cover
Contact Name
Yeanchon H. Dulanlebit
Contact Email
journal.mjoce@gmail.com
Phone
+6281312409360
Journal Mail Official
journal.mjoce@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Lt. 2 Program Studi Pendidikan Kimia Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Universitas Pattimura Poka-Ambon, Maluku, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
Published by Universitas Pattimura
Core Subject : Science, Education,
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas Kimia dari Maluku, seperti: minyak atsiri, produk dan pangan laut, pendidikan kimia yang berkarakter kelautan dan kepulauan, dll. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah tentang bidang kimia yang meliputi hasil penelitian kimia, kimia teori, pendidikan kimia dan kimia terapan
Articles 104 Documents
ANALISIS PARAMETER FISIKA DAN KESADAHAN AIR PDAM WAINITU AMBON Latupeirissa, A N; Manuhutu, J B
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp1-7

Abstract

Telah dilakukuan penelitian tentang analisis parameter fisika dan kesadahan air PDAM Wainitu Ambon. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menentukan uji parameter fisika serta pH dan kesadahan pada sumber air PDAM Wainitu, air pada instalasi pengolahan air PDAM Wainitu dan air pada kran pelanggan PDAM Wainitu meliputi: bau, rasa, warna, suhu dan jumlah zat padat terlarut (TDS), serta pH dan kesadahan. Metode yang digunakan adalah metode observasi di lapangan pada saat pengambilan sampel dan pengukuran dan analisis di laboratorium. Adapaun hasi penelitian menunjukkan bahwa parameter fisika air yaitu: bau, rasa, warna, jumlah zat padat terlarut (TDS), serta pH dan kesadahan sudah memenuhi standar kualitas air minum menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor. 492/Menkes/per /IV/2010
ANALISIS KADAR MERKURI (HG) PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) DI AREA PERSAWAHAN DESA GRANDENG KECAMATAN LOLONG GUBA PULAU BURU Suci, W P; Mariwy, A; Manuhutu, J B
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp8-18

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis kandungan merkuri (Hg) pada Tanah dan Akar Padi di area Persawahan Desa Grandeng Pulau Buru. Sampel kering dipreparasi dengan cara dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 400C selama dua hari dan kemudian dilakukan destruksi. Analisis merkuri pada penelitian ini dilakukan dengan metode analisis menggunakan SSA ? Uap Dingin. Hasil penelitian menunjukan bahwa kandungan rata-rata Hg pada Tanah yaitu sebesar 77,897 ppm dan kandungan rata-rata Hg pada Akar Padi yaitu sebesar    10,813 ppm. Dapat dilihat bahwa berdasarkan hasil analisis yang diperoleh pada tanaman padi yang berada di area persawahan Desa Grandeng telah melebihi ambang batas yang ditetapkan menurut Pusat Sumber Daya Geologi yakni pada Tanah sawah sebesar 0,005 ppm dan ambang batas yang diperbolehkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengkonsumsi beras sebesar 0,3 ppm.
ANALISIS SKALA KEMAMPUAN MAHASISWA KIMIA MELALUI TES ENTRY BEHAVIOUR METODE COMPUTERIZE ASSISTED TEST (CAT) MENGGUNAKAN ITEM RESPONS THEORY (IRT) Manoppo, Y; Manuhutu, J B
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp19-27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Skala Kemampuan Mahasiswa Kimia Melalui Tes Entry Behaviour Metode Computerize Assisted Test (CAT) Menggunakan Item Respons Theory (IRT) Model Logistik 1-Parameter. Subjek penelitian adalah seluruh lembar jawaban peserta Tes Entry Behaviour Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex-post facto. Hasil analisis dengan pendekatan teori tes klasik menunjukkan 79,5% butir memiliki tingkat kesulitan butir berfungsi baik, 57% butir daya bedanya belum memenuhi syarat, dan 72% butir memiliki pengecoh berfungsi baik dengan indeks reliabilitas tes 0,832. Analisis dengan pendekatan teori respons butir menunjukkan terdapat 11 (27,5%) butir soal cocok (fit) dengan model, fungsi informasi maksimum 5,48 pada    ? = -0,21, dan besarnya kesalahan pengukuran (SEM) 0,21.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP IKATAN KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMANEGERI 3 LEIHITU Mamang, M; Filindity, Y T; -, Nazudin
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp28-35

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar peserta didik pada Konsep Ikatan Kimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada peserta didik Kelas X MIA SMA N.3 Leihitu. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA yang berjumlah 25 orang dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Dari hasil analisa data diperoleh menunjukan hasil belajar peserta didik kelas X MIA telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pada aspek kognif, afektif, psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 8 peserta didik (32%), kualifikasi baik 13 peserta didik  (52%), dan kualifikasi cukup 4 peserta didik (16%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 21 peserta didik (84%) mencapai kategori N-gain tinggi dan 4 Peserta didik (16%) mencapai kategori N-gain sedang, dengan kriteria pencapaian N-gain yang diperoleh adalah 0,74. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep ikatan kimia kelas X MIA SMA Negeri 3 Leihitu.
PENERAPAN MEDIA VCD (VIDEO COMPACT DISC) INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA NEGERI 3 LEIHITU Mamang, N. S. B; -, Sunarti; Hamid, F A
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp36-42

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan menggunakan media VCD (Video Compact Disc) interaktif pada konsep laju reaksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Leihitu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menggunakan lembar tes awal dan akhir serta observasi menggunakan lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 9 siswa (34,62%), kualifikasi baik 13 siswa (50%) dan kualifikasi cukup 4 siswa (15,38%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 25 siswa (96,15%) mencapai kategori N-gain tinggi dan 1 siswa (3,85%) mencapai N-gain sedang, data pencapaian dengan kriteria N-gain yang diperoleh adalah 0,84. Dengan demikian penerapan media VCD interaktif dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa konsep laju reaksi di kelas XI SMA Negeri 3 Leihitu.
EFEKTIVITAS BIJI KELOR (MORINGA OLEIFERA LAMK) PADA PENGOLAHAN AIR SUMUR DAN PENENTUAN WAKTU OPTIMUM ADSORPSI BIJI KELOR TERHADAP FE DAN MG DALAM AIR Dulanlebit, Yeanchon H; -, Sunarti; Male, Yustinus T
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp43-52

Abstract

Biji kelor (Moringa oleifera Lamk) mengandung senyawa aktif rhamnoksiloksi benzil isotiosianat yang efektif dan digunakan untuk mengadsorpsi logam terlarut dalam air. Penelitian ini untuk menganalisis efektivitas biji kelor pada pengolahan air sumur dan waktu optimum adsorpsi serbuk biji kelor terhadap konsentrasi besi dan magnesium yang dianalisis secara spektrofotometer serapan atom. Parameter yang dianalisis untuk efektivitas biji kelor yaitu padatan terlarut (TDS), pH dan kesadahan. Hasil didapatkan bahwa air sumur memiliki TDS 346,874 mg/L, pH 6,85 dan kesadahan 422 mg/L. Efektivitas biji kelor dengan variasi pembubuhan 50, 100, 150 dan 200 mg masing-masing diperoleh TDS 4,132, 3,578, 4,968, dan 4,908 mg/L, pH 7,86, 7,91, 7,92, dan 7,94 serta kesadahan 284, 278, 272, dan 266 mg/L. Biji kelor efektif dan mampu menurunkan TDS dan kesadahan air. Untuk penentuan waktu optimum adsorpsi serbuk biji kelor dilakukan pada konsentrasi Fe(awal) dan Mg(awal) dalam air masing-masing 9,6677 dan 7,8156 mg/L dengan variasi waktu kontak 30, 60, 90, dan 120 menit. Hasil didapatkan kapasitas adsorpsi Fe masing-masing 90,482, 90,472, 91,882, dan 92,220 mg/Kg dimana Fe teradsorpsi optimum pada waktu kontak 120 menit dengan efisiensi adsorpsi 95,389% sedangkan kapasitas adsorpsi Mg masing-masing 15,703, 14,733, 15,108, dan 15,520 mg/Kg dimana Mg teradsorpsi optimum pada waktu kontak 30 menit dengan efisiensi adsorpsi 20,09%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING) PADA KONSEP STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 AMBON Karepesina, Nur Gaib
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp53-62

Abstract

Model pembelajaran langsung adalah salah satu model pembelajaran model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif. Model pembelajaran langsung digunakan pada konsep struktur atom untuk melihat apakah penerapannya dapat meningkatkan penguasaan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Ambon. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober - November 2015, dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mencapai 45,8 % dan dikategorikan cukup pada pertemuan I dan 100% pada pertemuan II dengan kategori sangat baik. Selain itu, kemampuan afektif dan psikomotor siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran langsung dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PILARISASI LEMPUNG ALAM DESA OUW DENGAN AL2O3 SEBAGAI ADSORBEN ZAT WARNA METIL ORANGE Utubira, Y; Onaola, B M; Manuhutu, J B
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 10 No 1 (2020): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol10iss1pp63-71

Abstract

Telah dilakukan preparasi dan karakterisasi lempung alam terpilar Al2O3 sebagai adsorben zat warna metil orange. Pilarisasi lempung dilakukan melalui interkalasi polikation Al pada lempung alam yang dilanjutkan dengan kalsinasi pada suhu 400 ºC selama 2 jam. Hasil sintesis dikarakterisasi dengan XRD untuk melihat basal spacing dan luas permukaan menggunakan metode adsorpsi gas nitrogen menggunakan Surface Area Analyzer, sedangkan analisis zat warna metil orange hasil adsorpsi dilakukan menggunakan spektrofotometer UV-VIS. Hasil penelitian menggunakan XRD diperoleh bahwa proses pilarisasi oksida logam aluminium (Al2O3) telah berhasil, dibuktikan dengan terjadinya pergeseran bidang d001 ke sudut yang lebih kecil diikuti dengan peningkatan basal spacing pada lempung terpilar Al2O3. Analisis luas permukaan, volum total pori, diameter pori rata - rata masing-masing sebesar, 57,743 m2/g, 1,76 cm3/g, 6,1015 Å. Adsorpsi dilakukan secara batch  dengan variasi waktu kontak 5, 10, 15, 20, 25 menit pada kecepatan 300 rpm serta variasi massa 0,1, 0,2 dan 0,3 g. Kapasitas dan efesiensi adsorpsi lempung terpilar Al2O3 pada adsorpsi zat warna metil orange yang paling tinggi pada waktu kontak 5 menit yakni 2,545 mg/g dan 84,008%.
SINTESIS SENYAWA ANTARA BENTUK ALKOHOL UNTUK TURUNAN ANTIBIOTIK C-9154 DARI MINYAK KULIT LAWANG Kainama, Healthy; Sastrohamidjojo, Hardjono; Jumina, Jumina
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 1 No 1 (2011): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol1iss1pp1-11

Abstract

It has been done the synthesis of pyperonil alcohol and Vanilil alcohol as precursor in derivative of C-9154 antibiotic from cullilawan oil. Safrole and eugenol is aim components was isolated from cullilawan oil with strong base NaOH. The synthesis was started by isomerisation of safrole with KOH in ethanol at reflux for 8 hours, then oxidation of isosafrole with KMnO4 using Tween 80 as the catalist in acid at 30oC for 15 minutes to give pyperonal. The further experimental stages were reduction of pyperonal with NaBH4 afforded pyperonil alcohol in 90% yield. Isomerisation of eugenol in KOH-ethanol for 8 hours at 180oC and further with acetylation of isoeugenol for protection of hydroxi group. Oxidation of isoeugenyl acetate use KMnO4 and polysorbic 80 as catalist in acid then hydrolisis in 69,4% vanilin. Reduction of vanilin by NaBH4 to give 85% vanilin alcohol. The purity of the products was determined using GC, whereas their structures were elucidated using FTIR, 1HNMR and MS
PENERAPAN LKS EKSPERIMEN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 LEIHITU Palisoa, Napsin; Utubira, Yeslia; Tuahuns, Jaya
Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) Vol 1 No 1 (2011): MJoCE : Molluca Journal of Chemistry Education
Publisher : Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/MJoCEvol1iss1pp12-22

Abstract

A research has conducted to know student?s study result after the application of the student?s work paper base contextual of material on solubility and solubility multiplication result. This type of this research was descriptive to describes the symptoms accurred in it by using XI IPA class of SMA Negeri 4 Leihitu as research subject. The data was taken from student?s study result, cognitive tests per meeting. From the data collected, it might be concluded that the application of student?s work paper experiments based contextual might motivate the student?s activitites in teaching learning process and improve their study result with minimal completeness standard 80.36%

Page 1 of 11 | Total Record : 104