cover
Contact Name
Aris Martono
Contact Email
aris.martono@raharja.info
Phone
+6287879163970
Journal Mail Official
sensi@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 24611409     EISSN : 26555298     DOI : https://doi.org/10.33050/sensi
Riset Soft Computing dengan penelitian dari yang berfokus pada Data Mining, Neural Network, Swarm Intelligence, Decision Tree, Data Clustering, Data Classification, Rough Set, Pattern Recognition, Image Processing. Software Engineering yang fokus pada software Requirement and Specification, Software Design, Software Management, Software Testing, Formal Method, Distributed Database dan Information System, bidang riset Business Intelligence dengan penelitian yang berfokus pada information and knowledge discovery (OLAP), Ad hoc queries and reports, text mining, web mining, search engines, Decision Support and Intelligent Systems serta Visualization. dan bidang riset Teknologi Information dan Komunikasi.
Articles 120 Documents
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Tren Penjualan Pada PT. Doremi Music Indonesia Roza, Yuni; Mubarok, Abduh Maulana; Santoso, Tri Rama Halim
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1440

Abstract

PT. Doremi Music Indonesia di Kota Tangerang adalah merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak pada jual beli perlengkapan alat musik dan aksesoris yang berkaitan.Dikarenakan pemanfaatan informasi data tren yang ada belum maksimal pada prosespengelolaan dan pemanfaatannya dimana yang bertujuan untuk meningkatkan performa valueperusahaan pada departemen Sales &Marketing khususnya Wholesale , oleh sebab itu dilakukan perancangan sistem pengelolaan output data tren serta menunjang keputusan dalam pemetaanarea distribusi produk agar lebih maksimal. Penelitian ini menggunakan metode denganmelakukan wawancara dan observasi serta menggunakan metode analisa sistem Critical SuccessFactor (CSF.). Dengan adanya sistem aplikasi penunjang keputusan dalam pengelolaan data trendiharapkan dapat mempermudah pelaksanaan pemetaan dan penentuan langkah prioritas dalamproses penjualan hasil produk dan meningkatkan value perusahaan.
Prototype Sistem Pengelolaan Karyawan Kontrak Berbasis Progressive Web Application Pada Perusahaan Outsourcing Cholisoh, Novi; Sunarya, PO Abas; Prayogo, Filza Harry
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1439

Abstract

Setelah berdiri selama kurang lebih 20 tahun lamanya, PT. Aplus Pacific terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya yaitu meningkatnya jumlahkaryawan baik dari sisi personalia karyawan PT Aplus Pacific maupun hasil kerjasama denganperusahaan lain yang bergerak dibidang outsourcing ( Alih Daya ).Hingga saat ini PT. AplusPacific telah memiliki karyawan lebih dari 500 karyawan yang tersebar di beberapa cabang.Sehingga membuat sebuah kompleksitas dalam pengelolaan personalia khususnya data terkaitkaryawan kontrak dari outsourcing. Berdasarkan fakta tersebut, maka peneliti melihat potensipermasalahan yang akan timbul, yaitu menurunnya pelayanan dari Departemen HRD terhadapkaryawan kontrak dari outsourcing seperti yang berkaitan dengan masa kontrak, informasipendapatan, surat izin serta informasi-informasi penting lainnya. Karena saat ini tim dariDepartemen HRD masih melayani karyawan kontrak dari outsourcing dengan metodepenginputan secara manual. Hal tersebut memiliki beberapa kekurangan yang dapatmenghambat proses penyelesaian masalah, seperti sulitnya mengingat waktu masa habis kontrakseorang karyawan, informasi gaji yang terlambat, dan pengurusan surat izin yang cukup sulit.Maka dari itu tujuan utama penelitian ini adalah merancang suatu sistem yang dapatmengakomodir banyaknya kebutuhan dan keluhan karyawan kontrak dari outsourcing di PT.Aplus Pacific dengan cepat dan terdokumentasi dalam history sebagai arsip dan acuan oleh timDepartemen HRD untuk menyelesaikan problem dengan lebih cepat. Dan dengan adanya sistemtersebut, Departemen HRD bisa melakukan pembenahan dan pengembangan gunameningkatkan kepuasan karyawan kontrak kerja outsourcing terhadap pelayanan DepartemenHRD. Dengan demikian untuk mewujudkan tujuan diatas penelitian ini berencana merancangsistem aplikasi berbasis Progressive Web Apps ( PWA ) dan menggunakan bahasapemrograman Javascript dengan framework Node.js dan menggunakan basis data MongoDB.
Model Aplikasi Helpdesk Online Untuk Mendukung IT Support Dalam Meningkatkan Pelayanan Karyawan Junaidi, Junaidi; Dewi Aryanti, Luthfia Fauzia; Saputra, Rizky Yugho
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1438

Abstract

PT. Aplus Pacific yang sudah berdiri hampir 20 tahun, semakin memperlihatkanperkembangan yang pesat. Diantaranya bertambahnya karyawan dan juga semakin kompleksnyasistem pendukung operasional manufaktur perusahaan yaitu Enterprise Resource Planning(ERP) yang digunakan oleh karyawan tersebut. Atas dasar fakta tersebutlah penelitian inimelihat potensi permasalahan yang akan timbul, yaitu menurunnya pelayanan support dariDepartemen IT terhadap permintaan ataupun keluhan karyawan yang berkaitan dengankebutuhan Teknologi Informasi baik dari sisi hardware dan juga software. Karena saat ini timdari Departemen IT masih melayani karyawan perusahaan dengan media line telepon PABX.Hal tersebut memiliki beberapa kekurangan yang dapat menghambat proses penyelesaianmasalah, seperti tidak sebandingnya line telepon yang ada dengan banyaknya keluhan di waktuyang bersamaan, sampai proses penyelesaian masalah yang relatif lama walaupun kemungkinantim Departemen IT pernah mengalami atau menerima keluhan yang sama, dikarenakan tidakadanya basis pengetahuan yang tersimpan dengan baik. Berdasarkan hasil analisa yangdilakukan secara langsung, sistem penanganan permintaan dan keluhan yang berjalanmemerlukan perubahan. Maka dari itu tujuan utama penelitian ini adalah merancang sistemHelpdesk yang dapat mengakomodir banyaknya kebutuhan dan keluhan karyawan di PT. AplusPacific dengan cepat dan juga tersimpan dalam log agar dapat sewaktu-waktu dilihat kembalioleh tim Departemen IT sebagai pedoman atau acuan untuk menyelesaikan problem denganlebih cepat. Dan dengan adanya sistem tersebut, Departemen IT bisa melakukan pembenahandan pengembangan guna meningkatkan kepuasan karyawan terhadap pelayanan Departemen IT.Dengan demikian untuk mewujudkan tujuan diatas penelitian ini berencana merancang sistemaplikasi berbasis Web dan menggunakan bahasa pemrograman PHP denganframeworkCodeIgniter dan menggunakan basis data MariaDB.
Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Berbasis Web Pada PT. Hydro Raya Adhi Perkasa Maesaroh, Siti; Maulani, Giandari; Asari, Nur
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1430

Abstract

PT. Hydroraya Adhi Perkasa Tangerang adalah perusahaan yang bergerak dibidangkonstruksi yang mengerjakan beberapa project besar seperti pengolahan air limbah, minyak dangas, listrik, air serta sektor industri lainnya secara umum. Sistem saat ini dirasa masih kurangefektif dalam melakukan penilaian kinerja terhadap karyawan. Untuk dapat melakukanpenilaian kinerja dengan baik maka diperlukan sistem penilaian kinerja berbasis web untuk mempermudah dalam penilaian kinerja karyawan serta membantu pengolahan data menjadiinformas i yang dihasilkan. Pada pembuatan sistem ini menggunakan metode analisa SWOT(Strenght,Weakness,Opportunities, Threats) untuk mengidentifikasi kelemahan sistem menjadi rekomendasi dalam membuat perbaikan-perbaikan yang harus dibuat pada sistem yang harusdikembangkan.
Aplikasi Penjadwalan Tugas Lapangan Bagi Pegawai Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Supriadi, Ajay; Ramadhan, Gerry; Ningsih, Yulia
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1435

Abstract

Pada Badan Pusat Statistik Kota Tangerang memiliki bagian Tata Usaha yang bertugasuntuk membuat sebuah penjadwalan tugas kerja lapangan yang dimana harus dicatat dengan caramanual dan harus mamakan waktu, hingga menjadi kurang efisien dan efektif. Dengandibuatnya aplikasi penjadwalan berbasis web ini bertujuan membangun sebuah sistem aplikasiyang dapat mengatasi masalah yang terjadi pada Badan Pusat Statistik Kota Tangerang. Penelitmengumpulkan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Padapenelitian ini penulis menggunakan metode analisa PIECES untuk menganalisa kebutuhan danmenggunakan Unified Modelling Language (UML) sebagai alat bantu untuk membuarancangan model dan desain. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi jadwal tugas lapanganberbasis web yang dibuat dengan PHP sebagai bahasa pemrogramanya dan MySQL sebagadatabase. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini memiliki 2 pengguna yaitu Kepala Seksi TataUsaha sebagai admin yang dimana bertugas dalam mengolah data pegawai dan data jadwalpegawai dapat melihat jadwal yang telah dibuat oleh admin dan dapat menginput laporan targetugas tersebut.
Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di Smk Negeri 4 Tangerang Saryani, Saryani; Kurniawan, Rano; Muhammad, Fahmi
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1427

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi memiliki peranan penting untukmemenuhi kebutuhan akan suatu informasi. Suatu informasi atau data biasanya disimpan didalam database yang saling terdistribusi agar lebih mudah dalam melakukan proses pencarian.Pada sekolah SMK Negeri 4 Tangerang dalam penyimpanan dan pengelolaan masih menggunakan Microsoft Word dan Excel untuk mengelola data akademik. Informasi yang berkaitan dengan sekolah atau akademik belum terdistribusi dengan baik data tersebut masihdisimpan di masing-masing komputer staf atau guru yang bersangkutan. Sehingga dalampengolahan data akademik dan manajemen data akademik saat ini banyak menghadapi beberapapermasalahan. Hal ini menyebabkan lambatnya proses penyampaian informasi dan pencariandata akademik. Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini website bisa digunakan untukmengelola dan penyampaian informasi secara efektif dan efisien. Dengan merancang suatuSistem Informasi pada sekolah SMK Negeri 4 Tangerang atau biasa disebut SIAKAD (SistemInformasi Akademik) yang dibangun menggunakan framework CodeIgniter dan denganmenggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebelum melakukan perancangan maka dilakukananalisa untuk mengetahui bagaimana proses dari pengolahan informasi yang berkaitan dengandata akademik dan kendala dalam menjalankan sistem saat ini. Proses analisa sistem penelitimenggunakan metode Analisis PIECES.
Prototype Sistem informasi Bursa Kerja pada Universitas Serang Raya Irawan, Agus; Rudianto, Rudianto; Desiana, Rizka
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1425

Abstract

Tingkat Penyerapan mahasiswa oleh dunia kerja merupakan bagian pentingdalam mendukung kinerja perguruan tinggi.Produktivitas perguruan tinggi dalammencetak lulusan kadang tidak dibarengi dengan upaya kampus dalam memfasilitasimahasiswa untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan bidangkompetensi mereka. Kebutuhan stakeholder yang berkepentingan perlu difasilitasi dengansebuah media yang dapat menjembatani kepentingan tersebut. Aplikasi Bursa kerja bagialumni dapat menjembatani kepentingan antara yang membutuhkan pekerja dengan pihakyang membutuhkan pekerjaan itu dalam hal ini alumni melalui universitas. Untukmembangun sistem menggunakan framework Codeigniter yang ditulis dengan bahasaPHP yang merupakan bahasa untuk membangun sistem berbasis web. model yangdigunakan adalah dengan menggunakan prototype. Aplikasi diharapkan dapatmenyediakan layanan berupa informasi lowongan pekerjaan, dimana dapat melibatkanstakeholder yang berkepentingan baik itu dari industri, universitas dan alumni.
Kehadiran Pegawai Menggunakan React Native Framework Berbasis Mobile Pada PT. Medigo Teknologi Kesehatan Andwiyan, Denny; Martono, Aris; Wibiono, Hurdjanto
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1424

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah sedemikian cepat sehinggamempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini dapat membantusuatu instansi dalam mengurus segala kebutuhan salah satunya dalam pendataan aktivitaskehadiran pegawai secara cepat, tepat, dan akurat. PT. Medigo Teknologi Kesehatan merupakanperusahaan yang bergerak dibidang kesehatan yang berfokus pada layanan software as a service(SaaS). Permasalahan PT. Medigo Teknologi Kesehatan saat ini yaitu sistem yang masihmemiliki banyak kekurangan seperti sulitnya merekap data presensi dari fingerprint, durasipekerjaan yang tidak terecord, rentan cenderung error jika sidik jari dalam keadaan kotor saatfingerprint dan alur pengajuan cuti pegawai yang cukup panjang. Dengan demikian, hal tersebutmasih menjadi salah satu parameter dalam penilaian kinerja individu maupun perusahaan. Olehkarena itu dibutuhkan sistem yang dapat memonitoring kehadiran pegawai berbasis mobile agarlebih efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode analisa PIECES, permodelansistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) untuk menggambarkan secaravisualisasi, lalu diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan JavaScript,Framework React Native dan basis data MySQL sebagai database. Dengan adanya sistemkehadiran pegawai berbasis mobile, dapat mempermudah human resources dan pegawai dalammelakukan presensi secara efektif dan efisien..
Penerapan Metode Analisa Critical Success Factor PadaSistem Penjualan dan Persediaan Barang Alfiah, Fifit; Adiyani, Ana; Septiani, Esa
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1423

Abstract

Pengolahan biji-biji plastik sebagai bahan dasar utama produk-produk plastic dengan keanekaragaman jenis dan ukuran yang saat ini banyak digunakan dalam kehidupan masyarakat sebagai media penyimpanan atau wadah ini tentunyamenjadi fokus utama sebagai bahan dasar utama produk plastik yang dijalankan oleh PT. Alsabi Makmuk Plasindo. Dalamproses produksi maupun pengolahan transaksi produk-produk plastic yang di produksi oleh PT. Alsabi ini masih SemiKomputerisasi yaitu menggunakan Ms.Excel sebagai media pengolahan data untuk proses transaksi penjualan danpersediaan produk-produk plasktik, karena pengolahan data transaksi yang masih menggunakan Ms.Excel maka terdapatbeberapa kendala antara bagian penjualan dan persediaan barang karena belum terintegrasinya jumlah persediaan barangdengan jumlah barang yang akan di jual. Selain itu penyajian laporan yang kurang akurat juga menjadi bagian kendala daritransaksi penjualan dan persediaan barang dari PT.Alsabi ini menyebabkan membutuhkan waktu kerja yang lama untukmengintegrasikan data persediaan barang dengan penjualan barang. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada transaksipenjualan dan perssedian produk pada PT. Alsabi maka penulis dalam penelitian skripsi ini membuat sebuah SistemInformasi berbasis desktop yang menggunakan bahasa pemrograman Ms. Visual FoxPro 9 dengan sistem databaseberekstensi *.DBF, dan metode pengembangan yang digunakan adalah system development life cycle (SDLC) dan jugametode Analisa yang digunakan adalahCritical Success Factor (CFS) dan hasil dari penelitian ini program sistem informasisudah selesai 100% dengan menyesuaikan faktor penentu kesuksesan penjualan dari PT. Alsabi Makmur Plasindo sehinggamemudahkan perusahaan dalam proses penjualan dan menentukan persediaan barang berdasarkan penggunaan waktu datadapat diintegrasikan dengan cepat dan baik.
Model Aplikasi Sistem Pembuatan Ticketing Untuk Meningkatkan Pelayanan IT Support Kepada Karyawan Sutrisno, Sutrisno; Alfeno, Sandro; Nurwana, Giansah
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 6 No 2 (2020): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v6i2.1180

Abstract

Informasi basis komputer dikenal orang hingga saat ini sebagai alat pengolah data untuk menghasilkan beberapa informasi. PT Agung Poly Nugraha merupakan salah satu perusahaann Manufacturing terkemuka di Indonesia. Pada dasarnya pelayanan pada perusahaan Manufacturing sebagian besar dilakukan oleh sistem. Namun, untuk sistem permintaan IT support masih berjalan manual dengan melakukan permintaan IT Support menggunakan telpon ke divisi IT, kemudian staff IT Support mencatat kembali apa yang sudah dikerjakan dalam sebuah kertas. Tujuan penelitian ini ialah, menganalisa pelayanan ITsupport dan menciptakan sebuah sistem untuk meningkatkan pelayanan ITsupport. Perancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka guna menganalisa sistem yang berjalan.Perancangan sistem menggunakan UML.Perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan adalah bahasa pemrograman PHP, framework Codeigniter, PHP MYSQL dan aplikasi Visual Studio Code.Aplikasi system ticketing untuk meningkatkan pelayanan IT support diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dalam meningkatkan pelayanan IT support dan penyimpanan riwayat perbaikan yang di kerjakan oleh divisi IT Support. Sistem juga dapat menjadi acuan untuk pengembangan sistem yang sudah berjalan.

Page 1 of 12 | Total Record : 120