cover
Contact Name
Gusstiawan Raimanu
Contact Email
g.raimanu@unsimar.ac.id
Phone
+628114562270
Journal Mail Official
jurnaladministratie@unsimar.ac.id
Editorial Address
Lt. Dua Gedung B, Fak. ISIP, Universitas Sintuwu Maroso Jl. P. Timor No. 1. Poso
Location
Kab. poso,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administratie
ISSN : 2354659X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Administratie with registered number ISSN 2354-659X (print) is a multidisciplinary scientific journal published by Faculty of Social and Political Sciences Universitas Sintuwu Maroso. The scope of this journal concerns many problems in general or problems related to the science of public administration at the developing national level. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thinking or ideas and results of research that have been achieved in the fields of public administration, public policy, and governance. Particularly focused on issues in the development of public policy science and local governance. Broader coverage is administrative development, regional autonomy and bureaucracy, state apparatus, decentralization, development economics, public management, and social sciences which include public health, fiscal politics, and regional planning.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016" : 5 Documents clear
KUALITAS PELAYANAN APARATUR KELURAHAN PADA KANTOR LURAH KAYAMANYA KECAMATAN POSO KOTA KABUPATEN POSO Lagantondo, Herlan
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.99 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Aparatur Kelurahan kepada masyarakat Kelurahan Kayamanya kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso dan faktor ? faktor yang mempengaruhinya. Data yang digunakan adalah data primer, di peroleh dari hasil wawancara dan hasil jawaban quisioner serta data sekunder, di kumpulkan melalui hasil studi pustaka dan melalui penelusuran dokumen-dokumen resmi yang ada kaitannya dengan permasalahan penelitian. Metode dalam mengumpulkan data, adalah; Observasi, Wawancara, KuesioneR. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yaitu untuk menjawab kaitannya dengan permasalahan penelitian dengan menggunakan persentase melalui hasil yang dituangkan dalam tabel frekuensi serta memberikan penjelasan-penjelasan dari isi tabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwaKualitas Pelayanan yang diberikan Aparatur Kelurahan Kayamanya seperti; Lambatnya proses penyelesaian urusan, Aparatur kelurahan yang kurang informasi, Terbatasnya fasilitas sarana dan prasarana pelayanan, Aparatur Kelurahan yang kurang memahami teknologi informasi sehingga memperlambat dalam proses pelayanan. Faktor-Faktor Penghambat Adapun faktor penghambat kualitas pelayanan aparatur Kelurahan Kayamanya yaitu : Tingkat disiplin kerja aparatur Kelurahan Kayamanya belum sepenuhnya diselengarakan dengan baik sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat belum optimal, baik dari segi disiplin waktu maupun disiplin kerja.
IMPLEMENTASI BPJS TERHADAP PESERTA JAMKESMAS DI PUSKESMAS KAYAMANYA KECAMATAN POSO KOTA KABUPATEN POSO Saleh, Abdul Malik
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.04 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program BPJS di Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Teknik analisis data secara kualitatif dengan cara analisis konteks dari telaah pustaka dan analisis pernyataan dari hasil wawancara dari informan. Dalam Pengumpulan informasi melalui observasi dan wawancara. Hasil analisis menggambarkan bahwa implementasi program BPJS di Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota tentang cakupan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini terutama terlihat dari ukuran dan tujuan kebijakan program BPJS yang kemudian dibandingkan dengan hasil di lapangan tujuan yang dikonsepsikan sudah sesuai dengan keadaan yang ada di masyarakat. Faktor pendorong terhadap implementasi program BPJS dalam hal komitmen pimpinan politik yang ada di Kabupaten Poso senantiasa memberikan jaminan perlindungan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Untuk kemampuan organisasi pada dasarnya program ini sudah membantu untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam lingkup operasional kerja terutama dalam penyampaian program ke masyarakat. Untuk kerumitan yang melekat pada program itu sendiri bahwa petugas di Puskesmas Kayamanya mengaku sering bersitegang dengan para warga miskin yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dikarenakan proses ataupun prosedural dalam syarat-syarat administrasi yang ada.
FUNGSI KEPALA DESA SEBAGAI MEDIATOR DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI DESA LABUAN BAJO KECAMATAN LAGE KABUPATEN POSO Badu, Margaretha
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.485 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui fungsi kepala desa sebagai mediator dalam pelaksanaan pembangunan di desa labuan bajo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajiain data, dan penarikan kesimpulan. Kepala Desa sebagai Mediator belum melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, utamanya dalam penyelesaian Konflik. Faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi kepala desa sebagai mediator dalam meningkatkan pembangunan Desa di Desa Labuan Bajo Kecamatan Lage Kabupaten Poso yaitu belum optimalnya peran LPM dalam melibatkan masyarakat pada pelaksanaan Pembangunan Desa di Desa Labuan Bajo Kecamatan Lage Kabupaten Poso dan tidak adanya motivasi kerja.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN POSO PESISIR Thomassawa, Rilfayanti
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.826 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kinerja pegawai Kantor Camat Poso Pesisir Kabupaten Poso dan untuk mengetahui faktor ? faktor apa saja yang mempengaruhi komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kinerja pegawai Kantor Camat Poso Pesisir Kabupaten Poso. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk melukiskan secara sistematis, faktual, dan cermat dan berusaha memberikan gambaran tentang apa saja yang ada hubungannya dengan penelitian kemudian menganalisanya untuk menemukan pemecahan masalah yang dihadapi. Berdasarkan data yang telah peneliti kumpulkan mengenai komunikasi interpersonal dalam meningkatkan kinerja pegawai pada kantor Camat Poso Pesisir Kabupaten Poso, diketahui bahwa komunikasi vertikal dan juga komunikasi horizontal pada Kantor Camat Poso Pesisir Kabupaten Poso Kurang Baik.Komunikasi Interpersonal secara vertikal dan horizontal yang terjadi Pada Kantor Camat Poso Pesisir Kabupaten Poso Kurang Baik, di buktikan oleh mayoritas responden menjawab Kurang Baik pada setiap pertanyaan yang di tanyakan, dan di perkuat oleh jawaban Camat Poso pesisir Kabupaten Poso melalui wawancara. Faktor ? faktor yang mempengaruhi komunikasi Interpersonal dalam meningkatkan kinerja pegawai Kantor Camat Poso Pesisir Kabupaten Poso adalah, Secara emosional pimpinan tidak dekat dengan bawahan, gaya kepemimpinan yang sedikit otoriter, terjadi persaingan negatif antar sesama pegawai.
BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMP NEGERI 5 POSO KOTA UTARA KABUPATEN POSO Akib, Karmila
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 6 No. 1 Edisi Maret 2016
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.598 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui biaya operasional sekolah pada SMP Negeri 5 Poso Kota Utara serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa dengan adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 101 Tahun 2013 sudah memberikan dampak yang maksimal terhadap pemenuhan komponen-komponen pembiayaan sekolah. Namun, masih ada pembiayaan yang tidak sesuai seperti pembelian baju batik dan baju olahraga siswa yang secara aturan tidak bisa menerima seragam gratis kecuali penerima memiliki kartu perlindungan sosial. Biaya operasional sekolah tidak ditentukan oleh besaran jumlah siswa yang ada di sekolah, tapi ada beberapa faktor lain yang menjadi juga sangat mempengaruhi beban belanja sekolah yaitu : jumlah dana yang di terima, jumlah guru dan pegawai dan jumlah sarana dan prasarana sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5