cover
Contact Name
Aprezo Pardodi Maba
Contact Email
aprezopm@gmail.com
Phone
+6282289566677
Journal Mail Official
aprezopm@gmail.com
Editorial Address
Editorial Office of Bulletin of Counseling and Psychotherapy 3rd Floor of Building C Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung RA. Kartini Street No. 28 Purwosari North Metro, Lampung, Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Published by Kuras Institute
ISSN : -     EISSN : 26561050     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
BOCP aims to attract a broad spectrum of national and international readers and contributors. Articles are published that are of interest to counsellor educators as well as to practitioners working in schools, community agencies, university and college counseling centres, and other institutions in which psychological counseling is practised. We welcome articles dealing with: research reports of studies which have relevance to counseling practitioners; descriptions of new techniques or innovative programs and practices; discussions of current scientific issues; commentaries on current professional issues; critical summaries of published research and/or current issues of practice; and studies that increase our understanding of individuals, groups, and the society to help illuminate their counseling needs. The Editor will be pleased to consider brief rebuttals to articles or brief commentaries (perhaps only a page or two) on issues of immediate relevance to this profession.
Articles 15 Documents
KONSELING KELOMPOK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA Utami Fitri, Hartika; Kushendar, Kushendar
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 2 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.016 KB)

Abstract

Salah satu hambatan yang dialami oleh mahasiswa tahun pertama adalah kesulitan beradaptasi dari lingkungan terdahulu dengan lingkungan yang baru. Untuk itu tentu perlu suatu pencegahan terhadap penyakit mental serta meningkatkan hal yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mrngujicobakan konseling kelompok teknik restrukturing kognitf untuk meningkatkan resliensi akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain randomized pretest-postest control group design dengan melibatkan siswa 7 orang yang dipilih secara purposive random sampling dari 118 maahasiswa tahun pertama. Instrumen penelitian diadopsi dari Design My Future (DMF). Hasil analisis dengan menggunakan uji Paired Sample T-tes menunjukan bahwa konseling kelompok teknik restrukturing kognitf efektif untuk meningkatkan resliensi akademik mahasiswa (t(1,6)=14,1 p<0,05). Hasil peneltian menunjukan bahwa konseling kelompok teknik restrukturing kognitif efektif untuk meningkatkan resliensi akademik hal ini didasarkan atas pengaruh yang signifikan teknik restrukturing kognitif efektif untuk meningkatkan resliensi akademik mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang.
KONDISI PSIKOLOGIS REMAJA AKIBAT KURANGNYA PERHATIAN ORANGTUA DI DESA BALEKENCONO Wulandari, Ita; Hernisawati, Hernisawati; Tohir, Muhyiddin
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 2 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.727 KB)

Abstract

alam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengkaji keterkaitan dari faktor-faktor tersebut khususnnya tentang kedudukan individu dalam keluarga (hubungannnya dengan orangtua) terhadap kondisi psikis atau psikologisnya serta implikasinya terhadap prilaku individu tersebut didalam masyarakat Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara perhatian orangtua dengan kondisi psikologis remaja khususnya yang berada di desa Balekencono. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kasus (Case Study). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan data dengan kata-kata tertulis. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu snowball sampling dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta agket. Bedasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa lingkungan bergaul dan teman sepergaulan sangat mempengaruhi setiap individu.
TRACER STUDY ALUMNI JURUSAN BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM (BPI) FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG Musrin, Musrin; Marianti, Lena; Fitri, Hartika Utami
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 2 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.342 KB)

Abstract

Salah satu bentuk keberhasilan suatu institusi atau perguruan tinggi ialah dapat melahirkan alumni yang berkualitas karena alumni atau lulusan merupakan ujung tombak akuntabilitas sebuah universitas di mata masyarakat. Salah satu cara untuk menggali informasi yang berkaitan dengan transisi dari dunia pendidikan ke dunia pekerjaan adalah dengan melaksanakan tracer study. penelitian ini menggunakan metode survei, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Subyek penelitian  tracer study ini adalah alumni Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Tahun 2011-2013. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket/ kuisioner dan google doc. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan dekriptif persentase. Hasil dari penelitian ini diperoleh, tingkat keterserapan lulusan termasuk dalam kategori tinggi. Seluruh alumni sudah terserap kedunia kerja dengan masa tunggu yang variatif, selain itu bahan yang diperoleh dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam pengembangan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam yaitu kurikulum, peningkatan kegiatan belajar mengajar dan sarana prasarana program studi, serta kualitas akreditasi program studi
PSYCHOEDUCATIONAL GROUP ASSISTED WITH PROFESSION PUPPETS TO IMPROVE STUDENTS’ CAREER DECISION MAKING Meitasari, Meitasari; Hernisawati, Hernisawati; Maba, Aprezo Pardodi
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 1 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.9 KB)

Abstract

Career decision making is very important for individuals. In the adolescent phase, career decision making will play an important role in career development for the future of the individual itself. This study focuses on improving adolescent career decision making by using psychoeducational group services assisted by profession puppet. The purpose of this study was to determine the effectiveness of psychoeducational group assisted with profession puppet media. The method in this study used the Quasi-experiment with Pretest-Posttest Control Group Design. The validity of the instrument uses logical validity while the reliability test uses Alpha Cronbach obtained reliability coefficient on the scale of career decision making value ? = 0.877. Data analysis techniques use a t-test comparison of gain scores with confidence interval 95% ? = 0.05. This study has a value of Sig.2 (tailed) 0,000 <0,05, therefore it is in accordance with the basis of decision making in the t-test, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, and it means profession puppet within psychoeducational group proved effective to improve student career decision making.
THE URGENCY OF PSYCHOEDUCATIONAL GROUP WITH STORY TELLING METHOD TO IMPROVE INTERPERSONAL COMMUNICATION SKILL OF UNIVERSITY STUDENTS Jannati, Zhila
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 1 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.625 KB)

Abstract

Perkembangan dunia menuntut untuk semua bidang berkembang terlebih bidang pendidikan. Diera seperti ini penggunaan teknologi sangat dibutuhkan khususnya pada bidang bimbingan dan konseling tujuannya untuk membantu pelayanan guna mengembangkan perkembangan peserta didik, namun tentunya tidak menggeser core dari bimbingan konseling. Teknologi yang dilihat tidak hanya berupa hal negatif saja, melainkan bagaimana menjadikan hal yang negatif sebagai batu loncatan menjadi arah yang lebih positif. Oleh karena itu konselor yang secara keseluruhan memiliki kompetensi untuk mengembangkan teknologi, harus kreatif, inovatif dan berkembang agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman yang diikuti oleh perkembangan peserta didik.
BIMBINGAN KELOMPOK BERBANTUAN AL-QUR’AN: SEBUAH SOLUSI PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI MAHASISWA BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM Jannati, Zhila; Indri M., Dwi Bhakti
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 1 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.529 KB)

Abstract

Someone will be able to face various challenges in daily life if emotional intelligence is well developed. This study aims to find out how the psychoeducational group assisted with Al-quran can be a solution to improve student emotional intelligence. This research was used qualitative research method with 8 participants of Islamic Guidance and Counseling departement of Islamic State University (UIN) Raden Fatah Palembang. The results of this study indicate that emotional intelligence of students, which includes recognizing self-emotion, managing emotions, motivating oneself, recognizing the emotions of others, and building relationships, can be improved by giving psychoeducational group assisted with Al-qur'an. From the results of these studies it can be concluded that the psychoeducational group assisted with Al-qur'an can be a solution to improve student emotional intelligence.
PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG TERHADAP CYBERBULLYING DI JEJARING SOSIAL FACEBOOK Susanti, Devi; Jannati, Zhila; Razzaq, Abdur
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 1 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.88 KB)

Abstract

Ethics and morals are one of the most important parts that must be understood by users of Facebook which serve as guidelines for behavior of Facebook users to avoid the occurrence of cyberbullying. The purpose of this study is to determine the perception of High School 1 Sirah Pulau Padang towards cyberbullying on Facebook. The method used in this study is a qualitative research. The data collection techniques used in this study were interview, observation, and documentation. The results of this study are: 1) Students of High School 1 Sirah Pulau Padang on average already have a facebook account, 2) Perception of students of High School Negeri 1 Sirah Pulau Padang regarding cyberbullying as acts of violence or crimes on social media such as mutual ridicule and bullying each other on social media, 3) Students' perceptions of the most common forms of cyberbullying are Flaming and Harassment, 4) Perception of students of High School 1 Sirah Pulau Padang regarding the causes of perpetrators of cyberbullying namely because of revenge, fun or joking with their friends , and the feeling of disappointment or hurt from the perpetrator, 5) Students' perceptions of the impact of cyberbullying behavior, namely victims of cyberbullying feel aggrieved, disappointed, sad and lead to fights between students, and 6) Students' perceptions of appropriate penalties for cyberbullying, namely accounts Facebook from cyberbullying perpetrators is frozen until it can be followed up to the legal domain.
DEVELOPMENT GOALS 2030: TEKNOLOGI MUDAH GUNA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING Kushendar, Kushendar; Lacksana, Indra; Permana, Nurul Enggar; Yunita, Reni
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 1 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.211 KB)

Abstract

The world development demands all aspect to develop particularly on education. In this era, the technology is needed especially for guidance and counseling in order to improve the services quality but did not substitute the core of guidance and counseling. The negative effect of technology used to be the jumping stone to do positive things. Therefore, the counselors should have the competence to improve technology, creative, innovative, and keep improving. Thus, the counselors will able to follow the world technology development.
PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMA DAYAH INSHAFUDIN BANDA ACEH Abdi, Sofyan; Mafirja, Sulma
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 2 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.47 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Konseling Kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMA Dayah Inshafudin Banda Aceh.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu dengan one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Skala penyesuaian diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring, terbukti dari hasil analisis data menggunakan uji beda wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest diperoleh (-2.51<0.05). walaupun pada uji one way Anova menunjukkan nilai sig. (.949>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan secara signifikan tingkat penyesuaian diri siswa pada pre-test dan post-test kelompok penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penyesuaian diri siswa dapat ditingkatkan dengan layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring dan konseling kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring terbukti efekti untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa walaupun pada uji one way anava peningkatannya tidak signifikan.
URGENSI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE KISAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL Jannati, Zhila
Bulletin of Counseling and Psychotherapy Vol. 1 No. 2 (2019): Bulletin of Counseling and Psychotherapy
Publisher : Kuras Institute in Collaboration with Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.838 KB)

Abstract

Kemampuan komunikasi interpersonal sangat penting dalam menjalin dan menjaga hubungan yang baik antar sesama manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pentingnya bimbingan kelompok dengan metode kisah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpesonal mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode kisah berperan penting dalam meningkatkan keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Dari hasil penelitian tersebut dalam disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode kisah berperan penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpesonal mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Page 1 of 2 | Total Record : 15