cover
Contact Name
Iing Mustain
Contact Email
iing.mustain@akmicirebon.ac.id
Phone
+6281222839838
Journal Mail Official
jurnal@akmicirebon.ac.id
Editorial Address
Jln. Jendral Sudirman No. 156 Cirebon
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim
ISSN : 26849135     EISSN : 27221679     DOI : -
Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim (Jurnal Sitektransmar) merupakan jurnal yang memfokuskan kemaritiman dan memfasilitasi bagi para teknisi, pemerintah, pendidik, ilmuwan, peneliti, dan operator dan praktisi perkapalan, pemerhati lingkungan kelautan, dan penggiat pariwisata pantai dan laut, menejemen transportasi laut. Membahas tentang perkembangan teknologi, keteknikan, sains, dan menejemen transportasi laut dan kepelabuhanan. Topik yang dibahas diantaranya sains dan teknik perkapalan, nautika, navigasi, sistem pengerak mesin kapal, energi dan energi terbarukan kelautan, metodologi desain dan operasional kapal, produk teknologi dan pemerliharaan kapal, sistem dinamika dan kendali, sains material, kepelabuhan dan menejemen transportasi laut, pariwisata pantai dan laut, ekowisata kemaritiman, logistik, dan perusahanan pelayaran dan di bidang pendidikan vokasi kemaritiman.
Articles 20 Documents
Optimalisasi Relokasi Petikemas Di Pelabuhan Tanjung Perak Dalam Menunjang Kegiatan Bongkar Muat Pada PT. ABC: Pranyoto, Riyanto, Kundori*, I Nyoman Gede Muliawan Pranyoto; Riyanto; Kundori; I Nyoman Gede Muliawan
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Sitektransmar November 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelabuhan memiliki peranan penting dalam perekonomian negara untuk menciptakan pertumbuhan ekonominya. Pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratan dan perairan disekitarnya dengan batas–batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang dan bongkar muat barang, berupa terminal yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan/keamanan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antra moda transportasi. Penelitian ini berupaya uintuk menerangkan secara deskriptif terkait optimalisasi relokasi penanganan peti kemas yang dilakukan di pelabuhan untuk menunjang kelancaran proses bongkar muat dengan menggunakan metode kualitatif dan desain penelitian deskriptif sampel diambil PT. ABC sebagai sebuah representasi yang nantinya akan diambil sebagai sebuah tempat untuk mengetes desain penelitian ini dengan tujuan untuk mendapatkan konsep purposiveness yang sesuai. Berdasarkan Analisis data secara deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : yaitu persiapan-persiapan yang dilakukan dalam aktivitas pemeriksaan container dan pelaksanaan aktivitas penanganan container sampai selesai termasuk relokasi hingga ke container yard hambatan yang mempengaruhi aktivitas relokasi container yaitu sinyal wi-fi untuk tablet sering error (kehilangan sinyal) sehingga kerani lapangan gagal update status di system, lalu ditulis di surat jalan dan banyak bongkaran yang belum ter-input datanya rekomendasi bagi perusashaan dharapkan memahami pelakasanaan persiapan untuk pembongkaran dan penanganan hambatan secara komperehensif dan holistic secara optimal agar dapat menekan resiko keterlambatan proses bongkar
Optimalisasi Dalam Memperlancar Pengiriman Peti Kemas Dengan Menggunakan Aplikasi mySPIL: Studi Kasus Pada PT. Salam Pasific Indonesia Lines TBK Surabaya : Agus Hadi Purwantomo, S. Sumardi, Rufiajid Navy Abritia*, Hilda Emeraldo Ahmad Ediarsa Purwantomo, Agus Hadi; Sumardi; Rufiajid; Emeraldo Ahmad Ediarsa, Hilda
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Sitektransmar November 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Shipping is one of the service industries that are developing at this time, where the business field is shipping goods. Shipping companies are currently using more containers or containers in their shipping services. The use of these containers is useful for storing more and easier goods and packaged goods that do not experience damage. This study seeks to examine how the concept of the application of mySPIL in container shipments. This research refers to the application of mySPIL which is the first container shipping application in Indonesia capable of providing timeliness in the issuance of documents for container shipments need to be optimized through this application, it needs to be assessed using a qualitative method and descriptive data analysis technique samples taken at PT SPIL. Obtained the following research results: The implementation of containerized shipments using the mySPIL application makes it easy for service users or goods owners (shipper) to carry out container shipments. In addition to convenience, it can also save time and money, in addition encountered various obstacles which are the drawbacks of this application, among others, the mySPIL application can only be used for ordering, the need to adjust the offline method to an online method, as well as the lack of promotions or advertisements conducted by PT Salam Pasific Indonesia Line Tbk. about the mySPIL application.
Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan pada PT MK Semarang: Hari Sucahyowati*, Andi Hendrawan Sucahyowati, Hari; Hendrawan, Andi
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Sitektransmar November 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Employee engagement is a part of human resource studies. Employee engagement issues are a matter of concern because the impact of bad Employee engagement will result in employee performance being disrupted, even in various studies showing a significant relationship between Employee engagement and employee performance. This study aims to prove the impact of Employee engagement on the performance of employees of PT. MK is a company engaged in land and land transportation, export and import of goods. This study uses an exploratory analysis approach, which is the analysis used to analyze the relationship between the characteristics of respondents and the assessment of PT MK employees with employee involvement and employee performance. Approach. qualitative is done through observation and survey data collection. The influence of Employee engagement on the performance of Karywan PT. MK is very significant with a sig = 0.00. This means that there is an influence of Employee engagement on the performance of Karywan PT. MK . Semarang.
PENINGKATAN PEMAHAMAN PARA MUALIM TERHADAP PENGGUNAAN ECDIS GUNA MENUNJANG KESELAMATAN PELAYARAN: Capt. Mochamad Hermawan*; Mohammad Shohibul Anwar; Erwin Junius Hermawan, Capt. Mochamad; Shohibul Anwar, Mohammad; Junius, Erwin
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sitektransmar Mei 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Electronic Chart Display And Information System (ECDIS) adalah suatu alat navigasi berupa peta elektronik sesuai persyaratan peta terbaru konvensi SOLAS 1974 V/20 yang dapat diintegrasikan dengan ala-alat navigasi lainnya sehingga diperoleh posisi dan informasi navigasi lain untuk para mualim melakukan perencanaan pelayaran serta monitoring rute pelayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para Mualim dalam penggunaan ECDIS agar mencapai keselamatan dalam berlayar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mendeskripsikan melalui kata-kata dan bahasa dalam menjelaskan masalah atau fenomena yang diteliti. Untuk menjabarkan masalah digunakan jenis penelitian deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi dalam melakukan penelitian, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para mualim belum maksimal dalam penggunaan ECDIS sehingga diperlukan peningkatan pemahaman dan pengetahuan dalam menggunakan ECDIS agar keselamatan bisa diutamakan saat berlayar.
Pelaksanaan Sistem Pelayanan Penumpang Berbasis Boarding Pass Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang: Mega Buana Hadiana*, Andy Wahyu Hermanto Hadiana, Mega Buana; Hermanto, Andy
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Sitektransmar November 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang saat ini telah melaksanakan sistem pelayanan penumpang kapal laut dengan Boarding Pass. Dengan adanya pembaharuan sistem pelayanan dengan Boarding Pass, penulis masih menemukan beberapa permasalahan di lapangan. Beberapa permasalahan yang dapat disampaikan antara lain : bagaimana sistem pelayanan penumpang dengan menggunakan Boarding Pass, kendala apa saja yang dihadapi pada sistem pelayanan penumpang dengan menggunakan Boarding Pass, bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dari sistem pelayanan penumpang berbasis Boarding Pass di di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustak kepada petugas pelabuhan dan penumpang. Hasil penelitian yang didapat adalah sistem pelayanan berbasis Boarding Pass ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 dan sistem pelayanan penumpang sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 134 Tahun 2016 tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan. Namun masih terdapat kendala yang ada pada sistem pelayanan tersebut seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang kompeten, ketersediaan sarana prasarana yang minim, dan pelayanan penumpang kurang produktif. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut dapat antara lain dengan melakukan sosialisasi dan seminar mengenai penggunaan Boarding Pass kepada penumpang, membagikan brosur yang berisi langkah-langkah penggunaan Boarding Pass, menyediakan sarana prasarana yang memadai dan menegaskan terhadap kesigapan petugas dalam pelayanan terhadap penumpang sehingga kegiatan sistem pelayanan Boarding Pass dapat berjalan dengan lancar.
ANALISIS PENGARUH SUPPLY CHAIN INTEGRATION DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN: Studi Kasus Pada Perusahaan Freight Forwading Di Semarang: Supriyanto*, Lisda Rahmasari Supriyanto; Rahmasari, Lisda
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sitektransmar Mei 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supply chain integration dan inovasi terhadap kinerja perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Freight Forwading di Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan program spss versi 17 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supply chain integration berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan nilai probability 0.00 < 0.05 ; 2) Inovasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan nilai probability 0,06>0,05. Dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 72 %. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 72% kinerja perusahaan dipengaruhi oleh supply chain integration, dan inovasi sedangkan sisanya 28 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti
ANALISA PENGARUH PEMELIHARAAN TERHADAP KINERJA SISTEM PENDINGIN REFRIGERASI KAPAL: Sugeng Haryadi Haryadi, Sugeng
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sitektransmar Mei 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pendingin refrigeransi merupakan mesin pendingin dan salah satu perangkat bantu yang ada di kapal sebagai penunjang kelancaran pengoperasian kapal, dan memiliki fungsi yang penting, khususnya pendingin bahan makanan yang merupakan kebutuhan utama di atas kapal bagi seluruh Anak Buah Kapal (ABK). Sistem tersebut digunakan untuk menyerap panas pada ruangan tertentu sehingga suhu menjadi lebih rendah daripada suhu lingkungan. Prinsip kerja dari sistem ini adalah memindahkan panas dari reservoir bersuhu tinggi ke reservoir bersuhurendah. Sehinggs ruangan dapat digunakan untuk penyimpanan seperti halnya kulkas.Setiap mesin memerlukan perawatan secara berkala supaya tetap dalam kinerja yang baik. Dalam jurnal ini akan diperlihatkan pengaruh maintenance terhadap kinerja sistem pendingin refrigerasi
ANALISIS TATA KELOLA STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PADA PENDIDIKAN TINGGI VOKASI KEMARITIMAN DI INDONESIA: Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto*, Haryani Hartanto, Cahya Fajar Budi; Haryani
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sitektransmar Mei 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to reveal how the enactment of the provisions related to the standards of lecturer and educational staff in maritime vocational higher education in Indonesia. In the governance system, actually the existing regulatory instruments in Indonesia are sufficient. However, the problem is at the level of implementation with consideration of the limitations in vocational education. One of them is the limitation of lecturer and educational staff who meet the qualifications. This research uses literature study and direct observation conducted by researchers as a method of data collection. As for the discussion, a qualitative descriptive approach was used. The result of this study indicates that the governance of the standard of lecturer and educational staff in maritime vocational higher education still needs to be addressed to close existing gaps. The best solution to this problem is the willingness of all stakeholders to sit together to formulate things that so far have yet to be agreed upon. Hopefully, with better governance, there will be enough qualified lecturer and educational staff to support the achievement of overall Indonesian maritime quality standards. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemberlakuan dari ketentuan terkait standar pendidik dan tenaga kependidikan di pendidikan tinggi vokasi kemaritiman di Indonesia. Secara sistem tata kelola, sebetulnya perangkat peraturan yang ada di Indonesia sudah cukup. Namun, permasalahannya adalah pada tataran implementasi mengingat adanya keterbatasan-keterbatasan di pendidikan vokasi. Salah satunya adalah keterbatasan pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi kualifikasi. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dan observasi langsung yang dilakukan oleh peneliti sebagai metode pengumpulan data. Adapun dalam pembahasannya, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola standar pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan tinggi vokasi kemaritiman masih perlu terus dibenahi guna menutup celah-celah yang ada. Solusi terbaik dari permasalahan ini adalah adanya kesediaan seluruh pemangku kepentingan untuk duduk bersama merumuskan hal-hal yang selama ini masih belum dapat disepakati. Harapannya dengan tata kelola yang semakin baik, maka akan tersedia cukup pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas untuk menunjang tercapainya standar mutu kepelautan Indonesia secara menyeluruh.
Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Keagenan PT. Pelayaran Ekanuri Indra Pratama Di Tanjung Priok Jakarta: Sri Ayu Elvan, Septo Hindiantoro, Yahya Elvan, Sri Ayu; Hindiantoro, Septo; Yahya
Nama Jurnal Akmi Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Sitektransmar Vol. 1 No. 1 Mei 2019
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. Pelayaran Ekanuri Indra Pratama merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa pengoperasian kapal antara lain kapal milik sendiri dan keagenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan keagenan PT. Pelayaran Ekanuri Indra Pratama dan peranan PT. Pelayaran Ekanuri Indra Pratama dalam pelayanan jasa keagenan kapal. Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data adalah studi kepustakaan, penelitian lapangan, dan metode kualitatif. Dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. persepsi pengguna jasa mengenai kualitas pelayanan keagenan kapal dan kinerja karyawan dinilai sudah baik dan puas dalam menanggapi atau merespon keluhan dari pengguna jasa serta untuk meningkatkan kinerja SDM, perlu diberikan beberapa pelatihan yang handal.
PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI ATAS KAPAL: Andi Hendrawan Hendrawan, Andi
Nama Jurnal Akmi Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sitektransmar Mei 2020
Publisher : LPPM AKMI SUAKA BAHARI CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keselamatan kerja telah menjadi perhatian di antara pemerintah dan bisnis sejak lama. Faktor keselamatan kerja menjadi penting karena terkait erat dengan kinerja karyawan dan pada gilirannya pada kinerja perusahaan. Semakin banyak fasilitas keselamatan kerja, semakin sedikit kemungkinan kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan program keselamatan dan kesehatan kerja di kapal sebagai bagian dari manajemen. Program keselamatan dan kesehatan kerja, antara lain; penyuluhan, pelatihan, pemeriksaan kesehatan dan alat pelindung diri (APD). Metode penelitian yang digunakan didasarkan pada meta-analisis artikel konseling dan pelatihan yang dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang K3. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan dicapai dengan penyuluhan dan pelatihan. Peningkatan peng getahuan dan ketrampilan menjadi tujuan utama dalam program pelatihan dan penyuluhan. Pada umunya pada industri perlayaran APD sudah tercukupi dikarena mereka berusaha memenuhi aturan yang sangat ketat

Page 1 of 2 | Total Record : 20