cover
Contact Name
Betty Masruroh
Contact Email
betty.masruroh@um.ac.id
Phone
+6285733562345
Journal Mail Official
jrpf.journal@um.ac.id
Editorial Address
Physics Department Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : 25487183     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development Physics Assessment Theoretical Review
Articles 41 Documents
TINGKAT PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN TUMBUKAN ( IMPULS MOMENTUM) Susanti, Shinta Dewi; Zaman, Fariduz
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 2, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.765 KB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemecahan masalah fisika siswa pada materi impuls momentum .Penelitian dilakukan pada siswa XI MIA SMA AN ?NUR  bululawang kabupaten Malang. Sampel dalam penelitian ini terdiri satu kelas yaitu XI MIA 6 yang terdiri dari 23 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data mengenai pemecahan masalah siswapada meteri impuls momentum dilakukan melalui tes. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut Useful description (deskripsi permasalahan)  64% termasuk dalam criteria tinggi (T),  Physic approach (pengenalan konsep)  75%  termasuk dalam criteria sangat tinggi (ST), kemampuan Specific application of physic (penggunaan konsep) dan Mathematical procedure (proses matematis) 76%  termasuk dalam criteria sangat tinggi (ST),dan kemampuan Logical progression (urutan logika)  33%  termasuk dalam criteria rendah (R). Secara keseluruhan poin rata rata yang diperoleh untuk kemampuan pemecahan masalah adalah  62% dimana hal ini tergolong tinggi (T)
PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR Nurdiana, Ana Ma'rifatun; Sutarman, Sutarman; Widjianto, Widjianto
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 2, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.905 KB)

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengunaan teknologi dalam pendidikan tidak lepas dari media pembelajaran yang menunjang pembeajaran dikelas maupun diluar kelas salah satunya adalah mobile phone. Maraknya mobile phone perlu dimanfaatkan untuk menunjang proses pendidikan. Mobile phone yang bersifat praktis sangat cocok untuk mendukung proses belajar mandiri peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan serta menemukan kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall. Hasil pengembangan produk media pembelajaran berupa Modul Elektronik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor SMA Kelas X dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran dikelas maupun sebagai sarana belajar mandiri.
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI E-PRAKTIKUM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS XII Astutik, Monika Adriana Dewi; suwasono, Purbo; Adi Pramono, Nugroho
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.531 KB)

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menghasilkan produk game edukasi E-Praktikum. Metode penelitian yang digunakan ialah desain pengembangan berbasis multimedia yang dikemukakan oleh Lee dan Owens, tetapi pada tahap implementasi peneliti hanya melakukan uji coba terbatas saja. Produk pengembangan berupa game edukasi dengan materi listrik dinamis ini menyajikan permainan, materi, dan kuis yang memiliki feedback. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif berupa deskriptif hasil dan teknik kuantitatif berupa hasil perhitungan persentase validasi. Validasi produk pengembangan game edukasi dari segi media diperoleh data persentase skor sebesar 94,2%, validasi dari segi materi diperoleh data persentase skor sebesar 92,7%, sedangkan hasil uji coba produk pada peserta didik diperoleh persentase skor sebesar 88,3 %. Hal ini berarti produk dapat digunakan oleh siswa untuk pembelajaran mandiri. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, disimpulkan bahwa game edukasi larutan penyangga yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK KELAS XI MIPA POKOK BAHASAN DINAMIKA ROTASI Arifin, Rofiatu Amalia
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 1, No 1 (2016): November
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.936 KB)

Abstract

AbstractPenggunaan media berbasis multimedia atau teknologi pada pembelaja-ran merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi tuntutan era globalisasi dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan  multimedia interaktif untuk kelas XI MIPA pokok bahasan dinamika rotasi, serta menguji kevalidan dan kepraktisannya.Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan menurut Borg  and  Gall yaitu studi penda-huluan, merencanakan penelitian, pengembangan desain, uji coba produk, dan revisi produk. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh dua simpulan yaitu (1) Multimedia yang telah dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis komputer yang bersifat interaktif dengan menggabungkan teks, grafis, gambar, animasi, dilengkapi dengan interaktif tools, dan berbentuk flashmovie (.swf). (2) Multimedia interaktif ini memiliki kevalidan sebesar 88,9% dan tingkat kepraktisannya sebesar 100% oleh pengguna guru sedangkan oleh pengguna peserta didik 97,8% .Keywords: multimedia interaktif, dinamika rotasi
PENGARUH INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR Rahim, Handy Faishal; Suyudi, Agus; Haryoto, Dwi
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.163 KB)

Abstract

Tujuan pada penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor pada kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest?Posttest Control Group Design. Pengetahuan awal siswa dan hasil belajar siswa diukur dengan instrumen tes berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (6,683) > ttabel (1,669) pada taraf signifikansi 0,05. Ditinjau dari rerata nilai posttest untuk kelas eksperimen (93,34) lebih tinggi daripada rerata kelas kontrol (85,97). Oleh karena itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol.
ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK LURUS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA Yusuf, Mochammad; Hidayatullah, Muhammad Dicky; Pamungkas, Ilham Tri
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 2, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.762 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami hubungan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto korelasional. Analisis perbandingan antara motivasi belajar dengan pemahaman konsep gerak lurus diperoleh hubungan yang linear dengan positif dan signifikan dengan koefisien determinasi 29,1% yang menunjukkan hubungan signifikan atau kontribusi motivasi belajar sebesar 29,1% terhadap pemahaman konsep gerak lurus. Hasil uji regresi menghasilkan persamaan regresi y = -32.260 + 1,649x yang berarti setiap skor motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 1,649 poin terhadap pemahaman konsep gerak lurus. Hasil ini relevan dengan penelitian lain.
PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU, PEMUAIAN, DAN KALOR UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VII Roenah, Roenah; Kartika, Ika
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2019): November (In Press)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (920.566 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan modul IPA berbasis literasi sains, (2) mengetahui kualitas modul IPA berbasis literasi sains, dan (3) mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan modul IPA berbasis literasi sains pada materi suhu, pemuaian, dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model 3D yang meliputi Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan) yang dibatasi pada uji coba luas. Hasil penelitian berupa modul IPA berbasis literasi sains pada materi suhu, pemuaian, dan kalor. Kualitas modul IPA berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor 3,55; 3,56; dan 3,71. Respon peserta didik terhadap modul IPA pada uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh kategori setuju (S) dengan rerata skor 1,00 dan 0,96. Hasil uji keterlaksanaan modul IPA yaitu peserta didik masih menanyakan persamaan ?T dalam modul IPA.
PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK BAGI GURU UNTUK MEMBANTU PELAKSANAAN PROYEK BERBASIS ONLINE PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI Mahsun, Mohammad Ryan; Purwaningsih, Endang; Sutarman, Sutarman
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 2, No 1 (2017): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.571 KB)

Abstract

Tuntutan kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan penggunaan teknologi dalam pembelajarannya. Pemberian kegiatan proyek dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat merealisasikan tuntutan Kurikulum 2013. Berdasarkan survei lapangan, belum ada guru yang memanfaatkan teknologi secara maksimal pada pelaksanaan kegiatan proyek. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan buku petunjukuntuk guru dalam melaksankan kegiatan proyek berabasis online. Hasil penilaian oleh 2 validator menunjukkan bahwa buku petunjuk yang dikembangkan valid atau layak untuk digunakan dengan nilai kevalidan 3,79. Sedangkan hasil uji coba pada 3 guru yang terdiri dari 2 guru fisika SMAN 9 Malang dan 1 guru fisika MAN 1 Malang, menghasilkan nilai kesesuaian yaitu 3,7. Nilai tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk yang dikembangkan sesuai dan petunjuk melaksanakan kegiatan proyek berbasis online dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN E-BOOK FISIKA BERBASIS MULTI REPRESENTASI DENGAN CORRECTIVE FEEDBACK PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X SMA/MA Wati, Dwi Kurnia; Supriana, Edi; Sulur, Sulur
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2019): Mei
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.113 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengatahui kelayakan e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback pada materi gerak lurus kelas X SMA. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Four-D, namun hanya dilaksanakan sampai tahap ketiga yaitu   uji coba terbatas.  E-book yang dihasilkan berupa aplikasi berbasis web yang menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan dilengkapi latihan soal multi representasi dengan corrective feedback. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book yang telah dikembangkan memperoleh kriteria valid dengan nilai rata-rata validasi materi 3,90 dan validasi media 3,86. Dari uji kepraktisan produk memperoleh kriteria praktis dengan persentase 97,3%. Dengan demikian produk tersebut telah berhasil dikembangkan dan layak digunakan oleh siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN BERARGUMENTASI ILMIAH MAHASISWA JURUSAN FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG PADA MATERI SUHU DAN KALOR Albab, Ulul; Anisyah, Quratul
Jurnal Riset Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2018): Mei (In Press)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.103 KB)

Abstract

Argumentasi merupakan kegiatan untuk memvalidasi suatu pendapat dengan nilai-nilai ilmiah. Oleh karena itu, argumentasi memiliki peran penting dalam proses pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan terutama di perguruan tinggi. Belum banyak penelitian yang membahas tentang kemampuan berargumen ilmiah mahasiswa terutama pada Cabang Ilmu Fisika. Salah satu materi yang banyak ditemukan kekurangan pemahaman konsep serta miskonsepsi dalam cabang ilmu Fisika adalah materi Suhu dan Kalor. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada analisis kemampuan berargumen ilmiah pada mahasiswa baru Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang pada materi Suhu dan Kalor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap langkah-langkah penulisan argument diperoleh skor rata-rata sebesar 1,42 dari 2 sehingga dapat dikategorikan tinggi, support dengan besar skor rata-rata 1,92 dari 3 sehingga berada pada kaetgori sedang, warrant dengan skor rata-rata 1,56 dari 3 sehingga berada pada kaetegori sedang, dan yang terakhir adalah backing dengan skor rata-rata 1,52 dari 3 sehingga dpat dikategorikan sedang.