cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ed-Humanistics
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018)" : 13 Documents clear
KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING THAILAND Riezky Maharany, Elva
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AN ANALYSIS ON THE CONTENT VALIDITY OF ENGLISH SUMMATIVE TEST FOR THE SECOND GRADE IN THE FIRST TERM OF SMAN 6 JAKARTA IN 2013/2014 ACADEMIC YEAR Apriyanti, Fitri
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This research is intended to know the content validity of English summative test of the first term for the second grade students of SMAN 6 Jakarta in 2013/2014 academic year. The research method used to know the content validity of English summative test for senior high school is descriptive comparative analysis method by analyzing and comparing the content of the English summative test to the content of KTSP (school based curriculum) for senior high school.
MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN URWATUL WUTSQO BULUREJO JOMBANG Permata Raharjo, Resdianto; Supratno, Haris
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU TENTANG METODE KOOPERATIF (TGT) TEAMS GAME TOURNAMENT MELALUI SUPERVISI DI SEKOLAH DASAR NEGERI GELAM 2 CANDI SIDOARJO -, Nayono
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IMPLEMENTASI MIND MAPPING BERBANTUAN AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA CALON GURU Rusnita Dewi, Hefi
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN ALAT PERAGA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL -, Muliana; -, Nuraina
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ANALISIS PERBANDINGAN HASIL UJIAN NASIONAL KURIKULUM 2006 DENGAN KURIKULUM 2013 PADA SATUAN PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PROVINSI JAWA BARAT Indra Tama, Annafi
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang populasinya adalah satuan pendidikan jenjang SMA di Provinsi Jawa Barat. Seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian, dikarenakan tidak terdapat kriteria tertentu untuk pemilihan sampel, maka seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbedaan hasil ujaian nasional diantara satuan pendidikan jenjang SMA yang telah melaksanakan kurikulum 2013 dengan satuan pedididkan yang masih melaksanakan kurikulum 2006 di Provinsi Jawa Barat. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yaitu hasil ujian nasional dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) tahun ajaran 2015/2016. Untuk menguji hipotesis, instrumen statistik uji beda yang digunakan adalah Independent Sampel T Test dan Uji Mann-Whitney U Test dengan taraf signifikansi 0,05 dalam pengujian dua arah dengan sampel yang berbeda. Hasil dari penelitian menunjukkan pada program studi IPA terdapat satu mata pelajaran yang tidak terdapat perbedaan diantara kedua variabel peneltian, yaitu mata pelajaran kimia, sedangkan untuk bidang studi IPS terdapat dua mata pelajaran yang tidak memiliki perbedaan, yaitu matematika dan ekonomi, dan untuk bidang studi bahasa menunjukkan hasil bahwa seleruh mata pelajaran yang diujikan tidak memiliki perbedaan yang signifikan diantara kedua variable penelitian. Kata Kunci: Ujian Nasional, kurikulum 2006, kurikulum 2013 Abstract This research is descriptive quantitative population are high school level education unit in West Java province. The entire population in this study the research sample, because there are no specific criteria for the selection of the sample, then the entire population as the study sample. This study aims to determine the difference between the results of the national ujaian senior high school education units that have implemented the curriculum in 2013 with units pedididkan still implement the curriculum in 2006 in West Java province. The data used in this research is secondary data, results of national examinations of Education Assessment Center (Puspendik) 2015/2016 academic year. To test the hypothesis, test different statistical instruments used are Independent Sample T test and Mann-Whitney U Test with a significance level of 0.05 in two-way testing different samples. Results from the study showed the program IPA are the subjects that there is no difference between the two variables of a study, the subjects of chemistry, while on a field of study IPS there are two subjects that do not have a difference, mathematics and economics, and to the field of language study seleruh results show that the subjects tested did not differ significantly between the study variables. Keywords: National Exams, Curriculum 2006, Curriculum 2013
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS KOMIK ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI YANG TERWUJUD DENGAN TRADISI BERFIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPS KELAS V DI SEKOLAH DASAR Gemilang Harsanti, Arni; Nur Antika Eky Hastuti, Dian; Nofri Ari Yanto, Eka
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD UNHASY DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG Dwi Rochmania, Desty
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS SIMULASI PHET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA DAN PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH Rita Zahara, Syarifah; Setiawaty, Sri
Ed-Humanistics Vol 3 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis pada konsep fluida statis untuk mata kuliah fisika dasar dengan menggunakan multimedia berbasis simulasi PhET (Physics Education Technology). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain control group pretest - postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan fisika dan pendidikan kimia FKIP Universitas Malikussaleh. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yang memiliki kemampuan yang sama, tanpa mengacak mahasiswa tiap kelasnya. Pengelompokan sampel terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal pretes dan postes. Pada tahap selanjutnya dilakukan uji hipotesis setelah data dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Uji perbedaan rata-rata dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kritis mahasiswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil uji t menunjukkan pembelajaran yang menggunakan simulasi PhET dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis mahasiswa, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: PhET, Tingkat representasi fisika, Keterampilan berfikir kritis Abstract The purpose of this study was to determine the improvement of critical thinking skills in the concept of static fluid for basic physics courses using multimedia-based PhET (Physics Education Technology) simulations. The research method used is the experimental method and the pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of physics education and chemistry education study program FKIP Malikussaleh University. The sampling technique is done by cluster random sampling which has the same ability, without randomizing the students of each class. Sample grouping consists of two classes. Data collection techniques were carried out using written tests in the form of multiple choice questions as many as 20 questions on pretest and posttest. In the next stage the hypothesis is tested after the data is declared to be normally and homogeneously distributed. The average difference test is done to find out the improvement of critical thinking skills of the experimental group students better than the control group. T test results show that learning using PhET simulations can improve students' critical thinking skills, compared with conventional learning. Keywords: PhET, Level of representation of physics, critical thinking skills

Page 1 of 2 | Total Record : 13