cover
Contact Name
Rani Anggraeni
Contact Email
rani.anggraeni34@gmail.com
Phone
+6285710021009
Journal Mail Official
lppmsahid21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, RT.7/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 2620942X     DOI : https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i2
The journal accepts articles based on research and also community service about entrepreneurship with various fields such as Application and game development, product design, fashion, film, video animation, handicrafts, culinary, music, performing arts, fine arts and television / radio
Articles 42 Documents
INDONESIA SEBAGAI HOST COUNTRY DALAM EKSPANSI BISNIS MEREK FASHION INTERNASIONAL Rahmadania, Fitri Wahyu
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2019): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i1.207

Abstract

Globalisasi dan krisis ekonomi yang terjadi di negara-negara barat menjadi motif utama bagi merek-merek fashion untuk melakukan bisnis ekspansi ke negara penyelenggara khususnya di Asia. Indonesia telah menjadi satu destinasi negara penyelenggara yang menarik bagi beberapa merek fashion yang tidak asing ditelinga seperti H M, Pull Bear, dan Zara untuk membuka gerai-gerai di beberapa pusat perbelanjaan walaupun memiliki perbedaan yang signifikan baik dari segi budaya, ekonomi, geografis dan kondisi pasar. Faktor budaya, ekonomi, kondisi sosial dan geografis yang berbeda dengan negara asal. Penelitian menjelaskan perlunya pertimbangan mendalam dengan mengacu beberapa elemen seperti 1) jarak dan bentuk geografis; 2) ukuran pasar dan daya beli; 3) tingginya permintaan; 4) franchising sebagai strategi ekspansi; 5) dan adaptasi pada strategi manajemen dan pemasaran merupakan proses evaluasi yang sangat penting dalam proses pemilihan Indonesia sebagai negara penyelenggara dalam bisnis ekspansi. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik sebagai dasar untuk teori dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam.
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BERDASARKAN PENGENDALIAN KUALITAS PERSEDIAAN BARANG PADA KOPERASI RITEL UMKM Hermawan, Rudianto; Abdul, Fino Wahyudi; Hidayat, Yusuf Rahmat
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 3, No 1 (2020): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v3i1.66

Abstract

Adanya persaingan di bidang usaha ritel makanan di Indonesia, membuat pengusaha harus terus meningkatkan daya saingnya. Dalam usaha ritel koperasi UMKM, biaya persediaan merupakan aspek yang sangat penting. Dengan adanya pengeluaran biaya yang efisien, maka perusahaan dapat terus bersaing secara kompetitif dengan perusahaan lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manfaat analisis SWOT bagi perusahaan dalam strategi penentu masa depan dan keberlangsungan bisnisnya. Untuk memudahkan analisis data, akan digunakan metode ABC agar lebih tepat sasaran barang-barang mana yang penting. Hasil pengujian yang didapatkan setelah diterapkan metode ABC, terdapat 24 produk pada koperasi ritel UMKM XY yang masing-masing dikategorikan ke kelas A sebanyak 2 produk, kelas B sebanyak 3 produk, dan kelas C sebanyak 5 produk. Kondisi bisnis dari Koperasi Ritel UMKM XY berdasarkan hasil analisa SWOT berada di kuadran satu yaitu growth (agresif).
POKIMAS (PROGRAM KEBUN GIZI MASYARAKAT) DI KOMUNITAS BGBJ, TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH TERPADU (TPST), BANTAR GEBANG, BEKASI, JAWA BARAT Humayrah, Wardina; Stefani, Megah; Febrina, Laila
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 3, No 2 (2020): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v3i2.71

Abstract

Tujuan umum kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah terbentuknya Kebun Gizi Masyarakat Percontohan di Komunitas Kerajaan BGBJ, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat sebagai motivator dan penggerak masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam POKIMAS di masing-masing rumah tangga. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi Covid 19, pelatihan dilakukan secara daring dan modul edukasi diberikan secara lengkap yang akan diberikan kepada semua sasaran sehingga mudah dipelajari mandiri di rumah. Tim PKM akan memberikan TOT (Training of Trainer) secara daring kepada tim inti Komunitas Kerajaan BGBJ dan selanjutnya tim Inti tersebut bertanggung jawab memberikan pelatihan ke 10 peserta sasaran POKIMAS. Hasil dan manfaat yang telah dicapai antara lain: data-data baseline awal tentang kondisi sosio-ekonomi dan pemahaman awal masyarakat sasaran sekitar mitra tentang kebiasaan makan sayur- buah dan kebun; 3 modul terdiri dari rangkaian video-video singkat dan sederhana dalam bentuk Compact Disk (CD) dan link YouTube antara lain: edukasi POKIMAS perwujudan gizi seimbang, pembuatan pupuk takakura, dan pembuatan vertical garden rumahan; serta tindak lanjut pelaksanaan kegiatan POKIMAS di 10 rumah tangga sasaran.
PENGEMBANGAN MINUMAN BERBASIS TEH DAN REMPAH SEBAGAI MINUMAN FUNGSIONAL Batubara, Siti Chairiyah; Pratiwi, Nindia Arum
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v1i2.129

Abstract

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mendapatkan formula minuman fungsional teh dan rempah terbaik. Penelitian ini menggunakan mixture design untuk menentukan formula optimum minuman fungsional terbaik yang terdiri dari gula merah, bubuk kayu manis dan bubuk kapulaga. Berdasarkan input batas atas dan batas bawah dari bahan baku sehingga didapatkan 16 formulasi yang akan diteliti. Untuk batas atas gula merah yaitu 40 dan batas bawah gula merah yaitu 35. Untuk batas atas bubuk kayu manis yaitu 15 dan batas bawah kayu manis yaitu 10. Untuk batas atas bubuk kapulaga yaitu 50 dan batas bawah bubuk kapulaga yaitu 45. Untuk menentukan kualitas minuman fungsional dilakukan uji kimia (uji karbohidrat, gula total dan nilai pH, uji fisik (Uji viskositas), uji organoleptik (uji hedonik untuk warna, aroma, rasa dan kekentalan) dan mutu hedonik yang ditentukan dari kesukaan panelis terhadap warna, aroma, rasa dan kekentalan) dan uji antioksidan. Penelitian ini untuk mendapatkan formula optimum yang terbaik dari hasil pengacakan oleh mixture design. Hasil dari pengolahan mixture design adalah anova, grafik dan duncan. Berdasarkan hasil penelitian formula minuman fungsional yang masih dapat diterima adalah formulasi 11 yang terdiri dari 40% gula merah, 12.67% bubuk kayu manis dan 47.32% bubuk kapulaga. Formula 11 mengandung 0.39% karbohidrat, 15.46% gula total, 5.38% pH 4.98% viskositas dan 255.41 mg antoksidan.
SINERGITAS KELOMPOK TANI, PRODUSEN, PASAR DAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KESINAMBUNGAN PENGOLAHAN KOPI KEMASAN SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DAERAH Laumal, Folkes E.; Wabang, Jhon A.; Plaimo, Paulus Edi; Suharto, Raden S. B.
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2019): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i1.220

Abstract

Produksi kopi kemasan dari Kabupaten Alor yang didampingi melalui program pengabdian masyarakat dari DRPM Ristekdikti memberikan dampak peningkatan produksi pada 2 tahun terakhir. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh pendampingan dan promosi yang terus-menerus dilakukan oleh berbagai pihak termasuk pemerintah daerah Kabupaten Alor. Untuk menjamin keberlanjutan pengelolaannya dan dapat dijual secara nasional, maka sebuah sinergitas telah dilakukan melalui kegiatan lokakarya yang melibatkan 5 Kelompok Tani Kopi dari Desa Manmas Kecamatan Alor Selatan, KUD beringin dan UPH Perkebunan yang memproduksi Kopi Lonsilar dan Kopi Cita Rasa Khas Alor, Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Dinas Pertanian Perkebunan Kabupaten Alor dan PT Transmart sebagai salah satu pasar modern yang siap menjadi pembeli produk-produk olahan daerah.
PENYULUHAN PENGELOLAAN LIMBAH TAMBAK UDANG RAMAH LINGKUNGAN DI DESA TAMBAKSARI-KARAWANG Febrina, Laila; Mulyawati, Ira; Fazhar, Ibnu
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i2.60

Abstract

Desa Tambak Sari adalah salah satu desa Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Salah satu potensi di desa itu tersebut adalah budidaya tambak udang. Sisa Pakan udang berpotensi menjadi limbah yang mencemari lingkungan. Meningkatnya jumlah usaha budidaya udang akan berimbas pada tingginya beban limbah produksi pada perairan sekitar. Oleh karena itu para petani tambak perlu memiliki pengetahuan pengelolaan limbah budidaya tambak udang yang ramah lingkungan guna menjamin keberlanjutan usaha petani tambak. Kegiatan yang dilakukan dalam PKM ini adalah penyuluhan kepada para petani tambak mengenai metode yang dapat diterapkan dalam meminimalisasi limbah tambak udang. Alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan aerasi dan penanaman tanaman air dengan metode construted wetland. Target luaran yang dicapai pada kegiatan ini adalah peningkatan partisipasi dan pengetahuan petani tambak sehingga menjadikan Desa Tambak Sari menjadi desa yang ramah lingkungan dalam pengelolaan limbah tambak udangnya.
SOSIALISASI PENERAPAN ISAK 35 DALAM PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN KEPADA PENGURUS MASJID ALAULIA, PEKALONGAN Abidin, Jaenal; Rahma, Ayumi
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 3, No 2 (2020): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v3i2.76

Abstract

Masjid Al-Aulia dikategorikan sebagai organisasi nirlaba sehingga penyusunan laporan keuangan akan berbeda dengan organisasi berorientasi laba. Dengan disahkannya PPSAK 13, maka PSAK 45 sebagai pedoman penyusunan laporan keuangan bagi organisasi nirlaba dihapuskan, dan digantikan dengan ISAK 35 sebagai dasar penyusunan laporan keuangan. Berdasarkan perubahan tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi penerapan ISAK 35 dalam penyajian laporan keuangan Masjid Al-Aulia bagi pengurus Masjid. Dengan sosialisasi ini, diharapkan pengurus Masjid dapat menyajikan laporan keuangan yang transparan dan tepat bagi donatur dan dapat meningkatkan kepercayaan para donatur. Sosialisasi ini dilaksanakan pada 13 – 15 November 2020 di Antasari Indah, Jalan Pangeran Antasari No.37, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan. PKM ini bertujuan unuk untuk memperkenalkan penerapan ISAK 35 dalam penyusunan laporan keuangan bagi organisasi nirlaba. Para peserta yang merupakan pengurus Masjid Al-Aulia cukup antusias mengikuti pelatihan ini untuk dapat menambah pemahaman akan perbedaan PSAK 45 dengan ISAK 35. Untuk kegiatan pengabdian berikutnya diharapkan dapat memberikan strategi lanjutan dalam pengembangan bisnis secara berkesinambungan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka perlu dilakukan sosialisasi dalam penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan ISAK 35 kepada pengurus Masjid Al-Aulia, Pekalongan sehingga diperoleh laporan keuangan yang akuntabel dan transparan.
KAPABILITAS INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN PADA UKM PASAR WISATA: STUDI FENOMENOLOGI Sulistiyani, Rina; Hadiwidjojo, Djumilah; Salim, Ubud
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2019): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i1.176

Abstract

Era disruptif saat ini telah menimbulkan berbagai peluang, sekaligus tantangan Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan mengidenfikasi sikap-sikap dan perilaku inovatif pengrajin di kawasan pasar wisata Tanggulangin-Sidoarjo. Penelitian didisain menggunakan paradigma interpretif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam dan observasi, dengan melibatkan lima orang informan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data model Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif, orientasi jangka panjang, trend setter, pelopor pasar, kesuksesan, keikhlasan berbagi ilmu, dan senang tantangan merupakan determinan perilaku inovatif. Sedangkan perilaku inovatif tercermin dalam kemampuan pengrajin memodifikasi dan memperbaiki disain, merubah teknik jahit, inovasi bahan, inovasi teknologi proses produksi, dan menciptakan keunggulan yang sulit ditiru. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keberhasilan inovasi bisa dicapai dengan menciptakan keseimbangan antara aspek wira dan aspek usaha dalam diri pengrajin.
PENDAMPINGAN PERMODALAN USAHA KOPERASI NELAYAN PINTAR BANDA ACEH Hamdani, Hamdani; Farmiati, Josi; Ismail, Ismail; Bahgia, Saiful; Hasbi, Hasbi; Butar butar, Armanda
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 3, No 1 (2020): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v3i1.65

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PkM) pendampingan manajemen usaha dan permodalan bagi Koperasi Nelayan Pintar Banda Aceh telah menghasilkan pengetahuan baru bagi pengurus dalam mengatasi kebutuhan modal usaha yang diperlukan. Telah terjadi peningkatan kapasitas dalam mengelola aspek permodalan sehingga lebih efektif dan efesien. Selain itu kegiatan pendampingan ini juga telah berhasil terbangun hubungan kemitraan antara Koperasi Nelayan Pintar dengan pihak lembaga keuangan bank terutama bank pemerintah untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sektor Kelautan dan Perikanan yang telah diprogramkan. Metode pelaksanaan kegiatan ini bersifat kolaboratif dan aplikatif. Kegiatan pendampingan tersebut berlangsung pada Februari-April 2020.
ANALISIS PEMASARAN ANEKA KREASI ANYAMAN PURUN DI DESA TANJUNG ATAP KABUPATEN OGAN ILIR Mulyana, Eka; Yasmin, Rahmi
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v1i1.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) mendeskripsikan saluran pemasaran setiap produk yang dihasilakan pengrajin anyaman purun dan (2) mengitung marjin pemasaran dan farmer’s share dari setiap produk yang dihasilkan pengrajin anyaman purun di Desa Tajung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Waktu pelaksanaan praktik lapangan ini dilaksanaan pada bulan Januari 2018. Dara yang dikumpulkan pada penelitian ini yaitu metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder. Penarikan contoh di Desa Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir dilakukan secara sederhana (Simple Random Sampling). Pemasaran aneka kreasi anyaman purun di Desa Tanjung Atap terdapat dua pola saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran langsung yakni saluran pemasaran dari produsen ke konsumen tanpa menggunakan perantara dan saluran pemasaran satu perantara yaitu menggunakan satu perantara pengecer dalam hal ini adalah pihak Universitas Sriwijaya Program Studi Sosial Ekonomi yang membantu membimbing para pengrajin sehingga aneka kreasi anyaman tikar purun mampu bersaing dipasaran. Dari setiap perhitungan marjin pemasaran dan farmer’s share untuk setiap produk yang dihasilkan dapat kita ketahui bahwasanya perbedaan harga ditingkat pengrajin dan konsumen rata-rata kurang lebih sebesar Rp 5.000/produk.