cover
Contact Name
Agri Suwandi
Contact Email
asiimetrik@univpancasila.ac.id
Phone
+628129683716
Journal Mail Official
asiimetrik@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Pancasila Jalan Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Jakarta Selatan - 12640
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 26551861     EISSN : 27162923     DOI : https://doi.org/10.35814
Jurnal ini mempublikasikan artikel ilmiah berbasis penelitian, studi kasus, articles review, rekayasa dan inovasi yang mencakup teoritis maupun praktis serta pengembangannya. Topik artikel ilmiah yang dimuat ASIIMETRIK mencakup bidang Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.
Articles 36 Documents
ANALISIS PERHITUNGAN PERANCANGAN MESIN PENGERING BIJI KAKAO Rovida C. Hartantrie; Saiful Bachri; Eka Maulana; Eddy Djatmiko; Suwandi, A.
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.286 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.212

Abstract

Biji kakao merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat coklat. Sebelum diolah, biji kakao harus mengalami proses fermentasi dan pengeringan terlebih dahulu. Kendala yang dihadapi oleh petani biji kakao di Indonesia adalah harga mesin pengering biji kakao yang mahal dan perawatan yang tidak mudah. Untuk itu, perlu adanya alat pengering biji kakao yang disesuaikan dengan kebutuhan petani di Indonesia. Metode yang digunakan dalam desain alat pengering biji kakao adalah Quality Function Deployment (QFD). Tahap pertama yang dilakukan adalah melakukan interview kepada petani dan pemilik perkebunan biji kakao, kemudian mengumpulkan data sebagai dasar membuat beberapa varian desain alat pengering biji kakao. Mesin pengering biji kakao paling sesuai ditentukan dengan membuat rating pada setiap variasi mesin. Setelah didapatkan dilakukan perhitungan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Dari hasil perhitungan didapatkan mesin pengering biji kakao dengan panjang x lebar x tinggi sebesar 1100 mm x 750 mm x 1350 mm. Poros bahan S45 C-D, pasak S 55 C, V-belt tipe A dan diameter puli 95 mm.
PERANCANGAN APLIKASI KONSULTASI ONLINE UNTUK GANGGUAN JIWA BERBASIS WEB Eka Sari Octaviani; Yunita Sari; Erwin Suhandono
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1540.53 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.213

Abstract

Sebagian besar orang yang mengunjungi psikiater merasa canggung bahkan malu karena kuatnya stigma negatif dari masyarakat terhadap orang-orang yang berobat ke dokter jiwa. Masyarakat cendrung masih mempercayai gangguan jiwa adalah penyebab kurangnya iman atau masuknya roh halus ke dalam tubuh manusia yang lemah. Tulisan ini menjelaskan tentang perancangan aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam memahami serta mampu mengatasi kesehatan jiwasecara daring yang begitu informatif bersama psikolog maupun psikiater terpercaya. Dengan metode pengumpulan data dan analisa kebutuhan menghasilkan Aplikasi Konsultasi Online untuk Gangguan Jiwa berbasis web. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan menggunakan metode black box aplikasi ini mempermudah penguna dalam menggunakan aplikasi serta memudahkan mencari informasi tentang kesehatan jiwa.
RANCANG BANGUN MESIN GERINDA COPY CAMSHAFT Nely Toding Bunga; Hendri Sukma; Hasan Hariri; Richard; Y. A. Sihombing
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1617.175 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.214

Abstract

Mesin gerinda copy camshaft adalah mesin untuk menduplikat atau memperbanyak camshaft. Tujuan dari rancang bangun ini adalah agar pengerjaan pembuatan camshaft menjadi lebih mudah karena mesin melakukan copy master secara otomatis sesuai dengan master tersebut. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Ulrich & Eppinger serta metode DFMA sebagai metode manufakturnya. Proses racang bangun mesin gerinda copy camshaft ini meliputi:pembuatan konsep desain, identifikasi bahan, identifikasi mesin dan peralatan yang digunakan, serta identifikasi gambar kerja. Hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan mesin gerinda copy camshaft ini adalah kerapatan sambungan pada rangka atas dan kaki rangka sehingga tidak terjadi getaran pada saat mesin beroperasi. Mesin ini memiliki dimensi panjang 1000 mm, lebar 600 mm, tinggi 500 mm. Pengujian kinerja mesin yang dilakukan dengan cara pengujian secaralangsung membuat camshaft. Hasil pengujian waktu yang dibutukan untuk membuat satu buah camshaft adalah 10 menit, dengan kecepatan putaran 2800 RPM.
ANALISIS KOMPARASI KUALITAS PRODUK KAMPAS REM CAKRAM ANTARA ORIGINAL DENGAN AFTER MARKET Nafsan Upara; Taufik Bayu Laksono
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.844 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.219

Abstract

Penelitian ini membahas analisis perbandingan kualitas produk kampas rem jenis cakram (disc brake) antara original dengan aftermarket . Analisis dilakukan pada hasil uji tribologi (uji friksi dan keausan), uji kekerasan, komposisi kimia dan struktur mikro untuk mengetahui ketahanan gesekan dan aus serta bahan yang digunakan. Dari hasil uji diperoleh perbandingan kualitas kampas rem original dan aftermarket yang lebih baik adalah original dimana nilai koefisienfriksi 0,14 dibanding 0,11, sedangkan keausan (kondisi normal) 1.35 x 10-7 g/mm2.detik dan 1.22 x 10-6 g/mm2.detik. Dari uji kekerasan diperoleh kampas rem original kekerasan rata-rata 65.567 HVN dan untuk aftermarket adalah 13.983 HVN, untuk hasil uji komposisi kimia dan struktur mikro menunjukan bahwa material kampas rem original menggunakan serat penguat berbahan karbon (C), tembaga (Cu), Besi (Fe) dan Alumunium (Al). Sedangkan bahan serat penguat yangterdapat pada kampas rem aftermarket adalah asbes, karbon (C), alumunium (Al) dan besi (Fe).
ANALISIS PENGURANGAN WASTE PADA PROSES PERAWATAN KERETA Ardiansyah Odi; Akhmad Nidhomuz Zaman; Siti Rohana Nasution; Sambas Sundana
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1264.78 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.220

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang identifikasi waste pada perawatan kereta bagian bogie dan memberikan rekomendasi perbaikan yang bertujuan untuk mengurangi waste yang terjadi. Dengan menggunakan pendekatan lean concept yang lebih dominan ke arah lean service, penelitian ini dimulai dengan menggambarkan big picture mapping dan pembobotan nilai waste berdasarkan kuesioner menggunakan VALSAT. Waste juga diidentifikasi menggunakan fault tree analysis yang selanjutnya dilakukan perhitungan nilai kritis waste menggunakan FMEA kemudian dilakukan rekomendasi perbaikan menggunakan pendekatan 5W+1H. Hasil perhitungan berdasarkan data yang dikumpulkan, didapatkan bahwa total lead time pengerjaan perawatan kereta yang sebelumnya sebesar 995 menit menjadi 873 menit. Dengan presentase dari value added activity sebesar 93% dan non ? necessary value adding sebesar 7%. Dan berdasarkan analisa FMEA didapatkan bahwa waste kritis yang diperlukan perbaikan adalah waste unnecessary motion dengan skor RPN sebesar 140.
ANALISIS TATA LETAK GUDANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEDICATE STORAGE Olivia Audrey; Wayan Sukania; Siti Rohana Nasution
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.484 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.221

Abstract

Pengelolaan gudang yang baik akan mempengaruhi didalam memperlancar proses produksi. Dengan meningkatnya Kapasitas produksi mencapai 93.624 kaleng atau setara dengan 3.901 kardus dan terdiri dari 20 jenis produk. Hal ini yangmenyebabkan perlunya dilakukan pengaturan tata letak gudang guna mengatur posisi penyimpanan dan penyusunan barang jadi. Barang jadi hasil produksi akan ditempatkan dan disusun secara acak bergantung pada posisi gudang yang kosong.  Hal ini mengakibatkan waktu angkut menjadi lebih lama karena adanya proses pencarian. Oleh karena itu diperlukan adanya perbaikan tata letak gudang barang jadi dengan metode dedicated storage. Metode dedicated storage merupakan metode penyusunan tata letak dimana penyimpanan produk disusun berdasarkan banyaknya aktivitas keluar masuk dengan jarak tempuh terpendek terhadap I/O point (throughput). Dengan penggunaan metode ini, maka barang jadi yang akan disimpan akan menempati lokasi yang tetap sehingga memudahkan operator dalam menyimpan dan mengambil produk sehingga aliran produk menjadi lancar. Dari hasil perancangan tata letak didapatkan 3 alternatif dengan jenis aliran barang yang berbeda. Tata letak dengan arus lurus, arus ?U? dan arus ?L? memiliki total jarak tempuh 177.714 m, 178.147,71m, dan 178.455,8 m. Alternatif tata letak yang dipilih adalah arus lurus karena memiliki jarak tempuh terpendek dan jenis tata letak ini memiliki proses penyimpanan dan pengambilan barang relatif lebih cepat.
PERANCANGAN MESIN PENGGILING JAGUNG TONGKOLAN Tri Mulyanto; Supriyono
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.869 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.222

Abstract

Salah satu jenis pangan strategis di Indonesia, jagung mempunyai nilai ekonomis karena merupakan sumber karbohidrat. Sebagai bahan pangan pengganti beras, butir jagung terlebih dahulu digiling menjadi butiran lebih kecil. Prosesnya dengan cara jagung tongkolan dipipil terlebih dahulu kemudian digiling secara manual ataupun dengan mesin pemipil lalu digiling dengan mesin giling secara terpisah. Tujuan dari perancangan mesin ini untuk menghasilkan mesin pemipildan penggiling terpadu dengan masukan jagung tongkolan dan keluaran butiran jagung dengan ukuran tertentu. Mesin dioperasikan menggunakan tenaga motor listrik yang dikonversikan ke gerakan untuk mempipil dan menggiling jagung tongkolan kering dan menghasilkan jagung giling 70 kg/jam. Daya motor penggerak: 1 HP dengan putaran: 1450 rpm. Dari hasil perancangan didapat mesin yang berfungsi menjadikan jagung tongkolan menjadi butiran beras jagungyang ukurannya dapat diatur.
PEMERIKSAAN SAMBUNGAN LAS ALUMINIUM PADA STRUKTUR KERETA API RINGAN DENGAN METODE NON-DESTRUCTIVE TEST Hary Soebagyo; Gilang Cempaka Kusuma; Hernadi
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 1 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.462 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i1.223

Abstract

Kereta Api Ringan (LRT/ Light Rapid Transit) merupakan salah satu angkutan massal yang efektif dalam mengatasi masalah transportasi di perkotaan. Kendaraan jenis ini akan digunakan secara luas untuk transportasi perkotaan nasional baik di Jawa maupun luar Jawa. Dalam rancang bangun struktur badan Kereta Api Ringan dari bahan aluminum banyak digunakan sambungan-sambungan las. Kualitas lasan dan kekuatan mekanik sambungan aluminium tersebut menjadi masalah ketika diminta jaminan kepastian keandalannya, karena untuk rancang bangun ini harus memperhatikan aspek ?Reliability, Availability, Maintainability and Safety? (RAMS). Oleh karena itulah guna verifikasi kualitas hasil pengelasan perlu dilakukan penelitian melalui serangkaian pemeriksaan pada daerah sambungan lasan yang beresiko mengalami kerusakan/ patah. Dalam penelitian ini dpilih metode uji tak merusak (Non-Destructive Test) guna pemeriksaan benda uji sambungan las aluminium yang akan digunakan pada struktur Kereta Api Ringan. Hasil pemeriksaan visual terlihat ada ketidaksesuaian pengelasan pada bagian root pass (tidak sesuai dengan tabel standar acuan). Sementara itu, hasilpemeriksaan radiography juga telah semakin memperjelas indikasi ketidaksesuaian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui adanya ketidaksempurnaan dari proses pengelasan yang dilakukan. Dengan demikian, penggunaan metode uji tak merusak dapat membantu koreksi secara tepat dan akurat terhadap ketidaksempurnaan hasil proses pengelasan dari sambungan las aluminium struktur kereta api ringan.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS PENANGGULANGAN KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JAKARTA UTARA Erwin Suhandono; Yunita Sari; Yogi Hamdan Putra
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 2 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1256.532 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i2.815

Abstract

Pada Dinas penanggulangan kebakaran dan penyelamatan kota administari Jakarta utara dalam pengarsipan surat masuk dan surat keluar masih manual dengan dicatat ke dalam buku agenda yang mengakibatkan sulitnya dalam pencarian berkas surat. Hal ini bertujuan untuk membuat system pengarsiapan surat masuk dan surat keluar untuk memudahkan dalam pengarsipan surat dan pencarian surat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara, sedangkan untuk pengembangan aplikasi metode yang dipakai menggunakan metode MDLC (Mobile Development Life Cycle). Perangkat lunak yang digunakan adalah windows 10,sublime text 3, xampp control panel v3.2.2, viso 2016. Hasil dari aplikasi yang dibangun berdasarkan pengujian alpha adalah secara fungsionalitas mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan dan berdasarkan pengujian betha menurut responden, aplikasi sesuai kebutuhan dan berjalan dengan baik.
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA KURSI SANDAR DI PERON STASIUN Nurjannah; Eko Putri Hadi Winarsih
Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Asiimetrik Vol 1 No 2 2019
Publisher : Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.266 KB) | DOI: 10.35814/asiimetrik.v1i2.816

Abstract

Kursi sandar merupakan kursi tunggu yang disiapkan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (PT. KCI) disetiap peron stasiun. Pergantian bentuk kursi sandar dinilai tidak memberikan rasa nyaman bagi para penumpang, oleh karena perlu diidentifikasi kebutuhan kursi sandar penumpangdengan menggunakan metode QualityFunction Deployment(QFD). Metode QFD merupakan suatu metode yang terstruktur didalam pengembangan produk yang memungkinkan tim pengembangan produk untuk menetapkan dengan jelas semua keinginan dan kebutuhan konsumen. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner dan wawancara kepada pengguna commuter linekhususnya yang menggunakan stasiun Manggarai dan stasiun Jatinegara. Pengambilan data melibatkan 100 orang pengguna commuter lineyang diambil secara acak (random sampling). Berdasarkan metode QFD didapatkan kebutuhan pelanggan prioritas dari kursi sandar yaitu nyaman saat digunakan, aman untuk digunakan, tidak mudah rusak, dan mampu menahan beban. Karakteristik teknis prioritas yaitu ukuran tinggi dudukan dan jenis material yang digunakan pada kursi sandar. Perbaikan kursi sandar antara lain mengganti ukuran tinggi kursi, ukuran tinggi dudukan kursi, tinggi sandaran kursi, dan banyaknya jumlah kursi di peron stasiun.

Page 1 of 4 | Total Record : 36