cover
Contact Name
T. Aria Auliandri
Contact Email
aria@feb.unair.ac.id
Phone
+6281332529696
Journal Mail Official
inobis.info@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gajayana 539 Malang
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
ISSN : -     EISSN : 26140462     DOI : https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, mahasiswa dan pihak yang berminat. Jurnal INOBIS menerima kiriman artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Penulis harus menyatakan bahwa artikel yang dikirim ke Jurnal INOBIS tidak dikirim atau dipublikasikan ke jurnal lain. Penentuan artikel yang dimuat di Jurnal INOBIS melalui proses review oleh tim dewan redaksi Jurnal INOBIS dengan mempertimbangkan antara lain: terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal, metode riset yang digunakan, signifikansi, dan kontribusi hasil penelitian terhadap keilmuan manajemen.
Articles 154 Documents
Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Persediaan Barang Jadi Pada PT. Denso Manufacturing Indonesia Siahaan, Matdio; Muhidin, Ahmad Torikul
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.159

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal persediaan barang jadi yang diterapkan PT. Denso Manufacturing Indonesia Tahun 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan COSO. Berdasarkan metode deskriptif kualitatif, metode pengambilan sampel dan populasi dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 15 karyawan departement logistik dan 5 karyawan departemen produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Denso Manufacturing Indonesia memiliki sistem pengendalian internal persediaan barang jadi yang baik dan efektif namun masih terdapat beberapa kendala dan hambatan dalam pelaksanaan pengendalian internal yang sudah ada, dan tidak ditemukan adanya penyimpangan hanya terdapat beberapa kekurangan pada pengendalian internal persediaan barang jadi yang sudah dijalankan saat ini.
Evaluation Framework on Start-up Incubator Business Model: What to Ask and How to Employ Data Management Tools (N-Vivo) Amelia, Tifa Noer
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.158

Abstract

In recent years, developing economies countries such as Indonesia witnessing the growth of the incubator business for digital start-ups. Digital start-up is an early-stage business that requires to maintain its growth supported by the ecosystem. One of a prominent part in the ecosystem is a business incubator. This is descriptive research that aims to construct research question guideline and how to organize the gathered data using tools called Nvivo based on the provided evaluation framework.
Talent Management dan Konsekuensinya terhadap Employee Engagement dan Employee Retention Srimulyani, Veronika Agustini
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.157

Abstract

To gain a competitive advantage, employee engagement is indispensable. Therefore, an effective talent management system is needed in order to increase employee engagement. The aim of this research at knowing talent management at the XYZ Foundation in Madiun City and analyzing the impact of talent management on employee engagement and employee retention. This study also aims to analyze the effect of employee engagement as mediating the relationship of talent management with employee retention. The number of respondents in the study were 69 employees. Data gathered were initially analysed using SPSS version 22.0. From the descriptive analysis, it was found that: 1) employee response to talent management at XYZ Foundation as a whole was high; 2) work engagement on XYZ Foundation was high; 3) employee retention on XYZ Foundation was very high. The results of the hierarchical regression and path analysis indicated that: 1)talent management had a significant positive effect on work engagement; 2) talent management had a significant positive effect on employee retention; 3)work engagement had a significant positive effect on employee retention; 4) work engagement acts as a partial mediation of the influence of talent management on employee retention.
Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Keuangan dan Economic Value Added (EVA) pada PT.Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Periode 2015-2019) Wenno, Meiske
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.156

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur prestasi yang dicapai oleh PT Indocement dalam suatu periode tertentu serta menilai Kinerja Keuangan PT Indocemen Tunggal Prakarsa Tbk periode 2015-2019 menggunakan rasio keuangan dan Economic Value Added (EVA). Periode penelitian ini dilakukan selama 5 tahun yaitu tahun 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah PT Indocemen Tunggal Prakarsa Tbk. Hasil analisis menunjukan bahwa kinerja PT Indocemen Tunggal Prakarsa dari rasio likuiditas belum baik hal ini ditunjukan dari rata-rata rasio lancar sebesar 4.06 kali dan rata-rata rasio cepat sebesar 3.53 kali. Rasio aktivitas juga belum baik ditunjukan dari rasio perputaran persediaan dengan rata-rata rasio sebesar 1,002 kali dan rasio perputaran aktiva dengan rata-rata sebesar 1,022 kali serta rasio fixed asset turn over dengan rata-rata rasio sebanyak 0,550 kali. Pada rasio leverage yang diukur menggunakan rasio debt to asset ratio dengan rata-rata 15% dan rasio debt to equity ratio dengan rata-rata sebesar 17% menunjukan kinerja yang baik pada rasio ini. Pada rasio profitabilitas kemampuan memperoleh laba diukur menggunakan rasio net profit margin dapat dilihat bahwa rata-rata rasio sebesar 18% dan pada rasio retrun on equity memiliki rata-rata rasio sebesar 10%, serta rasio retrun on ivestmen memiliki rata-rata rasio sebesar11%. Kinerja yang dihasilkan dalam memperoleh laba dikatakan tidak baik.
Perbaikan Efisiensi Jalur Layanan Pasien Rumah Sakit dengan Menggunakan Pendekatan Lean Healthcare Anggraini, Wresni; Ilhamda, Anifah Naswan
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.155

Abstract

Standar pelayanan minimal rumah sakit tentang waktu tunggu untuk rawat jalan yang ditetapkan oleh Kemenkes Nomor. 129/Menkes/SK/II/2008 adalah tidak lebih dari 60 menit. Masalah yang dihadapi oleh Poli Tulip Rumah Sakit X Pekanbaru adalah waktu menunggu pasien lebih dari 60 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi waktu tunggu pasien.. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah lean healthcare menggunakan analisis Value Stream Mapping (VSM) untuk menentukan nilai Process Cycle Efficiency (PCE). Berdasarkan current state value stream mapping nilai PCE saat ini adalah 16,85%, ini berarti efisiensi lini pada Poli Tulip Rumah Sakit X Pekanbaru masih sangat rendah. Proses usulan perbaikan efisiensi lini dengan cara mengidentifikasi dan mengurangi non value added activity dan waste yang paling sering terjadi pada proses pelayanan pasien. Ditemukan waste yang berpengaruh menyebabkan waste delay adalah waste unnecessary movement dan lost oppurtunity to retain or win customers yaitu sebesar 22,11%. Untuk mencari akar penyebab waste dilakukan root cause analysis. Akar penyebab masalah dari waste yang terjadi di lini pelayanan pasien bersumber dari faktor individual pegawai dan manajerial Rumah Sakit. Simulasi future state value stream mapping dengan menggunakan ARENA dilakukan untuk menguji usulan perbaikan, didapatkan nilai PCE harapan sebesar 36,18 %, yang berarti dengan usulan perbaikan yang diberikan telah meningkatkan efisiensi jalur layanan pasien di Poli Tulip sebesar 19,33%.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Akuntansi Sumber Daya Manusia pada Perusahaan Perbankan di Indonesia Periode 2016-2018 Yunita , Nur Afni; Mauliza, Yuni
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.154

Abstract

This study aims to determine the effect of profitability, product diversification, concentration of share ownership and institutional ownership on the disclosure of human resource accounting in banking companies in Indonesia. The number of samples used in this study were 20 companies with a total of 60 data. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The partially results showed are the variables of profitability, concentration of share ownership and institutional ownership had no effect on disclosure of human resource accounting. Meanwhile, the product diversification variable has significant effect on human resource accounting disclosure
Pengaruh Foreign Ownership, Loan Deposit Rasio, dan GDP Growth terhadap Net Interest Margin Putra, Ardian Prima; Widarwati, Nunun Tri; C, Bambang Nur; Purwanto, Purwanto
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi Net Interest Margin (NIM) bank di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2017. Faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi NIM dalam penelitian ini adalah, Foreign Ownership, Loan Deposit Rasio, dan GDP Growth. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pemegang saham bank dalam mengawasi dan mengontrol manajemen bank dalam mengelola NIM bank, bagi manajemen bank dapat mengendalikan NIM pada bank tersebut, bagi pemerintah dapat menentukan kebijakan NIM bank dengan tepat, dan bagi penelitian selanjutnya dapat menambah rujukan dalam bidang penelitian perbankan khususnya NIM.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara simultan variavel Foreign Ownership, Loan Deposit rasio, dan GDP Growth berpengaruh positif terhadap variabel Net Interest Margin. Secara parsial variabel Foreign Ownership berpengaruh positif terhadap NIM.
Kualitas Layanan, Promosi, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank BTPN Tbk Cabang Medan Hutasoit, Apren Halomoan; Ginting, Sugianta Ovinus; Eric, Eric
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.152

Abstract

Persaingan perbankan dalam mendapatkan nasabah tentu tidak lepas dari kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Kenyamanan nasabah akan menjadi hal utama yang akan membentuk keinginan calon nasabah untuk menjadi nasabah yang tetap melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, promosi dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah PT Bank BTPN Tbk Cabang Medan, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank BTPN yang sudah bergabung pada Bank BTPN selama 2 tahun pada periode Januari 2017- Desember 2019 berjumlah 559 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 233 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Citra perusahaan secara parsial tidak pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas layanan, promosi dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Di Bursa Efek Asia Tenggara Periode 2012-2018) Sunaryo, Deni
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.151

Abstract

The discussion leads to the influence of Profitability and Asset Structure on Capital Structure which shows the inequality of the results in previous studies. Therefore, this study aims to determine the effect of profitability and asset structure on capital structure. This study uses an empirical study for the transportation sub-sector companies in Southeast Asia in 2012-2018. The data used in this study are secondary data from transportation companies listed on the stock exchange during 2012-2018. The sampling method was taken and resulted in 8 companies as samples. The statistical analysis used in this research is multiple regression method, partial test and simultaneous test with SPSS version 23. The results of the study partially conclude that profitability has a significant negative effect on capital structure and asset structure has a significant negative effect on capital structure. The results of the research simultaneously show that the calculated F value is greater than the F table value, namely 6.348 > 3.17, and the significance value is smaller than 0.05 (0.003 < 0.05). Thus, Profitability and Asset Structure simultaneously influence Capital Structure. The study concluded that all independent variables have an influence on capital structure. Based on the test results of the coefficient of determination, the value of adjust R Square is 19.3%, the remaining 80.7% is influenced by other variables outside of this study.
Storytelling Sebagai Strategi Bisnis Sosial Start-Up Ojek Syar’i Berbasis Aplikasi di Surabaya Agustina, Tri Siwi
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol. 3 No. 4 (2020): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi September 2020
Publisher : Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31842/jurnalinobis.v3i4.150

Abstract

Syarihub is a social business startup initiated by two young people in Surabaya which is engaged in application-based public service transportation. Conscious of challenging its predecessors like Gojek, Grab and Uber; Syarihub chose to serve only for women and children. Facing many tight business competition in the application-based and preaching-based public service transportation business; Syarihub management tries to be observant in formulating strategies. As a social business, storytelling is considered as the best way to share and convey social values. Stories represent experiences, telling stories coordinate the past and hopes for the future. The aim of this study is to determine whether storytelling is a proper promotional media for Syarihub as a social business and to find out the storytelling strategy that has been implemented by Syarihub, especially in facing challenges its flapping business wings. The study approaches used descriptive qualitative with primary data sources (interviews with the founder and manager of Syarihub) and secondary data used the study of literature from various posts made by Syarihub on websites, social media and media coverage published from 2015 to 2019. The results showed that storytelling is the most appropriate media for social business, and the storytelling strategy adopted by Syarihub came from data driven storytelling, Philanthropic storytelling, Customer-led storytelling and immersive story telling. As a result, it has met the principles of effective storytelling, called TRUTH (Topical, Relevant, Unusual , Trouble, Human).

Page 1 of 16 | Total Record : 154