tidak memahami maknanya. Untuk itu dibutuhkan sebuah media yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini membangun sebuah aplikasi kamus yang berisikan istilah-istilah tentang militer TNI. Aplikasi kamus yang akan dibangun tentu saja harus dapat digunakan secara mobile sehingga mudah dalam proses penggunaannya. Aplikasi kamus yang dibangun juga harus memiliki kolom pencarian yang dapat digunakan untuk mencari kata istilah tertentu sehingga cepat untuk menemukan arti dari sebuah kata istilah militer TNI. Untuk meningkatkan optimasi pencarian kata istilah dan menampilkan hasil pencarian dengan cepat, maka pada pembangunan aplikasi ini akan diterapkan algoritma levenshtein, digunakan untuk mesin pencari istilah militer TNI berbasis android. Algoritma ini menghitung jumlah operasi string paling sedikit yang diperlukan untuk mentransformasikan suatu string menjadi string yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi kamus istilah militer TNI dengan menerapkan algoritma levenshtein untuk mempermudah proses pencarian istilah militer TNI walaupun terdapat kesalahan kata yang di input pada kolom pencarian karena aplikasi akan tetap menampilkan saran istilah militer TNI yang mungkin dicari. Kata kunci : Kamus, Istilah TNI, Levenshtein, android
Perbandingan Filter Shen-Castan, Canny-Deriche dan Madenda untuk Citra Digital dengan Gangguan Blur Nofa, Widya Khafa; Hapsari, Dewi Anggraini Puspa
ICIT Journal Vol 7 No 1 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/icit.v7i1.1451

Abstract

Dengan adanya gangguan noise, dapat mengakibatkan informasi dalam suatu citra menjadi tidak jelas. Selain itu jika noise muncul pada area tepian objek dapat mengakibatkan tepian dari objek menjadi buram dan tidak beraturan serta memungkinkan terjadi pergeseran posisi tepi. Sehingga diperlukan penghilangan atau penghalusan noise pada citra digital tersebut. Filter IIR adalah jenis filter yang memiliki sistem feedfoward dan feedback sekaligus. Hal ini berarti hasilkeluaran dari IIR tidak hanya tergantung pada data sesaat dan data sebelumnya tetapi juga tergantung pada hasil perhitungan sebelumnya. Sehingga untuk citra bernoise diharapkan citra IIR dapat lebih optimal dalam melakukan pendeteksian tepi. Ada beberapa algoritma dalam filter IIR, diantaranya filter Shen-Castan, Canny-Deriche dan Madenda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan performa dari filter Shen-Castan, filter Canny-Deriche dan filter Madenda dalam melakukan pendeteksian tepi untuk citra dengan gangguan blur. Penelitian dilakukan dengan menerapkan ketiga filter untuk pendeteksian tepi citra yang mengalami gangguan noise. Dari perbandingan ketiga filter tersebut menunjukkan bahwa filter Canny-Deriche dapat menghasilkan deteksi tepi yang lebih baik dibandingkan filter Madenda dan filter Shen-Castan dimana intensitas tepi objek lebih tinggi dibandingkan dengan intensitas noise yang terfilter. Kata Kunci—Citra dengan gangguan blur, filter Shen-Castan, filter Canny-Deriche, filter Madenda
Penerapan Teorema Bayes Untuk Mendiagnosa Penyakit yang Diakibatkan oleh Bakteri Treponema Pallidum Sembiring, Nita Sari Br
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bakteri treponema pallidum merupakan suatu bakteri yang dapat menyebabkan penyakit sifilis. Bakteri Treponema Pallidum dapat ditularkan melalui kontak fisik seperti hubungan seksual sehingga mengakibatkan korban terkena penyakit sifilis. Biasanya hanya sedikit penularan melalui kontak bibir, melalui jarum suntik, atau penularan melalui ibu yang mengidap sifilis tiga tahun pertama ke janinnya. Permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat dari bakteri ini ialah ketidaktahuan masyarakat akan gejala dan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri treponema pallidum ini serta proses penyebaran dari bakteri Treponema Pallidum ini. Masyarakat juga banyak yang belum mengetahui bagaimana cara untuk menangani secara dini jika sudah terkena penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ini. Pada proses diagnosa dari bakteri Treponema Pallidum ini diperlukan suatu metode probabilitas untuk dapat memberikan tingkat kepercayaan dari hasil diagnosa. Teorema bayes dapat digunakan sebagai metode untuk menentukan tingkat probabilitas dari hasil diagnosa penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Hasil dari penelitian ini ialah mendiagnosa penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Treponema Pallidum dengan menggunakan Teorema Bayes. Kata Kunci: Teorema Bayes, Bakteri Treponema Pallidum, Sifilis.Teorema Bayes
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Pegawai Kelurahan Salembaran Jaya) Sunarya, Po. Abas; Padeli, Padeli; Dwi Oktavionita, Siti Dian Cahya
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap lingkungan kerja sehingga kinerja pegawai instansi pemerintahan desa yang menjadikan kurang optimal dalam bekerja. Kinerja pegawai dalam pelayanan masyarakat di Kelurahan Salembaran kurang maksimal karena pelayanan masyarakat oleh pegawai Kelurahan Salembaran Jaya terkendala karena faktor penyesuaian dengan protokol covid-19 sehingga terjadi perubahan pelayanan masyarakat yang menjadikan kinerja pegawai kurang maksimal dan optimal dalam bekerja. Kegiatan-kegiatan para pegawai juga dibatasi karena harus mengikuti protokol covid-19 yang sudah diterapkan untuk menghindari penyebaran virus covid-19. Dalam hal ini kebersihan ruangan menjadi faktor yang harus diperhatikan agar seluruh pegawai benar-benar merasa nyaman dan aman dengan selalu mematuhi protokol yang ada sehingga dapat meningkatkan kinerja para pegawai yang menjadikan tujuan dari instansi pemerintahan desa dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menunjukkan adanya pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada instansi pemerintahan desa yaitu Kelurahan Salembaran Jaya. Kegiatan analisis menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan beberapa pengujian. Hasil akhir penelitian ini memberitahukan adanya pengaruh signifikan antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai. Kata Kunci : Pandemi Covid-19, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai, Kelurahan Salembaran Jaya
Sistem Pemantauan Ban Hasil Inspeksi di Area Karantina OEM Berbasis VB.Net 2013 Dwi Saputro, Rifki Ridho; Arif Cahyono, Muhammad Ridwan
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karantina Original Equipment Manufacture (OEM) merupakan sebuah bagian yang masih dalam satu lingkup dengan departemen Final Inspection, dimana bagian tersebut bertugas melakukan second inspection terhadap ban yang dikategorikan sebagai ban OE hasil dari pengecekan Dynamic Balance (DB) dan Uniformity (UF). Kesulitan yang dihadapi oleh inspektor di area karantina OEM yakni sulitnya melakukan monitoring tyre secara realtime. Kemudian kesulitan yang juga dihadapi oleh admin di departemen Final Inspection yakni sulitnya memproses data hasil check yang akan di proses menjadi report. Maka pada penelitian ini membuat sebuah sistem monitoring tyre berbasis VB.Net 2013 yang memepermudah inspekor dalam melakukan monitoring tyre dan mempermudah admin dalam memproses report hasil check. Untuk melakukan monitoring tyre inspektor dapat login di aplikasi monitoring tyre. Kemudian admin juga dapat memproses report hasil check hanya dengan 5 langkah yang menghabiskan waktu 5 hingga 7 menit saja. Kata kunci: PHP, Vb.Net, Original Equipment Manufacture
Implementasi Customer Data Management Dalam Meningkatkan Retensi Pelanggan IndiHome di PT Telkom Fitriyani, Indah Pratiwi; Hendriyani, Chandra
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agilitas pelanggan dan pesatnya perkembangan teknologi membuat perusahaan harus melakukan berbagai macam strategi salah satunya adalah meningkatkan retensi pelanggan agar pelanggan tidak beralih ke kompetitor. Oleh karena itu, perusahaan harus mengenal karakteristik pelanggannya secara spesifik diantaranya melalui pengolahan database pelanggan seperti Customer Data Management. Optimalisasi Customer Data Management dapat membuat perusahaan memahami kebutuhan dan keinginan dari pelanggan. PT Telkom sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara yang memiliki produk IndiHome yang merupakan market leader di Indonesia terus berusaha mempertahankan pangsa pasarnya agar pelanggannya tidak berpindah ke provider lain. Untuk menjaga retensi pelanggan PT Telkom merancang dan membuat strategi agar brand awereness IndiHome dapat terus meningkat dengan membuat program-program loyalitas pelanggan. IndiHome juga meningkatkan layanan dengan menambah variasi program atau channel TV Kabel, serta memberikan pelayanan yang cepat tanggap terhadap keluhan pelanggan sehingga citra perusahaan dan tingkat kepercayaan pelanggan semakin meningkat terlihat dari pangsa pasar dan kontunitas pelanggan menggunakan produk IndiHome. Customer Data Management berperan penting dalam perusahaan dengan kemampuan menganalisa data maka perusahaan dapat menciptakan kelangsungan bisnis di era digital saat ini dan data yang telah diperoleh dapat menjadi landasan keputusan dalam mengambil kebijakan bagi perusahaan. Kata Kunci: Customer Data Management, Retensi pelanggan, IndiHome
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Data Occupational Health and Safety Handling PT.CPL Henderi, Henderi; Mulyati, Mulyati; Anggrahini, Yunia Riska
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan program Occupational Health and Safety Handling (Program K3/ Kesehatan dan Keselamatan Kerja) pada suatu perusahaan dapat membuat produktivitas dan kinerja karyawan semakin meningkat. Pekerjaan akan diselesaikan dengan baik jika karyawan memiliki rasa aman dan nyaman ditempatnya bekerja. PT.CPL (Cipta Perdana Lancar) penanganan Occupational Health and Safety Handling-nya belum maksimal, permasalahan terjadi dikarenakan masih terdapat beberapa kekurangan, salah satunya pada sisi sistem informasinya sehingga pada pelaksanaannya menjadi belum rapi dan belum terstruktur selain itu masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya. Untuk itulah diperlukan pembaharuan sistem informasi yang lebih akurat dan sistem yang cepat menangani permasalahan Occupational Health and Safety Handling di perusahaan tersebut. Untuk melengkapi penelitian ini maka diperlukan beberapa metode, diantaranya untuk metode pengumpulan data membutuhkan Pengamatan langsung, kemudian berlanjut dengan interview kepada Stakeholders dan mencari sumber teori penelitian dengan studi pustaka. Metode analisa penelitian ini memakai Analisa SWOT serta penggambaran desain sistemnya dengan UML yang berorientasi objek. Metode-metode yang digunakan tersebut sebagai dasar dari rancang bangun penelitian ini yang kemudian menghasilkan sebuah Sistem Informasi Pengelolaan Data Occupational Health and Safety Handling yang dibuat dengan berbasis Web sebagai solusi dari masalah-masalah yang terjadi di PT.CPL tersebut. Kata Kunci : Sistem Informasi, Occupational Health and Safety Handling, Web.
Rancang Bangun Aplikasi Employees E-Recruitment pada PT.SOS Indonesia Friandi, Sendy Zul; Annisa, Annisa; Fiqih, Muhamad Fiqih
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perusahaan memerlukan karyawan yang memiliki Skill dan berkompeten dibidangnya agar dapat menjalankan perusahaan sesuai dengan jargon The Right Man in The Right Place dengan maksud agar karyawan dapat bekerja sesuai kemampuannya dan sesuai tempatnya untuk tercapainya visi misi perusahaan. Demikian halnya dengan PT.SOS Indonesia yang jumlah permintaan karyawan barunya terus meningkat setiap bulannya. Employees E-Recruitment merupakan suatu metode perekrutan karyawan baru untuk perusahaan dengan menerapkan teknologi informasi seperti internet, sehingga perekrutan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan. Saat itu PT.SOS Indonesia belum menerapkan Employees E-Recruitment sehingga menimbulkan masalah. Permasalahan terjadi saat perekrutan karyawan dilakukan dengan prosedur pada umumnya; si Pelamar mengirimkan surat lamarannya melalui jasa pengiriman pos atau lamaran by email sehingga dampaknya akan banyak tumpukan kertas surat lamaran dan sering terjadinya spam melalui email yang telah dikirim oleh si Pelamar. Untuk itulah diperlukannya penelitian ini sebagai alternatif solusi dari permasalahan tersebut, Terkait hal ini, penelitian ini menerapkan metode pengumpulan data berupa Studi Pustaka, Observasi dan Wawancara serta metode analisa dengan SWOT. Hasil dari penelitian ini yakni sebuah rancang bangun aplikasi Employees E-Recruitment untuk memenuhi kebutuhan proses perekrutan karyawan baru yang berkompeten untuk diterapkan pada PT.SOS Indonesia. Kata Kunci : Karyawan berkompeten, Employees E-Recruitment, Aplikasi.
Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Publik Terintegrasi Pada Kecamatan dan Kelurahan (Studi Kasus : Kecamatan Citangkil Kota Cilegon) Sudaryono, Sudaryono; Sutisna, Nanang; Englista, Linda Evan
ICIT Journal Vol 7 No 2 (2021): ICIT JOURNAL
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) merupakan pengelolaan pelayanan publik yang diselenggarakan dalam satu tempat di kecamatan, mulai dari proses penerimaan permohonan pelayanan sampai dengan pencetakan dan penyerahan dokumen pelayanan. Hal ini menuntut petugas pelayanan untuk dapat memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat. Petugas pelayanan di wilayah Kecamatan Citangkil seringkali melakukan kesalahan penginputan data pemohon ke dalam formulir pelayanan sehingga menyebabkan pemborosan sumber daya seperti kertas dan tinta printer. Selain itu hal ini juga menyebabkan waktu pelayanan menjadi lebih lama. Selain permasalahan tersebut, masih marak oknum yang berperan sebagai ‘Calo’ pelayanan dan praktek ‘pungli’ dalam memberikan pelayanan. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, Kecamatan Citangkil akhirnya merancang sebuah sistem informasi pelayanan publik terintegrasi pada kecamatan dan kelurahan yang disingkat menjadi SIMPel. SIMPel menggunakan database berbasis NIK sehingga diharapkan mampu mengurangi resiko kesalahan input data pemohon. SIMPel juga disertai dengan QRCode yang dapat digunakan dalam proses validasi dokumen serta sebagai alat pengontrol dalam proses pelayanan untuk mencegah terjadinya ‘pungli’ oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dalam melakukan Pengembangan SIMPel, peneliti menggunakan metodologi Waterfall Development dan menggunakan metode berorientasi obyek dengan notasi UML dalam perancangannya. Kata Kunci : Pelayanan Publik, PATEN, Kecamatan, Kelurahan

Page 1 of 13 | Total Record : 129