cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ed-Humanistics
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020" : 12 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) MELALUI PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR Fatihah Nurur Rosyidah; Bambang Yulianto; Emy Yunita Rahma Pratiwi
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.291 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.699

Abstract

Pembelajaran PLH yang terjadi di kelas didominasi dengan penggunaan model pembelajaran langsung sehingga berakibat pada menurunya hasil belajar siswa, menurunnya hasil belajar siswa dari segi kogntif dan afektif . Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, bagaimana mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran serta mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model kontekstual berbasis proyek. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Jenis pendekatan yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK), tekhnik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif guna menjelaskan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini bisa dilihat pada tahap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan 2 siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I siswa mengalami peningkatan dengan nilai persentase 75,45% sedangkan pada siklus II siswa mengalami peningkatan dengan persentase 91,2%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan belajar terhadap diterapkannya model kontekstual berbasis proyek yang dilaksanakan di SD. Kata kunci: Penerapan Model Kontekstual Berbasis Proyek, Hasil Belajar Proyek
AN ITEM ANALYSIS OF ENGLISH SUMMATIVE TEST FOR THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA IN THE 2013/2014 ACADEMIC YEAR Anisa Fitriani Lailamsyah; Fitri Apriyanti
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.516 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.700

Abstract

This research is intended to analysis of the English summative test for the tenth grade students of SMA Muhammadiyah 3 Jakarta in the 2013/2014 academic year. The research method used to analyze the item of English summative test for senior high school are quantitative and qualitative method. Quantitative method was used to analyze data of the facility value and discriminating power of each item. The qualitative method was used to describe and analyze the quality of test items. Keywords: Item Analysis, English Summative Test, Tenth Grade Student
PENGARUH GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP DARUL ULUM 5 JOMBANG MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMANASAN GLOBAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Nurul Lathifatul Hakimah; Nur Kuswanti; Andri Wahyu Wijayadi
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.866 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Ulum 5 Jombang mata pelajaran IPA materi Pemanasan Global menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Darul Ulum 5 Jombang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A (putri) dan kelas VII B (putra) SMP Darul Ulum 5 Jombang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu metode tes, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes (posttest), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa. Hasil uji hioptesis menggunakan independent sample t-test dengan SPSS?25 menunjukkan bahwa posttest kelas putri dan putra diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji-t tersebut terdapat pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Darul Ulum 5 Jombang mata pelajaran IPA materi Pemanasan Global menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran kelas gender menggunakan model pembelajaran Discovery Learning materi Pemanasan Global kelas VII di SMP Darul Ulum 5 Jombang terlaksana dengan sangat baik, persentase nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pertemuan pertama kelas putri 98,5% dan terlaksana 97% pada kelas putra, sedangkan persentase pada pertemuan kedua dan ketiga kedua kelas gender sebesar 100%. Pembelajaran IPA materi Pemanasan Global dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning respon positif siswa kelas putri sebesar 89,2% dan 91,4% oleh kelas putra dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Gender, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPA, Discovery Learning.
ANALISIS VALIDASI PENGEMBANGAN ANGKET MINAT SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA Nihayatus Sa?adah
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.346 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa angket minat siswa terhadap proses pembelajaran matematika yang valid. Proses ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Namun, dalam penulisan ini penelitian hanya difokuskan pada proses validasi yang dilakukan oleh dua orang dosen dosen Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta yang bertindak sebagai validator. Sebelum dinilai, produk beberapa kali direvisi agar didapat produk yang siap dinilai. Hasil validasi produk dari kedua validator dirata-rata mendapatkan nilai 30. Nilai tersebut jika dikonversikan ke skala kualitatif didapat bahwa kualitas produk yang dihasilkan sangat valid. Kata kunci: Angket minat terhadap proses pembelajaran matematika, Hasil validasi
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS SMP BERBASIS MASALAH TEMA PERKEMBANGAN PESISIR PAITON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Fika Anjana
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.773 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.703

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis validitas pengembangan perangkat pembelajaran IPS SMP berbasis masalah dengan tema perkembangan kawasan Pesisir Paiton untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menganalisis keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran IPS SMP berbasis masalah dengan tema perkembangan kawasan Pesisir Paiton untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini ialah R & D. Penelitian ini memiliki tiga tahap yang mengacu pada desain instruksional 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh produk perangkat pembelajaran yang akan divalidasi oleh tim ahli dan kemudian direvisi untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid, produk ini juga diuji cobakan di kelas untuk mengetahui keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes, dan angket. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. Validitas perangkat pembelajaran yang meliputi hasil validasi RPP memiliki rata-rata 3.78 (kategori valid), hasil validasi Modul memiliki rata-rata 3.73 (kategori valid), hasil validasi LKS memiliki rata-rata 3.78 (kategori valid), hasil validasi alat evaluasi memiliki rata-rata 3.79 (kategori valid). Ketiga pelaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 3.44 (kategori sangat efektif). Hasil belajar kompetensi sikap spiritual memperoleh rata-rata 3.61 (kategori sangat baik dan sangat efektif), kompetensi sikap sosial memperoleh rata-rata sebesar 3.51 (kategori sangat baik dan sangat efektif), kompetensi pengetahuan memperoleh rata-rata 65.71 pada nilai pre test dan 84.6 pada nilai post test. Kompetensi keterampilan memperoleh rata-rata 2.76 (efektif) pada argumentasi invidu, dan 3.1 (sangat efektif) pada penugasan LKS, sedang penugasan Mind map memperoleh 3 (sangat efektif). Respon Siswa terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah secara umum tergolong sangat positif. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPS SMP berbasis masalah dengan tema perkembangan kawasan Pesisir Paiton memiliki tingkat validitas dan keefektifan yang baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 1 Paiton. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Tema Perkembangan Kawasan Pesisir Paiton, Hasil Belajar Siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN PENGUASAAN KONTEN Dyla Fajhriani. N; Febriyeni Nasrul
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.521 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.704

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk pendidikan prasekolah yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani siswa diluar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar. Adanya tuntutan Sekolah Dasar dan tidak diperbolehkannya siswa TK diajarkan membaca membuat khawatir beberapa orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk anaknya, mengenai hal tersebut lembaga bimbingan belajar Anak Hebat (AHE ) Cendekia Padang memberikan solusi masalah orang tua tersebut untuk keperluan pendidikan anaknya, lembaga ini memberikan bimbingan belajar membaca menggunakan metode Anak Hebat (AHE). AHE ini adalah metode membaca yang memberikan beberapa langkah efektif untuk membimbing anak dalam kegiatan belajar membaca dan mengaitkannya dengan layanan penguasaan konten. Layanan penguasaan konten ini bertujuan agar siswa mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan belajar yang baik dengan materi pelajaran yang sesuai dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode AHE dan implikasinya terhadap layanan penguasaan konten. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif  melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Responden sebanyak 10 orang anak. Adapun  hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode AHE dan Implikasinya Terhadap Layanan Penguasaan Konten. Kata Kunci: Kemampuan membaca, anak,  Metode AHE, Layanan penguasaan konten
KONSEP PENDIDIKAN DAN KEBEBASAN ANAK PUNK STREET Siti Nurul Hidayah; Bela Fariza
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.831 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri anak punk street dalam mengintrepretasikan antara pendidikan dan kebebasan. Fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui konsep diri anak punk street. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan paradigma interpretatif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep diri anak punk street dalam segi pendidikan adalah hanya bayang-bayang, yang mana adanya keterbatasan ekonomi membuat mereka menghilangkan keinginan untuk melanjutkan pendidikan dan lebih memilih kebebasan hidup dijalan dengan mengamen dan mendapatkan uang. Sedangkan dalam segi kebebasan adalah merupakan kehidupan mereka, kebebasan bagi anak punk street merupakan ideologi mereka sebagai jalan untuk mengenalkan jati diri kepada masyarakat, dengan menggunakan style punk, hidup di jalan, dengan mengamen merupakan kebebasan bagi anak punk street. Kata kunci: Konsep Diri, Pendidikan, Kebebasan, Anak Punk Street
PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PHET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI MOLARITAS Indrawati
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.289 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.706

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan posttest only design. Pengambilan data dilakukan dengan tes penguasaan konsep sebanyak 20 soal setelah diberikan perlakuan pada 3 kelompok kelas. Kelompok pertama adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving berbantuan PhET, kelompok kedua adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving, dan kelompok ketiga adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan dan pengambilan data, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui uji ahli dan uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji Manova satu jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep antara siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving berbantuan PhET, pembelajaran problem solving, dan pembelajaran konvensional. Perbedaan ini disebabkan adanya proses pembelajaran yang berbeda antara ketiga kelompok kelas. Penguasaan konsep siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving berbantuan PhET lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional Kata Kunci: Problem Solving, PhET, Molaritas, Penguasaan Konsep
PERAN AKTOR NON-NEGARA HUMAN RIGHTS WATCH (HRW) STUDI KASUS ETNIS ROHINGYA DI MYANMAR SEBAGAI BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING Dewi Catur Puji Rahayu; Depict Pristine Adi; Nur Hayati
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.246 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.707

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran actor non Negara Human Right Watch dalam kasus Rohingya di Myanmar  sebagai salah satu contoh bahan ajar  dalam pembelajaran IPS. Dalam artikel ini membahas tentang peran actor non Negara Human right watch dalam kasus   kasus rohingya di Myanmar terjadi pada tahun 2016-2018 , dalam proses pembelajaran kasus tersebut dapat digunakan  sebagai bahan ajar IPS  terutama pada materi  konflik sosial yang dapat membantu siswa dalam memahami kasus konflik sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan dengan penyajian secara deskriptif dan dianalisis secara kualitatif yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan kepustakaan seperti buku, jurnal , dan berita di internet, yang berkaitan dengan obyek yang ditulis.  Berdasarkan hasi pembahasan dapat disimpulkan bahwa bentuk  deskriminasi  yang ditujukan  kepada  etnis  Rohingya tidak dapat dibenarkan apalagi hal tersebut masih dalam lingkup kawasan  Asia Tenggara, salah satu upaya penanganan yang dilakukan yaitu dengan bantuan organisasi non Negara yaitu Human Right Watch.  Kata kunci: Human Right Watch, Etnis Rohingya, Bahan ajar IPS
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DALAM RANGKA MEMUTUS MATA RANTAI PENULARAN COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI SWASTA LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI (LLDIKTI) WILAYAH VII Suyono
Ed-Humanistics Vol 5 No 1 (2020): Ed-Humanistics Vol 5 No 1 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.063 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v5i1.708

Abstract

Salah satu usaha pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah untuk mengurangi pengelompokan masa masyarakat,  oleh karena itu sesuai dengan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan republic indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan corona virus disease (Covid-19) pada satuan pendidikan.  Sangat tepat dan harus didukung dan di sukseskan serta di publikasikan secara besar-besaran. Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII, mempunya kewajiban untuk melaksanakan surat edaran tersebut diatas dengan cara melaksanakan rapat secara online terhadap Perguruan Tinggi di wilayahnya yang dilaksanakan pada hari/tanggal: Rabu, tanggal 8 April 2020. Adapun kegiatan yang lainnya yang telah dilaksanakan oleh LLDIKTI Wilayah VII terhadap PTS adalah memberikan hibauan agar PTS segera melaksanakan perkuliahan secara daring sesuai dengan surat edaran dari LLDIKTI Wilayah VII nomor: 578/Tahun 2020, tentang Pencegahan corona virus disease (Covid-19) (Surat edaran LLDIKTI Wilayah VII Nomor 578/TAHUN 2020 tanggal 16 Maret 2019). Adapaun fasilitas aplikasi converencing/metode-metode daring yang digunakan dalam pelaksanaan Study From Home (SFH) di PTS LLDIKTI Wilayah VII antara lain: SPAD, Zoom Meeting, Google Class Room, Email, Whatsapp, Telegram, Youtube. Sebagian besar PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII sudah melaksanakan Perkuliahan secara daring. Dengan adanya perkuliahan secara daring maka tidak terjadi pengelompokan masa yang sebagai mana biasanya dilakukan perkuliahan secara tatap muka, sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah. Walaupun semua kegiatan itu dilakukan di rumah atau dengan metode daring sehingga program pemerintah memutus rantai penularan covid-19 bisa berjalan dengan baik dan sukses. Dan perkuliahan tetap berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, yaitu tetap terpenuhi capaian pembelajana. Kampus tidak boleh tutup harus ada kegiatan, sedangkan Pimpinan PTS agar memfasilitasi kepentingan seluruh anggota civitas akademika Perguruan Tinggi tersebut. Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Memutus rantai penularan Covid-19

Page 1 of 2 | Total Record : 12