cover
Contact Name
Gusstiawan Raimanu
Contact Email
g.raimanu@unsimar.ac.id
Phone
+628114562270
Journal Mail Official
jurnaladministratie@unsimar.ac.id
Editorial Address
Lt. Dua Gedung B, Fak. ISIP, Universitas Sintuwu Maroso Jl. P. Timor No. 1. Poso
Location
Kab. poso,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administratie
ISSN : 2354659X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Administratie with registered number ISSN 2354-659X (print) is a multidisciplinary scientific journal published by Faculty of Social and Political Sciences Universitas Sintuwu Maroso. The scope of this journal concerns many problems in general or problems related to the science of public administration at the developing national level. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thinking or ideas and results of research that have been achieved in the fields of public administration, public policy, and governance. Particularly focused on issues in the development of public policy science and local governance. Broader coverage is administrative development, regional autonomy and bureaucracy, state apparatus, decentralization, development economics, public management, and social sciences which include public health, fiscal politics, and regional planning.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017" : 6 Documents clear
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DI DESA TANAMAWAU KECAMATAN TOJO BARAT KABUPATEN TOJO UNA-UNA Badu, Margaretha
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.162 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Tanamawau Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una dan untuk mengetahui faktor-faktor mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Tanamawau Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data di analisis secara deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan ciri-ciri atau karakteristik variabel-variabel mulai dari pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa fungsi BPD Desa Tanamawau Kecamatan Tojo Barat dalam menetapkan peraturan desa bersama kepala desa belum maksimal karena aktifitas pertemuan unutuk menetapkan peraturan desa bersama-sama dengan kepala desa hampir tidak pernah dilaksanakan dan dalam mekanisme pembuatan peraturan desa masyarakat tidak dilibatkan, walaupun sebagian menganggap bahwa seluruh anggota BPD sudah merupakan representase dari sejumlah elemen masyarakat. Fungsi BPD kedua dalam mengawasi pelaksanaan peraturan desa belum maksimal karena kurangnya pengawasan dari BPD sendiri dan kurangnya keterlibatan tokoh masyarakat dalam pangawasan. Sumber daya Manusia untuk ketua danĀ  anggota BPD desa Desa Tanamawau Kecamatan Tojo Barat selaku pihak pengawas masih lemah. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Tanamawau Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una adalah Kurangnya pembinaan dari Pemerintah dan Sumber Daya Manusia yang masih rendah.
PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI DESA MALITU KECAMATAN POSO PESISIR SELATAN KABUPATEN POSO Akib, Karmila; Tepare, Olfi Alfionita
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.467 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui Peranan Pemerintah Desa Malitu Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Desa Malitu Kecamatan Poso Pesisir Selatan Kabupaten Poso serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukan bahwa peran pemerimtah dalam pembangunan infrastruktur jalan di Desa Malitu belum berperan secara efektif, khususnya pengawasan. Hal ini dilihat dari hasil yang sudah ada bahwa adanya jalan kantong produksi yang tidak selesai dikerjakan. Sedangkan, faktor ? faktor yang mempengaruhi peran pemerintah desa dalam pembangunan infrastruktur jalan adalah terbatasnya sarana komunikasi dan sumber daya manusia atau SDM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam bidang perencanaan, peran pemerintah Desa Malitu sudah berperan secara aktif. Dalam proses pelaksanaan belum berjalan dengan baik dan dalam bidang pengawasan, pemerintah Desa Malitu, belum melakukan pengawasan secara optimal.
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN GEBANGREJO KECAMATAN POSO KOTA KABUPATEN POSO Marande, Yunruth
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.782 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurhan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurhan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Data di analisis secara kualitatif deskriptif untuk memberikan gambarkan mengenai permasalahan penelitian. Dalam pengumpulan data, metode yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan melalui kuisioner. Hasil penelitian mengenai 5 indikator yang ada pada kualitas pelayanan publik pada Kantor Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso adalah Bukti fisik (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), Perhatian (empathy). Selain itu yang menjadi faktor- faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso adalah Sumber daya manusia dan kedisiplinan petugas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kabupaten Poso belum optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyararakat karena masih terdapat pelayanan yang masih kurang baik sehingga masih perlu ditingkatkan.
ANALISIS KINERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN POSO Pandipa, Abd. Khalid HS
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.414 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah Mengetahui Kinerja Pegawai Pada Inspektorat daerah Kabupaten Poso. Dan Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Inspektorat daerah Kabupaten Poso. Lokasi Penelitian adalah di Inspektorat Daerah Kabupaten Poso. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari obyek penelitian dan data sekunder yaitu data yang bersumber dari literatur dan dokumen-dokumen yang berasal Inspektorat Daerah Kabupaten Poso atau instansi yang berkaitan dengan penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner atau daftar pertanyaan. Kemudian data penelitian ini dianalisis secara deskriptif, yaitu memberikan gambaran tentang kinerja pegawai pada Inspektorat daerah Kabupaten Poso kemudian dimasukan dalam tabel frekuensi dan kemudian dilakukan persentase dan selanjutnya dilakukan penjelasan-penjelasan dari data tersebut Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kinerja pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten Poso diukur dari aspek kuantitas masih berada pada kategori cukup dan dari aspek kualitas kategori kurang, serta dari aspek ketepatan waktu masih kategori kurang tepat waktu. Hal ini dapat diketahui dari tanggapan responden. Kesimpulan tersebut didapat berdasarkan 35 responden, yang mengatakan kinerja organisasi dari segi kuantitas, yang mengatakan banyak sejumlah 7 orang atau 20,0 %. Mengatakan cukup sebanyak 19 orang atau 54,3 %, dan mengatakan kurang sebanyak 9 orang atau 25,7 %. Selanjutnya dari 35 responden, yang mengatakan kinerja organisasi dari segi kualitas baik sebanyak 3 orang atau 8,6 %. Mengatakan cukup sebanyak 13 orang atau 37,2 %, dan mengatakan kurang sebanyak 19 orang atau 54,3 %. Sedangkan dari 35 responden, yang mengatakan tepat waktu sebanyak 8 orang atau 22,8 %, dan mengatakan kurang tepat waktu sebanyak 20 orang atau 57,2 %, dan mengatakan tidak tepat waktu sebanyak 7 orang atau 20 %. Faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai Inspektorat Daerah Kabupaten Poso adalah pengalaman kerja dan kesadaran pegawai.
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN TUGAS OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH TK DAN SD PADA UPTD DISDIKBUDPORA KECAMATAN SOYO JAYA KABUPATEN MOROWALI UTARA Syuaib, Moh. Rusli
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.057 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Pelaksanaan Tugas Operasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah TK dan SD Pada UPTD Disdikbudpora Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara. Adapun Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, kuisioner dan wawancara dan Analisa Data dilakukan secara deskriptif kualitatif berdasarkan indikator yang sudah ditetapkan. Secara Umum, pelaksanaan tugas operasional dalam meningkatkan mutu pendidikan Sekolah TK dan SD pada UPTD Disdikbudpora Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara belum efektif karena itu disarankan terkait penyusunan pengembangan kurikulum sekolah serta pembinaan urusan kesiswaan agar lebih maksimal lagi supaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dapat tercipta dan adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah melalui suatu kegiatan pengkoordinasian yang lebih optimal.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR LURAH UEMALINGKU KECAMATAN AMPANA KOTA Lahada, Galib
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 8 No. 1 Edisi Maret 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.208 KB)

Abstract

Persepsi masyarakat adalah merupakan proses penilaian masyarakat terhadap obyek tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi pada Kantor Lurah Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Lurah Uemalingku Kecamatan Ampana Kota. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang di peroleh langsung dari obyek penelitian melalui wawancara langsung kepada responden sedangkan data sekunder yaitu data yang bersumber dari kantor lurah atau instansi yang berkompeten yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Data di analisis secara kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan permasalahan penelitian serta memberikan penjelasan-penjelasan tersebut. Hasil penelitian Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi pada Kantor Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-una secara umum dapat dikatakan Cukup Baik, berdasarkan analisis beberapa indikator diantarannya yaitu kesederhanaan, kepastian waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses dan disiplin. Faktor-Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pelayanan administrasi pada Kantor Kelurahan Uemalingku Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-una adalah sebagai berikut: Faktor pendukung adalah Informasi pelayanan administrasi yang memadai, kerjasama yang baik antara aparatur dengan masyarakat, penampilan dan cara berpakaian aparatur dalam memberikan pelayanan administrasi. Sedangkan Faktor penghambat adalah Keterbatasan kemampuan dan keterampilan aparatur dan Kelambatan aparatur dalam menyelesaikan urusan pelayanan. Berdasarkan kesimpulan yang telah diuraikan di atas, maka disarankan: Perlunya meningkatkan keterampilan dan kemampuan aparatur kelurahan sesuai dengan keahlian masing-masing, sehingga di dalam pengurusan pelayanan administrasi kepada masyarakat tidak bergantung pada beberapa aparatur saja, yang mengakibatkan proses pelayanan mengalami hambatan, misalnya pelatihan dalam penggunaan peralatan komputer dan cara mengoperasikannya; sebaiknya pelayanan lebih di tingkatkan lagi misalnya mengarahkan masyarakat sesuai prosedur yang berlaku dan tidak berbelit-belit, sehingga masyarakat tidak merasa rugi waktu. Perlunya meningkatkan keefesensian dan keefektifan di segala tindakan aparatur dalam menyelesaikan urusan pelayanan administrasi ke masyarakat, yang ditindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan agar pelayanan lebih cepat namun tetap cermat dan tepat sehingga faktor kualitas tidak terabaikan. Kemudian keramahan yang penting dari aparatur kelurahan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6