cover
Contact Name
M. Ridhwan
Contact Email
ridhwan@stai-tbh.ac.id
Phone
+6285271649607
Journal Mail Official
asatiza@stai-tbh.ac.id
Editorial Address
Jl. Gerilya No. 12 Tembilahan Barat, Riau 29213
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
Asatiza: Jurnal Pendidikan
ISSN : 27210723     EISSN : 27163202     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini memuat tulisan hasil penelitian dan pemikiran tentang berbagai kajian dan implementasi teori di bidang Pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk mengkomunikasikan berbagai kajian Pendidikan seperti: hasil penelitian tentang Deradikalisasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Gender dan Pendidikan Islam, serta bidang Pendidikan lainnya kepada masyarakat luas
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
PERAN GURU DALAM MENANGANI PELANGGARAN DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 02 TEMBILAHAN KOTA Wini Wini
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Tembilahan Kota, dan Apa yang harus dilakukan guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru waka kesiswaan dan guru bimbingan konseling (BK) di SMKN 02 Tembilahan Kota yang berjumlah 13 orang, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menangani pelanggaran kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peran guru dalam menangani kedisiplinan siswa di SMKN 02 Tembilahan Kota, dapat penulis simpulkan ?baik? dengan persentase 72,43% interval berkisar antara 61%-80%. Adapun usaha yang dilakukan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa yaitumenumbuhkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang disiplin, memberikan bimbingan atau penyuluhan, dan Guru dan siswa harus bekerjasama dalam menegakkan kedisiplinan sekolah.   Kata Kunci: Peran Guru, Menangani Pelanggaran, Disiplin siswa
PENGARUH PENGETAHUAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ETIKET SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA PARIT 5 SUNGAI LUAR KECAMATAN BATANG TUAKA Irfan Irfan
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pendidikan karakter siswa (2) Mengetahui Etiket siswa (3) Mengetahui Pengaruhpendidikan karakter terhadap Etiket siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Regresi. Penelitian Regresi untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar satu variabel dengan variabel yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas IV dan V. Sampel diambil sebanyak 33orang dengan menggunakan sampel jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus Regresi Sederhana. Hasil analisa data angket dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendidikan karakter siswa dengan kategori ?cukup baik? dan persentase akhir 60,37%. (2) Etiket siswa dengan kategori ?cukup baik? dan persentase akhir 60,75%. (3) Ada pengaruh signifikanantara Pengetahuann Pendidikan karakter terhadap Etiket siswa dengan F hitung = 71,78 ? Ftabel = 4,17. Kata Kunci: Pengetahuan, Pendidikan Karakter, Etiket
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KREATIVITAS MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TEMBILAHAN Iki Nurjanah
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran impiris tentang penggunaan media powerpoint dan pengaruhnya terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengkaji tentang penggunaan media powerpoint dan pengaruhnya terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru PAI SMK Negeri 1 Tembilahan, Objeknya yaitu pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan, diperoleh  = 0,50  0 bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara penggunaan media powerpoint terhadap kreativitas mengajar guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan. Kata Kunci: Media Power Point, Kreativitas mengajar.
PELAKSANAAN METODE PEMBIASAAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BINA GENERASI TEMBILAHAN KOTA Khalifatul Ulya
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode pembiasaan ini dalam membiasakan unsur-unsur positif pada proses belajar mengajar Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bina Generasi Tembilahan Kota. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dan dokumentasi, dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif analitik prosentase. Dari analisis data yang dilakukan oleh penulis maka didapatkan hasil penelitian dari Berdasarkan hasil rekapitulasi hasil observasi Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota dikategorikan ?baik? dengan prosentase 78.57% yang berada diinterval 61%-80%. Kata Kunci: Pelaksanaan,Metode, Pembiasaan
PERANAN GURU DALAM MENANGANI PELANGGARAN DISIPLIN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL ISLAMIYAH KUALA LAHANG KECAMATAN GAUNG Nurvadila Nurvadila
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung. Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah Guru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu 6 orang wali kelas, wawancara kepala sekolah, BK, waka kesiswaan, walikelas dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dan dideskripsikan dengan pola pikir Induktif Deduktif. Selanjutnya data Kualitatif akan diubah ke dalam angka dengan menggnaakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari       Peranan guru dalam menangani pelanggaran disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Islamiyah Kuala Lahang Kecamatan Gaung dengan persentase 61,1% dikategorikan ?Baik? karena berada pada interval 61% - 80%. Kata Kunci: Peranan Guru, Disiplin Siswa
PENGARUH KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL JIHAD KECAMATAN TEMBILAHAN HULU Sepna Sari
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana pengaruh komunikasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu? Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan 130 orang siswa kelas tinggi, yaitu kelas IV, V, dan VI. Sedangkan sampel untuk siswa diambil sebanyak 20%, yaitu 130 x 120% = 26 orang siswa, dengan menggunakan jenis sampel random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus uji t. Dari hasil analisa data melalui observasi dapat disimpulkan bahwa Komunikasi dalam pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mencapai angka 72,69% dan dikategorikan baik, karena angka 72,69% terletak pada interval 61% - 80%. Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, mencapai angkai 50,32%, dan dikategorikan cukup baik, karena angka 50,32% terletak pada interval 61% - 80%. Dari data melalui observasi terhadap variabel X dan Y dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi dalam pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang ditunjukkan dengan angka 0,2 dan diinterpretasikan sangat rendah. Karena berdasarkan tabel t, nilai untuk 25 adalah 1,708. Sehingga thitung ? tabel, artinya 0,2 ? 1,708, maka Ho diterima, angka 0,2 terletak pada daerah penolakan, maka Ha ditolak dan Ho diterima. Kata Kunci: Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif.
PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 TEMBILAHAN Handayani, Puspita Dwi
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 25 orang siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 2 Tembilahan. Sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SMKN 2 Tembilahan dapat disimpulkan bahwa interaksi edukatif  guru di SMKN 2 Tembilahan berada pada kategori sedang yakni 62% sedangkan motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang yakni 52%, selain itu terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Tembilahan berdasarkan hipotesis Ha terima dan H0 ditolak dengan ketentuan hipotesis Fhitung 60,9>Ftabel 4,28. Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Motivasi Belajar
KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGIMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH TEMBILAHAN Syamrabusta, Rahman Sudaisih
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Subjek dalam penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Sedangkan objek penelitian adalah kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 guru. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tembilahan? nilai persentasenya adalah 74%, dan tergolong ?Baik? karena terletak pada interval 61%-80%. Kata Kunci: Kinerja Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Pendidikan Agama Islam
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 010 SUNGAI BERINGIN Sari Mahdalena; Moh. Sain
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 010 Sungai Beringin yang dibuktikan dengan diperolehnya hasil rata-rata ulangan siswa tanggal 19 juli 2018 mencapai 56,25 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 30 % yang terdiri dari 6 orang siswa yanng mencapai KKM dan 14 orang yang tidak tuntas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Selain itu juga pembelajaran yang diterapkan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingaga kurang bervariasi.  Hal tersebut memerlukan solusi yang tepat dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script pada matapelajaran IPS sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa kelas VA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai beringin.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin dengan berkolaborasi dengan guru matapelajaran IPS dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 5 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan catatan lapangan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VA pada matapelajaran IPS dari prasiklus rata-rata hasil belajar mencapai 56,25 dengan persentase ketuntasan 30 % dengan kategori kurang baik, rata-rata siklus 1 62.30 dengan persentase ketuntasan 45 % dengan kategori cukup baik dan rata-rata siklus 2 mencapai 83,10 dengan persentase ketuntasan 95 % dengan kategori sangat baik. Artinya penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar
PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 008 TEMBILAHAN HULU Misna Juwita; Yudhyarta, Deddy Yusuf
ASATIZA: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020 ASATIZA: Jurnal Pendidikan
Publisher : Program Studi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru dan apakah ada Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. Objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu.Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dilakukan dengan teknik statistik uji korelasi pearson product moment. Dari hasil data diperoleh hasil bahwa berdasarkan perhitungan pada taraf signifikansi 5 % diperoleh ttabel = 1,943. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau thitung: 12 ? tabel: 1,943, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada Pengaruh yang signifikan antara Sertifikasi Terhadap Kedisiplinan Mengajar Guru di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu Kata Kunci: Sertifikasi, Kedisiplinan Mengajar

Page 1 of 2 | Total Record : 20