cover
Contact Name
Nasib Tua Lumban Gaol
Contact Email
nasib.t.lumbangaol@gmail.com
Phone
+6285362996917
Journal Mail Official
junssihotang@iakntarutung.ac.id
Editorial Address
Kampus I : Jalan Pemuda Ujung No. 17 Tarutung Kampus II : Jalan Raya Tarutung-Siborongborong KM 11 Silangkitang Kec.Sipoholon Kab. Tapanuli Utara
Location
Kab. tapanuli utara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Christian Humaniora
ISSN : 25986317     EISSN : 25991965     DOI : 10.46965
Jurnal Christian Humaniora Jurnal Christian Humaniora (JCH) merupakan salah satu media publikasi yang menghimpun karya ilmiah berkaitan dengan ilmu sosial humaniora yang berbasiskan kekristenan. JCH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. Dalam satu tahun, JCH menerbitkan 10 artikel pada masing-masing terbitan di bulan Mei dan November. Scope Pendidikan Agama Kristen, Sosiologi Kristen, Manajemen Pendidikan Kristen, Musik Gerejawi, Filsafat Kristen, Psikologi Kristen, Pastoral Konseling, dan Kepemimpinan Kristen.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): November" : 10 Documents clear
POLA MENDIDIK DI SINAGOGA DALAM TRADISI ISRAEL DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Saragih, Erman Sepniagus
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.124

Abstract

Abstract: The current of globalization is unstoppable and has an impact on culture, society, economics, and social relations. Christian Education has an important role in planting spiritual values as a practical control of the current flow of globalization. The purpose of this article is to raise the history of the educational process, the theological foundation as a pattern of education in the Synagogue in the tradition of teaching Israel which has implications for present-day Christian Education. The method used is the analysis of the content of the relevant literature. The results obtained are that the pattern of education in the Israeli tradition prioritizes God as true wisdom knowledge, experience-based learning with God (spirituality), curriculum grouping based on age, misyna is interpretation learning methods by adjusting words that are understood without reducing real meaning, and besides learning rabbis are done in an integrated manner with parents every day as God's command.BAHASA INDONESIA ABSTRACT: Arus globalisasi tidak terbendung dan berdampak pada budaya, masyarakat, ekonomi dan relasi sosial. Pendidikan Agama Kristen memiliki fungsi strategis dalam penanaman nilai-nilai spiritual sebagai kontrol praksis arus globalisasi masa kini. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengangkat kepermukaan sejarah terjadinya proses pendidikan, landasan teologis sebagai pola pendidikan di Sinagoga dalam tradisi mengajar Israel yang berimplikasi pada pendidikan kristen. Metode yang digunakan adalah analisys content terhadap literatur yang relevan. Hasil yang diperoleh adalah pola pendidikan dalam tradisi Israel mengutamakan Allah sebagai pengetahuan hikmat sejati, pembelajaran berbasis pengalaman dengan Allah (spiritualitas), pengelompokan kurikulum berdasarkan usia, misyna metode pembelajaran penafsiran dengan penyesuaian kata-kata yang dipahami tanpa mengurangi makna sebenarnya, dan selain Rabi pembelajaran dilakukan secara terintegrasi dengan orang tua tiap harinya sebagai implementasi perintah Allah.Keywords: Israel, Christian, Education, Sinagoge
NOMMENSEN DAN PARIWISATA ROHANI SALIB KASIH TARUTUNG Hutagalung, Roy J. M.
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.129

Abstract

Artikel ini merupakan kajian pustaka yang diolah menjadi suatu informasi dalam mengungkap Nommensen dikenang dengan pariwisata rohani Salib Kasih Tarutung. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dari segi daya tarik atau atraksi wisata maka wisata religi tergolong kepada buatan manusia (Man made), manusia membuat tempat pariwisata, atau dalam hal ini keperdulian pemerintah kabupaten tapanuli utara membangun monumen, untuk mengenang misionaris Kristen yang bernama Nommensen tujuannya disamping untuk mengenang peristiwa penyebaran agama Kristen di tanah Batak tetapi juga sebagai tempat pariwisata. Kata kunci: Nommensen, pariwisata rohani, salib kasih
PERSEPSI SISWA KELAS X TENTANG KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAK DALAM MENGGUNAKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIBORONG-BORONG KABUPATEN TAPUT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Simatupang, Ronny
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong Kabupaten Taput Tahun Pembelajaran 2018/2019, dengan hipotesa 70 % dari yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang berjumlah 163 orang dan sampel diambil 30 % sehingga sampel berjumlah 49 orang. Instrument penelitian berupa angket tertutup. Uji coba dilakukan dengan menggunakan teknik sample random kepada 30 siswa kelas X di luar sampel penelitian. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson diperoleh r hitung r tabel (0,05.30) yaitu berada diantara 0,424 s/d 0,728 0,361 dengan demikian instrumen dikategorikan valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus Formula Alpha diperoleh r 11 = 0.930 berada pada kategori sangat tinggi, dengan demikian instrument reliabel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong = 77.01 % berada pada kategori baik, artinya siswa sudah memahami dengan baik Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK. Hasil analisis indikator berada pada kategori baik, setiap item angket menunjukkan bahwa hasil persepsinya pada umumnya sudah berada pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung dengan t tabel = 5,651 t tabel = 1,684, maka disimpulkan bahwa Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong 70 % diterima kebenarannya.Kata Kunci: Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK
SUKSESI KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRISTEN Panggabean, Justice Zeni Zari
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.127

Abstract

Abstract: A leadership succession is a leadership change buid the next generation. A successful leader is gained through serving, not power or authority. The objectives are to elaborate theoretical study on leadership succession, explain the implication of Christian education on leadership succession, and explain Christian perspective regarding leadership succession. The result shows that leadership succession requires balance between character and strategy. Christian education becomes norm and standard for leaders in thought, words, and deed. The conclusion is that from Christian perspective, leadership succession is created from the real leadership character in truth and kindness and it affects the quality, competitive excellence and integrity. BAHASA INDONESIA ABSTRACT: Suksesi kepemimpinan adalah suatu peralihan membangun generasi berikutnya. Seorang pemimpin yang berhasil (suksesi kepemimpinan) diawali dari tugas pelayanan bukan sebagai penguasa atau pejabat. Dalam karya ilmiah ini memiliki tujuan penulisan yaitu : pertama, menguraikan tentang kajian teoritis suksesi kepemimpinan. Kedua, memaparkan implikasi pendidikan Kristen terhadap suksesi kepemimpinan. Ketiga, memaparkan perspektif pendidikan Kristen dalam suksesi kepemimpinan. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa suksesi kepemimpinan memerlukan keseimbangan karakter dan strategi. Pendidikan Kristen berimplikasi sebagai kaidah dan patokan, menjadi norma bagi seorang pemimpin, pikiran, perkataan dan perbuatan. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa suksesi kepemimpinan dalam perspektif pendidikan Kristen terwujud dari karakter pemimpin yang nyata dalam kebenaran dan kebaikan, yang berdampak pada kualitas, keunggulan yang kompetitif dan berintegritasKeywords: Leadership Succession, Christian Education Perspective
ANALISIS PENGEMBANGAN VARIASI MENGAJAR GURU SEKOLAH MINGGU Sitorus, Hisardo
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.132

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan variasi mengajar guru sekolah minggu. Penelitian ini dilakukan di GKPI Lumban Inaina Resort Siborongborong Wilayah Humbang Tahun 2017. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah guru sekolah minggu berjumlah 40 Orang. Melalui hasil perhitungan akumulasi setiap Indikator yang telah diperoleh dari lapangan: 1. Variasi suara dan sikap guru sejumlah 42,97222 masuk dalam kategori cukup. 2. Variasi media dan bahan sejumlah 49,65789 dalam kategori cukup. 3 Variasi interaksi sejumlah 52,46154 dalam kategori cukup. Berdasarkan pembahasan hasil maka hipotesa dirumuskan melalui penelitian bahwa terdapat variasi mengajar guru sekolah minggu masih dalam kategori cukup. Artinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya guru sekolah minggu masih memprihatinkan untuk itu perlu diberikan pengetahuan tentang penguasaan variasi mengajar yang mencakup: bagaimana seharusnya variasi suara dan sikap guru mengajar yang lebih baik? apa media dan bahan yang harus diperlukan? dan bagaimana menerapkan variasi interaksi sehingga masuk dalam kategori kuat atau sangat kuat?Kata-kata kunci: Mengajar Guru, Sekolah Minggu
EFEKTIFITAS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA DI SEKOLAH MINGGU BNKP Harefa, Senida
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Pada Pembelajaran Sekolah Minggu BNKP dengan menggunakan Metode penelitian adalah Penelitian Pengembangan, dengan jumlah Populasi 30 Orang dan Sampel 25 Orang anak Sekolah Minggu dan 5 Orang Guru Sekolah Minggu, menggunakan Instrumen Penelitian Angket, Teknik analisa data deskriptif persentase.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Efektifitas Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Sekolah Minggu BNKP lebih tinggi dari 80% dari Kriteria yang diharapkan. Disimpulkan bahwa Efektifitas Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Sekolah Minggu BNKP mencapai Rata-rata: 95% (kriteria Sangat Baik) Kata Kunci: Efektifitas, Sumber Belajar, Multimedia, Sekolah Minggu
IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN NARRATIVE WRITING THROUGH CONSULTANCY PREWRITING PROTOCOL Sianipar, Rafita Tioria
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.125

Abstract

Abstract: This study attempted to improve students’ achievement in narrative writing by applying Consultancy Prewriting Protocol Technique. This study was conducted by using classroom action research. The subject of this research was the students of second year of one of senior high schools in Medan with the total of 43 students. The research was conducted into two cycles consisted of six meetings. The instruments for collecting the data were tests, diary notes, observation sheets, and interview. Based on the data analysis, the mean of the students’ score for the orientation test was 52.51, for test I (cycle 1) was 61.39 and for test II (cycle 2) was 76.58. The conclusion is Consultancy Prewriting Protocol Technique can improve the students’ achievement in narrative writing.Keywords: Students achievement, narrative writing, Consultancy Prewriting Protocol
PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN PENGETAHUAN TENTANG TEORI MUSIK DENGAN BERMAIN ALAT MUSIK ORGAN Simamora, Lince Rauli Ture
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan pengetahuan tentang teori musik dengan bermain alat musik organ mahasiswa jurusan pendidikan musik gerejawi di IAKN Tarutung. Sampel penelitian ini berjumlah 55 orang. Teknik analis data digunakan adalah uji kuesioner serta study kepustakaan. Uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji analisis regresi, linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t uji f dan uji koevisien determian R2 . Berdasarkan hasil diperoleh persamaan  regresi sebagai berikut: Hasil Belajar Teori Musik = 4,165 + 0,250 (X1) + 0,010 (X2) + E. Nilai Adjusted R Square diperoleh sebesar 0,430 atau sebesar 43%, berarti 43% pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, sisanya 57% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara stimulan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, pengetahuan teori musik berpengaruh positif signifikan. Menunjukkan variabel pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan pengetahuan teori musik mempengaruhi sebanyak 43% terhadap hasil belajar teori musik.Kata kunci: Sumber belajar, bermain alat musik organ.
BERTEOLOGI DENGAN SUARA HATI (SUATU PENDEKATAN PASTORAL BAGI PENCANDU NARKOBA) Simanungkalit, Robinson
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.126

Abstract

Abstrak: Peran gereja yang menggarami dan menerangi masyarakat  seharusnya menempatkan  gereja sebagai kelompok terdepan dalam tugas pastoral sosialnya. Gereja sebagai institusi keagamaan dan institusi sosial tentu diharapkan sumbangsihnya  terhadap  persoalan-persoalan  sosial  masyarakat. Kesalehan religius seharusnya bergandegan dengan kesalehan sosial. Kesalehan religius dan kesalehan sosial tidak bisa dilepaskan dari peranan suara hati gereja sebagai komunitas religius terhadap persoalan-persoalan yang terkait dengan eksistensi suara hati pada komunitas yang lain.BAHASA INDONESIA ABSTRACT: The role of the church as to be salt and light in society are supposed to place herself as the foremost assembly in her pastoral duty. Church as the religious and social institution is highly expected to contribute to all the issues emerged in society. Her religious piety should be in line with her social dovoutness. These two virtues are unattached from the church’s conscience roel as a religios community towards the problems associated with the exixtence of the conscience of other communities.Kata Kunci: Suara hati, Pecandu Narkoba, Pelayanan Pastoral, Relevan, Kontekstual
DAMPAK VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIPAHUTAR KECAMATAN SIPAHUTAR KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 Napitupulu, Tianggur Medi
Jurnal Christian Humaniora Vol 3, No 2 (2019): November
Publisher : Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46965/jch.v3i2.131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Dampak Variasi Gaya Mengajar Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dengan hipotesa penelitian terdapat Dampak yang positif dan signifikan Variasi Gaya Mengajar Guru PAK Terhadap Motivasi Belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah 159 siswa dan sampel 40 siswa. Instrument penelitian berupa angket tertutup Uji coba angket dilakukan kepada 30 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar diluar sampel penelitian. Uji validitas instrument menggunakan rumus koefisien korelasi Product Moment person diperoleh rhitung rtabel antara nilai 0,387- 0,704 0,361 sehingg instrumen valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus formula Alpha diperoleh r11=0,826 untuk variabel X dan r11=0,826 untuk variabel X dan r11=0,895 untuk variabel Y dan ini berada pada interpretasi sangat kuat, sehingga instrument reliabel, dengan demikian angket dapat digunakan sebagai instrumen penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa Dampak variabel X (Variasi Gaya Mengajar Guru PAK) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa), Uji signifikan pengaruh  dengan  rumus:  F=S2  /S2  diperoleh  f  f   sebesar  31,46 1,80  maka  hipotesa diterima yaitu terdapat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sipahutar Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara Pembelajaran 2018/2019.Kata Kunci: Variasi Gaya Mengajar, Motivasi Belajar Siswa 

Page 1 of 1 | Total Record : 10