cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ed-Humanistics
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019" : 13 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN COLLABORATIVE PROBLEM Samosir, Benny Sofyan; Lubis, Julvian Setiawan
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1863.134 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.344

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan berlatar belakang rendahnya minat belajar matematika siswa pada SMKMuhammadiyah 13 Sibolga. Guna mengatasi permasalahan itu, peneliti menerapkanpendekatan pembelajaran Collaborative Problem Solving. Yang mana metode ini diharapkanmampu untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran, selain itubertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, kemudian dengan pendekatan ini diharapkandapat meningkatkan kemampuan mengajar guru melalui pendekatan pembelajaranCollaborative Problem Solving dikelas X Administrasi Perkantoran. Type penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas. dimana penelitian ini dititik beratkan pada siswa kelas XAdministrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 13 Sibolga dengan jumlah responden 39orang. Sedangkan teknik dan alat pengumpul data yaitu penyebaran angket dan observasi. Hasilpenelitian ini memperlihatkan minat belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 25,33 ataupersentase 50,67% pada siklus II menjadi 34,3 atau persentase 68,7% dengan peningkatansebesar 18,03%. Kadar aktivitas siswa terhadap pelajaran matematika meningkat, hal inidiperoleh dari persentase 60,1% siklus I, dan 88,2% pada siklus II meningkat sebesar 28,1%.Kemampuan guru mengelola pembelajaran persentase sebesar 72% pada siklus I dan 96% padasiklus II, dengan peningkatan sebesar 24%.Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Collaborative Problem Solving, Trigonometri.
PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASTERY LEARNING DAN REACT DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUASAAN KONSEP Pertiwi, Faninda Novika
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1751.517 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.346

Abstract

AbstrakIPA merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi PGMI, Namun mahasiswa PGMI tidaksemuanya berasal dari lulusan SMA/SMK IPA. Oleh karena itu dalam mengajarkan IPAdiperlukan konsep pembelajaran tertentu agar seluruh mahasiswa dapat menguasai konsepkonsepyangtelahdipelajarinya.PadapenelitianiniakandiujikankeefektifanMasteryLearning dan REACT terhadap penguasaan konsep mahasiswa. Data yang dihasilkan dari penelitian iniadalah data penguasaan konsep mahasiswa yang telah mengalami pembelajaran MasteryLearning dan REACT selama 4 pertemuan berturut-turut. Hasil penelitian yang didapatkanberdasarkan hasil tes penguasaan konsep yaitu pembelajaran IPA dengan Mastery Learninglebih efektif daripada REACT. Analisis yang dilakukan yaitu dengan menggunakan ANAVAdan Uji lanjut yaitu Uji Scheffe. Berdasarkan hasil ANAVA diperoleh hasil Fhitung > Ftabel yaitu4,19 > 4,04 sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep mahasiswayang mengalami pembelajaran menggunakan Mastery Learning dengan mahasiswa yangmengalami pembelajaran menggunakan REACT. Selanjutnya, untuk mengetahui lebih efektifmana antara Mastery Learning dan REACT maka dilakukan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Hasil ujiScheffe untuk penguasaan konsep mahasiswa menunjukkan bahwa t (2,047) > t kritis (2,009),maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi pembelajaran IPA dengan Mastery Learning terbuktilebih efektif daripada pembelajaran IPA dengan REACT terhadap penguasaan konsepmahasiswa.Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Pembelajaran Fisika, Mastery Learning, REACT
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) MAHASISWA SEMESTER 4 (EMPAT) PADA MATA KULIAH PSIKOLINGUISTIK Jiwandono, Nahnu Robid
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.216 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.351

Abstract

AbstrakKemampuan berpikir kritis atau critical thinking merupakan salah satu kemampuan yang sangatpenting untuk dikuasai oleh manusia abad 21. Pembelajaran sudah seharusnya diarahkan untukmelatih peserta didik untuk dapat berpikir dengan kritis mengenai suatu masalah. Pembelajaranyang mengajarkan untuk menghafal saja lebih baik mulai diganti dengan menganalisis danmemberikan solusi yang logis. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk mendapatkan datayang berkaitan dengan hasil tes mahasiswa pada Mata Kuliah Psikolinguistik. Tes yang diujikansudah dipersiapkan sedemikian rupa dengan karakteristik yang beragam, mulai dari soal yangberkategori C1, C2, C3, C4, C5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristikketerampilan berpikir kritis mahasiswa masih kurang. Terbukti dari hasil penelitian didapatkanbahwa soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang dikerjakan, sebanyak 57% masih salah,sedangkan 43% sudah dijawab dengan benar. Sementara itu, 57% mahasiswa menjawab soalLOTS (Lower Order Thinking Skills) dengan benar dan 43% mahasiswa menjawab salah.Dalam hal ini, peneliti menggunakan sumber data berupa hasil tes yang sudah dirancang olehpeneliti dengan subjek penelitian atau subjek uji adalah mahasiswa semester ke-4 tahun 2018.Kata Kunci: berpikir kritis, HOTS, LOTS
PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2018 DALAM MENDESAIN RPP K-13 MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA TAHUN 2018 TEBUIRENG–JOMBANG Siswanto, M. Bambang Edi
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.249 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.352

Abstract

AbstrakBelajar merupakan suatu proses perubahan kegiatan dan reaksi terhadap lingkungan. Perubahankegiatan yang dimaksud mencakup pengetahuan, kecakapan dan tingkah laku. Perubahan itudiperoleh melalui pengalaman (latihan) bukan dengan sendirinya berubah karena kematanganatau keadaan sementara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanmenyusun RPP dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL)bagi mahasiswa PGSD angkatan 2018 Peningkatan tersebut diharapkan terjadi pada tahap-tahapmenyusun dimulai pramenyusun, Saat menyusun dan pasca menyusun RPP. Metode penelitianyang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunkan rancangan penelitian tindakan,yang disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklus berisi aktivitaspembelajaran pramenyusun, saat menyusun, dan pasca menyusun melalui perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikanpembelajaran pada siklus berikutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, catatanlapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitaspenyusunan RPP pada mahasiswa PGSD angkatan 2018. Peningkatan kreativitas penyusunanpramenyusun RPP tercermin pada semakin tepat mengidentifikasi dan memahami struktur RPP.Pada saat menyusun RPP kemampuan mahasiswa meningkat. Peningkatan tersebut tercermindalam penggunaan multistrategi mengajar yang kreatif dan inovatif dan mensimulasikandidepan kelas.Kata kunci: Perencanaan pembelajaran, Pendekatan CTL dan Struktur RPP
PANDANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PROFESI PENDIDIK Kholidah, Neneng Rika Jazilatul; Saputri, Ernia Duwi
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.225 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.353

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan bidang yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pendidikan dapatmendorong peningkatan kualitas manusia dalam dalam bentuk peningkatan kompetensikognitif, afektif, maupun psikomotor.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahuipandangan mahasiswa program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadapprofesi pendidik. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan strategistudi kasus tunggal terpancang. Sumber data diperoleh dari subyek penelitian sebagai berikut;1) Informan/Narasumber, yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila danKewarganegaraan; 2) Aktivitas mahasiswa ketika berdiskusi terkait profesi seorang pendidik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi secaralangsung dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan standar kredibilitas,transferabilitas dan dependibilas dan konfirnabilitas. Teknik analisis data menggunakan metodeinteraktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pandangan mahasiswa terhadap profesipendidik adalah Profesi pendidik adalah profesi yang terhormat, Eksistensi profesi pendidik dimasyarkat menurut mahasiswa Pendidik adalah guru masyarakat,Pendidik sebagai peredamkonflik perbedaan budaya dan Profil pendidik ideal menurut mahasiswa dan Alasan mahasiswamemandang profesi pendidik. Guru yang ideal itu tidak mempunyai sifat mementingkan dirisendiri maka guru tersebut bisa dikatakan sebagai guru yang mampu mengerti keinginan anakdidik. Kata kunci: Pandangan, Mahasiswa, Profesi Pendidik
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JELIMPO KABUPATEN LANDAK Suprihatiningsih, Siti
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.225 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.354

Abstract

Abstrak Rendahnya prestasi belajar matematika merupakan salah satu permasalahan yang sulit untukdiselesaikan. Banyak faktor yang berhubungan dengan permasalahana tersebut, salah satunyaadalah penggunaan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui efektivitas pembalajaran matematika menggunakan metode pairs checksterhadap prestasi belajar matematika. metode yang digunakan daam penelitian ini adalahmetode kuantitatif dengan studi komparasi, dengan uji prasyarat analisis uji normalitas dan ujihomogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa modelpembelajaran kooperatif tipe pair checks lebih efektif dibandingkan model pembelajaranlangsung terhadap prestasi belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata nilai siswa yang diajarkanmenggunakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe pair checks yaitu 73,50 sedangkansiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung nilai rata-ratanya 54,18. Hal itudiperkuat dengan pengujian hipotesis berdasarkan perbandingan t?????? dengan t1?? pada tarafsignifikan 5% atau ? = 0,05 menunjukan bahwa t?????? lebih besar dari t1?? (1,731585 >1,67022).Kata Kunci: metode, pair checks, matematika.
PERBANDINGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMA SISWA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH RENDAH Priyasmika, Rendy
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.267 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.355

Abstract

AbstrakSalah satu materi kimia SMA yang berisi konsep konkrit, abstrak dan melibatkan perhitunganmatematika adalah kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Pemahaman konseptual dinyatakandengan kalimat pendek sedangkan pemahaman algoritma dinyatakan dengan persamaanmatematika. Keduasaling barkaitan, sehingga untuk pembelajaran perlu strategi yang tepat.Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan Problem Solving diduga ampu tingkatkankonseptual dan pemahaman algoritma siswa dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Rendah(KBIR). Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan dan pemahaman algoritma siswa denganKBIR yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing dan Problem Solving. Rancanganyang digunakan ialah eksperimen semu dengan posttest only control group design. Data hasiltes pemahaman konseptual dan algoritma diperoleh dari tes menggunakan 20 soal pilihan gandadengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,71 dan validitas isi sebesar 93,17%. Analisis datamenggunakan uji t dan korelasi Product Moment pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa hasil belajar siswa KBIR yang menggunakan strategi inkuiri terbimbinglebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi Problem Solving danpemahaman algoritma siswa dengan KBIR lebih tinggi dibandingkan pemahamankonseptualnya baik menggunakan strategi inkuiri terbimbing maupun dengan strategi ProblemSolving.Kata Kunci: inkuiri terbimbing, problem solving, pemahaman konseptual, pemahaman algoritma, kemampuan berpikir ilmiah
THE INTEGRATION OF CHARACTERS EDUCATION INTO TEACHING READING HORTATORY TEXT Meladina; Amir, Zainuddin
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.242 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.356

Abstract

AbstrakMakalah ini memaparkan bagaimana menerapkan character education dalam kelasdengan menggunakan keterampilan membaca teks hortatory. Pada awal pembelajaran,guru memodelkan salah satu karakter yang perlu dimiliki siswa kemudian agar siswamempunyai kreatifitas dalam berfikir, guru menampilkan sebuah gambar dan memintapendapat mereka tentang gambar tersebut. Setelah itu, guru memberikan sebuah tekshortatory yang berkaitan dengan gambar dan character education di dalamnya. Gurumembimbing siswa untuk bisa memahami isi teks dan berdiskusi tentang apa yangdibahas di dalam teks dengan melibatkan atau memperkenalkan beberapa charactereducation dalam proses pengajarannya. Untuk membuat siswa lebih paham terhadapteks yang mereka baca, guru menyuruh siswa untuk berdiskusi dengan kelompoknyamembuat sebuah tulisan tentang kesimpulan dari isi teks tersebut dengan menggunakanbahasa mereka sendiri dan melaporkannya di depan kelas. Selain itu, guru juga dapatmemperkenalkan character education tersebut melalui langkah pembelajaran yangditerapkan. Kata Kunci: Character Education, Membaca dan Teks Hortatory
PENGGUNAAN SCAFFOLDING UNTUK MEMPERBAIKI KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA Susilo, Claudya Zahrani
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.242 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.357

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan scaffoldinguntuk memperbaiki kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjekpenelitian adalah siswa kelas VII yang mewakili level kemampuan matematika tinggi, sedang,dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalammenyelesaikan masalah matematika adalah: (1) kesalahan menuliskan informasi yang adadalam permasalahan, (2) kesalahan menuliskan rumus yang digunakan untuk menyelesaikanpermasalahan, dan (3) kesalahan komputasi. Scaffolding yang digunakan untuk memperbaikikesalahan siswa adalah: (1) meminta siswa membaca kembali permasalahan, (2) memberikanpertanyaan arahan kepada siswa, (3) meminta siswa merefleksi jawabannya, dan (4) memintasiswa mengecek kembali hasil pekerjaan.Kata kunci: scaffolding, kesalahan, masalah matematika
PENERAPAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI TEKANAN Abbas, Muhammad Luqman Hakim
Ed-Humanistics Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1749.246 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i1.359

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa padapokok bahasan tekanan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desaincontrol group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelasVIII MTsN 4 Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A yang berjumlah 35peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VIII-B berjumlah 38 peserta didik sebagai kelaskontrol. Instrumen penelitian berupa angket media pembelajaran dan tes pemahaman konsepsiswa. Pengujian hipotesis tersebut menggunakan uji-t. hasil perhitungan diperoleh thitung=2,569 dan ttabel = 2,065 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung >ttabel. Dengan demikian penerapan animasi macromedia flash berpengaruh terhadap hasilbelajar fisika materi pokok tekanan. Kata Kunci: animasi macromedia flash, hasil belajar, tekanan

Page 1 of 2 | Total Record : 13