cover
Contact Name
Hartatik
Contact Email
joism@amikom.ac.id
Phone
+6282328126656
Journal Mail Official
joism@amikom.ac.id
Editorial Address
Universitas AMIKOM Yogyakarta, Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta. Telp. (0274) 884 201 / 082328126656
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT (JOISM)
ISSN : -     EISSN : 27153088     DOI : -
Core Subject : Science,
JOISM: Journal Of Information System Management is a peer-reviewed journal published in June and December by Departement of Information Management, Universitas Amikom Yogyakarta.The JOISM have scope or research area but not limited to : Achieving Strategic IT Alignment and Capabilities, IT Governance, CIO and IT Leadership, IT Sourcing, Planning and Managing an Enterprise Infrastructure, IT Security, Selecting and Delivering Application Solutions, Portofolio Management, Managing Complex IT Projects, E-Business / E-Commerce, Supporting Knowledge Network, Animation, AR / VR Application, Game, and Interactive Media
Articles 30 Documents
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI: Studi Kasus: SMK Ma'arif 1 Kroya Subarkah, Meiftahudin Triyas; Krisbiantoro, Dwi; Jahir, Abdul
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.219

Abstract

SMK Ma’arif 1 Kroya adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di Kecamatan Kroya yang sudah terakreditasi A. Dalam pelaksanaan kegiatan prakerin pada SMK Ma’arif 1 Kroya mulai dari pengajuan, pencatatan jurnal harian siswa, bimbingan, dan penilaian masih dikelola dengan cara manual dan belum terkomputerisasi. Dengan adanya pengelolaan yang seperti ini, kegiatan prakerin akan lebih beresiko mengalami kesalahan. Hal tersebut juga ditambah dengan meningkatnya data setiap waktu, sehingga proses pencarian data dan pengelolaan akan sulit dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem informasi yang memiliki basis data sehingga dapat memperlancar kegiatan prakerin. Dalam penelitian ini, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dan metode perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan perangkat lunak Sistem Manajemen Basis Data MySql. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pengelolaan prakerin dengan 3 pengguna yaitu administrator, siswa sebagai peserta prakerin, dan guru pembimbing.
SISTEM INFORMASI SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH BERBASIS WEBSITE: Studi Kasus : SMK Bakti Purwokerto Hesti, Ari Priono; Krisbiantoro, Dwi; Kusuma, Bagus Adhi
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.211

Abstract

SMK Bakti Purwokerto merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Banyumas yang berdiri sejak 1 Januari 1968 dengan beralamat di Jl. Dr. Soeparno No. 13 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, 53111. Di sekolah tersebut pengelolaan barang sarana dan prasarana saat ini masih menggunakan cara manual yaitu dengan pencatatan di buku. Pengelolaan barang dengan cara seperti ini menyebabkan kurang maksimalnya dalam pengelolaan Sarana dan Prasarana yang ada. Beberapa masalah lainnya yaitu sulitnya bagian staf Wakil Kepala Sarana dan Prasarana dalam proses pencarian informasi barang, karena tidak lengkap dan detailnya data pada proses pembukuan. Oleh karena itu, barang pada Sarana dan Prasarana yang telah berpindah tempat atau dipinjam sangat sulit untuk diketahui keberadaannya. Sistem informasi berbasis website menggunakan metode kualitatif. Metode ini bersifat sistem dengan metode prototype sebagai pengembangan sistemnya. Hasil dari penelitian ini yaitu membuat suatu sistem informasi sarana dan prasarana sekolah berbasis website pada SMK Bakti Purwokerto dengan tujuan dapat membantu staf Wakil Kepala Sarana dan Prasarana mulai dari proses pencarian barang menggunakan scan QR Code, perekapan laporan hingga mengelompokkan data sarana prasarana. Kesimpulan dari pengujian Acceptance Testing atau istilah dari Beta Testing dihasilkan 88,65% yaitu masuk ke dalam kategori sangat baik terhadap sistem yang di usulkan.
PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN KENAKALAN SISWA Harliana, Harliana
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.200

Abstract

Kenakalan remaja merupakan suatu keadaan dimana adanya perubahan emosional pada diri seorang dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Jenis-jenis kenakalan remaja pada SMK Bina Insani dapat dikategorikan menjadi kenakalan umum dan kenakalan khusus. Dari berbagai macam kenakalan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membantu Guru BK dalam melakukan pengelompokkan kenakalan siswa melalui pendekatan k-means berdasarkan jumlah pelanggaran yang dilakukannya. Berdasarkan hasil pengujian pada 23 dataset maka didapatkan cluster ke-1 adalah cluster dimana siswa memiliki kenakalan umum paling banyak. Sedangkan cluster ke-3 adalah cluster yang memiliki kenakalan umum ataupun khusus paling sedikit bila dibandingkan dengan cluster lainnya.
PENGARUH USER PROFILING PADA REKOMENDASI SISTEM MENGGUNAKAN K MEANS DAN KNN Hartatik, Hartatik; Rosyid, Rosyid
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.199

Abstract

Sparsity adalah satu masalah yang sering terjadi pada teknik collaborative clustering dimana user sedikit sekali memiliki informasi (pada penelitian ini rating) yang menyebabkan sistem seringkali tidak akurat ketika memberikan rekomendasi. Banyak metode yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah sparsity data, salah satunya adalah metode KNN. Namun metode KNN memiliki kelemahan yaitu scalability. Scalability terjadi ketika ketika data yang harus dicari kesamaannya semakin besar. Salah satu solusi yang mungkin diimplementasikan adalah dengan mencari profil dari user dan mengelompokkannya menjadi satu kelompok. Eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini untuk mengatasi masalah sparsity dan scalability adalah dengan menggabungkan algoritma silhouette, k-means, K-Nearest Neighbour. Dataset yang dipakai di penelitian ini, berjumlah 700 rating yang di crawling melalui web traveloka. Data rating antara user dan item akan disimpan dalam database, untuk selanjutnya dirubah menjadi bentuk array user-item. Hasil pengujian dengan 5 data uji didapatkan nilai rata-rata RMSE 1,33% dengan rata-rata akurasi = 100% - 1,33% = 98,67%.
METODE CERTAINTY FACTOR DALAM PENERAPAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ANAK Maulina, Dina
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.171

Abstract

Perancangan dan pembuatan sistem pakar untuk diagnosa penyakit anak menggunakan metode ketidakpastian yaitu Certainty Factor (CF). Tahapan perancangan sistem ini dimulai dengan mengakuisisi pengetahuan dari dokter ahli anak kemudian membangun basis pengetahuan dan memberikan nilai CF pada setiap gejala yang terkait dengan suatu penyakit anak dengan nilai range 0 dan 1. Dengan memilih gejala-gejala penyakit yang dilihat dan dirasakan maka sistem dapat mendiagnosa penyakit anak dan menampilkan penyakit yang memiliki gejala yang sama dengan diurutkan secara descending, dimana nilai terbesarlah yang merupakan hasil keputusannya. Pembuatan sistem pakar berbasis web ini dibangun menggunakan Framework Codeigniter. Dari hasil pengujian sistem didapatkan tingkat keakuratan penggunaan rumus CF dalalam implementasi mendiagnosa penyakit RFA (Rhinofaringtis Akut) adalah 95%, penyakit GEA(Gastro Enteritis Akut) adalah 70%, penyakit ISK (Innfeksi Saluran Kemih) adalah 70%, penyakit Faringtis adalah 68%, penyakit DM (Diabetes Melitus) adalah 50%. Berdasarkan perhitungan manual program yang diimplementasikan dengan sistem, metode Certainty Factor ini dapat memberikan hasil akurat yang didapatkan dari perhitungan berdasarkan bobot gejala yang dipilih pengguna dan mampu memberikan jawaban pada permasalahan yang tidak pasti kebenarannya seperti masalah diagnosa suatu penyakit.
APLIKASI POSITORY MULTI OUTLET MENGGUNAKAN WEB SERVICE PADA JAYA ELEKTRONIK DI PURWOKERTO Azis, Abdul; Riyanto, Riyanto
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.170

Abstract

Jaya Elektronik merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang barang elektronik dan ponsel . Jaya Elektronik memiliki dua cabang dan satu toko pusat, masing-masing - masing-masing toko dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian penjualan dan bagian gudang, sistem transaksi yang telah berjalan di toko Jaya Elektronik masih konvensional dan belum terkomputerisasi. Dari sistem yang telah berjalan selama ini, pemilik toko Jaya Elektronik terkait dengan transaksi yang terjadi di toko dan gudang Jaya Elektronik. Aplikasi Pository Multi Outlet menggunakan layanan webpada toko Jaya Elektronik merupakan aplikasi yang dirancang dan dibangun untuk mengatur data barang, data pemasok, data karyawan, proses transaksi penjualan, dan pembuatan laporan. Aplikasi ini dibangun menggunakan Metode pengembangan SDLC Waterfall. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Pository Multi Outlet untuk membantu pemilik toko dan karyawan dalam melakukan transaksi penjualan, mengelola data barang di gudang dan mengendalikan semua transaksi yang dilakukan di tiga toko Jaya Elektronik. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Pository Multi Outlet yang terintegrasi dengan tiga toko untuk diselesaikan terkait proses pelaporan yang terjadi di masing-masing toko dan gudang Jaya Elektronik.
IMPLEMENTASI MULTI ENKRIPSI ROT 13 PADA SYMBOL WHATSAPP Aresta, Redho Maland; Pratomo, Ero Wahyu; Geraldino, Vicky; Santoso, Joko Dwi; Mulyatun, Sri
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 2 No. 1 (2020): Juni
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v2i1.158

Abstract

Kemajuan teknologi membuat berbagai layanan komunikasi tumbuh dengan pesat. Dengan ini memungkinkan ribuan orang melakukan komunikasi melalui jaringan komputer secara global. Di sisi lain terdapat ancaman dalam keamanan data dan informasi. Sistem keamanan data diperlukan untuk melindungi data dan informasi melalui jaringan komunikasi. Untuk menjamin keamanan pesan, data dan infotmasi dalam pertukaran data adalah kriptografi. Kriptografi menggunakan algoritma pengkodean yang mendukung kebutuhan keamanan informasi, yaitu kerahasiaan dan keaslian. Dalam aplikasi kriptografi ini menggunakan metode ROT13, yang merupakan algoritma kritografi klasik yang sudah terpecahkan. Maka dari itu dengan aplikasi kroptografi dengan metode baru, yaitu multi enkripsi ROT13. Multi enkripsi pada ROT13 adalah penggabungan teknik ROT13 dengan kode ASCII yang akan merubah sebuah pesan menjadi symbol. Ini merupakan algoritma kriptografi klasik baru sehingga akan sulit dipecahkan karena menggunakan metode multi enkripsi.Keywords—component, formatting, style, styling, insert.
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI SARANA EDUKASI PERKENALAN ALAT MUSIK DENGAN METODE SINGLE MARKER Mulyadi, Tri; H, Muhammad Rizal; Amiruddin, Amran
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 1 No. 2 (2020): Januari
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v1i2.26

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang berkembang saat ini dan sangat diminati sehingga menawarkan peluang baru sebagai media edukasi pengenalan alat musi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi AR sebagai sarana edukasi perkenalan berbagai macam alat musik dengan metode single marker.Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode singe marker. Augmeneted reality dirancang untuk pengenalan alat musik tradisional indonesia, dirancang menggunakan unity, database dengan vuforia dan pembuatan objek 3d meniggunakan skhectup kemudian di paketkan dengan unity. Aplikasi augmented reality di implementasikan pada smartphone android dengan cara menginstal file Alat musik.apk yang di build dengan unity. Dari hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa setiap ukuran marker mempengaruhi batas jarak minimum dan maksimum kamera untuk melakukan tracking pemanggilan objek.
PEMBUATAN PROTOTYPE APLIKASI GAME EDUKASI SISTEM TATA SURYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Santi, Herni Fajar; Astuti, Ika Asti
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 1 No. 2 (2020): Januari
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v1i2.25

Abstract

Pembelajaran tata surya yang dilakukan masih banyak yang menggunakan media seperti buku dan alat peraga. Media yang digunakan seperti buku dan alat peraga yang ada di sekolah biasanya perlu terus diperbaharui. Game merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran. Model pembelajaran menggunakan game terbukti dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif, efektif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, dan keaktifan siswa dalam mengembangkan potensi yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu agar siswa memahami tentang sistem tata surya menggunakan prototype game yang dibuat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Metode Waterfall yang terdiri dari empat tahapan yaitu, Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi, dan Pengujian. Dengan Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya ini dapat membantu siswa belajar mandiri. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa prototype game yang dibuat sudah mudah digunakan oleh siswa.
KLASIFIKASI VARIETAS KOPI BERDASARKAN GREEN BEAN COFFEE MENGGUNAKAN METODE MACHINE LEARNING Nugroho, M. Agung; Sebatubun, Maria Mediatrix
Journal of Information System Management (JOISM) Vol. 1 No. 2 (2020): Januari
Publisher : Universitas Amikom Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24076/JOISM.2020v1i2.24

Abstract

Kopi memiliki jenis yang terdiri dari kopi robusta dan kopi arabika. Kopi arabika memiliki beragam varietas berdasarkan daerah asal atau dikenal dengan nama single origin. Petani dan coffee expert membedakan varietas kopi arabika melalui bentuk dan karakter dari green bean atau kopi mentah. Perbedaan ciri ini meliputi perbedaan warna, bentuk, atau tekstur. Setiap varietas kopi memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari jenis varietasnya. Walaupun demikian, tidak semua petani, dan pemilik coffee shop mampu mengenali varietas kopi dengan hanya melihat green bean. Sehingga, bisa terjadi kesalahan dalam mengenali varietas kopi jika pemilik coffee shop tidak mengetahui pengetahuan tentang kopi. Hal ini bisa disolusikan dengan pemodelan yang dapat mengidentifikasi varietas kopi arabika agar dapat digunakan sebagai second opinion untuk mengindentifikasi varietas kopi arabika. Salah satu metode yang digunakan adalah metode pencitraan. Penelitian ini dimulai pada tahap pra-proses yaitu cropping citra, tahapan selanjutnya adalah melakukan proses klasifikasi menggunakan metode Machine Learning. Metode ini dapat melakukan ekstraksi fitur secara otomatis sehingga tahap pengenalan varietas kopi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan diharapkan mampu memberikan tingkat akurasi yang tinggi.

Page 1 of 3 | Total Record : 30