cover
Contact Name
Aris Martono
Contact Email
aris.martono@raharja.info
Phone
+6287879163970
Journal Mail Official
sensi@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 24611409     EISSN : 26555298     DOI : https://doi.org/10.33050/sensi
Riset Soft Computing dengan penelitian dari yang berfokus pada Data Mining, Neural Network, Swarm Intelligence, Decision Tree, Data Clustering, Data Classification, Rough Set, Pattern Recognition, Image Processing. Software Engineering yang fokus pada software Requirement and Specification, Software Design, Software Management, Software Testing, Formal Method, Distributed Database dan Information System, bidang riset Business Intelligence dengan penelitian yang berfokus pada information and knowledge discovery (OLAP), Ad hoc queries and reports, text mining, web mining, search engines, Decision Support and Intelligent Systems serta Visualization. dan bidang riset Teknologi Information dan Komunikasi.
Articles 130 Documents
Prototype Sistem Pengelolaan Karyawan Kontrak Berbasis Progressive Web Application Pada Perusahaan Outsourcing Cholisoh, Novi; Sunarya, PO Abas; Prayogo, Filza Harry
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1439

Abstract

Setelah berdiri selama kurang lebih 20 tahun lamanya, PT. Aplus Pacific terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya yaitu meningkatnya jumlahkaryawan baik dari sisi personalia karyawan PT Aplus Pacific maupun hasil kerjasama denganperusahaan lain yang bergerak dibidang outsourcing ( Alih Daya ).Hingga saat ini PT. AplusPacific telah memiliki karyawan lebih dari 500 karyawan yang tersebar di beberapa cabang.Sehingga membuat sebuah kompleksitas dalam pengelolaan personalia khususnya data terkaitkaryawan kontrak dari outsourcing. Berdasarkan fakta tersebut, maka peneliti melihat potensipermasalahan yang akan timbul, yaitu menurunnya pelayanan dari Departemen HRD terhadapkaryawan kontrak dari outsourcing seperti yang berkaitan dengan masa kontrak, informasipendapatan, surat izin serta informasi-informasi penting lainnya. Karena saat ini tim dariDepartemen HRD masih melayani karyawan kontrak dari outsourcing dengan metodepenginputan secara manual. Hal tersebut memiliki beberapa kekurangan yang dapatmenghambat proses penyelesaian masalah, seperti sulitnya mengingat waktu masa habis kontrakseorang karyawan, informasi gaji yang terlambat, dan pengurusan surat izin yang cukup sulit.Maka dari itu tujuan utama penelitian ini adalah merancang suatu sistem yang dapatmengakomodir banyaknya kebutuhan dan keluhan karyawan kontrak dari outsourcing di PT.Aplus Pacific dengan cepat dan terdokumentasi dalam history sebagai arsip dan acuan oleh timDepartemen HRD untuk menyelesaikan problem dengan lebih cepat. Dan dengan adanya sistemtersebut, Departemen HRD bisa melakukan pembenahan dan pengembangan gunameningkatkan kepuasan karyawan kontrak kerja outsourcing terhadap pelayanan DepartemenHRD. Dengan demikian untuk mewujudkan tujuan diatas penelitian ini berencana merancangsistem aplikasi berbasis Progressive Web Apps ( PWA ) dan menggunakan bahasapemrograman Javascript dengan framework Node.js dan menggunakan basis data MongoDB.
Rancangan Running Text Menggunakan TX-LU20 Pada UNIVERSITAS RAHARJA Rahayu, Nina; Rustiana, Deden; Hartono, Tomi
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1682

Abstract

Universitas Raharja mempunyai gedung yang luas, setiap kali orang bingung untukmencari resepsionis. running text ini membantu agar tamu yang datang mudah mengetahui carayang mudah untuk mencari informasi. running text adalah media digital untuk menampilkaninformasi kepada publik dengan bantuan LED (Light Emitting Dioda). informasi yangditampilkan harus selalu informasi yang paling baru, yaitu informasi yang ditampilkan secaralangsung. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat yang dapat mengganti informasi pada runningtext secara cepat dan praktis. Berdasarkan permasalah tersebut, dirancang sebuah sistem sebagaiinformasi pada resepsionis. Running text dibuat untuk menyampaikan informasi dalam bentuktext. metodologi penelitian yang digunakan yaitu “SDLC” running text menggunakan tx-lu20yang berfungsi sebagai kontrol pada sistem, dan tampilan display akan menggunakan panelLED P10. Program yang digunakan yaitu Power LED 2.85.5 untuk mengedit dan mengontrolrunning text, . LED matrix yang menyampaikan informasi dalam bentuk text berguna untukinformasi yang lebih terupdate sehingga informasi lebih efisien.
Rancang Bangun Sistem Koperasi Berbasis Web Pada PT. PAZ ACE INDONESIA Erliyani, Ita; Prastiwi, Novi Rifkhah; Hilaliyah, Nuril
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1681

Abstract

Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan saat ini dibantu dengan sistem yang telah terkomputerisasi, terutama dalam kegiatan penjualan, namun sistem yang terkomputerisasitersebut belum diterapkan pada koperasi pegawaiyang berjalan saat ini. Sistem penjualan dansimpan pinjam pada koperasi pegawai yang berjalan saat inimasih terbilang semi komputerisasi,karena saat melakukan penjualan masih menggunakan pencatatan pada buku besar, lalu nantinyadipindahkan kembali satu-persatu oleh pengurus yang berwenang kedalam Ms.Excel untukpenghitungan dan juga ketika ingin melakukan peminjaman,anggota tersebut harus mendatangibendahara koperasi secara langsung untuk bertransaksi. Cara ini terbilang kurang efektif karenadirasa merepotkan anggota maupun pengurus koperasi juga rentan terjadinya kesalahan akibathuman error. Perancangan sistem penjualan dan simpan pinjam padakoperasi pegawai berbasiswebsite ini diharapkan dapat mempermudah anggota maupun pengurus koperasi dalampengelolaan data dan kegiatan operasional koperasi pegawai nantinya, serta dapat menghasilkanlaporan koperasi pegawai yang lebih akurat untuk semua anggota maupun pengurus koperasiyang bersangkutan.
Rancang Bangun Sistem Monitoring Bahan Baku Untuk Mendukung Quality Control Dalam Menjaga Kualitas Cholisoh, Novi; Haryanto, Haryanto; Saputri, Deviani Eko
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1680

Abstract

Perusahaan farmasi di Indonesia yang bergerak dalam bidang manufaktur saat ini terusmengalami perkembangan, mereka mengolah bahan obat menjadi bahan obatan-obatan, sepetitablet, syirup, kapsul dan lain-lain. Pada saat ini sistem manajemen distribusi dan produksi obatmasih bersifat semi komputerisasi, karena masih menggunakan Ms. Excel, yang dapatmenyebabkan terjadinya penumpukan berkas-berka, selain itu dimungkinkan data-data tersebutakan hilang atau rusak, dan ketika dilakukan pencarian data-data, membutuhkan waktu yangcukup lama lama. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dibangun sebuah sistem untuk mengolahsistem manajemen distribusi dan produksi obat, untuk membantu perusahaan agar lebih mudahmengakses data-data obat sampai surat jalan secara terkomputerisasi, sehingga dapatmeningkatkan efektifitas dan efesien waktu, serta mendapatkan hasil kerja maksimal dankeakuratan data dalam input data pada bagian yang bersangkutan. Hal tentunya dapat dicapatdengan berbagai metode yang penuls gunakan, mulai dari penggunaan uml untuk memberikangambaran rancangan sistem, kemudian MySql sebagai aplikasi pengolah data pada database,sebagai bahasa pemrograman menggunakan php.
Model Sistem Informasi Perhitungan Gaji Karyawan Untuk Mendukung Transparansi Keuangan Perusahaan Martono, Aris; Sulistyawan, Reza; Sumitra, Eko
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1679

Abstract

Tugas akhir ini merupakan hasil dari penelitian sistem berjalan penggajian yang penulis lakukan pada perusahaan PT.IP Teknologi Komunikasi. Melihat perkembangan tersebut sayamempunyai gagasan untuk membuat aplikasi berbasis website untuk sistem informasipenggajian karyawan, dikarenakan belum tersedianya aplikasi tersebut sehingga penulis inginmempermudah perusahaan khususnya bagian accounting/finance dan mempermudahpendataan. Aplikasi berbasis web yang saya buat menggunakan beberapa aplikasi pembantuseperti php framework codeigniter sebagai bahasa pemrograman, mysql sebagai database, html,css, javascript, adobe photoshop dan notepad++ sebagai editor. Masalah yang dihadapi dalampembuatan website adalah mengintegrasikan bahasa php framework codeigniter, mysql, css,javascript, membuat link yang menghubungkan page satu dengan yang lainya dan menyimpanke database supaya data yang diinputkan bisa masuk ke database. Namun demikian sistem inidiharapkan dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan penghitungan gaji sertapendataan lainnya yang berkaitan dengan penggajian karyawan. Sehingga perusahaan nantinyatidak perlu pencatatan, perhitungan gaji dan penyimpanan data penggajian secara manual.Penulis juga mengharapkan semoga rancangan sistem informasi penggajian pada PT.IPTeknologi Komunikasi yang telah dibuat ini bermanfaat sebagaimana fungsinya, serta stabildalam prosesnya.
Perancangan Sistem Monitoring Pemeliharaan Kendaraan Berbasis Web Pada PT.SURYA MUSTIKA NUSANTARA Hanum, Gilang Kartika; Santoso, Imam Aji; Nurhasandi, Muhammad
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1678

Abstract

PT. Surya Mustika Nusantara merupakan salah satu industri tembakau yang ada di dalam negeri dan memproduksi beberapa jenis varian rokok bahkan merk rokok yang beredar dipasaran. Dalam proses pendistribusian, rokok akan di distribusikan oleh sales menggunakansepeda motor dan mobil box untuk diantarkan langsung kepada customer. PT. Surya MustikaNusantara melakukan pemeliharaan kendaraan operasional sales yang masih menggunakansistem manual dan masih kurang maksimal, sistem tersebut belum dapat melakukan monitoringkendaraan setiap harinya. Jika terjadi kendala atau kerusakan pada kendaraan operasional makasales akan mengisi sebuah formulir lalu formulir akan diberikan kepada kepala kendaraansetelah itu kepala kendaraan akan memproses formulir laporan kerusakan tersebut untukdilakukan pemeliharaan oleh mekanik dan jika sudah selesai hasil laporan akan diberikan kepadamanager. Hasil analisis dan dilakukannya observasi penulis pada PT. Surya Mustika Nusantaramenemukan permasalahan-permasalahan yang ada dalam sistem yang berjalan, maka penulismengusulkan untuk dirancangnya sistem pemeliharaan kendaraan operasional sales yang baruberbasis Web. Menggunakan metode analisis PIECES. Perancangan sistem menggunakanmetode analisis berorientasi objek dengan Unified Modeling Language (UML), Dengan adanyausulan pembaruan sistem pemeliharaan kendaraan operasional sales pada PT. Surya MustikaNusantara, proses pemeliharaan kendaraan operasional sales yang berjalan akan lebih efektif danefisien.
Pengembangan Model Knowledge Management Menggunakan Pendekatan PIECES Pada Dinas Kominfo Kota Tangerang Henderi, Henderi; Azizah, Nur; Afriyoga, Arie
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1673

Abstract

Proses manajemen di dalam Dinas Kominfo Kota Tangerang berperan penting dalam upayanya menjalankan tugas dan tanggung jawab yang berhubungan dengan teknologi informasidan komunikasi. Untuk menunjang proses manajemen di dalamnya, diperlukan sumber dayamanusia (SDM) yang memiliki manajemen pengetahuan dengan tanggung jawab atau tugas yangdijalankan oleh pegawai berdasarkan Standard Operation Procedure (SOP). Manajemenpengetahuan atau knowledge management merupakan hal penting yang diperlukan dalam sebuahorganisasi atau instansi yang terdiri dari kumpulan-kumpulan informasi dalam mengidentifikasi,menciptakan, dan pengalaman-pengalaman wawasan serta pengetahuan-pengetahuan yang ada.Di dalam Dinas Kominfo Kota Tangerang masih terdapat kendala dalam penerapan manajemenpengetahuan (knowledge management) dimana banyak terjadi kesalahan teknis ataupunkomunikasi yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modelknowledge management yang mendukung dalam melakukan manajemen dokumen, mengikutiforum diskusi, melakukan dokumentasi pengetahuan dan melakukan pencarian. Menggunakanmetode analisa PIECES. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem yang dapatmemberikan solusi agar setiap orang dapat bertukar informasi pengetahuan dalam bentuk sistempada Dinas Kominfo Kota Tangerang.
Model Aplikasi Sistem Perhitungan Koperasi Untuk Membantu Keuangan Dalam Menghitung Sisa Hasil Usaha Junaidi, Junaidi; Sunarya, Po Abas; Susilawati, Indra
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1672

Abstract

Perusahaan farmasi di Indonesia yang bergerak dalam bidang manufaktur saat ini terus mengalami perkembangan, mereka mengolah bahan obat menjadi bahan obatan-obatan, sepeti tablet,syirup, kapsul dan lain-lain. Pada saat ini sistem manajemen distribusi dan produksi obat masihbersifat semi komputerisasi, karena masih menggunakan Ms. Excel, yang dapat menyebabkanterjadinya penumpukan berkas-berka, selain itu dimungkinkan data-data tersebut akan hilang ataurusak, dan ketika dilakukan pencarian data-data, membutuhkan waktu yang cukup lama lama. Untukmengatasi hal tersebut perlu dibangun sebuah sistem untuk mengolah sistem manajemen distribusidan produksi obat, untuk membantu perusahaan agar lebih mudah mengakses data-data obat sampaisurat jalan secara terkomputerisasi, sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efesien waktu, sertamendapatkan hasil kerja maksimal dan keakuratan data dalam input data pada bagian yangbersangkutan. Hal tentunya dapat dicapat dengan berbagai metode yang penuls gunakan, mulai daripenggunaan uml untuk memberikan gambaran rancangan sistem, kemudian MySql sebagai aplikasipengolah data pada database, sebagai bahasa pemrograman menggunakan php.
Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada PT SUSANTI MEGAH Berbasis Web Maesaroh, Siti; Andriani, Dina; Agustiningrum, Aninda
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 2 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i2.1670

Abstract

Koperasi adalah substansi bisnis yang diklaim dan dikerjakan oleh individu atau asosiasi guna tercapainya suatu tujuan. Koperasi simpan pinjam pada PT. Susanti Megahadalah koperasi dengan beranggotakan karyawan dari perusahaan, dengan memprioritaskan dibidang usaha simpanan dan pinjaman, akan tetapi, koperasi simpanan dan pinjaman yangsedang berjalan pada PT. Susanti megah tidak dilengkapi dengan sistem yangterkomputerisasi. Data simpan pinjam dicatat sebanyak 2 kali yaitu dibuku besar dan dims.excel. Hal ini menyebabkan kerangkapan data dan kurang efisien. Berdasarkanpermasalahan yang terjadi, maka dilakukan analisa terhadap sistem informasi koperasisimpanan pinjaman pada PT. Susanti Megah. Penelitian ini menggunakan metode AnalisaPIECES. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi simpan pinjam berbasis web gunamempermudah proses penginputan transaksi simpanan, pinjaman dan angsuran pada koperasiPT. Susanti Megah.
Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Tren Penjualan Pada PT. Doremi Music Indonesia Roza, Yuni; Mubarok, Abduh Maulana; Santoso, Tri Rama Halim
Journal Sensi: Strategic of Education in Information System Vol 7 No 1 (2021): Journal Sensi
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/sensi.v7i1.1440

Abstract

PT. Doremi Music Indonesia di Kota Tangerang adalah merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak pada jual beli perlengkapan alat musik dan aksesoris yang berkaitan.Dikarenakan pemanfaatan informasi data tren yang ada belum maksimal pada prosespengelolaan dan pemanfaatannya dimana yang bertujuan untuk meningkatkan performa valueperusahaan pada departemen Sales &Marketing khususnya Wholesale , oleh sebab itu dilakukan perancangan sistem pengelolaan output data tren serta menunjang keputusan dalam pemetaanarea distribusi produk agar lebih maksimal. Penelitian ini menggunakan metode denganmelakukan wawancara dan observasi serta menggunakan metode analisa sistem Critical SuccessFactor (CSF.). Dengan adanya sistem aplikasi penunjang keputusan dalam pengelolaan data trendiharapkan dapat mempermudah pelaksanaan pemetaan dan penentuan langkah prioritas dalamproses penjualan hasil produk dan meningkatkan value perusahaan.

Page 1 of 13 | Total Record : 130