cover
Contact Name
Dwi Sutadi T
Contact Email
dwi.sutadi@gmail.com
Phone
+6281802720790
Journal Mail Official
jurnalattauzi@steihamfara.ac.id
Editorial Address
PSEI STEI Hamfara Kenalan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul - DIY
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
At-Tauzi: Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : 20861184     EISSN : 27159043     DOI : 10.37820
Core Subject : Economy,
Journal At Tauzi is an academic journal with peer-reviewed process in Islamic Economic disciplines. Scientific and Research Articles dealing with Islamic Management, Islamic Banking, Islamic Finance, Islamic Business, Islamic Accounting, and related topics with Islamic economic are welcome.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 : Juni 2019" : 5 Documents clear
PERAN MEDIASI SIKAP PADA PENGARUH EDUKASI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH Nugroho, Sugeng
At-Tauzi : Jurnal Ekonomi Islam Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 : Juni 2019
Publisher : Pusat Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.472 KB)

Abstract

Keputusan nasabah untuk menabung di suatu bank syariah dipengaruhi oleh beberapa faktor, tiga di antaranya adalah faktor edukasi, faktor religiusitas, dan faktor sikap. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung faktor edukasi dan faktor  religiusitas terhadap keputusan nasabah menabung di BNI Syariah Cabang Yogyakarta dengan faktor sikap sebagai variabel intervening. Penelitian menggunakan data primer dari sampel sejumlah 100 responden yang ditetapkan secara nonprobability quota purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik path analysis dan memperoleh temuan bahwa jalur pengaruh langsung antara variabel edukasi (0.278<0.341) dan variabel religiusitas (0.087<0.098) dengan variabel keputusan nasabah lebih kecil dari jalur pengaruh tidak langsung. Sementara uji hipotesis, menerima H1, artinya ada peran mediasi variabel sikap pada pengaruh variabel edukasi dan variabel religiusitas terhadap variabel keputusan nasabah (0.000).
ANALISIS MANAJEMEN PENGENDALIAN MUTU PRODUKSI PADA BAKPIAPIA DJOGJA TAHUN 2016 BERDASAR PERENCANAAN STANDAR PRODUKSI Rusydah, Mardiyah; Utomo, Yuana Tri
At-Tauzi : Jurnal Ekonomi Islam Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 : Juni 2019
Publisher : Pusat Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1215.283 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa pengendalian mutu produksi pada bakpiapia berdasar perencanaan standar produksi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian mutu produksi pada bakpiapia berdasarkan perencanaan standar produksi sudah terkategori efektif dan efisien karena bakpiapia sudah memiliki pengukuran terkait standar kualitas bahan yang berkualitas dan halal, tenaga kerja terlatih, peralatan memadai, proses produksi yang teratur dan unggul dalam inovasi produk. Berdasarkan  hasil  penelitian  ini  maka  disarankan  kepada  pihak  bakpiapia Yogyakarta  untuk selalu meningkatkan mutu produksi yaitu tetap mengedepankan bahan baku yang halal serta proses produksi yang lebih higienis.
PERANAN CELPERANAN CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN JOGJA CUSHY CHEESEEBRITY ENDORSER DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN JOGJA CUSHY CHEESE Murtadlo, Mu'tashim Billah; Azizah, Yunisa
At-Tauzi : Jurnal Ekonomi Islam Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 : Juni 2019
Publisher : Pusat Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.505 KB)

Abstract

Dunia bisnis saat ini sedang dipimpin untuk dapat membuat iklan produk lebih kreatif dan inovatif, ini membuat selebriti menjadi sorotan yang menarik untuk dapat memperkenalkan produk-produk ini. Memperkenalkan produk kepada masyarakat akan membuat orang sadar akan keberadaan merek-merek ini, dan dapat menjadi alternatif bagi orang-orang dalam memilih produk serupa. Celebrity endorser dan Brand Awareness adalah bagian dari faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Awareness terhadap proses Keputusan Pembelian Konsumen Keju Jogja Cushy. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda, data dikumpulkan oleh kuesioner dari 100 responden. Hasil yang diperoleh bahwa Celebrity Endorser dan Brand Awareness memiliki pengaruh signifikan dan parsial secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dan variabel yang paling berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen adalah variabel brand awareness.    
PENGARUH KARYAWAN DAN JUMLAH KANTOR BANK SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN ASET BANK SYARIAH DI INDONESIA Basyariah, Nuhbatul; Mahyudin
At-Tauzi : Jurnal Ekonomi Islam Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 : Juni 2019
Publisher : Pusat Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.96 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh jumlah tenaga kerja dan jumlah kantor bank syariah terhadap pertumbuhan total aset pada perbankan syariah (BUS, UUS, dan BPRS) di Indonesia. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan data sekunder berupa data bulanan dari jumlah tenaga kerja, jumlah kantor, dan jumlah asset perbankan syariah (BUS, UUS, dan BPRS) periode Januari 2014 sampai Oktober 2018, bersumber dari Statistik Perbankan Syariah Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Diuji dengan regresi linier berganda yaitu Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jumlah tenaga kerja dan jumlah kantor perbankan syariah berpengaruh positif terhadap pertumbuhan aset pada perbankan syariah. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nila R Square adalah 0,553. Artinya, besarnya pengaruh jumlah tenaga kerja dan jumlah kantor terhadap pertumbuhan total asset perbankan syariah adalah sebesar 55.3 %. Sedangkan 45,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
ANALISIS KEPATUHAN SYARIAH IMPLEMENTASI PRINSIP BAGI HASIL PADA SIMPANAN MUDHARABAH DI KSPPS BINAMAS PURWOREJO Khudori, Soim
At-Tauzi : Jurnal Ekonomi Islam Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 : Juni 2019
Publisher : Pusat Studi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.144 KB)

Abstract

Bagi Hasil merupakan branding pada produk simpanan (tabungan) di Bank Syariah dan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS). Ada dua prinsip distribusi hasil usaha yang difatwakan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) boleh diimplementasikian, yaitu Profit Sharing dan Revenue Sharing. Penelitian ini bertujuan untuk mereview aspek kepatuhan syariah atas distribusi perhitungan basi hasil simpanan mudharabah di KSPPS Binamas Purworejo yang menggunakan prinsip Profit Sharing. Referensi syariah yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fatwa No. 15/DSN-MUI/IX/2000 dan PSAK No. 105 Pasal 11. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi. Alat analisis menggunakan pendekatan komparasi (comparation approach), dengan membandingkan struktur akuntansi perhitungan bagi hasil pada KSPPS Binamas dengan referensi syariah dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa perhitungan distribusi bagi hasil pada simpanan mudharabah di KSPPS Binamas Purworejo sesuai syariah atau telah memenuhi kepatuhan syariah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5