cover
Contact Name
Yohanis Ndapa Deda
Contact Email
yndapadeda@gmail.com
Phone
+6281224567787
Journal Mail Official
jurnalrange@unimor.ac.id
Editorial Address
Jl.Km 09 - Kelurahan Sasi, Kec. Kota Kefamenanu, TTU
Location
Kab. timor tengah utara,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Timor
ISSN : 26852373     EISSN : 26852373     DOI : https://doi.org/10.32938/jpm
Core Subject : Education,
Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and researchers, (3) Educational decisions maker on regional and national level. We recommend classroom action research, qualitative, descriptive, or quantitative. We may process manuscript of didactic development research (DDR) or research and development (R & D). Our publication could be research on teaching method, experiment of teaching aid or media, and even effectiveness of lesson study. We accepted any manuscript derived from research of mathematics education. We will not process manuscript from research approach of school management.
Articles 44 Documents
PENGGUNAAN REGRESI LINEAR MULTIPEL DAN METODE KUADRAT TERKECIL UNTUK MENGANALISISFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL PRODUKSI JAGUNG DI KABUPATEN BELU Klau, Kondradus Yohanes
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.604 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.185

Abstract

Pangan merupakan kebutuhan pokok primer yang sangat vital dan bersifat hakiki. Salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhan masyarakatpropinsi Nusa Tenggara Timur adalah jagung. Produksi jagung untuk penyediaan pangan sebagai pengganti beras telah berlangsung sejak dahulu dan menjadi prioritas mayoritas masyarakat di Kabupaten Belu.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil produksi jagung di kabupatenBeluyaitu luas panen, curah hujan, dan hari hujan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan regresi linear multipel dan metode kuadrat terkecil diperoleh persamaan: Y^=3,1679+2,3216X1+0,6819X2-10,4391X3 Setiap variabel bebas baikluas panen (X1), curah hujan (X2), maupun hari hujan (X3) berperan mempengaruhi hasil produksi jagung.
ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBENTUK HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA MATERI ALJABAR Bete, Hendrika
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.893 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.188

Abstract

Pendidikan dapat menjadi bekal bagi seseorang siswa untuk melakukan inovasi dan perbaikan dalam aspek – aspek kehidupannya yang mengarah pada peningkatan kualitas diri. Peran pendidikan tersebut sangatlah penting. Agar dapat tercapai peningkatan kualitas siswa yang lebih baik, salah satu upaya adalah melatih kemampuan tingkat berpikir secara khusus berpikir tingkat tinggi (Higher order thinking). Namun masih banyak terdapat kendala yakni masih banyak kesalahan – kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan jenis kesalahannya yakni kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan kecerobohan. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal berbentuk higher order thinking pada materi aljabar. Metode yang digunakan adalah tes dan wawancara terhadap 9 orang subjek penelitian dari 3 sekolah berdasarkan kemampuan siswa yakni kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa yang memiliki kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah.
IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS LANJUT TAHUN 2018 Suddin, Sulasri
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.837 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika pada mata kuliah Kalkulus Lanjut. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang memprogramkan mata kuliah Kalkulus Lanjut Tahun Akademik 2018 sejumlah 59 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui angket dengan penilaian menggunakan modifikasi skala likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Jumlah item pernyataan dalam angket penelitian sebanyak 20 butir. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pengujian regresi linier berganda melalui program SPSS for Windows versi 22.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa faktor internal lebih dominan berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika dibandingkan faktor eksternal. Lebih lanjut, faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika
APAKAH THINK-PAIR-SHARE DAPAT MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP? Wua Laja, Yosepha Patricia; Retnawati, Heri
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.606 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.190

Abstract

Kecemasan yang dialami para siswa dapat mempengaruhi bagaimana siswa tersebut berpikir, bertindak dan berhubungan dengan pelajaran matematika. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengurangi kecemasan matematika siswa adalah dengan menerapkan suatu teknik pembelajaran kooperatif think-pair-share. Teknik ini diawali dengan berpikir tentang jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, berpasangan untuk mendiskusikan jawaban dan berbagi dalam kelompok yang lebih besar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk melihat apakah teknik think-pair-share dapat mengurangi kecemasan matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari dua siklus dengan tahap awal menyusun target pencapaian indicator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kecemasan siswa pada kondisi awal sebesar 96 (Tinggi), kemudian menurun menjadi 85 (Tinggi) pada siklus I dan 73 (Sedang) di akhir siklus II. Sedangkan presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan teknik think-pair-share pada akhir siklus I sebesar 75,5% dan pada akhir siklus II sebesar 87%. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan memberikan tindakan berbagi jawaban dan menjelaskan di depan kelas bersama pasangan kepada teman-teman lain pada penerapan pembelajaran kooperatif teknik think-pair-share dapat mengurangi kecemasan matematika siswa SMP.
MODEL HAZARD UNTUK LAJU KERUSAKAN PIPA AIR BERDASARKAN DATA TERSENSOR TIPE II YANG BERDISTRIBUSI LOGNORMAL Seso Delvion, Eduardus Beo
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.206 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.195

Abstract

Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi makluk hidup dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempermudah pendistribusian air dari sumber air ke tempat tujuan diperlukan sarana penghubung yaitu pipa air yang dirancang sebagai jaringan pipa air. Masa pemakaian pipa dibatasi oleh waktu mengenai daya tahan pipa tersebut sehingga rentan terhadap kerusakan pipa semakin besar berjalannya waktu. Oleh karna itu dalam penulisan ini, untuk menentukan laju kerusakan pipa yang diuji pada suatu keadaan tertentu maka dilakukan analisis laju kerusakan suatu komponen yang dikenal dengan analisis model hazard yang dikembangkan dari analisis reliabilitas. Tujuannya untuk menentukan model hazard untuk laju kerusakan pipa air berdasarkan data tersensor tipe ii yang berdistribusi lognormal. Hasil pengolahan dari data jaringan pipa DMA Buring 3F dengan nilai estimasi untuk diperoleh nilai parameter dari distribusi lognormal yaitu dan sehingga diperoleh laju kerusakan pipa berumur 45 dan 55 tahun masing-masing yaitu 0,024 dan 0,029.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia Tahun, Ardy Imanuel; Kelen, Yoseph P.K
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.265 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.196

Abstract

Artikel ini berjudul ‘‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia”, Bagaimana penerapan Numbered Heads Together (NHT) berbasis Multimedia agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema phytagoras ?, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi teorema phytagoras dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA di SMP Negeri Tobala pada semester genap Tahun 2018/2019 yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 5 (tujuh butir soal). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dimana pertemuan pertama yaitu proses belajar mengajar dan pertemuan kedua yaitu melakukan tes. Dengan Indikator keberhasilan ketuntasan klasikal adalah 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran numbered heads together (NHT) hasil belajar siswa meningkat ,hal tersebut dibuktikan pada siklus I persentase ketuntasan 65% siswa yang mengikuti tes 19 0rang atau 1 tidak hadir, yang tuntas 13 orang , dan aktivitas siswa cukup baik serta akitivitas guru juga baik. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa 20 orang, 17 orang tuntas dengan kategori sangat baik untuk siswa dan guru. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil matematika materi teorema phytagoras pada siswa SMP Negeri Tobala tahun ajaran 2018/2019.©2018 dipublikasikan oleh JSLK.
ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN TEORI VAN DEN HEUVEL-PANHUIZEN Nahak, Selestina; Salsinha, Cecilia Novianti
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.834 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.244

Abstract

Cabang Matematika yang tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia adalah aritmatika. Aritmatika memuat kemampuan dasar yang mana dengan kemampuan itu siapapun akan dimudahkan ketika melakukan aktivitas apapun yang membutuhkan perhitungan. Namun ada saat dimana perhitungan pasti tidak diperlukan. Hal ini dapat diselesaikandengan melakukan estimasi berhitung sehingga kemampuan ini harus dimilikidimulai dari usia sekolah. Namun, kenyataannya beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih baik dalam berhitung untuk mendapatkan nilai pasti daripada melakukan estimasi. Berdasarkan penelitian mengenai kemampuan estimasi berhitung yang dilakukan pada siswa SMP, SMA dan Mahasiswa di Kefamenanu dengan memanfaatkan Teori Van den Heuvel-Panhuizen diperoleh hasil bahwa pada tingkat mahasiswa strategi estimasi yang muncul adalah strategi Front-end dan strategi berhitung mental yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang pandai berhitung. Sedangkan siswa SMA dan SMP cenderung melakukan strategi pembulatan ke ribuan terdekat. Adapun kesalahan yang muncul yaitu siswa masih menggunakan cara berhitung pasti ketika berhadapan dengan masalah estimasi berhitung.
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA UEM LE’U INSANA DALAM KAITANNYA DENGAN KONSEP GEOMETRI Funan, Fransiskus Xaverius; Mamoh, Oktovianus
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.277 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.271

Abstract

Penelitian kualitatif ini dengan pendekatan etnografi bertujuan untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang ada pada bentuk dan struktur uem le’u. Penelitian dilaksanakan di Desa Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah informan yang terdiri dari kepala suku dan masyarakat. Instrumen penelitian berupa human instrument, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ditemukan konsep-konsep geometri sebagai pola dalam membuat bangunan uem le’u. Konsep geometri yang terkandung dalam bentuk dan struktur uem le’u adalah titik, garis, sudut, bangun datar dan bangun ruang. Hal ini menunjukkan bahwa matematika tumbuh dan berkembang dalam keteraturan adat masyarakat tertentu yang disebut dengan istilah etnomatematika.
IMPLEMENTASI BENTUK DUALITAS DANANALISA SENSITIVITAS MASALAH GOAL PROGRAMMING Maifa, Talisadika Serrisanti; Garak, Siprianus Suban; Dominikus, Wara Sabon
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2019): RANGE Juli 2019
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.986 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i1.313

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dasar yang bertujuanuntuk mengkaji apakahbentuk dual dan analisa sensitivitas goal programming dapat diimplementasikan dalam kasus-kasus goal programming. Metode penyelesaian yang digunakan adalah metode grafik dan simpleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori bentuk dual dan analisa sensitivita Goal Programming dapat dimplementasikan pada masalah-masalah Goal Programming. Solusi optimal diperoleh dengan menggunakan metode grafik dan simpleks.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENGURANGAN BILANGAN CACAH Noor, Nur Alim; Muslimah, Muslimah
RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2020): RANGE Januari 2020
Publisher : Pendidikan Matematika UNIMOR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.561 KB) | DOI: 10.32938/jpm.v1i2.352

Abstract

This study aim was to improve the learning results of chopping numbers operation through realistic mathematics learning in one Elementary School at Cipondoh-Tangerang City. This is a Class Action Research according to Kemis model, as many as 3 cycles. The research subjects were 27 students. The results of the study showed that there was an increase in the KKM value. In the first cycle with a student KKM percentage value reaching 52%. The second, increasing in KKM was 69.2%. While the third was 85.2%. The realistic mathematical approach can also improve student learning activities, on the average score of 2.5 or 63% in the first cycle, to 3.0 or 75% in the second cycle, and continues to increase to 3.5 or 87% in the third cycle. Based on the study result, it can be concluded that learning through realistic mathematic learning can improve the mathematics learning results of chopping numbers.