cover
Contact Name
Liliana Dewi
Contact Email
erforma@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
performa@ciputra.ac.id
Editorial Address
CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Performa
ISSN : -     EISSN : 25274635     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan entrepreneurship
Articles 270 Documents
DAMPAK BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK CRISPY RICE CRACKERS Widyaningrum, Nilam Ayu
PERFORMA Vol 1 No 6 (2017)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada produk Crispy Rice Crackers karena terlihat adanya masalah pada penjualan maka variabel bebas dalam penelitian ini adalah produk, harga, promosi dan lokasi, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode simple random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 77 orang merupakan konsumen dari produk Crispy Rice Crackers. Kuisioner dikembangkan dari penelitian terdahulu yang membahas permasalahan yang serupa dengan tujuan menjamin validitas dan reliabilitas. Hipotesis akan diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi dan lokasi berpengaruh secara signifikan sedangkan harga dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Perusahaan Arvan Sejahtera Abadi akan melakukan perbaikan iklan untuk dibuat sekreatif mungkin untuk menarik perhatian calon konsumen dan perusahaan Arvan Sejahtera Abadi akan memperluas tempat konsinyasi dan menambah reseller agar produk Crispy Rice Crackers menjadi lebih mudah didapat oleh konsumen.
PENGARUH DESAIN VISUAL KEMASAN, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK SERUNDENG MR. GORA SECARA ONLINE Handoko, Kelvin Ferdianto
PERFORMA Vol 2 No 5 (2017)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain visual kemasan, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli produk serundeng Mr. Gora secara online . Hasil survey awal yang telah didapatkan mengatakan bahwa kenyamanan dalam penggunaan, kualitas pelayanan, kualitas informasi menjadi prioritas pembelian secara online . Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian serundeng Mr.Gora di wilayah Surabaya Barat yang berjumlah 56 Orang, dan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, sehingga keseluruhan jumlah populasi digunakan sebagai sampel. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah desain visual kemasan (X1), Kualitas Informasi (X2), Kualitas Pelayanan (X3), dan Minat Beli (Y). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan SPSS. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel desain visual kemasan (X1), Kualitas Informasi (X2), Kualitas Pelayanan (X3), dan Minat Beli (Y)
EVALUASI VALUE PROPOSITION DITINJAU DARI CUSTOMER PROFILING, VALUE MAPPING DAN FIT PADA PERUSAHAAN CAHAYA PUTRA BERJAYA Gunawan, Elfrad Brian; Pranatasari, Fransisca Desiana
PERFORMA Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Industri otomotif memiliki perkembangan yang pesat dan memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian di Indonesia. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Cahaya Putra Berjaya untuk membangun perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dan mengeluarkan produk sabun cuci mobil tanpa air (Glaive Waterless Car Wash). Glaive Waterless Car Wash sendiri memiliki value proposition yang dapat bermanfaat bagi konsumen, yaitu kepraktisan dalam mencuci mobil karena dapat mencuci mobil dimana saja dan kapan saja, selain itu tidak harus repot menggunakan air dan memiliki harga yang terjangkau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi value proposition pada produk Glaive Waterless Car Wash, hasil dari evaluasi ini akan digunakan perusahaan Cahaya Putra Berjaya untuk dapat memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kekuatan yang telah ada. Cara melakukan evaluasi pada penelitian ini menggunakan metode dari Alexander Osterwalder yaitu customer profiling, value mapping dan fit. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung kepada enam narasumber secara semi-terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan Cahaya Putra Berjaya selama ini hanya sebatas problem-solution fit saja, dimana hanya bisa menjawab kebutuhan konsumen saja. Perusahaan Cahaya Putra Berjaya mendapatkan banyak masukan dan kritik dari beberapa sumber informan dan perusahaan sejenis yang dapat digunakan untuk bisa mengembangkan perusahaan Cahaya Putra Berjaya menjadi lebih baik lagi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEALANTWAX Boediono, Meilina; Christian, Sonata; Immanuel, Dewi Mustikasari
PERFORMA Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sealantwax ialah sebuah nama perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi cairan otomotif dengan merek Sealantwax, yaitu perpaduan antara Sealant dan Wax. Sealantwax dalam bisnisnya menghadapi permasalahan terkait penurunan omset dan banyaknya keluhan yang terjadi selama bulan Februari 2017 sehingga menyebabkan terjadinya penurunan keputusan pembelian pada Sealantwax. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen Sealantwax. Penelitian ini menggunakan endekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner dan menggunakan alternative jawaban dengan skala likert, sedangkan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Sealantwax yang pernah melakukan pembelian produk Sealantwax. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 93 responden. Terdapat 3 variabel penelitian, yaitu: kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2), dan keputusan pembelian (Y). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, FAKTOR SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIRUKU SODA Septhiany, Sylvia
PERFORMA Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas produk (X1), faktor sosial (X2) dan harga (X3) terhadap keputusan pembelian Miruku Soda (Y). Pada penelitian ini, ukuran sampel diambil dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 94 orang yang berasal dari konsumen Miruku Soda. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1), faktor sosial (X2) dan harga (X3) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Miruku Soda. Variabel kualitas produk (X1), faktor sosial (X2) dan harga (X3) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Miruku Soda.
PENGEMBANGAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. GM INTERIOR Agnes, Irine; Liliani, Liliani
PERFORMA Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bauran promosi yang bisa diterapkan oleh PT. Gm Interior untuk meningkatkan penjualan. Ada delapan model komunikasi utama bauran promosi yang dapat digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan perusahaan, sedangkan perusahaan selama ini baru menggunakan dua dari delapan jenis model komunikasi yang ada, sehingga dapat dipastikan perusahaan memerlukan pengembangan strategi promosi melalui pengembangan delapan model komunikasi utama pada bauran promosi. Kedelapan model komunikasi yang ada belum tentu bisa diaplikasikan kepada perusahaan secara langsung, karena belum tentu kedelapan model komunikasi yang ada cocok dengan jenis perusahaan, keadaan perusahaan, maupun karakter konsumen dan calon konsumen perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan kepada dua calon konsumen yang berpotensi menggunakan jasa PT. Gm Interior, dua pelanggan yang melakukan repeat order terhadap PT. Gm Interior, salah satu pemilik perusahaan yang berperan aktif dalam perusahaan, dan seorang ahli marketing melalui wawancara. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa tidak semua model komunikasi utama pada bauran promosi dapat diaplikasikan kepada perusahaan karena tidak sesuai dengan keadaan perusahaan saat ini dan target pasar perusahaan, melainkan enam aspek dari delapan yang ada yaitu word of mouth, personal selling, events and experiences, interactive marketing, sales promotion, dan personal selling.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADIKAN BRAND LA CLASSIQUE TIDAK DIKENAL Halim, Eka Surya
PERFORMA Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi cara pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan La Classique. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitiatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara kepada lima orang informan penelitian, yaitu 4 orang konsumen La Classique dan 1 pembimbing perusahaan La Classique. Penentuan informan dilakukan secara non-probability sampling yaitu purposive sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa cara pemasaran La Classique belum maksimal dan masih bisa ditingkatkan lagi dengan cara memberi potongan harga kepada produk yang sudah lama agar produk tersebut cepat laku. Tempat berjualan bisa dikembangkan lagi ke bidang online, karena pada jaman sekarang toko online lebih menarik dibandingkan toko offline. Untuk promosi, La Classique harus lebih sering mengungah foto ke Instagram sendiri agar aktif, dan bisa melakukan endorse ataupun bekerja sama dengan artis Instagram yang memiliki banyak pengikut. Produk La Classique memiliki kualitas yang bagus dan disukai oleh para konsumen, namun bila lebih sering menambah model maka akan lebih bagus lagi.
ANALISIS FASHION BRAND TERHADAP PERILAKU KONSUMEN WANITA PENGGUNA SOSIAL MEDIA DI SURABAYA BARAT Willy, Wiryani
PERFORMA Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media sosial merupakan salah satu pengguna yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. masyarakat Indonesia terutama wanita sering menggunakan media sosial. Tidak hanya itu, brand juga mempengaruhi media sosial. Oleh karena itu, pentingnya brand terhadap konsumen wanita pada pengguna media sosial. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hubungan perilaku konsumen wanita di media sosial dengan fashion brand. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitaif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terarah dan dokumeter. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terjadinya signifikan hubungan perilaku konsumen wanita di media sosial dengan fashion brand. Fashion brand dalam media sosial untuk konsumen wanita merupakan indikator penting dan menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis online.
PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEALANTWAX DI SURABAYA Yaphyaputra, Vicky; Maichal, Maichal
PERFORMA Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penurunan omzet dari SealantWax berbanding terbalik dengan jumlah pembelian kendaraan dari tahun ke tahun menurut GAIKINDO. Sebagai bisnis yang baru muncul, SealantWax memiliki masalah terhadap brand dimana pada umumnya brand baru masih bermasalah dengan Brand Awareness dan Brand Image karena masyarakat belum mengetahui brand SealantWax dan belum mengetahui image dari SealantWax sendiri dikarenakan masih sedikit pengguna produk SealantWax. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel brand awareness (X1) dan brand image (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk SealantWax (Y) di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang diambil di kota Surabaya sebesar 62 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand awareness (X1) dan brand image (X2) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk SealantWax (Y).
PROGRAM PEMASARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL KERRONG.CO DIBANDING DENGAN BATIK PASTEL INDONESIA Muntaha, Ali Sidiq; Kodrat, David Sukardi
PERFORMA Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Ciputra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pemasaran online melalui media sosial Kerrong.co yang lebih baik berdasarkan hasil evaluasi perbandingan program pemasaran online perusahaan Batik Pastel Indonesia. Kerrong.co merupakan perusahaan yang bergerak di bidang fashion khususnya batik. Permasalahan yang dialami oleh Kerrong.co adalah tidak optimal nya program pemasaran online melalui media social sehinggaomzet yang cenderung menurun jika hanya berpacu pada pemasaran offline. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan observasi terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Data yang telah didapat direkapitulasi dan dianalisis sesuai indikator AISAS untuk digunakan dalam evaluasi program pemasaran online melalui media sosial. Hasil penelitian ini adalah masih perludi perbaikinya program pemasaran sosial media dari Kerrong.co

Page 1 of 27 | Total Record : 270