cover
Contact Name
Gusstiawan Raimanu
Contact Email
g.raimanu@unsimar.ac.id
Phone
+628114562270
Journal Mail Official
jurnaladministratie@unsimar.ac.id
Editorial Address
Lt. Dua Gedung B, Fak. ISIP, Universitas Sintuwu Maroso Jl. P. Timor No. 1. Poso
Location
Kab. poso,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Administratie
ISSN : 2354659X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Administratie with registered number ISSN 2354-659X (print) is a multidisciplinary scientific journal published by Faculty of Social and Political Sciences Universitas Sintuwu Maroso. The scope of this journal concerns many problems in general or problems related to the science of public administration at the developing national level. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thinking or ideas and results of research that have been achieved in the fields of public administration, public policy, and governance. Particularly focused on issues in the development of public policy science and local governance. Broader coverage is administrative development, regional autonomy and bureaucracy, state apparatus, decentralization, development economics, public management, and social sciences which include public health, fiscal politics, and regional planning.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017" : 4 Documents clear
RESPONS MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT PAMONA TENGGARA KABUPATEN POSO Lagantondo, Herlan
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.414 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana Respons Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei sebagai dasar dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi dengan melibatkan informan yang berkompeten dan bisa dianggap dapat memberikan informasi yang dibutuhkan serta penelusuran data atau dokumen ? dokumen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan menjelaskan atau menggambarkan data yang diteliti atau di dapatkan dari lapangan, baik data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, maupun dari data sekunder yang diperoleh melalui penelusuran pustaka dan dokumen dari berbagai sumber resmi. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa Respons masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso dilihat dari kriteria kualitas pelayanan publik adalah Tangibles (bukti langsung), Reliability (kehandalan), Responsiveness (kepekaan/daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati). Namun dari hasil wawancara dari sebagian besar informan penelitian mengatakan bahwa dari kelima kriteria tersebut belum maksimal dijalankan dalam pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso sehingga mendapat respons kurang baik dari masyarakat. Adapun faktor yang mempengaruhi faktor utama yang mempengaruhi respons masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Camat Pamona Tenggara Kabupaten Poso, yaitu SDM Pegawai yang masih rendah dan Sarana dan Prasarana Kantor yang belum memadai.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DI DESA KOLAKA KECAMATAN MORI ATAS KABUPATEN MOROWALI UTARA Badu, Margaretha; Ampugo, Juneas Mahani
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.299 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Kolaka Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali Utara, serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, Data yang digunakan dalam penelitian ini, masing-masing; data primer, yaitu data yang di peroleh dari hasil observasi dan wawancara serta data sekunder, yaitu data yang di kumpulkan melalui hasil studi pustaka dan melalui penelusuran dokumen-dokumen resmi yang ada kaitannya dengan permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1). Partisipasi masyarakat dalam kegiatan perencanaan pembangunan di desa Kolaka Kecamatan Mori Atas, adalah masih rendah ; 2). Partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan, dalam berbagai hal dapat dikategorikan masih rendah ; 3). Partisiapsi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap pembangunan desa yang sudah dilakukan selama ini, dapat dikategorikan masih rendah. Adapun faktor yang dinilai mempengaruhi sehingga partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa Kolaka Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali Utara masih kurang adalah faktor motivasi dari masyarakat desa Kolaka itu sendiri.
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MORI UTARA KABUPATEN MOROWALI UTARA (STUDI PELAYANAN E-KARTU TANDA PENDUDUK) Thomassawa, Rilfayanti
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.068 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP) Di Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektonik (e-KTP). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dilapangan berdasarkan observasi dan wawancara akan dianalisis menurut model interaktif yaitu direduksi, disajikan dan ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa : Indikator Bukti Langsung menjadi salah satu indikator yang bermasalah karena tidak adanya ketersediaan formulir atau blanko pendaftaran e-KTP. Untuk Indikator Keandalan tidak ditemukan adanya masalah karena petugas selalu dengan cepat memberikan pelayanan. Indikator Daya Tanggap dalam menyelesaikan keluhan dari pemohon pembuatan e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) belum berjalan dengan baik karena terkadang keluhan itu bukan karena kesalahan petugas akan tetapi karena sistem yang berlaku.Untuk indikator Jaminan petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan kepada pemohon pembuatan Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) memang tidak membeda-bedakan pemohon yang satu dengan pemohon yang lainnya. Dalam memberikan pelayanan petugas pelayanan sudah bersikap adil tanpa membeda-bedakan pemohon. Indikator Empaty menunjukan bahwa antara petugas pelayanan dan pemohon pembuatan e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) berkomunikasi dengan baik antara satu dengan yang lainnya, sehingga segala bentuk kesalahan dapat diselesaikan dengan baik. Fasilitas pelayanan dan jaringan internet merupakan faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan e-KTP di Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara.
PERANAN SATUAN POLISI LALU LINTAS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI DOKUMEN KEPEMILIKAN KENDARAAN BERMOTOR PADA POLISI RESORT (POLRES) POSO Akib, Karmila; Juliana, Gilang Aburizal
Jurnal Ilmiah Administratie Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Administratie Vol. 9 No. 1 Edisi September 2017
Publisher : Jurnal Ilmiah Administratie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.324 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Satuan Polisi Lalu Lintas dalam memberikan pelayanan administrasi dokumen kepemilikan kendaraan bermotor pada Polisi Resort (Polres) Poso. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota Satuan Polisi Lalu Lintas yang ada di Polres Poso yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan administrasi dokumen kepemilikan kendaraan bermotor pada Polres Poso pada umumnya sudah baik baik dari segi efisiensi, efektivitas, responsivitas, reability dan tangibles. Namun perlu peningkatan. terutama sumberdaya manusia yang bertugas di Satlantas Polres Poso dan ketepatan pelayanan. Serta pada pendidikan dan pelatihan pegawai sebagai upaya peningkatan pelayanan anggota Satlantas bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap anggota Satlantas tetapi sekaligus merupakan prasyarat pertimbangan pembinaan karir dan prestasi kerja secara efektif dan efisien. Fasilitas sarana pelayanan secara kuantitas masih belum memadai, sehingga masih perlu upaya untuk melengkapinya. Berdasarkan perencanaan kebijakan yang diambil pimpinan harus mempertimbangkan secara matang serta perlu adanya koordinasi yang baik antara pimpinan serta para anggota di Polres Poso agar program pelayanan dapat berjalan dengan baik. Dan perlu adanya pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kemampuan serta pembinaan karir anggota Satlantas serta peningkatan sarana dan prasarana penunjang sehingga akan dapat memperlancar pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 4