cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
redaksi.jiip@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
redaksi.jiip@gmail.com
Editorial Address
Jln. STKIP Yapis Dompu, No. 1, Sorisakolo, Dompu, Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Published by STKIP Yapis Dompu
ISSN : -     EISSN : 26148854     DOI : -
JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Fisika, dan beberapa pendidikan lainnya
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan" : 12 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI GURU, MANAJEMEN SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN-PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU: PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI GURU, MANAJEMEN SEKOLAH, DAN PENDIDIKAN-PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.456 KB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan mengukur pengaruh motivasi kerja, kompetensi guru, manajemen sekolah, dan pendidikan-pelatihan terhadap kinerja dengan tujuan untuk melihat tingkat pengaruh motivasi kerja, kompetensi, manajemen sekolah dan pendidikan dan pelitahan terhadap peningkatan kinerja guru SMA di Kabupaten Dompu,  peneitian ini difokuskan pada 371 guru yang tersebar di seluruh SMA Negeri di Kabupaten Dompu. Hasil penenelitian menunjukan bahwa kategori kinerja guru ?sanga baik? sebesar 0,5%, kategori kinerja guru ?baik) sebesar 8,2%, kategori kinerja guru ?sedang? sebesar 67,5%, dan kategori kinerja guru ?kurang? sebesar 23,8%. Sedangkan pengujian pengaruh variable ditemukan bahwa secara simultan (bersama) maupun secara parsial terdapat pengaruh motivasi, kompetensi, manajemen sekolah dan pendidikan-pelatihan terhadap  peningkatan kinerja guru di Kabupaten Dompu
PENGARUH PROFESIONAL GURU PENJAKESREK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WOJA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018: PROFESIONAL GURU PENJAKESREK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.212 KB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah guru belum sepenuhnya memberikan pengajaran sesuai dengan acuan administrasi, seperti silabus dan RPP. sehingga bentuk pengajaran tidak sistematis dalam pengajarannya. berangkat dari masalah tersebut peneliti merasa tertarik untuk meneliti dengan judul Pengaruh Profesional Guru Penjaskes Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Woja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganailisis keterangan mengenai apa yang kita ketahui.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh profesional guru penjaskes terhadap prestasi belajar siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes perbuatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan menggunakan aplikasi SPSS16. Uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas regresi, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, telah memenuhi syarat asumsi normal. Dengan persamaan regresi Ý = 91.084 + 0,0.280x   diperoleh nilai thitung =0,129 > 0,05  yang artinya hipotesis Ho di tolak dan Ha diterima. Penelitian ini menyimpulkan: Ada pengaruh yang signifikan pada profesional guru penjaskes terhadapa prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Woja tahun pembelajaran 2017/2018
SEJARAH IMIGRASI MASYARAKAT JAZIRAH ARAB DI KABUPATEN DOMPU: SEJARAH IMIGRASI MASYARAKAT JAZIRAH ARAB DI KABUPATEN DOMPU JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.408 KB)

Abstract

Migrasi merupakan perpindahan orang dari daerah asal ke daerah tujuan Manusia. merupakan mahluk yang selalu melakukan perpindahan dari satu wilayah ke wilayah lain. Perpindahan tersebut baik di lakukan secara perseorangan maupun secara perkelompok, penduduk melakukan perpindahan atau migrasi  merupakan bagian dari proses adaptasi dengan lingkungan social, ekonomi, kebudayaan dan ekologinya. Secara geografis mereka selalu berusaha melakukan migrasi untuk mencari tempat tinggal yang lebih baik dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya, yang menjadi latarbelakang kehadiran orang Arab ke Dompu salah satunya dengan alasan berdagang dan mencari kehidupan yang baru dari negara asalnya. Aktivitas keturunan orang arab dalam berbagai bidang maju dengan pesat, baik di bidang ekonomi, pendidikan, politik maunpu dalam berdakwah, hal ini terbukti kemajuan perekonomian dalam penguasaan perdagangan di pasar Dompu yang mayoritas dikuasai oleh keturunan orang arab, begitupun dalam bidang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah imigrasi masyarakat jazirah Arab masuk di Kabupaten Dompu, Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perjalanan masyarakat Jazirah Arab sampai ke Dompu makan waktu yang cukup lama, yang dimana dimulai dari faktor pendorong orang Arab melakukan migrasi dikarenakan terhimpitnya masalah perekonomian dan kebutuhan hidup, sehingga memutuskan melakukan migrasi ke daerah lain sambil melakukan perdagangan, proses migrasi Arab tidak hanya di daerah lain saja melainkan salah satunya daerah Dompu, alasan masyarakat Arab memilih Dompu dikarenakan Dompu memiliki potensi alam yang banyak serta memiliki peluang yang bagus untuk berdagang
PENGARUH TEKNIK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMEMPUAN MENULIS CERPEN SISWA SD NEGERI 7 WOJA: TEKNIK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.325 KB)

Abstract

Teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah teknik pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa secara penuh untuk memecahkan masalah yang dikaitkan dengan situasi kehidupan yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis cerpen matapelajaran Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 7 Woja Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 7 Woja dengan sampel 24 kelas eksperimen dan 24 kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes dan dokumentasi. Data dianalisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan Uji-t pada kemampuan menulis cerpen diperoleh thitung = 0,254 < ttabel = 1,678 dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa SD Negeri 7 Woja tahun pembelajaran 2016/2017 sehingga hipotesis ditolak.
PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DISERTAI PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT): PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA DISERTAI PENILAIAN AUTENTIK JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.301 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena (1) dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami soal cerita, hal ini dibuktikan dengan hasil ulangan yang di bawah KKM; (2) guru menggunakan metode ceramah, hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa-siswanya hanya berperan sebagai pendengar; (3) penilaian hanya berdasarkan tes tulis saja, dalam hal ini siswa lebih mementingkan nilai yang baik daripada usaha yang dilakukan untuk mengerti dan memahami konsep matematika. Masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah model Polya disertai authentic assessment pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran di kelas VI SDN 23 Woja Dompu ? (2) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran pemecahan masalah model Polya disertai authentic assessment pada pokok bahasan Geometri dan Pengukuran di kelas VI SDN 23 Woja Dompu ? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 2 Mei 2018 hingga 21 Mei 2018 di kelas VI SDN 23 Woja Dompu. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, observsi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, aktivitas belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini meningkat yaitu dari 76,09% menjadi 85,99%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran ini juga meningkat setelah dilihat dari ketuntasan klasikal, yaitu 60,71% dari siklus 1 menjadi 89,28% pada siklus 2. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran pemecahan masalah model Polya disertai authentic assessment terbukti dapat menjadi pilihan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN PADA SISWA KELAS X (IPA-I) SMAN 2 DOMPU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA: PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM GAMES TOURNAMEN JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.492 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Belajar Bahasa Indonesia Mlalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournamen Pada siswa kelas X 9(IPA-I)  SMAN 2 Dompu tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian menggunakan  penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapain secara maksimal.  Dalam penelitian tindakan ini menggunakan guru sebagai peneliti, penanggung jawab penuh dan tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SMAN 2 Dompu yang  dilaksanakan pada bulan September s.d Oktober semester I tahun ajaran 2018/2019,  sedangkan yang menjadi subjek pada penelitian adalah siswa kelas X (IPA-I) SMAN 2 Dompu tahun Ajaran 2018/2019 pada pokok bahasan ?Menulis Laporan Dengan Bahasa Yang Baik Dan Benar?. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), dan siklus III (89,29%).
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU (STUDI KASUS DI SMA IT UTSMAN BIN AFFAN DOMPU): PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.783 KB)

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, hal yang harus menjadi perhatian yang serius adalah pengembangan profesional guru. Guru bagi sebuah lembaga pendidikan adalah motor penggerak yang harus mampu menggerakkan roda pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah pembelajaran. Berhasil atau tidaknya sebuah pembelajaran ditentukan juga oleh guru. Guru yang baik adalah guru yang mencerminkan kemampuan atau kompetensi yang dapat diukur melalui kinerja yang ditunjukkan dalam membimbing keberhasilan siswa yang menjadi tanggung jawabnya. Betapapun baiknya kurikulum tanpa guru yang profesional tidak mungkin dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Oleh karena itu guru yang profesional dan kurikulum yang baik merupakan sesuatu yang mutlak harus ada dan terus  dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini memfokuskan pada Upaya Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru, dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan? (2) Bagaimana Upaya kepala Sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan? (3) Apa kendala yang dihadapi kepala Sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan? (4) Bagaimana efektifitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh kepala Sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan? Selanjutnya sesuai fokus penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang digunakan kepala Sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan, (2) Untuk mengetahui Upaya kepala Sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala Sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan, (4) Untuk mengetahui efektifitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh kepala Sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru di SMA IT Utsman Bin Affan
REPRESENTASI DIFERENSIASI SOSIAL PADA NOVEL KAMBING & HUJAN KARYA MAHFUD IKHWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI SASTRA DI PERGURUAN TINGGI: REPRESENTASI DIFERENSIASI SOSIAL PADA SEBUAH NOVEL JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.621 KB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang representasi diferensiasi sosial dalam novel Kambing & Hujan karya Mahfud Ikhwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  sedangkan, metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap fakta-fakta yang tampak atau mengungkap data dengan cara memberi deskripsi yang mendalam dan merujuk pada interpretasi yang menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek. Adapun permasalahan yang diteliti adalah, 1) representasi diferensiasi sosial bercirikan religi yang diungkap dalam novel Kambing & Hujan karya Mahfud Ikhwan yakni adanya temuan yang berupa syariat yang didalamnya membahas terkait dengan persoalan-persoalan mengenai tata cara beribadah antar kedua organisasi Islam yakni antara organisasi Nahdatul Ulama (NU) dengan organisasi Muhammadiyah, 2) representasi diferensiasi sosial bercirikan budaya yang diungkap dalam novel Kambing & Hujan karya Mahfud Ikhwan yakni adanya temuan yang berupa tradisi yang didalamnya membahas terkait dengan persoalan-persoalan mengenai perbedaan keyakinan antar kedua organisasi Islam, yakni antaraorganisasi Nahdatul Ulama (NU) dengan organisasi Muhammadiyah, dan 3) Temuan pragmatis tentang diferensiasi sosial bagi pendidikan dan pengajaran sastra indonesia di perguruan tinggi berupa nilai-nilai praktis yang menjelaskan relevansi atau hubungan penelitian diferensiasi sosial dalam karya sastra berupa novel dengan dunia pendidikan dan pengajaran yang mengutamakan segi kepraktisan dan kemanfaatannya sebagai sumber pembelajaran khususnya mata kuliah sosilogi sastra.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS X (IPA-II) SMAN 2 DOMPU: MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.835 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian menggunakan  penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapain secara maksimal Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) apakah pembelajaran kooperatif model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw, sedangkan tujuan dari penelitian ini, yaitu a) untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. b) ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa Kelas X (IPA-II) SMAN 2 Dompu Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X (IPA-II) SMAN 2 Dompu  Data yang diperoleh berupa hasil tes Siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,71%), siklus II (75,00%), dan siklus III (89,29).
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 WOJA: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW JIIP, Redaksi
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2019): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Publisher : STKIP Yapis Dompu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.885 KB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti pada saat peneliti mengajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Woja antara lain, rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran, salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti terkait masalah ini yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, berdasarkan latarbelakang tersebut, masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Saat Diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Menulis Kalimat Bahasa Arab. Di kelas XI SMA Negeri 1 Woja Tahun Ajaran 2017-2018. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Menulis Kalimat Bahasa Arab. Di kelas XI SMA Negeri 1 Woja Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas kelas XI SMA Negeri 1 Woja Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yaitu Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I yaitu: rata-rata 75,00 menjadi 80,20; dayaserap 75% menjadi 80,20%; ketuntasan klasikal dari 77,50% padasiklus II mencapai 87,50 %

Page 1 of 2 | Total Record : 12