cover
Contact Name
Made Aristia Prayudi
Contact Email
prayudi.acc@gmail.com
Phone
+6281217800661
Journal Mail Official
jmpp.undiksha@gmail.com
Editorial Address
Jalan Udayana 11, Singaraja, Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
ISSN : 26549719     EISSN : 27147835     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jmpp.v2i2
The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research undertaken between academia and industry
Articles 35 Documents
MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PASTRY DI ANANTARA SEMINYAK BALI RESORT MELALUI PENGOLAHAN BAHAN BAKU Sukawati, Luh Putu; Widiastini, Ni Made Ary; Rahmawati, Putu Indah
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i2.22097

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk pastry yang di jual di hotel Anantara Seminyak Bali Resort dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas produk pastry di hotel Anantara Seminyak Bali Resort. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Executive Sous Chef, Chef Pastry, Chef de Partie dan Staff Kitchen Anantara Seminyak Bali Resort. Objek penelitian ini adalah strategi dalam meningkatkan kualitas produk pastry di hotel Anantara Seminyak Bali Resort. Teknik analisis yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi produk pastry yang dijual di hotel Anantara Seminyak Bali Resort adalah rendahnya penjualan produk pastry dan bahan baku untuk pembuatan kue. Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas produk pastry di hotel Anantara Seminyak Bali Resort adalah membuat inovasi baru yang membuat keunikan di setiap penyajian, hygiene dan sanitasi, serta menjaga dan meningkatkan kualitas makanan. Kata Kunci: Produk pastry, Bahan baku, Kualitas produk Anantara Seminyak Bali Abstract This study aims to find out pastry products sold at Anantara Seminyak Bali Resort hotels and the strategy carried out in improving the quality of pastry products in Anantara Seminyak Bali Resort hotel. Data collection methods used are observation, interviews and documentation. The subjects in this study were the Sous Executive Chef, Pastry Chef, Chef de Partie and Kitchen Staff Anantara Seminyak Bali Resort. The object of this research is a strategy in improving the quality of pastry products at the Anantara Seminyak Bali Resort hotel. The analysis technique used is qualitative descriptive analysis. The results of the study indicate that the factors that influence the pastry products sold at the Anantara Seminyak Bali Resort hotels is low sales of pastry products and raw materials for making cake, the strategy carried out in improving the quality of pastry products at the Anantara Seminyak Bali Resort hotels is making new innovations which makes it unique in every presentation, hygiene and sanitation, and maintaining and improving food quality. Keywords: Pastry products, Raw materials, Product quality Anantara Seminyak Bali
PENGARUH SISTEM PENGHARGAAN (REWARD) TERHADAP KINERJA TRAINEE DI HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI Indah, Putu Panca Adi Pratiwi; Rahmawati, Putu Indah; Andiani, Nyoman Dini
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i1.22087

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem penghargaan (reward) terhadap kinerja trainee di Holiday Inn Resort Baruna Bali. Objek penelitian adalah Holiday Inn Resort Baruna Bali. Populasi penelitian ini adalah trainee disemua departement dan sampel penelitian adalah tiga puluh orang trainee dari semua departement di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yang di dapatkan dengan kuesioner dengan skala likert diolah menggunakan sistem spss, kemudian hasil yang didapatkan dari mengolah data akan di deskripsikan dengan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang siginifikan sistem penghargaan (reward) terhadap kinerja trainee. Hal ini dapat dilihat dimana trainee yang diberikan apresisasi atau reward menunjukkan kinerja yang lebih baik dari pada trainee yang tidak diberikan penghargaan (reward). Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem pemberian reward kepada trainee memiliki efek yang positif terhadap kinerja trainee. Kata Kunci: Sistem Penghargaan, Reward, Kinerja, Trainee, Hotel Abstract This study aimed at investigating the effect of reward system towards trainee?s performance in Holiday Inn Resort Baruna Bali. The object of this study was Holiday Inn Resort Baruna Bali. The population of this study was the all trainee of department and sample of this study was thirty of trainee in Holiday Inn Resort Baruna Bali. This study uses descriptive quantitative techniques obtained by questionnaire with likert scale will then be processed using spss system, then the results obtained from the data processing described systematically. It was found that there is a significant effect of of reward system towards trainee?s performance in Holiday Inn Resort Baruna Bali. It can be seen that the performance of trainee who given any reward was increased. So it can be concluded that reward system has a positive effect towards trainee?s performance. Key Word: Reward System, Reward, Performance, Trainee, Hotel
STRATEGI PENANGANAN EVENT PADA HOTEL THE LAGUNA, A LUXURY COLLECTION RESORT & SPA, NUSA DUA, BALI Sukasari, Gusti Ayu; Parma, Putu Gede; Mahardika, A.A.N.Y.M.
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i1.22082

Abstract

Abstrak Penanganan event sangat penting dijaga kualitasnya karena hotel sebagai organizer adalah bagian dari kesuksesan acara yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas penanganan pada hotel The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. Sumber data yang diperoleh dengan mengadakan observasi dan wawancara langsung kepada narasumber yang menangani event secara langsung. Hasil penelitian dimasukkan secara deskriptif dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa dalam penanganan event sudah berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) hotel yang telah ditetapkan. Masalah yang sering timbul yaitu terdiri dari masalah terprediksi dan tidak bisa diprediksi. Masalah terprediksi dapat diantisipasi dengan mempelajari event yang akan berlangsung dari susunan acara yang sudah tersusun. Masalah yang tidak bisa diprediksi membutuhkan kebijaksanaan di lapangan sesuai masalah yang timbul. Oleh karena itu, komunikasi, koordinasi dan persiapan yang matang sangat diperlukan untuk bisa memberikan penanganan yang lebih maksimal sehingga acara yang terselenggara berjalan lancar dan sukses. Kata kunci: event, kualitas, manajemen event, dan penanganan Abstract In Hotel, the quality of event organizing is important to be maintained. This study aimed at exploring the quality to find out how the quality of handling event at the Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. The data were obtained through observation and face-to-face interview. The data were analyzed descriptively. The findings showed that the event organizing was based on Standard Operational Procedure (SOP). Some problems occured, some were predictable while others were unpredictable. The predicted problems were anticipated by studying the upcoming event carefully. The unpredicted problems required the operational officers?s wisdom and solutions. Communication, coordination, and well-preparation were needed to have the smooth and successful event organizing. Keywords: events, quality, management events, and handling
STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PRAMUSAJI PALMS RESTAURANT HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI Hepani, Ketut; Rahmawati, Putu indah; Andiani, Nyoman Dini
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i2.22098

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatkan kinerja Pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Subjek dari penelitian ini adalah Supervisor dan Staf Palms Restaurant. Objek penelitian ini adalah Srategi peningkatan kinerja pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kendala yang mempengaruhi kinerja pramusaji Palms Restaurantt seperti, sulitnya menentukan jadwal pelatihan dikarenan jam operasional yang sibuk, penggunaan cara kerja lama, kekurangan cutleries, dan pesanan telur yang banyak. (2) Strategi yang diterapkan guna meningkatkan kinerja pramusajiseperti pelatihan dan pemberian SOP untuk meningkatkan mutu pelayanan. Pemberian training dan SOP kepada para staf sangat mempengaruhi kinerja kerja pramusaji di Palms Restaurant hal ini dibuktikan dengan meningkatnya score breakfast di Palms Restaurant sehingga mampu mencapai target. Kata kunci: Hotel, Strategi, Kinerja, Pramusaji, Restaurant. Abstract This study aims to determine the strategy of improving the perpormance of waitress Palms Restaurant Holiday Inn Resort Baruna Bali Hotel. The object of this research is the strategy of improving the performance of waitress Palms Restauant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali. The method of collecting data is by observation, documentation and interviews. (1)The results of this study are, constraints that affect the performance o restaurant Palms such as, the difficulty of determining training hours due to busy operating hours, the use of old ways of working, lack of cutleries, and ordering lost of eggs.(2)Strategies implemented to improve the performance of waiterss such as training and provision of SOP to improve service quality. The provision of training and SOP to staff which greatly affects the work performance of waitress in Palms Restaurant. Keywords: Strategy, Work performance, Waitress, Restaurant, Hotel.
STRATEGI CHEF DE PARTIE HOT KITCHEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MAKANAN DI DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL Pratiwi, Komang Sri; Rahmawati, Putu Indah; Andiani, Nyoman Dini
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i1.22080

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel serta strategi dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Chef de Partie hot kitchen Discovery Kartika Plaza Hotel. Objek penelitian ini adalah strategi chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kendala-kendala yang dialami chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan, yaitu pengadaan peralatan kurang, pengadaan bahan baku kurang memadai, product knowledge. (2) Strategi chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel dilakukan dengan melakukan survey kepuasan tamu dan mengikuti pelatihan seperti standar penyajian dan standar rasa. Kata kunci: strategi, kitchen, kualitas makanan, chef de partie, hotel Abstract This study aims to determine obstacles experienced by chef de partie hot kitchen in improving food quality at the Discovery Kartika Plaza Hotel and strategy in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel. Data collection methods used are observation, interview, documentation. Subjects in this study is Chef de Partie hot kitchen of Discovery Kartika Plaza Hotel. The object of this research is Chef de partie hot kitchen strategy in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel .This research use qualitative approach. The results showed that (1) any obstacles experienced by Chef de partie hot kitchen in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel, is the procurement of equipment is lacking,the procurement of raw materials is inadequate,and product knowledge. (2) Chef de partie hot kitchen strategy in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel is done by conducting guest satisfaction surveys and attending training such as presentation standard and taste standard. Keywords: Strategy, Kitchen, Food quality,Chef de partie, hotel
PARIWISATA DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA Parma, I Putu Gede
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v1i1.22088

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dan memberikan rekomendasi  implementasi SPMI pada sekolah model LPMP Bali dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, product). Penelitian diawali dengan pengukuran tingkat kesesuaian antara hasil evaluasi awal sekolah model dengan capaian rapor mutu SNP sekolah model Tahun 2017. Hasil evaluasi awal pada 11 sekolah model binaan, menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian capaian hasil evaluasi awal sekolah model SPMI Tahun 2018 dengan capain SNP dari rapor mutu sekolah model SPMI Provinsi Bali Tahun 2017 belum sebanding. Hal ini ditunjukkan oleh nilai korelasi yang tidak signifikan. Selanjutnya dari hasil tersebut dibuatkan strategi pendampingan yang tepat sesuai dengan kelemahan masing-masing sekolah dan dilaksanakan pendampingan selama 6 bulan terhadap sekolah model tersebut. Hasil evaluasi akhir setelah dilaksanakan pendampingan dibagi dalam lima kategori yaitu sangat efektif, efektif, cukup efektif, tidak efektif dan sangat tidak efektif.  Evaluasi pada komponen konteks menunjukkan hasil yang efektif, pada komponen input hasilnya sangat efektif, sedangkan pada proses pemetaan, perencanaan mutu, dan pelaksanaan pemenuhan mutu efektif, monitoring dan evaluasi cukup efektif.  Pada komponen hasil juga menunjukkan rata-rata capaian pada kategori efektif. Rekomendasi yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah perlu dikembangkan strategi pendampingan yang sesuai dengan evaluasi awal masing-masing sekolah, serta perlu melaksanakan pengukuran hasil evaluasi akhir setelah diberikan pendampingan. Kata kunci: SPMI, sekolah model, konteks, input, proses, produk
MANAJEMEN PENGELOLAAN AIR TERJUN SEKUMPUL OLEH KELOMPOK SADAR WISATA “TIRTA BHUANA LESTARI” Nugraha, I Gede Putra; Zerlinda, Hana
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v1i1.22083

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan manajemen pengelolaan Air Terjun Sekumpul dan (2) mendeskripsikan hambatan yang dihadapi oleh Kelompok Sadar Wisata ?Tirta Bhuana Lestari? dalam mengelola Air Terjun Sekumpul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di objek wisata Air Terjun Sekumpul. Subjek dalam penelitian ini kepala dusun sekaligus menjabat sebagai ketua Kelompok Sadar Wisata ?Tirta Bhuana Lestari?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Menggunakan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Manajemen pengelolaan Air Terjun Sekumpul oleh Kelompok Sadar Wisata adalah sistem yang digunakan dalam pengembangan sumber daya manusia sudah cukup baik. Dimana Kelompok Sadar Wisata bisa mengupayakan anak-anak maupun remaja untuk sebagai asisten guide, sehingga anak-anak tersebut secara tidak langsung juga belajar bahasa internasional. (2) Hambatan yang dihadapi Kelompok Sadar Wisata dalam mengelola Air Terjun Sekumpul adalah jumlah keanggotaan Kelompok Sadar Wisata masih belum memadai sehingga untuk menjalankan sistem organisasinya masih belum maksimal. Kata Kunci : Manjemen Pengelolaan Air Terjun Sekumpul, dan Hambatan Kelompok Sadar Wisata dalam Mengelola
STORING SYSTEM DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN OPERASIONAL BARANG DI DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL BALI Pramawati, Kadek Yuli; Widiastini, Ni Made Ary; Andiani, Nyoman Dini
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i2.22099

Abstract

Abstrak Sistem penyimpanan barang sangat penting dilakukan pada setiap perusahaan karena dapat membantu dalam meningkatkan kelancaran operasional barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem penyimpanan yang diterapkan pada Discovery Kartika Plaza Hotel. Sumber data penelitian diperoleh dengan mengadakan observasi dan wawancara langsung dengan narasumber pada bagian store di Discovery Kartika Plaza Hotel. Hasil penelitian dimasukkan secara deskriptif dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa dalam penyimpanan dan pengeluaran barang sudah menerapkan sistem penyimpanan dan prosedur yang telah ditetapkan yaitu dengan sistem First Expired First Out (FEFO) dan sistem First In First Out (FIFO). Masalah yang sering dihadapi yaitu kehilangan barang yang digunakan oleh departemen lain tanpa disertai formulir permintaan pengeluaran, oleh karena itu cara penanganan yang dapat dilakukan adalah selalu mengecek keadaan barang dan menyiapkan urgency form untuk mengambil barang diluar jam operasional store, sehingga kegiatan operasional barang untuk kebutuhan hotel dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Kata kunci: Storing System, Operasional, Discovery Kartika Plaza Hotel dan Penanganan Abstract Stroring systems are very important to each company or hotel because it can help in improving the operational smooth of the stock. This research aims to find out how the storing system is applied in Discovery Kartika Plaza Hotel. The source of the research data obtained by conducting observations and interviews directly with the respondents in the store section of Discovery Kartika Plaza Hotel. The results of the study were inserted descriptively and obtained results indicating that in the storage and distribution of stock have implemented the storing system and procedures that have been established namely with First Expired First Out (FEFO) and First In First Out (FIFO) systems. The most common problem is the loss of stock used by other departments without an issued request form, therefore the way of handling that can be done is to always check the stock and prepare the emergency form to take the stock outside store operating hours, so that the operational activities of stock for hotel needs can be implemented and run well. Keywords: Storing System, Operational, Discovery Kartika Plaza Hotel and Handling
PENGEMBANGAN PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) ROOM ATTENDANT PADA MATA KULIAH TATA GRAHA, PROGRAM STUDI PERHOTELAN DIII DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Widiastini, Ni Made Ary; Andiani, Nyoman Dini
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v1i1.22081

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur operasional  standar  yang dapat diterapkan pada mata kuliah Tata Graha pada Program Studi Perhotelan Diploma III, untuk sub mata kuliah room attendant. Tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi di hotel, khususnya pada departemen tata graha (housekeeping) menyebabkan lulusan harus memahami standar kerja atau prosedur operasional standar  hotel  yang selalu mengalami  perubahan dari waktu  ke waktu demi menciptakan  kualitas produk  dan layanan hotel. Pada kesempatan ini peneliti melakukan penelitian pada hotel yang berada pada manajemen starwood yang berlokasi di kawasan pariwisata Nusa Dua. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh dua puluh standar yang dapat diadopsi untuk digunakan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Adapun prosedur operasional standar untuk petugas kamar (room attendant) yang dimaksud adalah grooming, report to manager, answer telephone, assignments, cleaning supplies caddie, entering guest room, guest in room, room cleaning order, check out room, clean floor, making bed, clean toilet, clean shower wall, amanities, clean furniture, vacuum room, leave room, return cleaning supplies, turn in keys, end of shift. Kata  kunci : prosedur operasional standar,  housekeeping,  room attendant.
IMPLEMENTASI HAZARD ANALYSIS AND CRITICAL CONTROL POINT (HACCP) DALAM PENYIMPANAN BAHAN BAKU MAKANAN DI HOTEL DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL Arisandi, Kadek Dwi; Trianasari, Trianasari; Parma, Putu Gede
Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jmpp.v2i1.22089

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan sistem hazard analysis and critical control point (HACCP) dalam penyimpanan bahan baku makanan di main kitchen Discovery Kartika Plaza Hotel (2) Kendala apa saja yang terjadi di main kitchen (3) Bagaimana upaya chef de partie dalam menangani masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yang memaparkan data yang telah terkumpul melalui observasi dan wawancara serta dokumentasi yang telah dilakukan secara langsung kepada chef de partie. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Discovery Kartika Plaza Hotel memiliki prosedur penyimpanan yang sesuai dengan sistem Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di main kitchen Discovery Kartika Plaza Hotel masih banyak mengalami permasalahan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada chef de partie di main kitchen mempunyai upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada. Kata Kunci: chef de partie, hazard analysis and critical control point (haccp), main kitchen, penyimpanan bahan makanan. Abstract This study aimed to understand (1) the application of hazard analysis and critical control point (HACCP) systems in the storage of food raw materials in the kitchen of Discovery Kartika Plaza Hotel (2) The kinds obstacles occur in the kitchen (3) How chef de partie attempts to deal with existing problems. This study used a descriptive qualitative design that describes the data that have been collected through observation, interviews and documentation of to the hotel staff. The results of this study indicate that Discovery Kartika Plaza Hotel has a storage procedure that is in accordance with the Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) system. In carrying kitchen activities, Discovery Kartika Plaza Hotel still faces many problems. To overcome the problems chef de partie have several strategies efforts to overcome them. Key world: chef de partie, hazard analysis and critical control point (haccp), main kitchen, strorage of food ingredients

Page 1 of 4 | Total Record : 35