cover
Contact Name
Dr. Mashud, S. P.d., M.Pd
Contact Email
multilateral.journal@ulm.ac.id
Phone
+628115128680
Journal Mail Official
multilateral.journal@ulm.ac.id
Editorial Address
PJKR JPOK FKIP ULM JL. Taruna Praja Raya Kampus JPOK FKIP ULM Banjarbaru
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
ISSN : 14123428     EISSN : 25491415     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara dengan hasil penelitian bidang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani dan Olahraga berfokus pada Analisis Pembelajaran, Penelitian dalam pendidikan jasmani dan Olahraga serta masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang olahraga sebagai berikut: 1. Pendidikan Olahraga 2. Kepelatihan Olahraga 3. Olahraga Rekreasi 4. Olahraga Tradisional Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat peminat pembaca adalah dari kalangan aktivis olahraga dan guru Pendidikan Jasmani.
Articles 111 Documents
PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR TENDANGAN LURUS PENCAK SILAT MENGGUNAKAN MEDIA PALANG MELALUI PENDEKATAN METODE DEMONSTRASI Ridha, Chairullah; Arifin, Syamsul
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 12, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.863 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v12i2.2438

Abstract

Improved Basic Skills Kicking Motion Pencak Silat Straight Through Approach Using Cross Media Methods Demonstration. The main problem in this study is the lack of understanding of  learners when teachers convey only with theory, less mastered the teaching of skills and expertise knowledge of martial arts, the students have not been able to perform a straight kick well and unavailability of improving the skills of learning martial arts. The purpose of this study was to determine whether there is an increase in the basic movement skills using a martial arts kick straight through the cross media approach to the method of demonstration classes students Bakti VB Handil Batola Elementary School. The method used in this study methods of classroom action research (CAR) is in the form of a reflective research. The  observation period  lasted  learning and  data  analysis is  based  on observations made by the supervisor. The subjects were students in the class VB Elementary School Handil Consecrated Batola academic year 2013/2014. The number of students who study the subject of at least 39 people, consisting of 21 students and 18 women's sons. By using a cross media approach through demonstration method can improve basic motor skills of martial arts kick straight at VB class learners SDN Handil Bakti Batola.Keywords: Media crossbar, method demonstrations, basic movement skills of martial arts kick straight.
HUBUNGAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KEMAMPUAN SEPAK SILA PADA ATLET PERSATUAN SEPAKTAKRAW SELURUH INDONESIA (PSTI) KABUPATEN KAMPAR Jufrianis, Jufrianis
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 14, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.897 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v14i2.2473

Abstract

Masalah Penelitian ini  adalah hubungan koordinasi mata  dan  kaki dengan kemampuan  sepak  sila.  Tujuan  nya  untuk  mengetahui  seberapa  besar  hubungan koordinasi mata dan kaki dengan kemampuan sepak sila individu maupun kelompok. Teknik penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 12 atlet Persatuan Sepaktakraw Seluruh Indonesia (PSTI) Kabupaten Kampar.   Penelitian ini menggunakan  teknik  korelasi.  Kemudian,  tes  data  menggunakan  tes  normalitas,  tes produk momen korelasi, tes signifikan ? = 0.05.    Tes normalitas  variabel X, L0maks (0,112) < Ltabel  (0,242), dan tes normalitas variabel Y, L0maks (0,234) < Ltabel  (0,242) dengan kata lain tingkat kepercayaan diri 95% data normal dan kesimpulan penelitian menunjukkan: dimana terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan koordinasi mata-kaki dengan kemampuan sepak sila , dengan korelasi r= 0.653 dimana rhitung >  rtabel or 0.653 > 0,602. Dan hubungan di kategorikan   kuat. Demikian, Ho ditolak dan Ha diterima.  Kata kunci : Hubungan, Koordinasi Mata-Kaki, Kemampuan Sepak Sila
EVALUASI PEMBINAAN OLAHRAGA RENANG DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BANJARMASIN Nurdiansyah, Nurdiansyah
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 13, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (856.659 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v13i2.2489

Abstract

The  purpose  of  this  study  are  (1)  assess  the  achievement  of  coaching swimming program in South Kalimantan,  (2) assessing the implementation of training programs in South Kalimantan swimmer, (3) examine the role of the coach in improving swimmer in South Kalimantan Province,       (4) examine the role of regional board helps to improve performance in sports in swimming in South Kalimantan, (5) assess the facilities and infrastructure owned by the swimmer in South Kalimantan, (6) assessing the community and government support to the provincial sports performance enhancement in athletes swimming in South Kalimantan Province, (7) examines owned swimming achievements by athletes in the province of South Kalimantan. This type of research is the study of evaluation, using a survey method. Evaluation research model used is the model CIPP (context, input, process, and product). Analysis data using the flow model methods. The validity of data from the results of the evaluation carried out by testing the credibility of the data, testing the data transferability, dependability test data, and test the data confirmability.The results of the study with the CIPP model evaluation showed that (1) Context, show support KONI, the Government and people still need to be increased again. (2) Input, trainer resources, facilities, training programs still need improvement. (3) process, needs improvement process select activities ranging from training to implementation (4) Product, needs to increase more as a national achievement as an indicator of the well has not been achieved. The conclusions of the research is the process of coaching swimming in South Kalimantan in general is low, either from views of Context, Input, Process and Product. Based on the 1-4 scale ratings were in the range of2.8 Context of less categories, input is in the range 2.4 less category, process is in the range 2.6 less category, and the Product is in the range 2.1 less category. Key words: Evaluation, developing, sports, swimming
PERANAN INTELEGENSI TERHADAP PERKEMBANGAN KETERAMPILAN FISIK MOTORIK PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN JASMANI FAJAR, MUTIARA
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 16, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.884 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v16i1.3664

Abstract

: Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani Untuk dapat menyerap konsep-konsep gerakan dalam pembelajaran penjas dibutuhkan kemampuan inteligensi yang tinggi dari setiap peserta didik.  Seorang peserta didik akan memiliki kemampuan intelegensi yang baik apabila rajin serta aktif dalam berlatih, sehingga nantinya kemampuan tersebut akan memberikan kontribusi kepada individu agar mampu mempelajari secara cepat dan cermat kecakapan dasar dan keterampilan motorik. Rahyubi (2014-209) ada beberapa hal yang mempengaruhi proses pembelajaran motorik, antara lain faktor individu, lingkungan, peralatan atau fasilitas, dan pengajar. Faktor individu berkaitan dengan potensi, bakat, kemampuan, dan kemauan seorang pembelajar. Dari pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua pendapat tersebut memiliki keterkaitan makna, yaitu tujuan sama yakni kesempurnaan keterampilan fisik dan motorik dipengaruhi oleh intelegensi. Hal ini membuat intelegensi sangat diperhitungkan dalam proses pembelajaran penja, karena intelegensi merupakan bagian dalam pembelajaran penjas terkait dengan pengembangan keterampilan fisik dan motorik. Kata Kunci: Intelegensi, Pendidikan Jasmani, Keterampilan Fisik Dan Motorik
PEMETAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PEMBINA DAN PELATIH EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KABUPATEN BANGKALAN Hidayatullah, Fajar
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 17, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.453 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v17i2.5703

Abstract

Pembina dan pelatih ekstrakurikuler di sekolah merupakan penanggung jawab berjalannya ekstrakurikuler dari seluruh kegiatan yang direncanakan. Melalui pembina dan pelatih ekstrakurikuler yang kompeten, tujuan untuk memberi kesempatan siswa mengekspresikan bakat dan minatnya di luar kegiatan kurikuler dapat terlaksana dengan baik. Bola basket sering dikemukakan sebagai olahraga yang cukup kompleks membutuhkan perhatian dan keahlian yang lebih mendalam. Kompetensi pengetahuan pelatih menjadi modal yang cukup penting bagi pelatih dan pembina Ekstrakurikuler bola basket dalam melaksanakan program latihan yang tepat. Tujuan umum dari penelitian ini memetakan tingkat pengetahuan pembina dan pelatih Ekstrakurikuler bola basket pada sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas se-Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen yang berisi 30 pertanyaan dengan jawaban benar atau salah dengan sesuai aspek persiapan latihan yang dikemukakan oleh Tudor Bompa sejumlah 4 aspek yang tersusun seperti piramida latihan. Kuesioner tertutup dengan skala Guttman dengan pilihan benar atau salah digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpelkan data. Hasil analisis menunjukkan persentase pengetahuan terendah pelatih dan pembina ekstrakurikuler bola basket di Kabupaten Bangkalan adalah pengetahuan latihan fisik sebesar 62% dengan rata-rata 5 jawaban yang tepat dari 8 pertanyaan. Sedangkan persentase pengetahuan tertinggi sebesar 85% dengan rata-rata 6 jawaban tepat dari 7 pertanyaan pada pengetahuan latihan mental.Kata kunci: Pemetaan, Pembina, Pelatih, Ekstrakurikuler, Bola Basket. 
PENGARUH LATIHAN FOOTWORK TERHADAP AGILITY PADA PEMAIN BULUTANGKIS PBSI TANAH LAUT USIA 12-15 Hamid, Abd.; Aminuddin, Muhammad
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 18, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.968 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v18i1.6568

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya Pengaruh Latihan Footwork Terhadap kelincahan Pada Pemain BuluTangkis Banjarbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimental dengan teknik menggunakan rancangan pretest dan posstest dalam satu kelompok, dengan memberikan perlakuan latihan berupa shadow 6 arah mata angin. Disusun dengan mengkuti  pedoman dan prinsip-prinsip latihan  dengan memadukan beberapa pendapat ilmuan kepelatihan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bulutangkis Banjarbaru yang berjumlah 21 orang. sedangkan sampel berjumlah 8 orang dengan teknik pra-eksperimental tes dan pengukuran. Kesimpulan penelitian: Ada Pengaruh Latihan Footwork Terhadap kelincahan Pada Pemain BuluTangkis Banjarbaru Kata Kunci: Pengaruh, Footwork, Agility, Pemain BuluTangkis 
FAKTOR PENENTU MINAT SISWA SMP DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI PURWOKERTO Arduta, Muhammad Zaen; Kusuma, Indra Jati; Festiawan, Rifqi
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.349 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v19i1.8322

Abstract

AbstrakUsia anak SMP umumnya mengikuti suatu kegitan hanya didasari dengan ketertarikan atau hanya meniru teman saja tanpa tahu tujuannya. Kenyataanya seseorang melakukan suatu aktivitas atau kegiatan selalu didasari dengan adanya motivasi dan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Purwokerto, yang terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP 1 Muhammadiyah Purwokerto dan SMP Al Irsyad Purwokerto yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis dengan total sampel sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisoner, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bulutangkis di SMP Purwokerto, dari faktor internal sebanyak 36,05% dengan indikator rasa senang sebesar 18,14% dan indikator ketertarikan sebesar 17,91%. Sedangkan untuk faktor eksternal mempengaruhi minat siswa memilih ekstrakurikuler bulutangkis sebanyak 63,95%, terdiri dari indikator pelatih 16,22%, indikator lingkungan 16,27%, indikator fasilitas 15,71% dan indikator keluarga 15,75%.Kata kunci: Faktor, Minat Siswa, Ekstrakurikuler, BulutangkisDETERMINING FACTORS OF INTEREST IN MIDDLE SCHOOL EXTRACURRICULAR STUDENTS IN PURWOKERTO AbstractThe junior high school student?s generally follows an activity only based on interest or just imitating friends without knowing their purpose. In fact, someone doing an activity or action is always based on of motivation and interest. This study aims to determine the faktors that influence students' interest in choosing badminton extracurricular at Purwokerto junior high school, which consists of internal faktorsand external faktors. This type of research is descriptive research. The population in this study were students of Purwokerto junior high school 1 Muhammadiyah and Al Irsyad Purwokerto junior high school who participated in badminton extracurricular activities with a total sample of 60 students.  Sampling technique in this study is total sampling. Data collection techniques was using questionnaires / questionnaires, documentation, and observation. The data analysis technique used in this study is descriptive with a quantitative approach.  The result and conclusion showed that the faktors that influence student?s interest in choosing badminton extracurricular at Purwokerto junior high school were 36.05% from internal faktors with 18.14% pleasure indikators and 17.91% interest indikators. Whereas for external faktors affect the interest of students choosing badminton extracurricular as much as 63.95%, consisting of 16.22% coach indikators, 16.27% environmental indikators, 15.71% facility indikators and 15.75% family indikators. Keywords: Factors, Student Interest, Extracurricular, Badminton
PENERAPAN MODIFIKASI ALAT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PADA SMAN 1 BATU AMPAR KABUPATEN TANAH LAUT Kastalani, Muhammad
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.447 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v16i2.4257

Abstract

Penelitian ini menggunakan action research dengan teori Kemmis dan Taggart (2014: 19). Yaitu: menggambarkan bahwa refleksi diri dalam siklus spiral ini adalah (1) merencanakan perubahan; (bertindak dan mengamati proses dan konsekuensi dari perubahan; (2) merefleksikan proses dan konsekuensi; (4) merencanakan kembali; (5) bertindak dan observasi kembali; (6) merefleksikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut: Dengan penerapan modifikasi alat dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMAN 1 Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut  mempunyai peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu persentase ketuntasan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I adalah 80% dan untuk siklus II sebesar 100% yang artinya melalui modifikasi alat  dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok.      Kata Kunci: Penerapan, Modifikasi Alat, Lompat Jauh
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI VARIASI LATIHAN DRIBLE PADA KELAS XI IPA III SMA NEGERI JATIROTO Priyono, Imam Hari
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 14, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.291 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v14i1.2468

Abstract

In a Class Action Research has several goals as follows: (1) Want to know zig-zag variations can increase the motivation to learn drible on the game of basketball and (2) Want to know through the zig-zag variation in train with basketball can improve performance students.Research Sites SMAN Jatiroto. Classroom action research will be implemented in Class XI IPA.3. Time studies Semester Academic Year 2012/2013. Characteristics Students are very interested at all in games or basketball, this is evident in the student questionnaire to mememilih exstra curricular activities.Discussion of the results of the analysis can be described as follows: Exercise drible zig- zag was instrumental once against drible practice on the game of basketball. This is evident from analysis of increased capacity in table 5 and 6, both the increase in the number of students Very Good group of 3 to 11 with a percentage of 7.5% to 27.5%, for the group Good from 4 to 19 with a percentage of 10 % increase to 47.5%. So it can be concluded that (1) the exercise drible zig-zag was instrumental to increase student motivation and (2) the exercise drible zig-zag greatly contribute to improving the ability drible in the game of basketball. Keywords: Drible, basketball
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN MENYERANG DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA DI PERSATUAN SEPAKBOLA GAJAH PUTERA MALANG Rizani, Akhmad; Yunus, Mahmud; Wardani, Hartati Eko
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol 15, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1067.22 KB) | DOI: 10.20527/multilateral.v15i1.2484

Abstract

Pengembangan Model Latihan Menyerang Dalam Permainan Sepakbola di  Persatuan Sepakbola  Gajah Putera  Malang.  Menyerang merupakan salah  satu komponen penting yang harus dikuasai dan dimiliki oleh para pemain dan dilatihkan dengan harapan kualitas serangan tim lebih efektif sehingga peluang dan kesempatan menciptakan gol  lebih  besar,  namun  model  latihan  menyerang  yang  memperhatikan prinsip-prinsip menyerang secara menyeluruh dan terpadu masih belum ada dan belum menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan menyerang dalam permainan sepakbola dengan mengacu pada prinsip dasar dari menyerang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan instruksional. Uji  coba kelompok kecil  menggunakan 10  orang pemain yang diambil secara random sampling, dan uji coba kelompok besar menggunakan 20 orang pemain. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model latihan menyerang yang terdiri dari 10 model latihan dan telah diujicobakan pada pemain sepakbola Gajah Putera Malang adalah dapat digunakan. Kata kunci: pengembangan, model latihan, menyerang

Page 1 of 12 | Total Record : 111