cover
Contact Name
M. Yusuf Tahir
Contact Email
yusuftahir@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6285213181972
Journal Mail Official
piaud@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Prodi PIAUD FTK UIN Alauddin Makassar, Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
NANAEKE
ISSN : 27149684     EISSN : 26558483     DOI : -
NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education aims to provide a forum for researchers in education, especially from Islamic studies to publish the original articles. The scope of NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education is teaching and learning, education policy, development of teaching and learning theories, teacher education, and contemporary issues in education. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education published by Teacher Training Institute (LPTK) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar in collaboration with PPS PGRA Indonesia. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education accept submission from all over the world. All accepted articles will be published on payment of an article-processing charge and will be freely available to all readers with worldwide visibility and coverage.
Articles 27 Documents
MANAJEMEN PENILAIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA SATUAN PAUD Mania, Sitti; Rasyid, Muhammad Rusyidi; Mulyani, Sri; Indasari, Ningsih; Wahyuni, Wahyuni; Juliati, Juliati
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui gambaran penerapan manajemen penilaian di TK Al-Aiqa Islamic School Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kualitatif dengan dua subjek yaitu guru dan kepalasekolah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan empat tahapan dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi terhadap tahapan pengelolaan penilaian pada lokasi penelitian yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hasil belajar, pengarsipan dan pelaporan. Dalamperencanaan, TK Al-Aika Islamik School sebelum merancang tugas terlebih dahulu telah memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang digunakan sebelum menyusun program kegiatan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan fisik anak. Pelaksanaan penelitian terutama dilakukan berdasarkan deskripsi pertumbuhan dan perkembangan individu anak. Deskripsi tersebut diperoleh melalui hasil pelaksanaan pembelajaran harian yang dilengkapi dengan alat dan kriteria penilaian, serta ketetapan indikasi capaiannya dalam waktu dan tempat yang telah ditentukan. Pengolahan hasil belajar dan pengarsifan dilakukan berupa kumpulan dari hasil penggabungan data anak dalam bentuk portofolio yang juga berfungsi sebagai bahan laporan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik kepada orang tua mereka masing-masing.
DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-3 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Damayanti, Eka; Nurhasanah, Nurhasanah; Nurafia, Nurafia; Kamal, Elim Emelia
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian perkembangan anak usia 2-3 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional PAUD dan melakukan deteksi dini terhadap hambatan pencapaian perkembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara serta memberikan beberapa rangkaian stimulus untuk mendukung munculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek telah memenuhi hampir semua indikator tingkat pencapaian perkembangan berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, meskipun masih ada beberapa yang belum mampu dilakukan. Berhasil tidaknya perkembangan dari ketiga subjek tidak terlepas dari peran orang tua dalam memberikan stimulus dan bimbingan yang tepat menentukan keberhasilan pencapaian perkembangan anak dari semua aspek perkembangan yang diukur: aspek nilai agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.
PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA ISLAMI TERHADAP PERILAKU MORAL ANAK PADA KELOMPOK B TK CITRA SAMATA Hartika, Andi Sitti; Afiif, Ahmad; Alwi, Besse Marjani
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran perilaku moral anak sebelum melakukan permainan ular tangga Islami pada kelompok B TK Citra Samata, (2) untuk mengetahui gambaran perilaku moral anak setelah melakukan permainan ular tangga Islami pada kelompok B TK Citra Samata, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan ular tangga Islami terhadap perilaku moral anak pada kelompok B TK Citra Samata. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimendengan desain penelitian one group pretest posttes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak  pada TK Citra Samata yang berjumlah 24 orang yang terbagi ke dalam 4 kelas (kelas A, B1, B2, dan B3). Jumlah  sampel adalah sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Sampling Jenuh, dimana semua jumlah populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perilaku moral anak sebelum melakukan permainan ular tanggga Islami pada kelompok B TK Citra Samata berada pada kategori Sedang dengan rentang nilai 16-29 dengan nilai rata-rata 18. (2) Perilaku moral anak setelah melakukan permainan ular tangga Islami pada kelompok B TK Citra Samata berada pada kategori Tinggi dengan rentang nilai 34-37 dengan nilai rata-rata 35. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah melakukan permainan ular tangga Islami maka terdapat pengaruh positif terhadap perilaku moral anak pada kelompok B TK Citra Samata.
PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Kusyairi, Umi; Syam, Andi Fausia; Aslinda, Aslinda; Saleh, Hijriah; Yulianti, Sri; Maswatillah, Maswatillah
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Adilika sebagai salah satu Taman Kanak-kanak di provinsi Sulawesi selatan. Penelitian ini berdasarkan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel kelas B. pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara terstruktur dengan narasumber, yakni kepala sekolah TK Adilika dan guru kelas B, hasilnya diolah menggunakan teknik analisis data model interaktif, dimana analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun sarana dan prasarana pembelajaran alat permainan edukatif indoor meliputi: lego, puzzle, balok, ular tangga, mobil-mobilan, media gerakan shalat, mozaik, kartu bentuk dan warna, miniature rambu lalu lintas, buku bacaan, dan lain sebagainya. Sarana dan prasarana pembelajaran alat permainan edukatif outdoor meliputi: seluncuran, terowongan, jungkat-jungkit kayu, jungkat-jungkit berbentuk hewan, ayunan kursi, ayunan gantung, dan kolam pasir. Di TK Adilika memiliki 3 ruang kelas belajar, ruang kepala sekolah, ruang guru, aula, dapur, WC, kantin, dan halaman yang luas.
MANAJEMEN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PUSAT TUMBUH KEMBANG ANAK PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI ALAUDDIN MAKASSAR Mania, Sitti; Nurhasanah, Nurhasanah; Syam, Nurbaeti; Shermila, Shermila; K, Fitriani
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penataan atau pengelolaan desain lingkungan Pendidikan Anak UsiaDini(PAUD) baik lingkungan psikismaupun fisik (indoor dan outdoor)di Pusat Tumbuh Kembang Anak(PTKA) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Alauddin Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan satu subjek yakni guru PTKA PIAUD Alauddin. Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan menggunakan tehnik wawancara terstruktur yang hasilnya menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTKA PIAUD Alauddin berusaha menciptakan lingkungan psikis melalui pendekatan guru terhadap peserta didik agar anak merasa nyaman ketika berada di sekolah. Sedangkan untuk desain lingkungan fisik(indoor dan outdoor)guru selalu mengedepankan prinsip pengelolaan Lingkungan PAUD yakni: keserasian, keseimbangan, keamanan, dan kesatupaduan. Lingkungan outdoor cukup luas untuk anak bereksplorasi, terdapat beberapa alat permainan edukatif yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak seperti perosotan, tempat climbing, rumah-rumahan serta terowongan. Lingkungan indoor terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruangan belajar, ruangan tidur dan toilet.
MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA JENEPONTO Afiif, Ahmad; Hijriah, Hijriah; Amran, A. Nur Adila; Sahwa, Afika; Awwahah, Zaenab; Annisa, Fitri
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelakasaan atau penerapan, dan pengembangan kurikulum kependidikan di TK Negeri Pembina Jeneponto. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di lakukan melalaui wawancara  angket dan peninjauan langsung. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kurikulum yang di terapkan di TK Negeri Pembina sesuai dengan karakteristik, potensi dan kondisi peserta didik; 2) Pembelajaran yang diajarkan di TK Negeri Pembina sesuai dengan kurikulum; 3) peserta didik sangat menyukai pembelajaran eksperimen dan pengembangan agama; dan 4) TK Negeri Pembina mengembangkan permainan tradisional dalam kurikulum yang diterapkan.
PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Patiung, Dahlia; Ismawati, Ismawati; Herawati, Herawati; Ramadani, Suci
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian pada aspek perkembangan anak usia 3-4 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional pendidikan anak usia dini (PAUD) dan memberikan stimulus awal terhadap hambatan yang dialami anak dalam indikator pencapaian pada aspek perkembanagan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan beberapa rangkaian pemberian stimulus untuk mendukung anak dalam memunculkan respon terhadap indikator pencapaian perkembangan yang hendak dicapai mulai dari aspek perkembangan nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, hingga pada aspek perkembangan seni. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek IJ, RA dan SY sudah mampu melakukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa aspek perkembangan anak usia dini. Implikasi penelitian ini hendaknya diberikan stimulus secara simultan pada indikator yang belum tercapai. Pola asuh dan pemberian stimulus dari keluarga dan lingkungan sekitar.
IMPLEMENTASI PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KOTA PALOPO Duriani, Duriani
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi perencanaan kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni melakukan penelitian langsung kelapangan dengan obyek penelitian Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo menggunakan pendekatan kearifan lokal dalam menerapkan kurikulum terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan. Teknik yang digunakan dalam mengambil data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pengukuran kredibilitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran kurikulum Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Palopo meliputi Rencana Kegiatan Semester, Rencana Kegiatan Mingguan dan Rencana Kegiatan Harian dan Evaluasi sebagai tahap akhir dalam penilaian hasil belajar anak didik dan alokasi waktu  yang digunakan dalam 2 Semester selama 34 minggu merupakan program tahunan diuraikan dalam Tema Diriku, Keluargaku, Lingkungan, Binatang, Tanaman, Kendaraan, Alam Semesta, Negaraku dijabarkan ke dalam berbagai sub tema dalam berbagai lingkungan perkembangan anak meliputi aspek nilai agama dan moral, aspek sosial emosional, aspek  kognitif, aspek bahasa dan aspek seni terintegrasi dengan pendidikan al-Islam Kemuhammadiyahan melalui pendekatan kearifan lokal dalam menanamkan nilai-nilai akidah, ibadah, akhlak dan muamalah pada diri anak sejak usia dini.
PENGEMBANGAN SENI RUPA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MEDIA PLAYDOUGH Sarasehan, Yoan; Buaraheng, Suwaibah; Wahyuni, Ida Windi
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media playdough merupakan salah satu bahan permainan edukatif karena dapat mendorong imajinasi anak. Media playdough merupakan bahan yang sangat cocok ntuk anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan seni rupa tiga dimensi untuk meningkatkan kreativitas anak melalui media playdough siswa RA Asiah Pekanbaru. Subyek penelitian adalah anak kelompok B RA Asiah yang berjumlah 14 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, dokumentasi, dan hasil karya. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dengan jumlah 3 orang, dua menjadi peneliti yang bertindak sebagai guru dan teman bertindak sebagai observer/pengamat. Analisis data meggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis interaktif Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan seni rupa tiga dimensi untuk meningkatkan kreativitas anak melalui media playdough di kelompok B RA Asiah dimana anak sudah terlihat mampu membuat karya seni rupa tiga dimensi dan terlihat minat serta kreativitas anak terhadap pembelajaran seni rupa tiga dimensi melalui media playdough.
STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN YANG RAMAH ANAK T., M. Yusuf; Aliyah, Azizah; AR., Umaemah Marsuki; SP., Marissa Julianti; Nanda, Neri; Aras, Nurhikma; Fatimah, Nurul
NANAEKE: Indonesian Journal on Early Childhood Education Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Early Childhood Islamic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen tenaga pendidik dan kependidikan di PAUD Ceria Makassar. Subjek penelitian adalah Penyelenggara sekolah, Kepala Sekolah dan guru PAUD Ceria. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru melakukan pengamatan terhadap tumbuh kembang anak secara bertahap; 2) Guru melakukan konsultasi dengan kepala sekolah terhadap permasalahan yang dihadapi anak di dalam kelas; 3) Memberikan perhatian dalam bentuk kasih sayang kepada anak didik; 4) Guru mengenali kepribadian anak dengan baik; 5) Guru memberi kesempatan kepada anak untuk bermain; 6) Memiliki kepribadian yang ceria; 7) Guru memiliki kemampuan berinteraksi dengan baik terhadap orang lain termasuk peserta didik.

Page 1 of 3 | Total Record : 27