cover
Contact Name
Prihadi Kurniawan
Contact Email
square@walisongo.ac.id
Phone
+6285642615299
Journal Mail Official
square@walisongo.ac.id
Editorial Address
Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang Jalan Prof. Dr. Hamka Kampus II Ngaliyan, Semarang 50185
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education
ISSN : 2714609X     EISSN : 27145506     DOI : 10.21580
Core Subject : Education,
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education menerbitkan artikel kajian di bidang pendidikan matematika dan kajian matematika
Articles 32 Documents
Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka Jahring, Jahring; Chairuddin, Chairuddin
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.1.4039

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk membahas informasi dan analisis tentang gaya belajar mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka agar dapat menjadi pertimbangan awal bagi setiap pengajar dalam mengembangkan perkuliahan. Sedangkan variabel yang akan dilepaskan adalah gaya belajar mahasiswa (modalitas), yang terbagi menjadi dua aspek yaitu unimodal (V, A, R, K) dan multimodal, termasuk bimodal (VR, VA, VK, RK), trimodal (VRK, VAK, VAR, ARK), dan quadmodal (VARK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi modalitas mahasiswa tergolong pada gaya belajar multimodal jenis quadmodal.Penelitian ini dirancang untuk membahas informasi dan analisis tentang gaya belajar mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sembilanbelas November Kolaka agar dapat menjadi pertimbangan awal bagi setiap pengajar dalam mengembangkan perkuliahan. Sedangkan variabel yang akan dilepaskan adalah gaya belajar mahasiswa (modalitas), yang terbagi menjadi dua aspek yaitu unimodal (V, A, R, K) dan multimodal, termasuk bimodal (VR, VA, VK, RK), trimodal (VRK, VAK, VAR, ARK), dan quadmodal (VARK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi modalitas mahasiswa tergolong pada gaya belajar multimodal jenis quadmodal.
Keefektivan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Chakim, Luqman
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.2.4192

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan true experimental design jenis posttest-only control design. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari tiga kelas yang ada terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji t independent sampel T-test diperoleh thitung = 2,080 lebih dari ttabel =1,995, berarti thitung berada di daerah penolakan H0. Hasil penelitian menunjukkan indikator representasi matematis tertinggi yang diperoleh adalah kemampuan visual. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan strategi think-talk-write (TTW) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Memahami Konsep Dimensi Tiga di STKIP Getsempena Putra, Juanda Kelana; Fajri, Nurul
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.1.5208

Abstract

Pada pembelajaran matematika, kemampuan koneksi matematis menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa Kemampuan Koneksi Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh dalam memahami konsep Dimensi Tiga pada mata kuliah Geometri Ruang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes koneksi matematis, studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) tingkat kemampuan koneksi matematis mahasiswa pendidikan matematika masih tergolong rendah; 2) kesulitan masalah koneksi matematis yang dihadapi mahasiswa pendidikan matematika umumnya adalah kesulitan dalam menyelesaikan soal koneksi yang berhubungan antar topik matematika, khususnya konsep Phytagoras, konsep perbandingan trigonometri, konsep segitiga, konsep operasi pecahan dan konsep akar.Kata kunci: kemampuan koneksi matematis, dimensi tiga.
Analisis Pengaruh Tingkat Kompetisi dan Interaksi antara Prey dan Predator pada Perilaku Model Dinamik Diskrit Lotka-Volterra Winarni, Ambar; Hayati, Afifah; Muhassanah, Nur’aini
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.2.6324

Abstract

Salah satu bentuk interaksi makhluk hidup di bumi ini adalah predasi, yang secara matematis dapat disajikan dalam model Lotka-Volterra. Dalam penelitian ini, dikaji model dinamik diskrit Lotka-Volterra yang diperoleh dengan menggunakan metode skema beda hingga tak standar. Perilaku dari titik kesetimbangan model bersifat stabil asimtotis lokal jika memenuhi syarat masing-masing titik kesetimbangan. Perubahan nilai parameter akan memberikan pengaruh pada perubahan kestabilan titik kesetimbangan. Analisis sensitivitas terhadap koeksistensi titik kesetimbangan dilakukan secara numerik. Kenaikan tingkat kompetisi antar predator dan tingkat interaksi predator terhadap prey mengakibatkan kenaikan jumlah populasi predator.Kata kunci: model lotka-volterra, metode skema beda hingga tak standar, titik kesetimbangan, analisa kestabilan.
Analisis Kestabilan Model Matematika pada Pertumbuhan Kanker denga Pengobatan Menggunakan Virus Oncolytic Faizah, Nur; Cahyono, Budi; Fitriyah, Aini
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.1.4110

Abstract

Pada artikel ini dibahas analisis kestabilan model matematika pada pertumbuhan kanker yang pengobatannya  menggunakan Virus Oncolytic. Model matematika pada penelitian ini diasumsikan bahwa sel kanker yang terdapat pada tubuh penderita terdiri dari sel kanker yang tidak terinfeksi Virus Oncolytic () dan sel kanker yang terinfeksi Virus Onvolytic . Oleh karena itu, sel kanker yang dimodelkan merupakan sistem persamaan differensial nonlinear orde satu dengan dua variabel. Adapun analisis yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan secara analitik dan numerik. Analisis secara analitik meliputi langkah-langkah seperti penentuan titik kesetimbangan, analisis kestabilan lokal dan analisis kestabilan global sedangkan analisis secara numerik dilakukan dengan bantuan aplikasi MATLAB. Dari hasil penelitian diperoleh empat titik kesetimbangan dengan kondisi kestabilan setiap titik-titiknya bersyarat. Artinya kestabilan titik kesetimbangan tersebut berlaku jika syarat tersebut dipenuhi. Salah satu kestabilan yang diperoleh adalah Titik Ekuilibrium  stabil lokal jika dan hanya jika  dan  . Setelah dilakukan analisis secara analitik dilanjutkan dengan mencari simulasi numerik untuk mengilustrasikan dan menguji hasil analitiknya. Adapun hasil numerik yang diperoleh adalah grafik-grafik menunjukkan bahwa solusi dari sitem tersebut stabil. Hal itu menunjukkan bahwasanya pengobatan kanker dengan menggunakan Virus Oncolytic  memperoleh hasil yang baik.
Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMA Wendra, Betri; Nurhayati, Nurhayati; Hilali, Husni El
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.1.5454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi pada pokok bahasan Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 15 peserta didik di kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan 15 peserta didik di kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dengan tes esai berjumlah 4 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji 𝑡𝑡𝑒𝑠𝑡 dan uji korelasi phi. Dari uji 𝑡𝑡𝑒𝑠𝑡 pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 2,05 4,8339 2,76 dan dari hasil uji korelasi phi pada taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh 0,361 0,7399 0,463. Artinya bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berpengaruh secara signifikan terhadapan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik.Kata kunci: pembelajaran Team Asissted Individualization, kemampuan berpikir kritis matematis.
Karakteristik Solusi Dekomposisi QR dalam Aljabar Max-Plus Tersimetri Ikhtiyar, Zakaria Bani; Saminanto, Saminanto; Cahyono, Budi
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 2 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.2.4135

Abstract

Kajian aljabar max-plus tersimetri hadir dari kondisi bahwa setiap elemen pada ℝ𝑚𝑎𝑥 tidak memiliki invers terhadap operasi max. Aljabar max-plus tersimetri dibentuk dari pasangan berurutan elemen-elemen di ℝ𝑚𝑎𝑥. Pembentukan aljabar max-plus tersimetri ini memunculkan kelas positif, kelas negatif, kelas nol, dan kelas himpunan baru, yakni kelas balance. Penelitian ini berfokus pada pencarian karakteristik solusi dekomposisi QR dalam aljabar max-plus tersimetri dengan beberapa entri matriks awal yang akan didekomposisi merupakan anggota kelas balance. Dekomposisi QR merupakan salah satu dekomposisi matriks, yaitu dekomposisi suatu matriks persegi panjang 𝐴 berukuran m × n menjadi perkalian matriks ortogonal 𝑄 berukuran m × m dengan matriks segitiga atas 𝑅 berukuran m × n. Secara umum, dekomposisi ini dapat digunakan dalam aljabar konvensional. Penelitian ini menjelaskan dekomposisi QR jika dipunyai matriks dengan entri-entri elemen balance di aljabar max-plus tersimetri.
Penerapan Strategi Brain-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sari, Suci Lupita; Hidayati, Destia Wahyu; Wahyuni, Arie
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.1.4038

Abstract

The purpose of this study is to determine the average mathematical creative thinking ability of students by using Geogebra-assisted Brain-Based Learning strategies more than KKM (70) and to find out the average mathematical creative thinking ability of students using more Brain-Based Learning strategies assisted by Geogebra higher than students' creative mathematical thinking abilities using conventional methods. This research uses quantitative methods. The sample of this study was students of class VIII-A as many as 16 students as the experimental class and class VIII-B as many as 18 students as the control class. The results of this study indicate that students' creative thinking abilities using Geogebra-assisted Brain-Based Learning strategies are more than 70 and there are significant differences between the abilities of students who obtain conventional learning with students who learn with the Geogebra-Aided Brain-Based Learning model. 
Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa Rosida, Erika Nur; Kurniati, Lenny; Kusumawati, Ratih
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2019.1.1.4089

Abstract

Perkembangan teknologi dewasa ini semakin berkembang pesat khususnya teknologi digital. Teknologi digital sudah memasuki berbagai aspek kehidupan khususnya bidang pendidikan. Hasil survei Global Digital Report tahun 2018 Indonesia menempati urutan keempat penggunaan internet tetapi pada hasil survei PISA tahun 2015 Indonesia justru menduduki peringkat 63 dari 70 negara. Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui tingkat pemanfaatan teknologi digital siswa, (2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dan (3) Mengetahui pengaruh teknologi digital terhadap kinerja siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian munjukkan tidak ada siswa yang memanfaatkan teknologi digital dalam kategori rendah dan sebagian besar siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hasil output SPSS menunjukkan kedua variabel mempunyai hubungan yang positif dan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada siswa yang pemanfaatan teknologinya tergolong rendah, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa sudah cukup baik, (3) pemanfaatan teknologi digital yang baik maka akan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah menjadi baik pula.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman Kelas IX Yupinus, Lusius; Ichsan, Ichsan; Ardiawan, Yadi
Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education Vol 2, No 1 (2020)
Publisher : UIN Walisongo Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21580/square.2020.2.1.5380

Abstract

Tujuan dalam penelitian pengembangan ini adalah untuk mendapatkan desain pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan tabung untuk SMP Negeri 2 Nanga Taman kelas IX. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan tabung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang meliputi define, design, develop, dan dissemination. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata total skor 190,33 untuk RPP dan 297,5 untuk LKS. Berdasarkan pada hasil pengisian angket respon siswa dan angket respon guru dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dalam penggunaannya dengan rata-rata total skor 91,1 untuk angket respon siswa dan jumlah 84 untuk angket respon guru. Sedangkan, berdasarkan pada hasil pengisian observasi keterlaksanaan pembelajaran dan hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang yang sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 94,87% dan persentase ketuntasan siswa 95 %.Kata kunci: matematika realistik, perangkat pembeljaran, tabung.

Page 1 of 4 | Total Record : 32