cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ed-Humanistics
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2017)" : 4 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN METODE INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN KEMUNING Murni, Arie Widya
Ed-Humanistics Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tentang penerapan metode inkuiri yang dilakukan oleh penulis pada siswa kelas V SDN Kemuning, dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep dilihat dari proses pembelajaran, penerapan metode inkuiri terhadap keterampilan pemecahan masalah, penerapan metode inkuiri terhadap penguasaan konsep, dan respon siswa terhadap penerapan metode inkuiri.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Design penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test design. Design penelitian ini menempuh tiga langkah, yakni dimulai dari memberikan tes awal, memberikan perlakuan, dan memberikan tes akhir. Berdasarkan hasil yang diperoleh. Diketahui persentase penerapan metode inkuiri sebesar 86,8%. Hasil penguasaan konsep siswa nilai rata-rata pretes 70,32 standar deviasi 17,52 sedangkan untuk postes nilai rata-rata 84,59 standar deviasi 12,30. Uji beda nilai pretes dan postes penguasaan konsep ditemukan nilai t hitung 10,183>nilai t 2,04. Hasil keterampilan pemecahan masalah nilai rata-rata pretes 50,48 standar deviasi 9,09, sedangkan untuk postes nilai rata-rata 91,01 standar deviasi 3,63. Uji beda nilai pretes dan postes keterampilan pemecahan masalah ditemukan nilai t hitung 23,13>nilai t tabel tabel 2,04. Penerapan metode inkuiri sangat bermanfaat bagi siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep. Kata kunci : Metode inkuiri, keterampilan pemecahan masalah, pemahaman konsep
PICKPOCKET DISCOURSE COMMUNITY SEEN IN OLIVER TWIST MOVIE Swari, Utami Ratna
Ed-Humanistics Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study is qualitative study and focus on the sociolinguistics which studying language and society of a certain community. The emphasis of this study is discourse community. The discourse community must have all these qualities or it is not a discourse community. Swales definition sets a professional tone to the term discourse community, a central community in Oliver Twist , that is Pickpocket community. Thus, this study aiming to analyze further about the pickpocket discourse community seen in Oliver Twist movie based on the six characteristics of discourse community defined by Swales. Key words: discourse community, pickpocket, Oliver Twist
PEMAHAMAN DOSEN DAN MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK TERHADAP SOFT SKILLS Susanti, Aria Indah
Ed-Humanistics Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan pemahaman dosen dan mahasiswa fakultas teknik Universitas Kahuripan Kediri terhadap soft skills. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu mengungkap dan mendeskripsikan pemahaman dosen dan mahasiswa fakultas teknik Universitas Kahuripan Kediri terhadap soft skills. Sampel yang digunakan peneliti adalah sampel jenuh yaitu populasi yang seluruhnya dijadikan sampel Temuan penelitian ini adalah: (1) Secara umum pemahaman dosen terhadap soft skills berada pada kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh persentase tertinggi dari data distribusi frekuensi yaitu 64,29%; (2) Pemahaman mahasiswa terhadap soft skills berada pada kategori cukup dan ditunjukkan oleh persentase dari data distribusi frekuensi yaitu 39,62%; (3) Pemahaman dosen tentang soft skills dimensi intrapersonal lebih baik dari pada pemahaman dosen tentang soft skills dimensi interpersonal; dan (4) Pemahaman mahasiswa terhadap soft skills pada dua dimensi sebanding/seimbang. Kata Kunci: pemahaman, soft skills, teknik
PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN BERKARAKTER Fadli, Rusli Ilham
Ed-Humanistics Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 4