cover
Contact Name
Muhammad Iqbal
Contact Email
alghazalimuhammad0@gmail.com
Phone
+628998894014
Journal Mail Official
eduprof.bbc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Widarasari III –Tuparev-Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Eduprof : Islamic Education Journal
ISSN : 26565625     EISSN : 27232034     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Eduprof is a scientific publication of research articles from the islamic educational field where every issue has the focus of educational administration, educational management, and educational leadership. Eduprof is issued by the Management of Education Master Degree of IAI Bunga Bangsa Cirebon.
Articles 13 Documents
KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL Fathurohman, Oman
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terintegrasinya nilai-nilai, norma dan budaya bangsa merupakan bagian dari aspek penting sistem pendidikan nasional. Terciptanya generasi yang memiliki karakter yang kuat sebagai bagian dari karakteristik bangsa yang bermoral. Penerapan kurikulum yang memasukkan mata pelajaran Pendidikan Agama dan Karakter sejatinya masih minim dalam sistem pendidikan Nasional, namun setidaknya steakholder pendidikan bisa berinovasi dengan kurikulum yang ada, entah dengan mengintegrasikannya dengan kurikulum aatu dengan cara lain yang elegan yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan. Penerapan Konsep yang terintegrasi dengan pendidikan diantaranya dengan pendekatan holistik. Tulisan ini walaupun sederhana mencoba Menjelaskan konsep pendidikan agama Islam dengan pendekatan holistik berorientasi karakter, menjelaskan wacana baru akan praktek pendidikan karakter yang holistik pada anak usia dini., dan Sebagai bagian dari wacana upaya internalisasi nilai moral sejak dini. Sedangkan manfaat yang diharapkan adalah manjadi bagian dari konsep dan implementasi nyata yang baik dalam upaya internalisasi nilai atau karakter sejak dini.
WATER: ISLAM NORMS AND SCIENCES Kamil, Iksan Sahri
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Classic Moslem scholars discussed the water on starting chapters in their books. It is shown how important the water in Moslems attention as a basic need that Moslem must know. The water in Islam can be disputed in two terms. First, in the ecology perspective, second, in the mahdhah ritual perspective.  In the first one, the concept imagines the water as a basic condition for life being and human as khalifah Allah fi al-Ardh. This contains ecology perspective. And the other one is for ritual condition in Islam ethic (ilm al-fiqh). Ilm al-fiqh or Islam ethic said that the water is a basic material for removing hadath (forbidden situation for taking Islamic mahdhah ritual) and cleaning najasat (the dirty materials in shariah perspective). In other hand, sciences make a new way to understand Al-quran and al-sunnah as a new interpretation of Al-quran specially in nature and all creations in universe and ritual activity in sciences prespective
ANALISIS NILAI-NILAI HUMANISME DALAM ISLAM Amirudin, Amirudin
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perdebatan tentang hakekat kejadian manusia, telah melahirkan dua pandangan besar, yakni pandangan dari ilmu pengetahuan dan menurut Al-quran. Pandangan ilmu pengetahuan diwakili Robert Charles Darwin, melalui teori evolusinya. Teori evolusi menyatakan bahwa makhluk hidup termasuk rnanusia, muncul melalui proses seleksi alam (natural selection} yang gradual^ sehingga bagi sementara pihak, peran Tuhan sebagai pencipta akan terusik. Pernyataan teori evolusi tersebut tentang keberadaan makhluk hidup secara kebetulan (by chance) dan tidak memiliki tujuan (non purposive} membuat signifikansi Tuhan bagi kehidupan meluntur. Makhluk hidup tidak akan lagi butuh penyelamatan dari Tuhan karena itu agama tidak lagi dibutuhkan.  Menurut Al-quran, generasi manusia yang ada sekarang ini berasal dari satu sosok bernama Adam. Penciptaan Adam sendiri merupakan sebuah pengecualian, dia berasal dari tanah. Hal dijelaskan pada QS. 7: 189, 6: 98,  QS.  30: 6 dan QS. 41: 7-8. Informasi yang terkandung beberapa ayat Al-quran menegaskan bahwa manusia awal yang diciptakan berasal dari tanah, sementara generasi manusia selanjutnya diciptakan dari saripati air yang hina (air mani). Komposisi penciptaan manusia ini juga dibekali dengan peniupan ruh Allah SWT, yang menjadi  titik perbedaan dibandingkan dengan makhluk-makhluk ciptaan Allah SWT lainnya. Kesempurnaan dan keunggulan manusia inilah yang akhirnya ia dingkat khalifah untuk memakmurkan bumi dan seluruh isinya.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA MADRASAH ALIYAH SE WILAYAH BINAAN DALAM MENYUSUN RKA MELALUI WORKSHOP Barnawi, Barnawi
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala madrasah sebagai pengelola pendidikan harus mampu menyusun RKA untuk mencapai tujuan madrasah. Namun pada kenyataannya kepala madrasah dalam wilayah binaan peneliti masih belum mampu menyusun RKA dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kepala madrasah se wilayah binaan dalam menyusun RKA melalui workshop. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah yang melibatkan 7 (tujuh) kepala madrasah se wilayah binaan peneliti. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata klasikal kepala madrasah dalam menyusun RKA naik dari 74,93 pada siklus I menjadi 90,07 pada siklus II. Persentase ketuntasan juga mengalami kenaikan, yaitu dari 1 orang (14,29%) pada siklus I menjadi 7 orang (100%) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kepala madrasah se wilayah binaan dalam menyusun RKA dapat ditingkatkan melalui workshop
PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MATERI KETENTUAN WARIS DALAM ISLAM DI KELAS XII TGB 3 SMK NEGERI 1 JAMBLANG Basari, Basari
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XII TGB 3 SMK Negeri 1 Jamblang memperlihatkan adanya beberapa kendala dalam pelaksanaan KBM, yaitu : metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar Pendidikan Agama Islam dan hasil belajar yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam, agar menjadi lebih baik (maksimal), baik secara individu maupun klasikal. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas di Kelas XII TGB 3 SMK Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon dalam pembelajaran PAI pada materi ?Ketentuan Waris dalam Islam? dengan menerapkan Model Skrip Kooperatif, yang didasari oleh prinsip bahwa guru mengajarkan Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembinaan, yaitu siswa yang bekerja dalam kelompok tersebut terbagi dua peran, ada yang sebagai pembicara dan ada yang sebagai pendengar, dan yang sebagai pendengar guna untuk menyimak/ mengoreksi/ menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap, serta untuk membantu, mengingat/ menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI, yaitu: pada Awal mencapai rata-rata 56,84, pada Siklus I meningkat mencapai rata-rata 74,47, dan pada Siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai rata-rata 83,03.
POLA DAN MODEL PERUBAHAN PESANTREN Mochtar, Affandi
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 1 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan tertua yang ada di Indonesia, sistem bandungan dan sorogan adalah model pembelajaran klasiknyang pertama kali diterapkan oleh pesantren sebelum diterapkannya madrasi (sekolah dengan system berjenjang). Secara histories pesantren telah ada di Indonesia sejka lama, sejak pertama kali masuknua Islam di Indonesia dan menjadi bagain terpenting dari perjuangan bangsa Indonesi dalam melawan kolonialisme. Pada mada kolonialisme pesantren mengalami pasang surut sejalan dengan peran pesanren yang dianggap sebagai basis kekuatan bangsa Indonesia. Namun pasca kemerdekan pesantren di enjuru negri berkembang pesat, bahkan secara kelembagaan mengalami berbagai innovasi yang sangan menggembirakan dan mewarni kancah pendidikan negeri ini.Pesantren di Indonesia tidak saja menjega eksistensinya sebagai pendidikan yang bercorak klasik (salaf), namun telah bias beradaptasi bahkan berinnovasi menjadi model dan lembaga pendidikan modern.
KRITIK NALAR AL-JABIRI ; BAYANI, IRFANI DAN BURHANI DALAM MEMBANGUN ISLAMIC STUDIES INTEGRASI-INTERKONEKSI Muhammadun, Muhammadun
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perumusan penalaran dalam agama, serta reformulasi rasionalismenya, harus berdasar pada prinsip-prinsip doktrinal, secara jelas mempunyai tujuan dan maksud tertentu, yakni ditujukan oleh pembuat syari?ah (Allah dan Rasul-Nya) kepada manusia yang pada akhirnya membawa manusia kepada nilai-nilai kebijkan (al-fadilah). Intinya menurut al-Jabiri bahwa gagasan ?maqasid asy-syari?ah? dalam disiplin ilmu-ilmu agama sebanding dengan gagasan ?hukum-hukum kausalitas di alam ini? dalam disiplin filsafat.Dengan demikian, penataan ulang ini memberikan landasan ulang terhadap hubungan antara bayani dan burhani yang didasarkan pada pradigma rasional-empiris, artinya realitas agama dan realitas filsafat dikaji dengan semangat rasional-kritis dan empiris, hal ini bertujuan agar para pakar dapat menjaga kandungan keduanya (agama dan filsafat) dan merekonstruksinya kembali. Inilah arah baru dalam cakrawala sistem pegetahuan di dunia Arab-Islam.
TEORI DAN KONSEP PESERTA DIDIK MENURUT AL-QURAN Nurfadilah, Nurfadilah
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan bimbingan dan pertolongan secara sadar yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik sesuai dengan perkembangan jasmaniah dan rohaniah ke arah kedewasaan. Peserta didik di dalam mencari nilai-nilai hidup, harus dapat bimbingan sepenuhnya dari pendidik, karena menurut ajaran Islam, saat anak dilahirkan dalam keadaan lemah dan suci/fitrah sedangkan alam sekitarnya akan memberi corak warna terhadap nilai hidup atas pendidikan agama peserta didik.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS EKSTRAKURIKULER Badriyyah, Yoyoh
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyak upaya yang dilakukan sekolah dalam upaya pengembangan pembelajaran PAI di sekolah. Namun upaya-upaya tersebut terkadang masih belum mampu mengatasi persoalan yang muncul di sekolah. Pengelolaan program ekstrakurikuler di sekolah dibutuhkan suatu desain yang terencana dengan baik serta komprehensif mencakup seluruh komponen-komponen pembelajaran. Sebab komponen-komponen pembelajaran tersebut ikut andil mempengarhui tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajran. Krida Nusantara, sebagai sekolah yang berbasis umum telah menunjukan sebuah model dalam pengembangan pembelajaran PAI di sekolah umum yaitu melalui pendekatan inegrasi dengan program ekstrakurikuler keagamaan yang terkelaola dengan baik.hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran PAI di sekolah karena ditunjang oleh program ekstrakurikuler pendidikan agama (penag) yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik, mulai dari aspek desain pembelajaran (tujuan pembelajaran, materi ajar, proses dan evaluasi), tenaga pengelola (pamong agama), tenaga pengajar, serta pengendalian kendala pembelajaran.
MODEL MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN Saefullah, Muhammad Usef; Haedari, Amin; Qolbi, Labisal
Eduprof : Islamic Education Journal Vol 1 No 2 (2019): Eduprof
Publisher : Lembaga Publikasi Ilmiah BBC

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen pelayanan khusus dilakukan untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Keberhasilan proses belajar mengajar membutuhkan fasilitas baik pengajar maupun sarana dan prasarana untuk mencapainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi menajemen mutu pelayanan pendidikan di SMAN 1 Astanajapura.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling utama dalam penelitian karena tujuan utama dari penelitan adalah obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan yang dilakukan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ntuk perencanaan sekolah merencanakan tersedianya sarana dan prasarana selama 8 tahun dari mulai 2016-2023. Pengorganisasian dan pengawasan sekolah didukung dari tenaga pendidikan yang berkompeten disetiap mata pelajarannya, staf administrasi yang mampu bekerja dengan baik, koordinasi kepala sekolah dengan warga sekolah yang baik, komite sekolah yang mendukung proses kegiatan sekolah, masyarakat yang mampu bekerja sama, penjagaan sekolah baik dari security dan polisi setempat. Pelaksanaan yang diterapkan yaitu dengan media pembelajaran PAKEM, pelayanan yang optimal dari segi adminstrasi, guru yang kreatif dan inovaif, kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan keagamaan, perlombaan akademik, maupun non akademik, mutu lulusan, bekerja sama dengan beberapa perusahaan dan perguruan tinggi. Evaluasi setiap tahun sekolah mengadakan rapat dengan dengan orang tua murid, setiap awal semester rapat dengan warga sekolah untuk memajukan dan mengevaluasi manajemen mutu dalam pelayanan pendidikan.

Page 1 of 2 | Total Record : 13