cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ed-Humanistics
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2018)" : 12 Documents clear
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA TEMA KEGIATAN JUAL BELI Fuad, A. Jauhar; Winarsih, Manu
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI Ardianti, Aprillia Dwi
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FLASH PADA MATERI BENTUKBENTUK HUBUNGAN SOSIAL Raharja, Hawwin Fitra
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SAMIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI SMP ; Ardianti, Aprillia Dwi
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALISIS PROSES PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN BERBASIS TOPENG MALANGAN Werdiningtiyas, Ratih Kartika; Widowati, Retno
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VII F SEMESTER I DI SMP NEGERI I WLINGI Sukeni, -
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PEMBELAJARAN PUISI RAKYAT SUMBAWA DENGAN STRATEGI KUANTUM Sukiman, -
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Prameswari, Noviardani Kartika
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALISIS PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN KONTEKS PERMAINAN FUTSAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Effendi, Kiki Nia Sania; Zulkardi, -; Putri, Ratu Ilma Indra; Yaniawati, Poppy
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ICT Sumaryanto, Purwidi
Ed-Humanistics Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakRendahnya penguasaan konsep Aritmetika Sosial dan belum tumbuhnya kemadirian bernalaranalitif pada siswa kelas VII SMP Negeri 244 yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitianini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran ICT.Subyek penelitian adalah siswa siswa kelas VII-H sebanyak 36 siswa. Penelitian dilaksanakanselama 1,5 bulan, mulai Februari sampai Maret tahun 2018 dalam 3 siklus, setiap siklusterdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus ada terbagi dalam 4 kegiatan: perencanaan, tindakan,pengamatan dan refleksi. Hasil siklus I dan siklus II terjadi kenaikan sebesar 0,62 poin siklusII dan siklus III sebesar 1,35 poin, dengan ketuntasan belajar meningkat sebesar 2,85% darisiklus I ke siklus II dan 6,7% dari siklkus II ke siklus III, aktivitas siswa siklus I dan siklus IImengalami kenaikan 8,57% dan siklus II ke siklus III 1,15 % maka siklus I ke siklus III adalah9,26 %. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ICT meningkatkan hasil belajar AritmetikaSosial dan menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelompok serta dapat mengembangkandaya bernalar-analitif serta menumbuhkan kreativitas siswa.Kata Kunci: hasil belajar, Aritmetka Sosial, media ICTAbstractThe low mastery of the concept of Social Arithmetic and not yet the growth of analyticalreasoning abilities in the seventh grade students of State Junior High School 244 which liesbehind this research. This study aims to improve student learning outcomes with the utilizationof ICT learning media. The subjects of the study were students of class VII-H as many as 36students. The study was conducted for 1 month, from February to March 2018 in 3 cycles, eachcycle consisting of 3 meetings. Each cycle is divided into 4 activities: planning, action,observation and reflection. The results of cycle I and cycle II increased by 0.62 points cycle IIand cycle III of 1.35 points, with learning completeness increased by 2.85% from cycle I to cycleII and 6.7% from cycle II to cycle III , student activity cycle I and cycle II have increase of8,57% and cycle II to cycle III 1,15% then cycle I to cycle III is 9,26% . The results showed thatICT learning improves the learning result of Social Arithmetic and solves problemsindependently and in groups and can develop reasoning-analytical power as well as fosterstudent creativity.Keywords: learning result, Social Aritmetka, ICT media

Page 1 of 2 | Total Record : 12