cover
Contact Name
Ence Surahman
Contact Email
ence.surahman.fip@um.ac.id
Phone
+6287821191948
Journal Mail Official
ence.surahman.fip@um.ac.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
ISSN : 24068780     EISSN : 26547953     DOI : 10.17977.um031
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016)" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CROSS PLATFORM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 3 MALANG Prigianata, Muhammad Malik; Sihkabuden, Sihkabuden; Setyosari, Punaji
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.74 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p330

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa multimedia untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Malang dengan menggunakan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Cross Platform (Dekstop dan mobile) serta untuk mengetahui kelayakan produk pengembangan multimedia pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee & Owens dengan menggunakan tiga tahapan yaitu (1) Assessment/Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Perolehan hasil uji validasi multimedia Indera pendengaran dan Sistem Sonar meliputi: 1) ahli materi pada aplikasi dekstop 93,3% dan mobile 94,6%, 2) ahli desain pada aplikasi dekstop 85,3% dan mobile 88%, 3) ahli media pada aplikasi dekstop 97,3% dan mobile 97,3%. Keseluruhannya menunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan siswa meliputi: 1) perorangan aplikasi dekstop 84,6%, mobile 83,3% , 2) kelompok kecil pada aplikasi dekstop 84,4%, mobile 83,5%, dan 3) kelompok besar pada dekstop 85%, pada mobile 85,5%. Keseluruhan review hasil tanggapan siswa menunjukkan kriteria sangat layak. Hasil tanggapan motivasi siswa meliputi: 1) perorangan aplikasi dekstop 86,6%, mobile 87,3% , 2) kelompok kecil pada aplikasi dekstop 83,1%, mobile 83,6%, dan 3) kelompok besar pada dekstop 84,7%, pada mobile 85,3%. Keseluruhan menunjukkan multimedia ini sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil uji coba lapangan pada siswa memilki rata-rata hasil belajar 87,35 dengan persentase kelulusan 100%, yang menunjukkan sangat efektif dalam proses pembelajaran.Abstract: The purpose of this research and development is to produce development products in the form of multimedia to find out the effectiveness of media use in the learning process and student motivation in class VIII.3 science subjects in Malang Middle School 3 by using Cross-Platform multimedia learning development (Desktop and mobile ) and to determine the feasibility of learning multimedia development products. The development model used in this study is the Lee & Owens model using three stages, namely (1) Assessment / Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. The acquisition of multimedia validation results of the auditory sense and Sonar system include: 1) material experts on desktop applications 93.3% and mobile 94.6%, 2) design experts on desktop applications 85.3% and mobile 88%, 3) media experts on desktop applications 97.3% and mobile 97.3%. The whole show the criteria very feasible. The results of student responses included: 1) individual desktop applications 84.6%, mobile 83.3%, 2) small groups on desktop applications 84.4%, mobile 83.5%, and 3) large groups on desktop 85%, at mobile 85.5%. The overall review of the results of student responses shows criteria that are very feasible. The results of student motivation responses include 1) 86.6% individual desktop applications, mobile 87.3%, 2) small groups on desktop applications 83.1%, mobile 83.6%, and 3) large groups on desktop 84.7 %, on mobile 85.3%. The whole show of multimedia is very good at increasing student learning motivation. The results of field trials on students have an average learning outcome of 87.35 with a graduation percentage of 100%, which shows that it is very effective in the learning process.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP Darojat, Achmad
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.955 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p297

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia pembelajaran yang valid, dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan metode analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam kelas VIII SMP.Abstract: This study aims to produce valid learning multimedia, in natural science lessons in class VIII of Middle School. This study uses a development research design with methods of analysis, design, development, application, and evaluation. The results of the study show that learning multimedia is valid and feasible to be used in learning the VIII grade of Natural Sciences.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP PADA MATERI SISTEM INDERA MANUSIA UNTUK SISWA SMA KELAS XI Kurniawan, Fatra Hadi; Istiningrum, Reni; Nuha, Saila Alfiatin
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.788 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p338

Abstract

Abstrak- Peraturan Menteri Pendidikan dan BSNP memperkuat bahwa kurikulum sekolah formal maupun non-formal memiliki kepentingan untuk mengembangkan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup (life skill). Kecakapan tersebut bertujuan untuk mencapai kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup serta menyesuaikan diri agar berhasil dalam kehidupan. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti mengembangkan LEMBAR KERJA SISWA berorientasi kecakapan hidup dengan model 4D. Tujuan pengembangan LEMBAR KERJA SISWA berorientasi kecakapan hidup materi sistem indera manusia yang praktis dan dapat disiapkan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LEMBAR KERJA SISWA valid adalah dari dari komponen identitas, teknis, konstruksi dan karakteristik kecakapan hidup. Respon positif siswa terhadap LEMBAR KERJA SISWA berorientasi kecakapan hidup sebesar 84% dengan kategori baik.Abstract- The Minister of Education and BSNP Regulations reinforce that formal and non-formal school curricula have an interest in developing life skills-oriented learning. These skills aim to achieve the competency of students to survive and adjust to succeed in life. Based on this explanation, the researcher developed a Life-Skilled Student Worksheet with a 4D model. The purpose of developing practical, skill-oriented material for Life Skills-oriented student worksheets that can be prepared at school. The results of the study indicate that valid STUDENT WORKSHEET is from the components of identity, technical, construction and life skills characteristics. Positive responses of students to Life Skills-oriented Student Worksheets were 84% in the good category.
E-MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SMP N 1 TAKENGON Mahara, Ichwan; Degeng, Nyoman Sudana; Kuswandi, Dedi
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.277 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p308

Abstract

ABSTRAK: Pengembangan ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk berupa e-modul pembelajaran reading yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari Bahasa Inggris khususnya pada teks descriptive dan procedure SMP kelas VII. 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah pengembangan (R&D) dengan model desain pembelajaran ASSURE. Subjek penelitian adalah siswa kelasVII SMP Negeri 1 Takengon semester genap tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk media e-modul pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.ABSTRACT: This development aims to: 1) produce products in the form of e-learning reading modules which are expected to help students learn English especially in descriptive texts and class VII SMP procedures. 2) can improve student learning outcomes. This type of research is development (R & D) with ASSURE learning design models. The research subjects were second grade students of SMP Negeri 1 Takengon in the 2014/2015 academic year. The results of the study indicate that overall the media products of e-learning modules are included in the category of very suitable use in the learning process and can improve student learning outcomes.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Irawan, Andi; Wardani, Melda Ayu
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.219 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p342

Abstract

Abstrak: Matematika sebagai salah satu mata pelajaran disekolah dinilai cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa berkualitas, karena matematika merupakan suatu sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis dan sistematis. Kasus pada Sekolah Menengah Pertama yaitu kurang maksimal dan variatif dalam pembelajaran matematika di kelas, dan Itu semua bisa dilihat dari hasil ulangan tengah semester pertama yang rata-ratanya masih dibawah standar SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah. dari permasalahan tersebut menggunakan media pembelajaran ular tangga. Media ini merupakan permainan papan untuk semua kalangan yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dapat dilihat bahwa hasil belajar dengan penerapan media pembelajaran ular tangga sudah baik, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa telah mencapai 75%, namun prosentase ini belum memenuhi kriteria yang sangat baik. Setelah mendapat pembelajaran pada siklus II, prosentase ini mengalami peningkatan 10% menjadi 85% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar.Abstract: Mathematics as one of the school subjects is considered to have an important role in forming quality students because mathematics is a means of thinking to examine things logically and systematically. Cases in junior high school are less than the maximum and varied in mathematics learning in the classroom, and that can all be seen from the results of the first half of the repetition which the average is still below the school's Minimum Learning Completion Standard. of these problems using snake ladder learning media. This media is a board game for all groups that is played by 2 or more people. Based on the results of the research in the first cycle it can be seen that the learning outcomes with the application of snakes and ladders learning media are good, this is evident from the student learning outcomes have reached 75%, but this percentage has not met very good criteria. After receiving learning in the second cycle, this percentage increased by 10% to 85% with a very good level of success. This shows that the application of snake ladder media can improve learning outcomes.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMA DI SULAWESI UTARA Lonto, Apeles Lexi
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.589 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p313

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode servei. Data dikumpulkan melalui angket dari 61 guru dan 183 siswa sebagai sampel yang pilih dengan teknik multistage sampling. Pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan analisis regresi dan korelasi berganda. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh koefisien arah regresi b1 = 0,255 dan nilai thitung = 2,581 lebih besar dari nilai ttabel maka HO ditolak, ini berarti bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh koefisien arah regresi b2 = 0,570 dan nilai thitung = 5,812 lebih besar dari nilai ttabel maka HO ditolak, ini berarti bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh nilai Fhitung = 1270,927 lebih besar dari nilai Ftabel maka kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil ini menegaskan bahwa kinerja guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan emosional dan kondusifnya lingkungan keluarga. Kedua variabel bebas tersebut saling melengkapi, memperkuat, memperkokoh dan mengoptimalkan kompetensi yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja guru.Abstract: This study aims to determine the effect of emotional intelligence and family environment on teacher performance both partially and simultaneously. This research is quantitative research using survey method. Data were collected through questionnaires from 61 teachers and 183 students as selected samples with multistage sampling techniques. Testing instruments with validity and reliability tests. The data analysis technique used was analyzed descriptively and inferentially with regression analysis and multiple correlations. The results of testing the first hypothesis obtained the regression direction coefficient b1 = 0.255 and the value of tcount = 2.581 is greater than the value of ttable then HO is rejected, this means that emotional intelligence has a positive effect on teacher performance. The results of testing the second hypothesis obtained the regression direction coefficient b2 = 0.570 and the value of tcount = 5.812 is greater than the value of ttable then HO is rejected, this means that the family environment has a positive effect on teacher performance. The results of testing the third hypothesis obtained the value of Fcount = 1270.927 greater than the value of F table, emotional intelligence and family environment together have a positive effect on teacher performance. This result confirms that teacher performance can be improved through increasing emotional intelligence and a conducive family environment. The two independent variables complement, strengthen, strengthen and optimize the competencies needed to maximize teacher performance.
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBANTUAN WEB DENGAN MENGAPLIKASIKAN STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING Sofia, Dinda Aya
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.059 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p292

Abstract

Abstrak: Pemanfaatan internet di dunia pendidikan bukan lagi menjadi hal yang baru. Program elearning menjadi salah satu metode pilihan dalam pendidikan saat ini. Dengan konsep belajar ini, pebelajar dapat belajar dengan tak terbatas waktu dan tempat. Tetapi jika dilihat dari keefektifaannya, tidak banyak lembaga pendidikan menjalankannya dengan efektif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sistem pembelajaran berbantuan web yang di dalamnya menerapkan strategi Self-regulated learning. Selain itu pengembangan ini juga bertujuan untuk menyediakan sebuah lingkungan belajar yang baru bagi pebelajar untuk berkesempatan melakukan interaksi dan diskusi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Adapun Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee&Owens. Produk pengembangan ini divalidasikan kepada Ahli Materi, Ahli Media dan Ahli Pembelajaran serta diuji-cobakan kepada mahasiswa Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang berjumlah 24 orang. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga layak digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan, maka diharapkan adanya penelitianpenelitian lain yang sejenis. Misalnya penelitian untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran berbantuan web.Abstract: The use of the internet in the world of education is no longer a new thing. The e-learning program is one of the methods of choice in education today. With this learning concept, students can learn with unlimited time and place. But when viewed from its effectiveness, not many educational institutions run it effectively. The purpose of this development research is to produce a web-assisted learning system in which the Self-regulated learning strategy is applied. In addition, this development also aims to provide a new learning environment for students to have the opportunity to interact and discuss without being limited by time and space. The development model used is the development model of Lee & Owens. The product of this development is validated to the Material Experts, Media Experts, and Learning Experts and tested on the Postgraduate students of the Learning Technology Study Program of the State University of Malang in the year 2014 which amounted to 24 people. From the results of the validation and trials, it was concluded that the development of learning developed was declared valid so that it was worth using. Based on the results of development, it is expected that there are other similar studies. For example, research to determine the effect and effectiveness of web-assisted learning.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB UNTUK MATAKULIAH DESAIN PESAN Parumbuan, Mesach Dayunison
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.237 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p323

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis web yang layak dan valid untuk matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, dan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens (2004). Hasil ujicoba terhadap ahli, pengampu matakuliah dan mahasiswa menunjukkan bahan ajar berbasis web layak dan valid digunakan sebagai bahan ajar berbasis web dalam matakuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa.Abstract: The purpose of this research and development is to produce appropriate and valid web-based teaching materials for message design subjects in the Educational Technology Study Program, Makassar State University, and effectively improve student learning outcomes. The research and development model used is the model of Lee & Owens (2004). The results of trials on experts, lecturers and students showed decent and valid web-based teaching materials used as web-based teaching materials in message design subjects in the Makassar State University Education Technology Study Program and were effective in improving student learning outcomes.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP Arinda, Fidian Dini
JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Vol 2, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.281 KB) | DOI: 10.17977/um031v2i22016p302

Abstract

Abstrak: Multimedia Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Karakteristik dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII semester 2 terdiri dari berbagai macam materi yang sifatnya masih abstrak menuntut siswa untuk mengenal lingkungannya sehingga memerlukan visualisasi dalam memahami materinya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berdasarkan studi kelayakan dari ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media untuk sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lee Owens. Dari hasil validasi dan uji coba, diperoleh kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.Abstract: Interactive Multimedia Learning for Middle School Social Sciences. The characteristics of Social Sciences class VII semester 2 consists of various kinds of material that are still abstract in nature requiring students to get to know their environment so that they need visualization in understanding the material. The purpose of this development research is to produce interactive learning media products based on feasibility studies from material experts, learning design experts and media experts so that they can be used as learning resources. The Development Model used in this study is the Lee Owens model. From the results of validation and trials, it was concluded that the interactive learning multimedia developed was declared valid and appropriate for use in learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 9